Selasa 23 Apr 2024 21:00 WIB

Tunjukkan Kadar Karatnya, Ternyata Ini Toh Maksud Kode Emas 700

Apa itu Kode Emas 700? Jika kamu ingin tahu tentang kode emas 700, termasuk kadar karat hingga harganya, simak ulasannya berikut ini. 

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Apakah kamu pernah menyadari jika setiap produk emas perhiasan terdapat sebuah kode angka? Bukan sekadar angka biasa, kode emas tersebut merupakan informasi penting yang mampu menunjukkan kualitas dan kadar karat dari produk emas. Pemahaman tentang kode emas ini tentu harus dipahami oleh investor atau pembelinya. 

Sebagai contoh, kamu tentu tidak jarang melihat produk emas perhiasan dengan kode emas 700. Yang menjadi pertanyaan, apa sih maksud dan arti dari kode emas 700 tersebut dan mengapa angka tersebut penting untuk dipahami sebelum membeli emas? Nah, jika kamu ingin tahu tentang kode emas 700, termasuk kadar karat hingga harganya, simak ulasannya berikut ini. 

 

Maksud Kode Emas 700

kode emas 700

Pada dasarnya, ada banyak kode emas yang tersemat di produk emas batangan atau emas perhiasan. Salah satunya adalah kode emas 700 yang memiliki persentase atau tingkat kemurnian emas sekitar 70 persen. Pada produk emas dengan kode angka ini, kandungan emas murni di dalamnya adalah 70 persen, dan sisa 30 persen merupakan logam yang digunakan sebagai campuran, seperti palladium, seng, dan perak. 

Karena menunjukkan tingkat kemurnian tertentu, produk emas dengan kode 700 bisa juga dinyatakan dengan satuan karat. Tentunya, semakin tinggi kadar karat atau kemurnian emas, nilai emas akan semakin berharga. Potensi keuntungan yang diberikan dari investasi emas dengan tingkat kemurnian tinggi pun menjadi lebih menjanjikan. 

Pemberian kode emas ini memiliki tujuan untuk menjamin keaslian produk sekaligus menurunkan risiko pemalsuan dan penipuan yang rentan terjadi. Sehingga, tiap perhiasan emas yang diperjualbelikan pada toko emas yang resmi wajib memiliki kode emas ini. Di samping itu, pemberian kode emas ini juga mampu membantu investor atau pembeli untuk mengetahui tingkat kemurnian produk tanpa perlu mengeceknya secara manual terlebih dulu. 

Berapa Kadar Karat Kode Emas 700?

Di poin sebelumnya telah dijelaskan rumus untuk menghitung karat berdasarkan kode emasnya. Untuk rumus hitung kadar karat dari emas berdasarkan kode ini adalah sebagai berikut. 

n/24 * 100 persen = persentase emas

Sementara untuk kode emas 700 sendiri memiliki kadar karat 17 persen yang dapat dikonfirmasi melalui perhitungan berikut. 

17/24 * 100 persen = 70,8 persen

Tapi, pada dasarnya, emas dengan kode ini memiliki kisaran tingkat kemurnian antara 70 persen sampai 74,9 persen. Persentase emas sebesar 70 persen tersebut mengindikasikan emas  tergolong sebagai emas tua. Kadar karat yang terbilang tinggi tersebut, atau sebutannya emas tua, membuat harga perhiasan dengan kode emas ini cukup mahal.

Apakah Emas dengan Kode 700 Layak untuk Investasi?

Emas Perhiasan

Setelah mengetahui kadar karatnya, kamu mungkin penasaran, apakah membeli emas dengan kode 700 ini layak untuk dijadikan aset investasi? Walaupun tergolong sebagai emas tua dengan tingkat kemurnian yang tinggi, tapi potensi kenaikan harga emas kode 700 tak sebanding emas murni dengan kode 999. 

Dalam jangka panjang, harga emas 700 memang bisa terus meningkat mengikuti kenaikan harga emas pada umumnya. Tergantung kebutuhan, membeli emas jenis ini juga bisa diandalkan sebagai instrumen investasi sekaligus aset guna. Selain itu, memiliki perhiasan dengan kode emas 700 tetap bisa dijadikan sebagai dana darurat karena mudah untuk dijual atau digadaikan. 

Emas Kode 700 Ideal Jadi Perhiasan 

Masih memiliki campuran logam lain dengan presentasi mencapai 30%, emas dengan kode 700 memang kurang optimal dijadikan aset investasi. Akan tetapi, banyak orang memilih jenis emas ini sebagai perhiasan atau aksesoris. Tidak hanya itu, jika kamu tertarik untuk membuat cincin kawin atau tunangan, emas 700 ini bisa menjadi pilihan yang sempurna. 

Sebab, daya tahan dari produk emas ini cukup kuat karena memiliki campuran logam lain sejumlah 30 persen. Hal ini berbeda dengan emas dengan kadar karat yang lebih tinggi karena cenderung memiliki tekstur lunak dan mudah tergerus seiring penggunaan.  

Untuk meningkatkan nilai atau daya tariknya, tidak jarang perhiasan emas jenis ini dihiasi dengan berlian, permata, dan sebagainya. Namun, pahami jika semakin rumit desain dan jenis ornamen yang diberikan, harganya juga akan menjadi lebih mahal. Pasalnya, selain dari harga pembelian emas dan batu berharga, ada pula biaya pembuatan perhiasan. 

Yang penting, jika menjadikan emas kode 700 sebagai perhiasan, pastikan untuk rutin merawat dan membersihkannya. Kamu tentu tidak mau harga jual kembali emas tersebut menurun drastis karena kondisinya tidak terjaga, bukan? Juga, siapkan tempat yang aman seperti brankas untuk memastikan perhiasan emas ini tidak dicuri atau hilang agar tak merugi.  

Harga Emas dengan Kode 700

Lantas, berapa sih harga emas dengan kode 700 ini? Sejatinya, harga emas jenis ini menyesuaikan dengan harga emas murni pada umumnya dan disesuaikan dengan kadar karatnya. Sehingga, bisa dipahami jika harga emas ini juga akan mengalami fluktuasi mengikuti harga pasar yang berlaku. 

Sebagai tips sebelum membelinya, pastikan untuk mengecek harga emas terbaru terlebih dulu. Tapi, jangan lupa pula jika membeli jenis emas perhiasan, ada biaya jasa yang harus dibayarkan. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan berapa harga emas dengan kode 700 ini dan menyesuaikan budget yang tersedia

Jadi, Apakah Kriteria Emas Kode 700 Sesuai Kebutuhanmu?

Setiap produk emas pada dasarnya dibuat dengan kode emas berbeda menyesuaikan kadar karatnya. Untuk emas kode 700, produk ini memiliki tingkat kemurnian sekitar 70 persen dan 30 persen sisanya merupakan campuran logam lain. Dengan karakteristiknya tersebut, apakah emas kode 700 ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu?

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement