Senin 27 Mar 2023 00:12 WIB

Flowchart: Pengertian, Fungsi, hingga Simbolnya

Apa itu flowchart atau biasa juga dikenal dengan sebutan bagan alur/diagram alur? Berikut pengertian, fungsi, jenis, hingga simbol-simbol flowchart.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Flowchart tentu sudah menjadi sesuatu yang familiar bagi orang yang bergelut di dunia pemrograman. Flowchart merupakan diagram yang menunjukkan alur semua proses yang terdapat pada sebuah program. Hal ini akan ditunjukkan dalam simbol flowchart yang memiliki fungsi berbeda-beda. 

Di dalam praktiknya, flowchart akan memegang peranan yang sangat penting, yakni menerjemahkan setiap proses yang terjadi dalam sebuah program sehingga jadi lebih mudah untuk dipahami. Jika melihat kenyataan tersebut, maka memahami flowchart dengan baik merupakan tuntutan tersendiri bagi orang-orang yang bergelut dengan dunia pemrograman.

Baca Juga: Profesi Animator: Pengertian, Jenis, Skill yang Dibutuhkan, Jenjang Karir

Pengertian Flowchart

apa itu flowchart

Apa Itu Flowchart?

Flowchart adalah diagram yang menggambarkan langkah-langkah dan juga solusi (keputusan) yang dilakukan di dalam sebuah program. Masing-masing langkah ini akan dibuat berupa flowchart diagram serta dihubungkan menggunakan sebuah garis maupun anak panah. 

Flowchart akan memegang peranan penting untuk memutuskan suatu langkah maupun fungsionalitas dalam suatu proyek pembangunan program yang dikerjakan oleh banyak orang secara bersamaan. Penggunaan flowchart akan membuat program menjadi lebih jelas dan meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penafsiran pada program itu sendiri. 

Flowchart juga dikenal dengan nama lain, yakni bagan alur dan juga diagram alur. Flowchart simbol akan menggambarkan setiap tahap yang terjadi di dalam program dan sekaligus menggambarkan solusi ataupun menyelesaikan permasalahan yang terdapat di dalam program tersebut dengan ringkas. 

Setiap simbol flowchart tentu akan memberikan makna berbeda antara satu dengan yang lainnya, di mana setiap simbol ini akan menggambarkan satu persatu alur yang dilakukan di dalam sebuah program. Flowchart diagram dan yang lainnya bisa diakses melalui program Microsoft Office Word, Microsoft Office Power Point, dan masih banyak lagi.

Di dalam perkembangannya, flowchart semakin mudah digunakan dengan kehadiran flowchart online dan juga flowchart maker. Sebagaimana layanan online pada umumnya, sebagian besar flowchart maker dan juga flowchart online merupakan layanan berbayar.

Fungsi Flowchart

Pada dasarnya, flowchart atau yang juga dikenal sebagai bagan alur ini berfungsi untuk menggambarkan sebuah alur pengerjaan maupun proses suatu program, di mana proses tersebut digambarkan dalam bentuk flowchart simbol yang praktis dan mudah untuk dipahami. 

Sedangkan di dalam Geeks for Geeks, dikatakan bahwa flowchart memiliki beberapa kegunaan, seperti: 

  • Menggambarkan sebuah algoritma maupun proses tertentu dengan detail serta rumit melalui simbol flowchart, sehingga algoritma tersebut jadi semakin mudah untuk dipahami oleh banyak orang. 
  • Membuat sebuah program yang awalnya begitu rumit dan juga kompleks menjadi lebih sederhana.
  • Memberikan pengertian pada para pengguna agar bisa menggunakan flowchart dengan lebih maksimal, yakni menjadi metode pengumpulan data, pendeteksi masalah, pengembangan perangkat, dan lainnya. 
  • Merancang sebuah proses yang baru maupun untuk sekadar menambah sejumlah fitur pada proses yang telah ada. 
  • Memudahkan komunikasi di dalam sebuah tim, sehingga berbagai masalah maupun kesalahpahaman dapat dihindari.

Baca Juga: 6 Skill Ini Bisa Menghasilkan Banyak Uang Untukmu

Jenis-jenis Flowchart

Berikut ini adalah beberapa jenis flowchart yang lazim digunakan dalam bahasa pemrograman:

  1. Flowchart Sistem

    Flowchart sistem adalah diagram alur yang memberikan gambaran tentang bagaimana setiap tahap kerja dalam sebuah data terjadi pada sistem serta bagaimana sebuah keputusan diterapkan untuk dapat mengendalikan suatu kejadian. Di dalam praktiknya, flowchart yang satu ini biasanya akan menggambarkan sebuah sistem kerja dengan menyeluruh. 

  2. Flowchart Dokumen

    Flowchart dokumen adalah diagram alur yang memberikan gambaran tentang keseluruhan alur yang terdapat pada sebuah dokumen. Flowchart yang satu ini akan memberi gambaran keseluruhan dokumen secara detail tanpa perlu membaca dokumen itu terlebih dulu, hal ini akan membuat para pembaca menjadi lebih mudah untuk mengerti isi dokumen tersebut. 

  3. Flowchart Skematik

    Flowchart skematik merupakan diagram alur yang memberi gambaran tentang sebuah skema. Secara garis besar, flowchart skematik ini terlihat mirip dengan flowchart sistem. Namun jika ditilik lebih dekat, akan terlihat bahwa flowchart skematik memang memberikan gambaran yang lebih detail dan juga prosedural, jika dibandingkan dengan flowchart sistem. 

  4. Flowchart Proses

    Flowchart proses adalah diagram alur yang memberikan gambaran tentang sebuah proses maupun kegiatan. Pada umumnya, flowchart yang satu ini dipakai untuk proses produksi yang terjadi dalam dunia industri, yakni sebagai bagian dari analisis sistem produksi itu sendiri. 

  5. Flowchart Program

    Flowchart program adalah diagram alur yang memberikan gambaran tentang alur pemrograman maupun algoritma. Flowchart ini pada umumnya dipakai menjadi patokan untuk membuat daftar program dengan bahasa komputer. Flowchart yang satu ini juga dikenal dengan sebutan notasi algoritma. 

Simbol-simbol Flowchart

Flowchart memang digambarkan dalam bentuk simbol-simbol, di mana masing-masing flowchart simbol ini akan memiliki makna tersendiri. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memahami setiap flowchart simbol dengan baik terlebih dahulu, sebelum menggunakannya. 

Kesalahan dalam menggunakan atau bahkan menerjemahkan simbol flowchart tentu menjadi hal yang harus dihindari saat menggunakan flowchart maker.

Berikut beberapa simbol yang dikenal dan digunakan dalam flowchart

  1. Flow

    Pada umumnya, simbol ini digambarkan dengan menggunakan tanda panah. Simbol ini juga dikenal dengan nama lain, yakni connecting line. Simbol yang satu ini dipakai sebagai penghubung antara satu simbol dengan yang lainnya, sehingga menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan oleh flowchart maker. 

  2. Display

    Simbol yang satu ini berfungsi menjadi penjelasan atas berbagai peralatan output yang dipakai dalam sebuah program. 

  3. Off-Page Reference

    Off–Page Reference berguna sebagai penanda keluar masuk atau terjadinya penyambungan sebuah proses pada lembar kerja yang berbeda.

  4. On-Page Reference 

    On–Page Reference merupakan simbol berbentuk lingkaran dan memiliki fungsi sebagai penyambungan proses pada lembar kerja yang sama. 

  5. Input/Output 

    Input/Output merupakan simbol yang berbentuk jajar genjang dan memberi gambaran tentang proses input maupun output yang tidak bergantung dengan alat.

  6. Decision 

    Decision merupakan simbol yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu yang memberikan peluang jawaban ya ataupun tidak. 

  7. Process

    Simbol yang satu ini dipakai untuk menggambarkan sebuah proses yang dikerjakan oleh sebuah komputer. 

  8. Terminator 

    Terminator merupakan simbol yang memberikan gambaran sebuah awal maupun akhir dari sebuah program. 

  9. Document 

    Document merupakan simbol yang dipakai untuk memberi pemahaman bahwa masukan berasal dari sebuah dokumen dalam bentuk fisik ataupun sesuatu yang masih harus dicetak terlebih dahulu. 

  10. Manual Operation 

    Manual Operation merupakan sebuah simbol flowchart diagram yang menggambarkan sebuah proses yang tak dikerjakan oleh sebuah komputer. 

  11. Preparation 

    Preparation merupakan sebuah simbol flowchart diagram yang menggambarkan sebuah penyimpanan atau penyediaan wadah untuk pengolahan data. 

  12. Predefine Process

    Predefine Process merupakan simbol yang berfungsi untuk mengerjakan sebuah prosedur atau bagian tertentu dalam program. 

Daftar Website untuk Membuat Flowchart Gratis

Flowchart maker tidak selalu berbayar, sejumlah website untuk membuat flowchart juga bisa diakses secara gratis. Hal ini akan memudahkan proses pembuatan flowchart itu sendiri. Bukan hanya itu saja, beberapa website ini bahkan bisa diakses secara offline

Berikut ini adalah beberapa website yang bisa digunakan untuk membuat flowchart secara gratis:

  • GitMind.
  • Microsoft Visio.
  • yED Graph Editor.
  • Pencil.
  • Gliffy Diagram.
  • Cacoo.
  • Concept Draw.

Pahami Flowchart dengan Baik

Jika tertarik untuk mempelajari dunia pemrograman, maka memahami flowchart merupakan kebutuhan wajib. Ini merupakan simbol-simbol yang biasanya digunakan dalam bidang pemrograman. Pahami simbol dan fungsi flowchart dengan baik, agar lebih mudah untuk membuat program yang akan dirancang. 

Baca Juga: Ajarkan Sejak Dini, Ini Manfaat dan Kisaran Biaya Kursus Coding untuk Masa Depan Anak

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement