Selasa 14 May 2024 00:00 WIB

Ini Berbagai Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Ampuh

Atasi jerawat di punggung dengan beragam metode, dari obat-obatan medis hingga cara alami yang hemat biaya. Ikuti beberapa tips berikut.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bagi banyak orang memiliki jerawat merupakan hal yang menyebalkan. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga kerap terasa nyeri dan gatal sehingga mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Jerawat bisa tumbuh di bagian kulit mana saja. Selain wajah, jerawat juga sering tumbuh di punggung. Letaknya yang tak terlihat dan susah dijangkau, jerawat punggung sangat mengganggu. Terlebih, saat berbaring.

Jerawat bisa tumbuh di punggung karena adanya kelenjar minyak dan banyak folikel rambut pada bagian punggung. Punggung sendiri merupakan bagian tubuh yang selalu tertutup dan lembab. Jerawat pun dapat dengan mudah tumbuh di sini.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Seperti diketahui, adanya jerawat punggung akan memberikan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Maka dari itu, kamu bisa menghilangkan jerawat punggung dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan obat-obatan medis hingga cara yang alami dan hemat biaya.

Yuk, simak beberapa tips cara menghilangkan jerawat di punggung berikut.

1. Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Obat-obatan

Jenis Pengobatan Keterangan
Benzoil Peroksida Jerawat punggung dapat dihilangkan dengan mandi menggunakan sabun dengan kandungan Benzoil peroksida. Kandungan ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan membantu mengobati lesi jerawat atau jerawat yang pecah lalu terinfeksi.

Saat menggunakan sabun Benzoil peroksida, diamkan sebentar di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas. Biarkan kandungan ini meresap ke kulit, terutama punggung, untuk mematikan bakteri jerawat. Ingat, jangan menggosok jerawat saat mandi ya. Sebab, menggosok jerawat punggung akan meningkatkan peradangan.

Kamu bisa memilih sabun mandi dengan kandungan Benzoil peroksida sekitar 5,3%. Jika terlalu tinggi, kandungan ini berisiko menyebabkan iritasi kulit.

Retinoid

Penggunaan Benzoil peroksida akan semakin efektif untuk menghilangkan jerawat ketika digunakan bersamaan dengan obat jerawat dengan kandungan retinoid 0,1%. Gel retinoid membuka pori-pori yang tersumbat sehingga membantu Benzoil peroksida bekerja lebih baik untuk membasmi bakteri.

Salah satu krim jerawat yang mengandung retinoid adalah adapalene 0.1%. Biasanya, dokter akan menyarankan mengoleskan adapalene setelah mandi atau sebelum tidur pada jerawat punggung.

Isotretinoin Berdasarkan data dari American Academy of Dermatology Association, sebanyak 85% pengguna isotretinoin bisa membersihkan jerawat secara permanen setelah satu kali pakai. Pasalnya, obat ini mampu mengatasi empat penyebab jerawat, yaitu minyak berlebih, peradangan, pori-pori tersumbat, dan bakteri.

Meski ampuh mengatasi jerawat, isotretinoin jarang direkomendasikan oleh dokter karena efek sampingnya yang cukup serius. Misalnya, ruam kulit yang serius, kesulitan menggerakan anggota badan, dan pikiran untuk bunuh diri. Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena berisiko menimbulkan kelainan pada janin.

Antibiotik Jerawat punggung juga dapat dihilangkan menggunakan antibiotik jerawat, seperti doksisiklin dan eritromisin. Antibiotik ini dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat dan mengurangi terjadinya peradangan jerawat pada kulit.

Penggunaan antibiotik tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan resistensi antibiotik. Selain itu, penggunaan antibiotik tidak disarankan dalam jangka panjang karena dapat membunuh bakteri sehat di usus.

Asam Salisilat

Jerawat punggung juga dapat dihilangkan sabun scrub yang mengandung asam salisilat. Kandungan ini dapat membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Lakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit punggung. Asam salisilat juga tidak disarankan digunakan jangka panjang karena dapat membuat kulit kering.

Obat Hormonal

Seperti diketahui, kemunculan jerawat dapat disebabkan oleh siklus menstruasi dan gangguan hormon tubuh. Kamu bisa mengendalikan hormon dengan obat hormonal, seperti pil KB untuk wanita dan cyproterone acetate, ethinylestradiol, atau spironolakton bagi pria.

Meski dapat dibeli di toko obat, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli obat hormon. Pasalnya, jika tidak sesuai dosis akan memengaruhi kesehatan tubuh.

2. Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Bahan Alami

Jerawat punggung juga bisa dihilangkan dengan berbagai krim atau gel yang berbahan dasar alami. Berikut dua bahan alami yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan gel obat jerawat.

Jenis Pengobatan Keterangan
Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahan alami ini dapat menghilangkan jerawat di badan atau punggung.

Sebuah penelitian dari Indian journal of dermatology, venereology and leprology mengatakan bahwa mengoleskan gel yang mengandung tea tree oil sebesar 5% pada jerawat berpotensi mengurangi jumlah jerawat sebanyak 3,55 kali lipat dan menurunkan keparahannya sebanyak 5,75 kali lipat.

Lidah Buaya

Sudah banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya memiliki manfaat untuk meredakan peradangan. Gel lidah buaya juga mengandung tretinoin atau asam retinoat yang berpotensi menyembuhkan jerawat, baik ringan maupun sedang.

Mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat punggung secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cara yang lebih aman.

3. Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Prosedur Medis

Menghilangkan jerawat punggung juga bisa dilakukan dengan melakukan beberapa prosedur medis, seperti penembakan sinar laser. Berikut 3 jenis terapi laser yang bisa mengatasi masalah jerawat di punggung.

Jenis Pengobatan Keterangan
Terapi Cahaya Untuk mengobati jerawat, kamu bisa melakukan terapi Cahaya merah, biru, atau inframerah. Namun, terapi ini tidak bisa mengatasi komedo putih, komedo putih, dan kista.
Terapi Foto Pneumatik Terapi ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat sehingga jerawat punggung pun akan terangkat. Terapi foto pneumatik juga dapat mengobati komedo putih dan hitam.
Terapi Fotodinamik Bagi kamu yang memiliki jerawat yang parah, terapi fotodinamik bisa menjadi solusinya. Terapi ini menggunakan kombinasi cahaya dan bahan fotosensitisasi, seperti asam amino, untuk mengatasi masalah kulit. Kombinasi keduanya dapat menstimulasi faktor penyembuhan dan regenerasi kulit.

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Hemat

Selain menggunakan obat atau krim jerawat, jerawat di punggung juga bisa dihilangkan dengan cara yang lebih hemat dari segi biaya. Berikut 7 tips menghilangkan jerawat punggung dengan cara yang lebih sederhana.

1. Pola Makan Sehat

Seperti diketahui, minyak berlebih dan hormon yang tidak seimbang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Makanan dan minuman nyatanya dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit dan membuat hormon di tubuh tidak seimbang. Maka dari itu, kamu bisa mengatur pola makan sehat untuk menghilangkan jerawat.

Makanan dan minuman yang mengandung indeks glikemik (GI) tinggi dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat dan memperburuk jerawat. Makanan dengan GI tinggi, misalnya, roti putih, pasta putih, nasi, dan ketan putih.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian untuk membantu menyeimbangkan hormon. Perbanyaklah makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti ikan cakalang dan biji chia. Dua makanan ini berpotensi mengurangi peradangan, kadar androgen, dan gejala jerawat lain.

2. Selalu Mandi dengan Bersih

Mandi merupakan cara terbaik untuk membersihkan badan, termasuk punggung. Mandilah dua kali sehari dan setelah berolahraga. Panas dan lembab akan mendorong pertumbuhan bakteri secara berlebihan. Dengan mandi, bakteri pada punggung akan mati dan tidak memicu jerawat.

Bersihkan punggung dengan lembut dan hati-hati. Gunakan sabun mandi berjenis non comedogenic atau bebas minyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori. Hindari penggunaan sabun antibakteri dan scrub kasar karena dapat memperburuk jerawat.

Selain itu, kamu bisa melakukan eksfoliasi menggunakan scrub dari asam salisilat yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi minyak pada kulit. Cara ini dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mendorong peremajaan kulit sehingga kulit menjadi halus.

3. Kenakan Pakaian Bersih dan Nyaman

Setelah mandi, penting untuk menggunakan pakaian yang bersih dan nyaman. Pakaian kotor dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri dari keringat, minyak, dan kotoran. Jika sudah dipakai, sebaiknya cuci dan ganti pakaian dengan yang bersih.

Kenakan juga pakaian yang longgar dan bahan yang menyerap keringat. Dengan demikian, kulit punggung dapat bernafas dan tidak menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

4. Jangan Memecahkan Jerawat

Memiliki jerawat di punggung yang mengganggu akan membuat kamu tergoda untuk memecahkan jerawat itu dengan segera. Meski akan terasa lega, sebaiknya hal ini kamu hindari.

Memencet jerawat dapat memperburuk kondisi radang dan merusak kulit punggung. Terlebih, bekas luka jerawat di punggung akan sulit hilang. Sebab, kulit di tubuh, seperti punggung, lebih lambat untuk sembuh ketimbang kulit wajah.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Papasan sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan produksi minyak dan memicu penumpukan di permukaan kulit. Selain itu, sinar ini dapat menggelapkan jerawat dan bekas luka di punggung.

Maka dari itu, saat ingin keluar rumah, terlebih ketika berjemur, gunakan tabir surya pada kulit tubuh dan punggung. Tabir surya akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

6. Rutin Mencuci Barang Pribadi

Barang pribadi yang dimaksud, seperti handuk, sprei kasur, dan sarung bantal. Mencuci barang-barang ini akan membunuh bakteri dan sel  kulit mati yang menumpuk pada kain.

Kamu bisa mencuci dan mengganti dengan yang bersih barang-barang pribadi tersebut secara berkala. Satu minggu sekali, misalnya.

7. Singkirkan Rambut dari Punggung

Bagi kaum hawa, memiliki rambut panjang dapat menambah kecantikan. Namun, rambut panjangan dapat menjebak minyak dan kotoran untuk masuk ke dalam kulit punggung.

Bukan hanya perempuan, banyak laki-laki yang kini memiliki rambut panjang. Maka dari itu, pastikan kamu mengikat rambut saat beraktivitas agar terhindar dari keringat dan minyak di punggung.

Selain itu, pastikan kamu keramas secara teratur. Berhati-hatilah saat keramas, jangan sampai sampo dan kondisioner mengenai punggungmu. Sebab, bahan-bahan dari produk itu menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pilih Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat punggung, kamu bisa memilih cara yang paling tepat dengan kondisimu sekarang. Semua cara di atas bisa mengatasi jerawat punggung dengan tuntas. Jadi, selamat mencoba!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement