Sindikasi Republika

Bisa Tetap Hemat, Bagaimana Cara Tepat Atur Budget Buka Puasa Bersama Selama Ramadan?

Jumat , 31 Mar 2023, 18:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Sudah menjadi tradisi di Indonesia jika saat bulan puasa, tidak sedikit orang yang merencanakan aktivitas buka bersama dengan teman, keluarga, ataupun rekan kerja. Bahkan, momen buka bersama tersebut kerap dijadikan sebagai kesempatan reuni untuk menjalin kembali tali silaturahmi yang sempat terputus.

Menurut agama Islam sendiri, tradisi buka puasa bersama ini memang dianjurkan karena mampu memberi banyak manfaat serta berkah selama bulan Ramadan. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri jika memiliki agenda buka bersama cukup banyak selama bulan puasa mampu menguras kantong cukup dalam. Jika tidak mempersiapkan keuangan dengan sebaik mungkin, pengeluaran untuk kebutuhan ini bisa sangat besar dan sulit dibendung.

Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran buka puasa bersama ini? Nah, jika ingin tahu apa saja manfaat buka puasa bersama dan tips mengatur keuangan untuk hal tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Kumpulan Resep Camilan Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

 

Manfaat Buka Puasa Bersama

Sebenarnya, tradisi buka puasa bersama tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga negara lain yang masyarakatnya menjalankan ibadah puasa Ramadan. Hal ini dikarenakan tradisi tersebut mampu memberikan banyak manfaat yang penting dan penuh keberkahan, antara lain:

  1. Menjalin Tali Silaturahmi

    Seperti yang kita tahu, buka puasa bersama mampu menjadi sarana untuk menjalin tali silaturahmi dengan sesama. Momen tersebut umumnya dimanfaatkan untuk memperkuat tali persaudaraan bersama sanak saudara, sahabat, bahkan rekan kantor sekalipun.

    Tak harus merencanakan acara buka bersama sendiri, sekadar mendatangi masjid terdekat dan berbuka di sana juga bisa memberikanmu kesempatan untuk menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat sekitar. Dengan begitu, hubungan antar sesama akan semakin erat dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

  2. Menjadi Sarana Beraktivitas secara Positif

    Selain itu, dengan berbuka bersama, kamu bisa mengisi momen Ramadan dengan aktivitas yang positif dan membangun. Berkumpul dengan sesama saat buka puasa tentu mampu menjadi sarana interaksi secara positif. Di sisi lain, aktivitas ini juga bisa menjauhkanmu dari risiko melakukan aktivitas sia-sia, serta mampu menjalankan perbuatan yang lebih positif dan bermanfaat.

    Biasanya, acara buka bersama akan dilanjutkan dengan kegiatan beribadah bersama sehingga mampu meningkatkan keberkahan. Karenanya, buka puasa bersama ini layak menjadi momen yang perlu dilakukan sesekali ketika Ramadan agar bisa mendapatkan manfaat positif yang satu ini.

  3. Kesempatan untuk Saling Berbagi Hal Positif

    Momen berbuka puasa bersama juga bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk saling berbagi doa yang baik, mengutarakan isi hati, sampai meredakan ketegangan pikiran. Tidak hanya itu, momen ini juga bisa menjadi sarana untuk melepaskan diri dari segala kesibukan sehari-hari yang seakan tidak ada habisnya. Dengan begitu, beban pikiran dan stres bisa diredakan hingga tak lagi menumpuk.

    Berkumpul bersama sembari bercanda saat momen ini juga bisa membuatmu lupa dengan sebagian masalah hidup. Bahkan, hubungan interaksi dengan orang lain mampu memberimu kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang saat ini mungkin tengah dihadapi. Beberapa contohnya adalah mendapatkan informasi lowongan kerja, bisnis, dan lain sebagainya.

  4. Kembali Terhubung dengan Kawan Lama

    Acara buka puasa bersama juga identik dengan reuni bersama kawan lama, seperti teman SMA ataupun kuliah. Karena telah menjalani fase hidup yang berbeda, kembali bercengkerama dengan teman lama mungkin hanya mungkin bisa dilakukan di momen buka bersama ini. Tidak jarang, momen ini mampu memberimu kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi, menjalin kembali hubungan, dan saling berbagi informasi yang mungkin membantu.

  5. Mempererat Hubungan yang Telah Merenggang

    Manfaat terakhir dari buka puasa bersama yang tak boleh diremehkan adalah mempererat hubungan. Misalnya, hubungan yang sempat tegang dengan seseorang tentu bisa kembali cair saat berkumpul bersama di momen ini. Jadi, komunikasi akan kembali terjalin, tanpa ada sekat maupun pembatas, dan semuanya dapat saling bertegur sapa serta kembali bercanda bersama seperti sedia kala.

Tips Menghemat Pengeluaran Buka Puasa Bersama

Dengan sederet manfaat yang bisa didapatkan saat menjalani buka puasa bersama, tentu akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan momen tersebut selama Ramadan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri jika acara buka puasa bersama memang memerlukan persiapan finansial yang cukup matang agar mampu memenuhinya. Jika tidak diperhatikan, pengeluaran untuk buka puasa bersama bisa membludak dan berisiko mengacaukan kondisi keuangan.

Nah, agar tak berlebihan dan tetap bisa menghemat pengeluaran buka puasa bersama, simak tipsnya berikut ini.

  1. Tentukan Budget Sejak Awal

    Sebagai pengeluaran yang mungkin harus dipenuhi selama bulan puasa, kamu tentu perlu menentukan di awal berapa besar budget yang harus disiapkan untuk kebutuhan ini. Tentukan estimasi atau perkiraan pengeluaran terkait acara berbuka puasa bersama ini dari banyaknya ajakan yang harus didatangi.

    Walaupun secara umum pengeluaran di setiap acara berbuka bersama berbeda-beda, tapi kamu bisa membuat perkiraan sendiri dari rerata biaya untuk sekali makan di restoran. Kalau ternyata ada rincian biaya yang diminta oleh temanmu yang merencanakan acara buka bersama, kamu tentu akan menjadi lebih mudah menentukan budget ini di awal. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah keuangan mampu memenuhi semua ajakan buka bersama tersebut atau tidak.

  2. Tambah Anggaran Tak Terduga dari Budget Awal

    Selain menentukan budget untuk buka bersama, kamu tetap harus menyiapkan pengeluaran tidak terduga yang mungkin muncul sewaktu-waktu. Idealnya, tambah sekitar 10 persen pada budget buka puasa bersama sebagai anggaran tak terduga.

    Sebagai contoh, kamu telah menyiapkan budget buka bersama sebesar 300 ribu. Nah, untuk anggaran tak terduga ini, kamu bisa menambahkan setidaknya 30 ribu untuk kebutuhan mendesak dan mendadak seputar rencana buka bersama tersebut.

    Ingat bahwa dana ini hanya boleh digunakan pada kondisi terdesak dan mendadak, serta sifatnya penting saja. Jadi, jangan gunakan dana ini untuk sekadar memenuhi hasrat impulsif saja agar budget buka bersama tidak membengkak.

  3. Disiplin Ikuti Rencana Keuangan

    Tips mengatur keuangan untuk keperluan buka puasa bersama lainnya adalah disiplin mengikuti rencana keuangan yang telah dibuat. Usahakan untuk tak melewati total anggaran buka bersama yang sudah dibuat. Dengan begitu, kondisi keuangan akan tetap terjaga dan tak akan kewalahan memenuhi segala kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya selama bulan Ramadan.

    Khususnya bagi yang berencana untuk melakukan mudik atau pulang kampung saat lebaran, poin yang satu ini penting untuk diikuti. Dengan begitu, anggaran mudik yang sudah disiapkan tidak akan berisiko terpangkas karena harus memenuhi pengeluaran untuk buka puasa bersama.

  4. Bijak Memanfaatkan Promo

    Selama bulan puasa, tidak sedikit pemilik bisnis, marketplace, ataupun restoran yang menawarkan promo untuk menarik minat beli konsumen. Hal ini tentu saja bisa menjadi kesempatan untuk menghemat pengeluaran selama bulan puasa, tak hanya pada kebutuhan sehari-hari, tapi juga saat harus mendatangi acara buka puasa bersama.

    Sebagai contoh, pilih lokasi berbuka puasa bersama di tempat makan atau restoran yang menawarkan promo. Khususnya jika acara buka bersama ini didatangi oleh banyak orang sekaligus, tidak sedikit restoran yang tak ragu memberikan promo yang mampu membuat pengeluaran lebih hemat. Tentunya, hal ini hanya bisa dilakukan saat kamu jeli melihat tawaran promo diskon buka puasa bersama dari sejumlah restoran ataupun hotel.

  5. Pilih Menu Hemat

    Bagi yang sibuk dan hanya memiliki waktu terbatas untuk berbuka puasa, maka bisa memilih restoran atau rumah makan yang memiliki menu set lengkap dan hemat. Hal ini akan jauh lebih hemat, daripada kamu dan teman-teman memilih menu terpisah (satuan) yang harganya justru bisa saja lebih mahal.

    Selayaknya promo, tidak sedikit pula tempat makan yang menyediakan sistem paket berbuka puasa bersama dengan tawaran harga lebih murah. Namun, biasanya, sistem paket ini baru bisa dinikmati dengan persyaratan minimal orang berjumlah tertentu, misalnya 10 atau 15 orang sekaligus.

    Nah, jika acara buka bersama yang dilakukan mampu memenuhi persyaratan tersebut, jangan ragu memanfaatkan sistem paket ini agar pengeluaran menjadi lebih terjangkau. Hal serupa juga bisa berlaku saat menggunakan sistem prasmanan dalam memesan makanan karena biasanya harga yang ditawarkan lebih murah.

    Jangan lupa untuk memesan tempat terlebih dahulu, terutama jika kamu dan teman-teman bekerja dan hanya memiliki waktu jeda yang sempit untuk berbuka setelah pulang kantor.

  6. Belanja dan Masak Bersama

    Memasak Bersama

    Buka Puasa Bersama

    Cara yang pertama ini sangat tepat untuk dilakukan di akhir pekan. Bukan hanya bersama kerabat saja, tetapi langkah ini juga bisa dilakukan bersama para sahabat dan teman kerja. Rencanakan bersama acara ini sehari sebelumnya dan pilihlah menu-menu buka puasa yang akan disiapkan bersama.

    Kumpulkan dananya dan belilah semua bahan yang dibutuhkan, lalu kamu dan teman/keluarga bisa mulai menyiapkan berbagai menu buka puasa bersama sejak siang atau sore harinya. Acara buka bersama ini akan jauh lebih menyenangkan, sebab semua menu disiapkan bersama di rumah kamu atau teman lainnya.

  7. Pilih Menu yang Bisa Dibayar Patungan

    Jika berbuka di luar menjadi pilihan bersama dengan teman atau sahabat, maka pilihlah restoran atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu satuan yang bisa dimakan bersama dan porsinya cukup besar.

    Pilih beberapa menu yang dianggap tepat dan sesuai dengan selera bersama, sehingga bisa dimakan bersama dan dibayar secara patungan. Bukan hanya hemat, namun cara ini juga akan memungkinkan kamu dan teman-teman bisa mencicipi beberapa menu yang berbeda sekaligus.

  8. Berbuka dengan Sistem Potluck

    Potluck merupakan cara makan bersama dengan teman atau keluarga, di mana masing-masing orang membawa makanan tertentu untuk dinikmati bersama-sama. Cara yang satu ini cocok untuk dilakukan bersama dengan teman atau bahkan keluarga besar sekalipun.

    Acara berbuka bisa dilakukan di salah satu rumah yang dianggap paling tepat, dengan cara membawa masing-masing satu atau dua menu untuk berbuka. Tentukan terlebih dahulu menu-menu apa saja yang akan disiapkan masing-masing orang, agar semua menu yang dibutuhkan bisa tersedia dengan baik nantinya. Cara ini juga dapat menghemat pengeluaran untuk buka puasa.

Baca Juga: Tips Hemat Pesan GoFood, Grab Food, ShopeeFood untuk Sahur dan Buka Puasa

Pilih yang Paling Hemat dan Simpel

Meski ada banyak rencana untuk buka bersama selama bulan puasa, namun kamu tetap harus pintar dalam mengatur keuangan. Jangan sampai berbagai acara ini justru menjadi sebuah masalah di dalam keuangan. Pilih cara dan juga waktu yang tepat untuk berbuka puasa, sehingga bisa menghemat budget bulan puasa dengan ketat.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark