Selasa 16 May 2023 18:27 WIB

Rekomendasi Reksa Dana Campuran Terbaik 2023 yang Perlu Diketahui

Cari tahu berbagai rekomendasi produk reksa dana campuran terbaik 2023 berikut ini beserta cara memilih reksa dana campuran yang baik.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Reksa dana campuran merupakan salah satu produk investasi reksa dana yang merupakan gabungan dari tiga jenis reksa dana lainnya. Biasanya, produk reksa dana yang digabungkan dalam jenis reksa dana ini adalah reksa dana pasar uang, reksa dana saham, dan reksa dana pendapatan tetap. Maka, dengan membeli jenis reksa dana ini, kamu akan mendapatkan semuanya.

Karena reksa dana campuran merupakan gabungan dari beberapa produk reksa dana, hasil yang didapatkan diharapkan akan lebih stabil dan maksimal. Sebab, ketiga produk ini dapat mendukung satu dengan lainnya. 

Jika kinerja reksa dana saham sedang turun, biasanya manajer investasi akan mengalokasikan portfolio reksa dana campuran milikmu ke instrumen investasi lainnya, seperti reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana pasar uang. Dengan begitu, hasil dari reksa dana campuran milikmu tetap optimal.

Produk reksa dana ini sangat menarik, bukan? Untuk tahu ada apa saja produknya, simak rekomendasi produk reksa dana campuran berikut ini.

Baca juga: Reksa Dana Indeks dan Reksa Dana Saham, Apa Bedanya? Begini Penjelasannya!

 

Produk Reksa Dana Campuran Terbaik 2023

Dalam membeli dan menjual produk reksa dana campuran, biasanya investor akan memerhatikan kondisi reksa dananya. Agar hasil yang didapatkan maksimal, investor sebaiknya memerhatikan peluang (momentum) dan keuntungan secara cermat sebelum memilih dan memutuskan membeli produk reksa dana campuran.

Simpelnya, dalam daftar reksa dana campuran yang tersedia di Cermati, kamu dapat membandingkan tingkat pembelian (keuntungan) dari tiap-tiap reksa dana. Nah, pilihlah produk yang terbaik dalam 1 bulan, 3 bulan, Year to Date (Januari - Bulan ini), 1 tahun (12 bulan), 3 tahun, 5 tahun, ataupun rata-rata per tahunnya sejak diluncurkan. Lalu, lihatlah isi aset dari produk reksa dana tersebut di bagian prospektusnya.

Nah, ketika sudah tahu produk reksa dana yang dipilih, cara membelinya adalah pada saat harganya sudah terkoreksi selama beberapa waktu dan ada indikasi rebound. Berbeda dengan cara menjualnya, yaitu ketika harga sudah lebih tinggi daripada harga beli dan mulai adanya indikasi koreksi kembali.

Misalnya, pada saat bursa saham terkoreksi di bulan Mei, kamu dapat melakukan switching atau pindah ke jenis reksa dana selain reksa dana saham yang busa memberikan potensi keuntungan yang sama atau lebih untuk sementara waktu.

Intinya, jual reksa dana kamu lebih tinggi, sebelum return atau keuntungan mulai menyusut dan beli reksa dana ketika akan rebound. Untuk itu, perlu diketahui berbagai keuntungan dari produk reksa dana campuran terbaik bulan Mei 2023 yang ada di Cermati.

Nama Produk

Manajer Investasi

Jenis Produk

Return 1 Tahun

Return 3 Tahun

Return 5 Tahun

Setiabudi Dana Campuran

Setiabudi Investment Management

Reksa Dana Campuran

6,02%

65,65%

30,31%

Sequis Balance Ultima

Sequis Aset Manajemen

Reksa Dana Campuran

3,47%

28,88%

14,62%

Danakita Investasi Fleksibel

Danakita Investama

Reksa Dana Campuran

2,35%

18,89%

33,05%

SAM Mutiara Nusantara Nusa Campuran

Samuel Aset Manajemen

Reksa Dana Campuran

1,75%

80,01%

83,34%

Trimegah Balanced Absolute Strategy

Trimegah Asset Management

Reksa Dana Campuran

-8.02%

54,14%

-

Sumber: CAGR Produk Reksa Dana Campuran Cermati.com Per 11 Mei 2023

  1. Setiabudi Dana Campuran

    Berdasarkan Fund Fact Sheet produk per 28 Februari 2023 Setiabudi Dana Campuran, produk ini diluncurkan pada tanggal 25 September 2017 dan dikelola oleh Setiabudi Investment Management. Dana yang masuk ketika membeli ini nantinya akan dikumpulkan di Bank Central Asia.

    Untuk harga NAB untuk setiap unitnya sendiri, saat ini berada di angka Rp1.307,76 dengan total NAB yang dimiliki sebesar Rp65.020.000.000. Jika ingin berinvestasi di produk reksa dana campuran ini, kamu bisa memulai investasinya minimal Rp1.000.000.

  2. Sequis Balance Ultima

    Sequis Balance Ultima merupakan produk reksa dana campuran yang dikelola oleh Sequis Aset Manajemen yang meluncur pada tanggal 8 September 2016. Produk ini menggandeng Bank HSBC sebagai bank kustionnya.

    Per 11 Mei 2023, harga NAB/unit produk reksa dana campuran ini berada di angka Rp1.197,39 dengan total NAB yang dimilikinya Rp132.460.000.000. Jumlah unit yang ditawarkan produk ini adalah sebanyak 2.000.000.000.

    Jika ingin memulai investasi di produk reksa dana ini, kamu bisa mulai menyiapkan modalnya mulai dari Rp100.000 saja.

  3. Danakita Investasi Fleksibel

    Meluncur di tahun 2017 juga, produk Danakita Investasi Fleksibel ini dikelola oleh Danakita Investama dan menggandeng Bank Central Asia sebagai bank kustodiannya. Saat ini, produk reksa dana campuran ini berada di harga Rp1.397,24 untuk setiap unitnya dengan total unit yang ditawarkan sebanyak 500.000.000. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk kehabisan unit.

    Agar investasi lebih meyakinkan, perlu diketahui bahwa produk investasi ini telah memiliki total NAB sebesar Rp10.150.000.000. Dengan angka yang cukup besar, tentunya kamu tidak lagi ragu untuk berinvestasi di produk ini, kan? Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu mengumpulkan modal yang banyak untuk bisa mulai berinvestasi, sebab tarif minimal untuk memulai investasi adalah Rp100.000.

  4. SAM Mutiara Nusantara Campuran

    Produk dengan harga NAB/unit Rp1.836,56 ini diluncurkan pada tanggal 21 Desember 2017 oleh Samuel Aset Manajemen. SAM Mutiara Nusantara Campuran memiliki total NAB sebanyak Rp27.400.000.000 dengan unit yang ditawarkan adalah 5.000.000.000.

    Jika ingin memulai investasi di produk reksa dana campuran ini, kamu bisa memulainya dengan modal Rp100.000 saja. Kemudian, dana tersebut akan ditampung oleh Bank CIMB Niaga sebagai bank kustodian dari produk reksa dana ini.

  5. Trimegah Balanced Absolute Strategy

    Trimegah Aset Management mengelola salah satu produk reksa dana, yaitu Trimegah Balanced Absolyute Strategy yang merupakan reksa dana campuran. Produk ini diluncurkan pada tanggal 28 Desember 2018 dengan bank kustodian Bank DBS Indonesia.

    Per 11 Mei 2023, harga NAB produk ini berada di angka Rp1.603,48 untuk setiap unitnya. Adapun unit yang ditawarkan produk ini sebanyak 5.000.000.000. Sebagai tambahan informasi, produk ini memiliki total NAB sebesar Rp309.870.000.000.

    Untuk memulai investasi, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp100.000 saja.

Tips Memilih Reksa Dana Campuran Agar Investasi Maksimal

Tentunya, kamu menginginkan investasimu berjalan secara optimal agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Jika demikian, investasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, ikuti tips memilih reksa dana campuran berikut ini.

  • Tentukan Profil Risiko yang Sesuai

    Investasi apapun itu pasti akan dimulai dengan menganalisis profil risiko. Begitu juga ketika ingin memilih produk reksa dana campuran. Ketahui terlebih dahulu profil risiko seperti apa yang sesuai dengan dirimu. Apakah kamu termasuk profil risiko konservatif, moderat, atau agresif?

    Penentuan profil risiko menjadi penting karena hal ini akan berkaitan dengan pemilihan produk serta alokasi dana di setiap produknya. Jika kamu termasuk yang konservatif, alokasi produknya akan lebih besar di pasar uang karena relatif lebih stabil. Berbeda dengan agresif yang memungkinkan kamu untuk mengalokasikan dana lebih banyak di reksa dana saham.

  • Tentukan Target Nominal dan Jangka Waktu

    Ketika berinvestasi di reksa dana campuran, target nominal dan jangka waktu juga menjadi penting. Jika ingin nominal akhir investasi yang besar, kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa yang diinginkan dan seberapa lama investasinya.

    Jangka waktu investasi sangat menentukan seberapa besar dana yang perlu disetorkan tiap bulannya. Pastikan sesuai dengan kemampuan finansialmu agar bisa disiplin berinvestasi. Jika memang tidak sesuai dengan target awal, kamu bisa melakukan evaluasi ulang dan melakukan retargeting.

  • Tetap Memilih Produk Reksa Dana Terbaik

    Terbaik dalam hal ini berarti yang paling sesuai denganmu, baik dari segi harganya maupun keuntungan yang diproyeksikan. Sebelum memulai investasi, ada baiknya kamu melakukan analisis terlebih dahulu dan membandingkan satu produk dengan produk lainnya.

    Pastikan semua produk reksa dana yang masuk ke dalam reksa dana campuran pilihanmu dapat memberikan hasil yang maksimal. Layaknya memilih baju, ketika memilih produk reksa dana campuran juga sebaiknya melakukan “mix and match”.

  • Lakukan Diversifikasi

    Melakukan diversifikasi memang suatu hal yang ideal ketika berinvestasi. Sebab, danamu tidak menumpuk pada satu produk reksa dana saja. Namun, keuntungan dari reksa dana campuran adalah secara tidak langsung kamu sudah melakukan diversifikasi. Kamu telah memilih tiga produk reksa dana ketika membeli reksa dana campuran.

    Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan diversifikasi kembali dengan memilih produk reksa dana lainnya selain reksa dana campuran. Bahkan, kamu juga bisa membeli produk reksa dana campuran lainnya untuk mendiversifikasi produk lebih dalam.

  • Tidak Menunda Berinvestasi

    Makin hari nilai uang makin tinggi. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa kita bersaing melawan inflasi. Salah satu cara untuk bisa menanggulangi ini adalah dengan berinvestasi. Tidak hanya untuk melawan inflasi, tetapi juga menyiapkan bekal untuk masa depan.

    Maka, jika melakukan investasi sedini mungkin, kamu akan lebih siap secara finansial. Karena reksa dana campuran merupakan produk investasi yang cukup stabil, risikonya tidak terlalu berdampak ketika masalah ini melanda.

  • Tidak Membeli Produk Hanya dengan Minimal Transaksi

    Ketika membeli produk investasi, memang kamu bisa mulai investasi seminimnya Rp10.000, tergantung pada platform penyedia reksa dananya. Namun, akan sangat disayangkan jika kamu hanya membeli minimal saja. Sebab, alokasi dananya akan tidak seimbang dan tidak maksimal.

    Namun, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu. 

    Memulai investasi itu bagus, tetapi jangan sampai investasi membebankan finansialmu juga. Maka, pastikan investasimu menjadi optimal dengan menyesuaikan dana yang tersedia dan sistematika platform penyedia.

  • Tidak Cuek dengan Kinerja Produk Reksa Dana Campuran

    Banyak platform yang menyediakan layanan investasi menyediakan kemudahan dalam berinvestasi. Misalnya, dengan menyediakan robot untuk melihat kondisi pasar dan melakukan evaluasi produk. Bahkan, robot ini bisa menyarankan mana produk yang sesuai denganmu.

    Namun, tidak ada salahnya untuk kamu ikut mengevaluasi kinerja reksa dana campuran milikmu. Sebab, kamu dapat lebih memahami kondisi pasar reksa dana campuran dan kemudian mengambil keputusan investasi lainnya.

Baca juga: Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana, Mahasiswa Perlu Tahu!

Cermat Investasi dengan Reksa Dana Campuran

Itulah beberapa rekomendasi produk reksa dana campuran serta tips memilih produknya. Dengan berinvestasi di reksa dana campuran, kamu diberikan berbagai kemudahan. Meskipun demikian, tetap mencermati produk yang dipilih sehingga investasi menjadi lebih optimal. Selamat berinvestasi!

Baca juga: 12 Rekomendasi Reksa Dana Syariah yang Perlu Diketahui

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement