Sabtu 18 Mar 2023 09:00 WIB

Rekomendasi Tempat Les Renang Terbaik dan Manfaatnya untuk Anak

Optimalkan tumbuh kembang anak dengan mengikutsertakannya ke dalam les renang. Berikut rekomendasi tempat les renang terbaik dan manfaatnya untuk anak.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kunci utama dalam berenang terletak pada kecepatan gerakan tangan dan kaki. Dengan begitu, tubuh pun bisa tetap mengapung saat berada di dalam kolam atau air.

Namun diperlukan latihan rutin agar bisa mahir berenang, apalagi jika ingin menguasai berbagai gaya dengan sempurna. Itulah sebabnya banyak orang tua yang mengakomodasi anak-anaknya dengan mengambil les renang.

Baca Juga: Miliki Banyak Keunggulan, Ini Hitungan Biaya Les Privat yang Harus Disiapkan Orang Tua

 

Berapa Usia Ideal Anak Mulai Belajar Renang?

American Academy of Pediatrics (AAP) menyampaikan, usia ideal anak mulai belajar renang ialah empat tahun ke atas. Umur empat tahun dinilai baik untuk alasan keamanan, karena risiko terjadinya tenggelam bisa diturunkan.

Les renang bisa dilakukan sebanyak 2 - 3 kali dalam seminggu. Per sesinya, waktu yang disarankan ialah 30 menit latihan inti. Sedangkan untuk pemanasan dan pendinginan bisa dilakukan masing-masing selama 10 menit.

Untuk si kecil yang suka berenang namun tak tersedia kolam renang pribadi di rumah, orang tua bisa memasukkan buah hatinya ke tempat les renang terbaik. Berikut beberapa opsi tempat les renang di ibukota beserta kisaran biayanya.

Rekomendasi Tempat Les Renang Anak di Jakarta

Rekomendasi Tempat Les Renang Anak

Rekomendasi Tempat Les Renang Anak

  1. Jakarta Swimming School

    Dengan latar belakang pendidikan olahraga yang kental, Jakarta Swimming School menyediakan sejumlah pelatih renang profesional. Selain itu, JSS yang berlokasi di Jakarta ini juga dibimbing oleh para pelatih Nasional yang andal.

    Urusan materi, JSS mengajarkan pengalaman air (bubble, gladding), basic survival swimming (mengapung di air/water trappen), gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, hingga gaya punggung. JSS juga mempunyai program private untuk pengenalan air dan renang dasar bagi anak berumur 3 - 5 tahun serta dewasa.

    Paket

    Keterangan

    Biaya Les Renang

    1

    (Private)

    4 kali pertemuan untuk 1 bulan

    Rp600 ribu

    2

    (Private)

    8 kali pertemuan untuk 1 bulan

    Rp1,2 juta

    3

    (Semi Private)

    4 kali pertemuan untuk 1 bulan

    Rp900 ribu

    4

    (Semi Private)

    8 kali pertemuan untuk 1 bulan

    Rp1,7 juta

    Catatan:

    • Private berlaku untuk satu orang. 
    • Semi Private berlaku untuk dua orang.

    Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi situs resmi dari Jakarta Swimming School.

  2. Superprof

    Hanya dengan biaya mulai dari Rp50 - 250 ribu per jam, orang tua bisa mengikutsertakan anaknya untuk les renang di Superprof. Superprof mempunyai pelatih wanita dan pria yang berpengalaman dan berlisensi C (bersertifikat). 

    Peserta kursus bisa memilih kelas les sesuai tingkatan (pemula, mahir, dst). Les renang ini tersedia tak hanya di DKI Jakarta, tapi juga Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Cimahi, Bandung, Semarang, dan lainnya. Sesi pertama biasanya diberikan gratis.

    Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi situs resmi dari Superprof.

  3. Vista Swimming Course

    Les renang private ini sudah ada sejak tahun 2015 dan melayani kursus untuk anak mulai dari usia empat tahun hingga orang dewasa (umur 65 tahun). Dibuka di Jakarta, Bogor, dan Bandung, Vista Swimming Course membuka pendaftaran peserta les renang melalui Direct Message di Instagram dan pesan singkat WhatsApp.

  4. Trigon

    Berada di Jabodetabek, PT Trigon Sport Indonesia ialah sekolah renang internasional yang menyediakan les renang private. Les renang di sini, anak-anak akan dilatih oleh para coach profesional pria dan wanita. 

    Mempunyai fakultas olahraga, berikut kelas renang yang tersedia di Trigon.

    Kelas

    Biaya Les Renang

    Baby Swimming

    Single 

    (1 siswa, untuk usia 5 - 24 bulan, durasi 30 menit)

    4x sesi (happy save): Rp1,2 juta
    8x sesi (survive): Rp2,2 juta
    12x sesi (adaptive water trappen): Rp3,2 juta

    Double 

    (2 siswa, untuk usia 5 - 24 bulan, durasi 30 menit)

    4x sesi (adaptation): Rp2 juta
    8x sesi (adaptation survive): Rp3,4 juta
    12x sesi (gaya bebas, survive, water trappen): Rp4,4 juta

    Toddler Swimming

    Single 

    (1 siswa, untuk usia 2-6 tahun, durasi 60 menit)

    4x sesi (adaptation): Rp1,2 juta
    8x sesi (adaptation survive): Rp2,2 juta
    12x sesi (gaya bebas, survive, water trappen): Rp3,2 juta

    Double 

    (2 siswa, untuk usia 2-6 tahun, durasi 60 menit)

    4x sesi (adaptation): Rp2 juta
    8x sesi (adaptation survive): Rp3,4 juta
    12x sesi (gaya bebas, survive, water trappen): Rp4,4 juta

    Kids Swimming

    Single 

    (1 siswa, untuk usia 7-14 tahun, durasi 60 menit)

    4x sesi (tanpa garansi): Rp1,2 juta
    8x sesi (penguasaan gaya dada): Rp2,2 juta
    12x sesi (gaya bebas/dada, renang jarak 18m, water trappen, menyelam): Rp3,2 juta

    Double 

    (2 siswa, untuk usia 7-14 tahun, durasi 60 menit)

    4x sesi (tanpa garansi): Rp2 juta
    8x sesi (penguasaan gaya dada): Rp3,4 juta
    12x sesi (gaya bebas/dada, renang jarak 18m, water trappen, menyelam); Rp4,4 juta

    Catatan:

    • Harga belum termasuk biaya kolam umum. 
    • Masa berlaku dua bulan. 
    • Saat artikel ini ditulis, sedang ada diskon.
    • Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi situs resmi dari Trigon.

Baca Juga: Bingung Cari Tempat Les Bahasa Inggris Kredibel? Ini Rekomendasi dan Kisaran Biayanya

Manfaat Les Renang untuk Anak

Manfaat Les Renang untuk Anak

Manfaat Les Renang untuk Anak

Sebagai salah satu cabang olahraga akuatik yang populer, mendunia, dan digemari banyak orang, berenang juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  1. Menambah Keberanian dan Memupuk Rasa Percaya Diri

    Dengan belajar renang, anak akan melakukan kontak dengan air. Si kecil akan merasakan bagaimana sensasi menahan napas di dalam air, rongga hidung dan telinga yang kemasukan air, dan sebagainya yang tidak ia dapatkan saat berkegiatan di daratan. Rasanya tentu tidak akan nyaman, bahkan menakutkan. 

    Namun dengan les renang, anak bisa menghadapi ketakutan itu dengan tenang. Dia bisa lebih berani dalam menghadapi masalah atau ketakutan hidup yang mengadangnya. Alih-alih menyerah, anak akan berusaha menguasai dan menaklukkannya.

  2. Melatih Otot dan Saraf Motorik serta Membentuk Postur Badan

    Berenang membantu anak melatih seluruh otot dan saraf motoriknya. Saraf motorik diketahui berfungsi untuk koordinasi gerakan tubuh. Sehingga berenang terbukti baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan badannya, serta meningkatkan kecerdasan spasial anak.

    Selain itu, berenang juga membentuk postur badan agar ideal, tegap, tinggi, bebas dari kelainan tulang punggung, dapat membantu mengoreksi pembungkukan atau gangguan ortopedi lainnya, serta otot dan persendian menjadi semakin kencang.

  3. Mengembangkan Kemampuan Mengikuti Instruksi dan Meningkatkan Kecerdasan

    Sebagai salah satu kegiatan yang kompleks, berenang bisa membantu anak untuk lebih berfokus dan meningkatkan kecerdasannya. Otak akan didorong untuk mengatur keseimbangan ritme tubuh, menata urutan gerakan, hingga mengatasi rasa takut. 

    Anak juga dilatih untuk meniru serta mengikuti instruksi pelatih. Menurut sejumlah penelitian, berenang membantu meningkatkan memori pada otak karena anak harus mengingat sejumlah gerakan secara rinci, kemudian dilakukan secara repetitif hingga menjadi otomatis. Keterampilan ini tentunya akan bermanfaat di berbagai area kehidupan.

  4. Melatih Pernapasan dan Menguatkan Jantung

    Manfaat lainnya dari renang adalah jantung dan paru-paru yang semakin kuat. Saat berenang, anak akan dilatih untuk bernapas dengan lebih optimal. Kinerja paru-paru serta jantung dapat dilatih semakin baik dengan berenang.

    Saat berenang, jantung memompa darah dengan lebih cepat sehingga organ-organ di tubuh anak menjadi lebih sehat dan semakin kuat. 

Ikut Sertakan Anak dalam Les Renang untuk Keuntungan Jangka Panjang

Secara umum, ada beragam benefit kesehatan yang didapatkan dari berenang. Selain membantu membangun massa otot, berenang juga bisa menurunkan berat badan, menguatkan jantung dan paru-paru, mengatasi insomnia, mengendalikan stres, menjaga kesehatan mental dan otak, mengurangi nyeri sendi, mengatasi saraf yang terjepit, dan baik untuk penderita asma. 

Selain itu, berenang teratur dapat menyembuhkan cedera otot dan sendi dengan lebih cepat. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh University of South Carolina, berenang terbukti bisa memperpanjang hidup seseorang. Dengan manfaatnya yang beragam tersebut, tak heran jika cabang olahraga ini menjadi kegemaran banyak orang.

Sejatinya, kualitas perkembangan dan pertumbuhan anak memang bisa ditingkatkan dengan berenang. Sehingga orang tua bisa mempertimbangkan agar anak mereka mengikuti les renang dan menumbuhkan kebiasaan healthy lifestyle yang akan menguntungkannya dalam jangka panjang.

Jadi, buat para orang tua, yuk siapkan dana simpanan yang banyak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Bagaimana caranya? Dengan rajin melakukan investasi di instrumen terbaik, seperti, deposito dan reksa dana.

Baca Juga: Mengenal Boarding School dan Estimasi Biaya Sekolah Asrama

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement