Selasa 20 Dec 2022 07:00 WIB

Nabung Emas di Pegadaian, Cara dan Syaratnya

Tabungan emas Pegadaian menjadi platform pilihan banyak orang karena mudah, aman, dan terpercaya. Berikut caranya:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan yang besar bukan jaminan kalau kehidupanmu akan baik-baik saja di masa mendatang. Terkadang, ada banyak hal tak terduga terjadi yang menguras isi tabungan. Agar masa depan terjamin, mulailah berinvestasi mumpung usia masih muda. Apapun bentuk investasinya, baik deposito, tanah, reksa dana, saham, dan emas.

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak digandrungi para pemula adalah emas. Kekebalannya terhadap inflasi menjadi daya tarik tersendiri, sehingga permintaan investasi emas mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Tertarik untuk investasi emas?

Apa Itu Tabungan Emas?

Tabungan emas merupakan salah satu cara termudah untuk menyimpan emas yang dapat dilakukan secara online maupun offline. Tabungan emas Pegadaian menjadi platform pilihan banyak orang karena mudah, aman, dan terpercaya. Dalam jangka panjang, investasi emas akan mendatangkan keuntungan yang maksimal asal dikelola dengan baik.

Baca Juga: Trading Emas Online Di Pasar Forex: Tata Cara, Kelebihan dan Risikonya

Cara Menabung Emas di Pegadaian

pegadaian

Sebelum membahas tentang cara menabung emas Pegadaian, berikut beberapa syarat menabung emas yang harus dilengkapi.

  • Melampirkan identitas yang masih berlaku, seperti KTP atau SIM atau paspor
  • Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas Pegadaian
  • Membayar biaya transaksi tabungan emas sebesar Rp10.000 untuk pembukaan rekening di kantor Pegadaian, dan Rp0 untuk Pegadaian digital

Cara menabung emas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui kantor cabang Pegadaian dan secara online. Berikut ini cara menabung emas Pegadaian yang dapat diikuti:

  • Siapkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan untuk membuka tabungan emas Pegadaian
  • Isi formulir pembukaan rekening tabungan emas
  • Bayar biaya administrasi untuk pembukaan rekening di kantor Pegadaian sebesar Rp10.000, sedangkan untuk penyimpanan sebesar Rp30.000 per 12 bulan
  • Rekening tabungan emas akan diberikan kepadamu
  • Lakukan pembelian emas minimal 0.01 gram

Sedangkan untuk cara menabung emas secara online dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital pada smartphone milikmu
  • Lakukan registrasi
  • Pilih menu “tabungan emas”
  • Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar dan valid, lalu pilih cabang untuk pembukaan rekening
  • Pilihlah metode pembayaran
  • Selesaikan pembayaran sesuai petunjuk yang ditetapkan
  • Jika sudah selesai, kamu bisa ambil buku rekening tabungan emas di kantor cabang yang sebelumnya dipilih

Jika emas sudah banyak, kamu dapat mencetaknya menjadi bentuk fisik. Pencetakan dapat dilakukan dalam bentuk emas Antam, UBS, Galeri 24, UBS Disney, Lotus Archi, dan Dinar. Pilihan Dinar dapat ditukarkan menjadi kepingan, mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500, dan 1000 gram. Pencetakan emas dapat dilakukan di kantor cabang Pegadaian tempat kamu membuka rekening tabungan emas. Bawa kartu identitas dan buku tabungan emas. 

Keuntungan Investasi Emas Daripada Investasi Lainnya

keuntungan investasi emas

Emas merupakan investasi jangka panjang yang menjanjikan karena harganya cenderung stabil, bahkan bisa naik. Selain harga stabil, terdapat beberapa keuntungan investasi emas lainnya yang pastinya akan sangat menggiurkan.

1. Pencairannya Mudah

Sebagai salah satu investasi yang likuid, maka hal yang wajar kalau emas mudah dicairkan. Jika butuh dana darurat, kamu bisa jual emas untuk memenuhi kebutuhanmu saat itu. Berbeda dengan investasi lain yang cenderung butuh waktu bila ingin dicairkan. Sebut saja rumah, dimana kamu harus membuat iklan terlebih dahulu untuk mencari calon pembeli.

2. Investasi untuk Melindungi Kekayaan

Harganya yang cenderung stabil secara tidak langsung melindungi kekayaan kamu dari krisis ekonomi. Malahan krisis ekonomi akan membuat harga emas menjadi naik, karena emas kebal terhadap inflasi. Kenaikan harga ini juga tak lepas karena permintaan emas yang mungkin meningkat saat terjadi krisis, karena banyak orang yang mengalokasikan uangnya untuk beli emas.

3. Emas sebagai Diversifikasi Aset

Investasi emas menjadi salah satu instrumen untuk diversifikasi aset. Ketika sudah berinvestasi pada jenis lain, kamu bisa melirik emas untuk melindungi aset-aset lainnya dari kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang. Setidaknya saat nilai investasi lain turun dan emas naik, maka keuntungan dari investasi emas dapat menutup sejumlah kerugian kamu pada saat itu.

4. Memiliki Emas Cukup Mudah

Zaman sekarang beli emas sangatlah mudah. Tak perlu datang ke toko emas, karena pembeliannya bisa dilakukan melalui Pegadaian atau e-commerce di Indonesia. Investasi emas dapat berbentuk perhiasan, kepingan, atau batangan. Kamu dapat sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Teknik Investasi Emas Antam Batangan untuk Pemula

5. Minim Resiko

Emas menjadi produk investasi yang minim risiko. Sebab, harganya stabil, peminatnya banyak, dan susah berubah bentuk. Disimpan dalam jangka waktu lama pun tidak ada masalah, justru menguntungkan karena harganya pasti naik. 

Selain keuntungan investasi emas secara umum, ternyata terdapat keuntungan lainnya untuk investasi melalui Pegadaian digital. Adapun keuntungan tersebut, di antaranya.

  • Prosesnya mudah karena pembukaan rekening dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital
  • Setelah unduh aplikasi dan daftar, kamu dapat melakukan pengisian saldo (top up) untuk memulai pembelian emas
  • Modal terjangkau, karena pembelian emas mulai dari 0,01 gram
  • Hasil penjualan emas secara online cepat dicairkan
  • Pembelian emas dapat ditukarkan dengan emas fisik, lalu dijual ke toko emas terdekat
  • Sebagai nasabah, kamu diperbolehkan melakukan transfer emas ke mana saja dengan berat minimal 1 gram tanpa dikenakan biaya transfer
  • Pegadaian Digital menyediakan layanan gadai jika kamu butuh dana darurat
 

Tips Investasi Emas

Tertarik untuk investasi emas dalam waktu dekat? Berikut ini tipe investasi emas yang bisa dilakukan.

1. Menentukan Tujuan Investasi dari Awal

Cara investasi emas terbaik adalah dengan menentukan tujuan investasinya sejak awal. Untuk apa emas yang dikumpulkan tersebut nantinya digunakan. Apakah tujuannya untuk dana pendidikan anak, tabungan pernikahan, tabungan hari tua, atau kamu memiliki tujuan lain?

Jika seandainya tujuan menabung emas untuk membuka bisnis, maka dari sekarang kamu bisa menyisihkan gaji untuk menabung emas. Kamu tentukan juga berapa lama waktu untuk mengumpulkan emasnya, jadi semuanya sudah terencana dengan baik. Ketika jumlah tabungan emas cukup dan waktunya sudah tercapai, maka bisnis dapat segera dibuka.

2. Pantau Harga Emas secara Berkala

Sama seperti investasi lainnya, harga emas mengalami fluktuasi dalam periode tertentu. Hanya saja, tidak terlalu fluktuatif seperti saham atau cryptocurrency. Makanya perlu untuk memantau harga emas secara berkala, terutama ketika ada kabar tentang perubahan kebijakan di sektor perekonomian. Kabar ini otomatis mempengaruhi harga emas itu sendiri, karena permintaannya juga mengalami perubahan pada saat itu.

Pemantauan harga emas juga dimaksudkan untuk memudahkanmu dalam mengambil keputusan, apakah akan keep emas atau menjualnya pada saat harga naik. Dengan menjual emas saat harganya naik, maka kamu akan memperoleh sejumlah keuntungan yang bisa didiversifikasi untuk berinvestasi pada jenis investasi lain. Atau mungkin kembali membeli emas saat harganya turun.

3. Simpan Emas di Tempat yang Aman

Tips menabung emas yang ketiga adalah menyimpan emas di tempat yang aman. Tempat penyimpanan yang paling sederhana adalah di brankas, lalu diletakkan di tempat yang aman di dalam rumah. Jika ingin lebih aman lagi, kamu dapat menyimpan emas di Pegadaian dengan membayar biaya penyimpanan sebesar Rp30.000 dalam setahun. 

Tidak hanya emas saja, Pegadaian juga dapat digunakan untuk menyimpan surat-surat berharga lainnya. Sebut saja sertifikat rumah, tanah, ruko, dan lain sebagainya. Tentu dengan rate yang sesuai dengan ketetapan dan kebijakan dari Pegadaian sendiri.

4. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Cara investasi emas yang baik adalah dengan membeli emas di tempat terpercaya. Bisa di toko emas langganan, di kantor ANTAM, melalui Pegadaian, atau melalui situs e-commerce yang ada di Indonesia. Selagi tempatnya terpercaya, maka kamu tidak perlu takut tertipu karena transaksi dijamin aman. Pastikan pembelian emas disertai dengan sertifikat, termasuk kalau kamu beli emas langsung di toko emas.

Jangan mau tertipu dengan harga emas yang murah, ya! Terlalu berisiko karena ada indikasi bahwa emas yang dijual adalah emas palsu. Selalu sesuaikan harga emas dengan harga terbaru. Jika seandainya berbeda, maka perbedaan harganya tidak terlalu signifikan. 

5. Fokus pada Investasi Jangka Panjang

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk jangka panjang, seperti 10-15 tahun. Hal ini tidak terlepas karena fluktuasi harga emas yang tidak secepat saham atau investasi lain. Jadi, dalam investasi emas sebenarnya harus sabar.

Jika fokus investasinya jangka pendek, emas bukanlah jenis investasi yang tepat. Bukannya untung, kamu mungkin akan rugi karena adanya perubahan harga emas dan pengenaan biaya pembuatan emas untuk penjualan emas perhiasan. Jenis investasi, seperti deposito atau reksa dana mungkin cocok, apalagi tingkat resikonya juga rendah.

Tabungan Emas Cocok untuk Millenial

Kini kamu bisa ikuti cara menabung emas untuk pemula di atas kalau ingin mempunyai tabungan emas. Produk investasi yang satu ini cocok untuk pemula, karena modal untuk investasinya pun sangat terjangkau. Yuk, mulai alokasikan uangmu untuk beli emas. Prospeknya menjanjikan karena dalam jangka panjang kamu bisa raup untuk maksimal.

Baca Juga: 8 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement