Sindikasi Republika

Cara Buka Akun dan Menggunakan PayPal Indonesia

Kamis , 29 Sep 2022, 23:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

PayPal Indonesia merupakan layanan keuangan yang memungkinkan berbagai transaksi pembayaran dan pengiriman uang berjalan dengan mudah secara virtual. Bukan hanya berskala nasional saja, namun kegunaan Paypal di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai transaksi internasional.

Layanan Paypall Indonesia ini dibangun oleh perusahaan Paypall yang sudah menjangkau sebagian besar negara di dunia. Hal ini sekaligus membuat Paypall memiliki jangkauan yang sangat luas dan memungkinkan berbagai transaksi keuangan lintas negara menjadi berjalan dengan begitu cepat. 

Pada umumnya, orang akan daftar Paypal Indonesia untuk memudahkan mereka belanja di berbagai e-commerce ternama dunia, seperti Amazon dan yang lainnya. Namun di dalam perkembangannya, Paypall juga banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis, termasuk sebagai akses pembayaran bagi para freelancer yang bekerja secara online. 

Cara Buka Akun Paypal Indonesia 

paypal indonesia

Jika ingin mengakses layanan Paypall Indonesia, maka pastikan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pahami semua aturan yang diterapkan perusahaan ini, agar pendaftaran bisa berjalan dengan lancar. Jika ada informasi yang perlu ditanyakan, jangan ragu untuk menghubungi no telp Paypal Indonesia.

Daftar Paypal Indonesia sedikit berbeda dengan pembukaan rekening bank pada umumnya. Tidak perlu mendatangi langsung kantor Paypal Indonesia, pendaftaran ini bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui smartphone atau bahkan laptop saja. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan jika ingin buka akun dan daftar Paypal Indonesia: 

1. Kunjungi Situs Resmi Paypal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs resmi paypal di www.paypal.com/id/home . Halaman utama akan memuat informasi singkat dan no telp Paypal Indonesia. Pilih menu daftar yang ada di sana.

2. Memilih Jenis Akun 

Klik menu daftar Paypal Indonesia, lalu pilih jenis akun yang akan dibuat. Pastikan untuk memilih jenis akun yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, mengingat kegunaan Paypal di Indonesia ini cukup beragam. 

3. Lengkapi Data Diri 

Isi semua data diri yang diminta dengan baik dan pastikan semua informasi yang dimasukkan valid. Hal ini penting, sebab Paypal Indonesia akan melakukan konfirmasi pembukaan akun ini melalui email atau nomor telepon yang dicantumkan. 

4. Sambungkan ke Rekening Bank Lokal 

Sambungkan akun Paypal dengan rekening bank lokal yang dimiliki. Hal ini penting, agar semua transaksi dan kegunaan Paypal di Indonesia bisa dinikmati secara maksimal. 

5. Lakukan Konfirmasi Melalui Email

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui email, agar akun Paypall Indonesia tersebut aktif dan dapat digunakan dengan baik. Jika ada kendala dalam proses ini, segera hubungi no telp Paypal Indonesia untuk mengaktifkan akun tersebut. Saat konfirmasi akun berjalan lancar, maka akun Paypal sudah bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. 

Baca Juga: Transaksi Mata Uang Crypto Lebih Mudah dengan Crypto Wallet, Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Cara Menggunakan PayPal Indonesia

cara menggunakan paypal indonesia

Hampir sama dengan rekening bank pada umumnya, kegunaan Paypal di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk 3 transaksi yang berbeda, antara lain: transfer, tarik tunai, dan juga belanja di e-commerce. Masing-masing transaksi ini tentu harus dilakukan dengan cara yang berbeda. 

Berikut ini adalah cara menggunakan Paypall Indonesia berdasarkan jenis transaksinya: 

1. Transfer Uang dari Paypall ke Rekening Bank atau Rekening Paypal 

Transaksi yang satu ini tentu bisa dilakukan jika akun Paypal sudah aktif dan terverifikasi terlebih dahulu. Selain itu, pastikan saldo yang dimiliki di akun Paypal juga memadai, sehingga proses ini bisa berjalan dengan lancar. 

Selain ke rekening bank lokal, transfer dari akun Paypal Indonesia juga bisa dilakukan ke rekening Paypal lainnya. Cara ini biasanya banyak dilakukan oleh para freelancer yang kerap menerima berbagai proyek dari luar negeri secara online. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan transfer dari akun Paypal: 

  • Buka aplikasi Paypall atau kunjungi situs resmi Paypall untuk melakukan transaksi ini. 
  • Loginlah ke akun Paypall dengan cara mengetikkan alamat email dan juga password. 
  • Cek apakah saldo di akun Paypall mencukupi untuk transaksi ini. Jika tidak, segera lakukan pengisian saldo terlebih dahulu, agar transaksi transfer bisa berjalan dengan baik.
  • Klik menu “Transfer Money” yang terdapat pada halaman utama.
  • Ketikkan jumlah uang yang akan ditransfer pada kolom yang tersedia. 
  • Ketikkan nomor rekening atau nama akun Paypall yang akan dituju.
  • Klik “send”.

Transaksi transfer seperti ini biasanya akan berlangsung secara real time untuk transfer sesama rekening paypall. Sedangkan jika transfer dilakukan ke rekening bank lainnya, biasanya akan membutuhkan waktu 1-2 hari kerja, tergantung pada kebijakan masing-masing bank penerima. 

Jika ada kendala dengan transaksi transfer dana yang sudah dilakukan, segera hubungi no telp Paypal Indonesia. Pihak Paypal Indonesia akan segera merespon dn menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat. 

2. Penarikan Uang dari PayPal ke Rekening Bank Lokal 

Penarikan dana dari dari akun Paypall Indonesia juga bisa dilakukan ke rekening bank lokal di tanah air. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja, tergantung kebijakan bank yang akan menerima dana tersebut. Ada 4 bank yang sudah bekerja sama dengan paypal dan memungkinkan transaksi ini dilakukan, antara lain: BCA, BNI, Bank Mandiri, BRI.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menarik dana dari akun Paypall ke rekening bank lokal: 

  • Aktifkan aplikasi Paypal dan loginlah dengan mengetikkan alamat email serta password yang tepat.
  • Pilih sumber dana dan juga rekening bank lokal yang akan digunakan untuk menerima dana tersebut. 
  • Ketikkan jumlah dana yang akan ditarik, lalu klik “continue”.
  • Lakukan verifikasi transaksi tersebut.
  • Klik “withdraw” untuk menyelesaikan transaksi ini, lalu “logout”.

Periksa notifikasi yang dikirimkan ke alamat email yang dipakai untuk daftar Paypal Indonesia. Biasanya transaksi ini akan selesai dalam waktu 1-2 hari kerja, cek rekening bank untuk memastikannya. 

3. Melakukan Transaksi Belanja dengan Akun PayPal Indonesia 

Selain kedua transaksi di atas, akun Paypal juga bisa digunakan untuk bertransaksi di berbagai situs belanja ternama dunia. Akun ini akan diterima dan transaksi bisa dilakukan dengan mudah, sebagaimana layaknya ketika belanja menggunakan kartu kredit. 

  • Cukup kunjungi situs belanja yang akan digunakan, misalnya Amazon, Ebay, dan yang lainnya. 
  • Lakukan transaksi pembayaran dengan cara memilih metode pembayaran menggunakan Paypal. 
  • Selanjutnya,  ketikkan akun Paypal pada kolom yang tersedia. 
  • Selesaikan transaksi ini dengan melakukan konfirmasi pembayaran. 

Baca Juga: Situs Survei Berbayar Online ini Bisa Kasih Banyak Uang!

Biaya Transaksi di PayPal Indonesia 

aplikasi paypal

Untuk menikmati kegunaan Paypal di Indonesia secara maksimal, perusahaan ini juga menerapkan sejumlah biaya transaksi kepada para penggunanya. Besaran biaya ini tentu akan disesuaikan dengan jenis transaksi yang dilakukan. 

Penting untuk memahami semua biaya transaksi ini dengan baik, agar setiap transaksi keuangan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Jika ada informasi yang kurang dipahami, jangan sungkan untuk menghubungi no telp Paypal Indonesia dan menanyakannya langsung pada petugas di sana. 

Berikut ini adalah beberapa biaya transaksi yang diterapkan dalam layanan Paypal: 

  • Pembukaan akun = gratis.

  • Pengiriman uang ke sesama rekening Paypal = gratis. 
  • Pengiriman uang ke rekening kartu kredit atau kartu debet = 2,9% + US$0,30
  • Penarikan dana ke rekening bank lokal Indonesia:

  • Penarikan < Rp 1,5 juta = Rp 16.000,-
  • Penarikan > Rp 1,5 juta = gratis.

  • Penerimaan pembayaran komersial: 

  • Pembayaran domestik = mulai dari 2,4% sampai 3,9% + US$0,30 
  • Pembayaran internasional = mulai dari 2,9% sampai 4,4% + US$0,30

  • Transfer otomatis (domestik dan internasional):

  • Rate standar = 4,9% + US$0,30
  • Rate merchant = mulai dari 3,9% sampai 4,9% + US$0,30

  • Penerimaan e-check = US$ 45
  • Penerimaan micropayments untuk produk digital: 

  • Pembayaran domestik = 5,5% + US$0,05 
  • Pembayaran internasional = 6,0% + US$0,05 

Manfaatkan Paypal Indonesia untuk Transaksi Keuangan 

Paypal merupakan rekening virtual yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah. Bukan hanya di tanah air saja, rekening ini bisa digunakan secara global. Buka  akun Paypal dan nikmati kenyamanan bertransaksi, agar berbagai transaksi keuangan bisa selesai dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Apotek Online BPJS: Keunggulan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark