Kamis 09 Mar 2023 13:40 WIB

Ketahui Informasi Saldo Minimal Tabungan BRI dan Cara Ceknya

Berikut produk tabungan yang ditawarkan BRI beserta informasi mengenai saldo minimal dari tiap jenis tabungan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan perusahaan perbankan yang dikelola oleh pemerintah. Sebagai salah satu badan yang berada di bawah naungan pemerintah, BRI menyediakan produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Perusahaan bank besar milik negara ini memiliki banyak fasilitas dan layanan yang menunjang kebutuhan bertransaksi masyarakat. BRI menyediakan produk tabungan, kredit, pinjaman, dan lain sebagainya.

Produk tabungan yang ditawarkan merupakan produk primadona yang dimiliki oleh BRI. Variasi dari jenis tabungan yang digunakan menawarkan keuntungan-keuntungan yang dibutuhkan masyarakat.

Ketentuan mengenai saldo minimal menjadi salah satu pertimbangan nasabah untuk membuka sebuah rekening. Dengan banyaknya jenis tabungan, BRI menyediakan perbedaan saldo minimum di tiap jenisnya. Nasabah dapat menentukan jenis tabungan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Menilik dari wacana tersebut, di bawah akan dipaparkan produk tabungan yang ditawarkan BRI beserta informasi mengenai saldo minimal dari tiap jenis tabungan.

 

Saldo Minimal BRI

saldo minimal bri

Penetapan saldo minimal di rekening bank adalah kebijakan pihak perusahaan untuk menentukan besaran minimal nasabah di dalam rekening untuk memperoleh pelayanan atau keuntungan tertentu. Saldo minimal di dalam rekening bank bergantung dengan kebijakan perusahaan dan jenis tabungan yang digunakan. Bank BRI pun menetapkan kebijakan mengenai saldo minimal di tiap jenis tabungannya. Hanya saja terdapat perbedaan di tiap jenis tabungan tersebut seperti daftar berikut.

Saldo Minimal Simpedes

Simpedes menawarkan keuntungan bagi nasabah untuk setor tanpa batas. Nasabah hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening dengan setoran awal yang tergolong terjangkau. Dengan membuka rekening ini, nasabah memperoleh kartu BRI yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit. Saldo minimal mengendap pada rekening BRI jenis ini dapat dilihat dari tabel di bawah.

Setoran awal

Rp50.000

Saldo minimal

Rp50.000

Saldo Minimal BritAma

Perbedaan menonjol dari tabungan BritAma dan Simpedes adalah fasilitas e-Banking yang dapat diakses (mobile banking, internet banking, SMS notifikasi, dsb). Kartu BRI nasabah BritAma juga memiliki aksesibilitas kartu lebih luas, yakni dapat digunakan di ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard di dalam dan luar negeri. Hal itu pula yang membuat terjadi perbedaan terkait ketentuan mengenai setoran awal seperti yang tertera pada tabel.

Setoran awal

Rp250.000

Saldo minimal

Rp50.000

Saldo Minimal BritAma X

Tabungan BritAma jenis ini memiliki kartu debit khusus yang dilengkapi chip guna mendukung keamanan kartu. Sama halnya dengan BritAma, Britama X juga dilengkapi fasilitas e-Banking dan kemudahan aksesibilitas kartu. Tabungan BRI jenis ini ditujukan untuk masyarakat dengan rentang usia 17 sampai dengan 35 tahun. Untuk setoran awal Britama X tergolong lebih murah, yakni Rp100.000 dengan saldo minimum sebesar Rp10.000.

Baca Juga: Berkenalan dengan Internet Banking HSBCː Cara Mudah untuk Bertransaksi

Saldo Minimal BritAma Bisnis

Sesuai namanya, pembukaan rekening ini diutamakan bagi nasabah yang membuka bisnis. BritAma Bisnis memiliki keunggulan yang tak jauh berbeda dengan BritAma X. Hanya saja tabungan BRI ini mempunyai ketentuan saldo minimal per bulan untuk mendapatkan keuntungan bebas biaya administrasi tiap bulan. Keterangan mengenai saldo minimal BritAma Bisnis terdapat pada tabel berikut.

Setoran awal

Rp1.000.000

Saldo minimal

Rp50.000

Saldo minimal rata-rata per bulan

Rp5.000.000

Saldo Minimal BRI Junio

BRI Junio merupakan produk tabungan BRI yang menyasar anak-anak. Meskipun ditujukan untuk anak, fitur dan fasilitas rekening ini dapat dikatakan cukup lengkap. Nasabah yang berusia 0 s.d. 12 tahun perlu didampingi dengan rekening tabungan BRI orang tua. Sementara itu, untuk anak berusia >12 tahun sampai dengan 17 tahun dapat membuka rekening pribadi. Keduanya sama-sama memperoleh fasilitas kartu BRI Junio yang dilengkapi dengan chip. Untuk besaran setoran awal dan saldo minimal BRI Junio dapat dilihat berikut.

Setoran awal

0 s.d. 12 tahun

Rp100.000

>12 tahun s.d. 17 tahun

Rp150.000

Saldo minimal

Rp50.000

Saldo Minimal BRI Simpel

Tabungan jenis ini didesain untuk pelajar dengan persyaratan mudah. Pada tabungan jenis ini, tidak disediakan kartu ATM atau kartu debit. Nasabah hanya menerima buku rekening. Kelebihannya, tabungan BRI Simpel tidak memungut biaya administrasi bulanan. Saldo minimal BRI Simpel dan setoran awalnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Setoran awal

Rp5.000

Saldo minimal

Rp5.000

Setoran minimal berikutnya

Rp1.000

Saldo Minimal TabunganKu

BRI TabunganKu adalah jenis tabungan BRI selanjutnya yang tidak memiliki kartu ATM. Dengan keabsenan kartu ATM, nasabah tidak perlu khawatir akan mendapatkan tagihan untuk biaya administrasi tiap bulannya. Sebagai gantinya, nasabah dapat melakukan penarikan di seluruh kantor BRI. Dengan mengeluarkan Rp20.000 untuk setoran awal, nasabah sudah dapat membuka rekening BRI TabunganKu. Saldo minimum yang berada di tabungan ini ditentukan hanya sebesar Rp20.000.

Saldo Minimal Tabungan Haji BRI

Produk tabungan ini ditujukan untuk nasabah perorangan yang ingin mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Dengan Tabungan Haji BRI, nasabah dapat menyalurkan biaya BPIH mereka tanpa biaya administrasi. Jenis tabungan ini pun mencakup asuransi kecelakaan sampai 120%. Ketentuan dari jenis tabungan ini adalah setoran awal sebesar Rp50.000 dengan saldo minimal Rp25.000.000 untuk memperoleh penginputan data untuk mendapat nomor valid sebagai calon haji. 

Saldo Minimal Simpedes TKI

Sesuai namanya, tabungan ini diperuntukkan bagi para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) untuk proses transaksi mereka. Nasabah hanya perlu mengeluarkan setoran awal sebesar Rp10.000 untuk proses pembukaan rekening. Tabungan ini memiliki ketentuan saldo minimal mengendap sejumlah Rp10.000.

Dari informasi tersebut, calon nasabah yang ingin membuka rekening BRI dapat membuat pertimbangan. Ketentuan mengenai saldo minimal BRI yang tergolong rendah dapat menjadi pilihan nasabah untuk memutuskan membuka rekening di BRI.

Nasabah harus teliti dalam menggunakan tabungan BRI untuk bertransaksi agar keuntungan tidak berkurang. Hal yang dapat dilakukan adalah mengecek secara berkala saldo yang tersisa di rekening. Bagaimana cara mengecek saldo di rekening BRI? Berikut disajikan penjelasannya.

Baca Juga:  Permudah Transaksi dengan Layanan Internet Banking Bank Jatim

Cara Cek Saldo BRI

cara cek saldo bri

Pengecekan saldo BRI dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tergantung dari jenis tabungan yang digunakan. BRI menyediakan layanan untuk mengecek secara offline atau online dari perangkat masing-masing.

Dengan kemudahan teknologi, BRI menyediakan kemudahan dengan perangkat BRI Mobile untuk bertransaksi sekaligus mengecek saldo. Di samping itu, BRI tetap melayani pengecekan saldo di gerai-gerai resmi atau yang bekerja sama dengan pihak BRI.

Cek Saldo Lewat ATM

Bagi nasabah yang memiliki kartu BRI yang berfungsi sebagai ATM, tentu pengecekan saldo dapat dilakukan di ATM BRI terdekat atau untuk jenis BRI tertentu, seperti BritAma nasabah dapat melakukan pengecekan di ATM lain. Berikut adalah tata cara pengecekan saldo menggunakan mesin ATM.

  1. Masukkan kartu ATM dan pin
  2. Pilih menu “Transaksi Lainnya”
  3. Pilih menu “Cek Saldo”
  4. Pilih sumber rekening, tabungan atau giro
  5. Tampilan layar akan menampilkan jumlah saldo tersisa

Di beberapa mesin ATM yang masih menggunakan struk, sisa saldo yang tersisa bisa muncul setelah melakukan transaksi. Pengecekan ini tidak dipungut biaya.

Cara Cek Saldo BRI Lewat BRI Mobile

BRImo memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan berbagai transaksi secara mobile. Aplikasi ini dapat digunakan untuk proses transfer, pembayaran, sampai cek saldo. Berikut adalah langkah untuk cek saldo di aplikasi BRImo

  1. Buka aplikasi BRImo pada gawai
  2. Masukkan username dan password
  3. Pilih menu “Login”
  4. Pilih menu “Info Rekening”
  5. Tampilan layar akan menampilkan informasi jumlah saldo tersisa

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Banking

Bagi nasabah yang memiliki layanan SMS Banking, cara ini dapat dilakukan secara mudah tanpa mengunduh aplikasi BRImo di perangkat. Namun, pastikan pulsa pada nomor ponsel terdaftar mencukupi untuk melakukan pengecekan dengan cara ini.

  1. Pastikan pulsa mencukupi
  2. Pilih menu pesan pada gawai
  3. Ketik SALDO (spasi) PIN
  4. Kirim pesan tersebut ke nomor 3300
  5. Informasi mengenai saldo akan dikirim lewat SMS ke nomor ponsel

Cara Cek Saldo BRI Lewat Teller

Cara ini mungkin jarang digunakan oleh kebanyakan orang karena kurang efektif. Namun, untuk nasabah yang tidak memiliki kartu ATM cara ini dapat dilakukan untuk mengecek sisa saldo di rekening.

  1. Siapkan persyaratan: buku rekening tabungan BRI dan kartu identitas diri (KTP atau SIM)
  2. Datang ke kantor cabang BRI terdekat
  3. Ambil nomor antrian
  4. Informasikan kepada teller untuk cek saldo
  5. Teller akan memberikan informasi terkait sisa saldo Anda

Perhatikan Saldo Minimal untuk Nikmati Berbagai Keuntungan

Dari informasi mengenai saldo minimal BRI dan cara mengecek saldo, nasabah dapat memantau sisa saldo yang tersisa. Ketentuan berbeda dari saldo minimal di tiap jenis rekening memberikan keuntungan yang berbeda pula. Informasi mengenai saldo minimum di rekening perlu dicek secara berkala agar tidak terjadi pemberlakuan denda yang bisa terjadi jika saldo sudah di bawah saldo minimal. Pastikan saldo minimum tidak kurang dari yang ditentukan dari masing-masing jenis tabungan.

Baca Juga:  Cara Ganti Kartu ATM BCA, BNI, dan Bank Mandiri via Customer Service Digital

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement