Jumat 31 May 2024 00:00 WIB

Syarat Mudah dan Cara Cepat Pembukaan Rekening BRI

Ingin membuka rekening baru di Bank BRI. Berikut syarat dan cara selengkapnya membuka rekening di Bank BRI secara offline dan online:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kebutuhan menabung di bank makin dinilai penting bagi masyarakat yang membutuhkan aktivitas serba cepat. Kemudahan yang ditawarkan untuk bertransaksi dan menunjang kebutuhan sehari-hari membuat banyak orang memutuskan melakukan pembukaan rekening. Dengan layanan yang ditawarkan bank, nasabah menerima keuntungan di tengah segala hal yang serba cepat.

Inovasi pembukaan rekening secara online adalah salah satu inovasi terkini yang diinisiasi oleh perusahaan perbankan. Layanan pembukaan rekening online dinilai lebih mudah dan tentunya dapat memangkas waktu.

Inovasi yang sama dibentuk BRI untuk menunjang kebutuhan nasabah. Kini, calon nasabah BRI sudah dapat melakukan pembukaan rekening secara mandiri tanpa perlu datang ke kantor cabang. Lewat inovasi tersebut, BRI lebih mudah menjangkau nasabah lewat proses digital.

Program “BRI Buka Rekening (BRI Digital Saving)” yang dibuat tahun 2020 menjadi gerbang awal dari inovasi pembukaan rekening BRI secara online. Segala tata cara pembukaan rekening dirangkum BRI dalam satu website yang diusung untuk dunia digital dalam perbankan sekaligus mendukung pengurangan mobilitas masyarakat masa itu.

Sebelum masuk ke informasi mengenai tata cara pembukaan rekening online di website BRI, berikut adalah persyaratan dari tiap jenis tabungan.

 

Syarat Pembukaan Tiap Jenis Tabungan BRI

Jenis Tabungan Persyaratan
BRI BritAma

Tabungan BritAma memiliki persyaratan biaya untuk setoran awal sejumlah Rp250.000, biaya kartu Rp6.500, administrasi per bulan Rp12.000, dan dengan saldo minimum sebesar Rp50.000.

BRI BritAma memiliki limit transaksi berbeda-beda tergantung jenis transaksi yang dilakukan. Sementara itu, jumlah limit TAC yang ditentukan untuk jenis rekening ini sebesar Rp700.000.000. Bank juga memberikan ketentuan bagi nasabah yang ingin menutup rekening ini dengan pemungutan biaya tutup rekening sebesar Rp50.000.

BRI BritAma X

BritAma X memiliki beberapa persyaratan berbeda dengan BRI BritAma. Setoran awal untuk jenis tabungan ini ditetapkan Rp100.000. Untuk biaya administrasi bulanan BritAma X adalah Rp6.000, saldo minimum Rp50.000, dan biaya penutupan rekening sebesar Rp50.000.

Sama halnya dengan BritAma, ada ketentuan khusus mengenai limit transaksi yang berbeda tergantung jenis transaksi yang digunakan. Sementara itu, TAC untuk jenis BRI BritAma X adalah sebesar Rp700.000.000. Kelebihan BritAma X jika dibandingkan dengan BritAma terletak pada ketentuan biaya kartu. Nasabah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kartu debit karena BritAma X tidak memungut biaya kartu.

BritAma Bisnis

Untuk rekening yang ditujukan untuk nasabah yang memiliki usaha atau bisnis, ada perbedaan syarat cukup signifikan yang ditetapkan BRI. Setoran awal untuk rekening jenis ini adalah sebesar RP1.000.000, saldo minimal Rp50.000, dan biaya penutupan rekening Rp50.000.

Pada jenis rekening ini nasabah tidak dikenakan biaya kartu. Begitu pula dengan biaya administrasi, nasabah dapat menerima keuntungan gratis administrasi bulanan apabila saldo rata-rata minimal Rp.5.000.000. Ketentuan limit TAC pada rekening BritAma Bisnis sebesar Rp2.000.000.000.

BRI Simpedes

Selain jenis tabungan BritAma, pembukaan rekening online pun dapat dilakukan untuk jenis rekening Simpedes. Syarat pembukaan rekening jenis ini adalah melakukan setoran awal sejumlah Rp50.000, biaya administrasi bulanan Rp5.500, saldo minimum Rp25.000, dan biaya penutupan rekening sebesar Rp25.000. Untuk biaya kartu memiliki perbedaan antara GPN Classic sejumlah Rp2.500, sedangkan GPN Gold Rp6.000.

Sama halnya dengan BritAma, tabungan jenis ini sama-sama memiliki limit transaksi sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan.

Baca Juga: Mau Buka Rekening BNI? Cek Saldo Minimal BNI di Sini!

Cara Buka Rekening BRI Offline

Jika kamu tertarik ingin membuka rekening di bank BRI ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu via online atau offline dimana kamu langsung mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan domisili. Berikut langkah-langkah buka rekening BRI secara langsung/offline:

  1. Membawa persyaratan dokumen yaitu:
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
    • Kartu Keluarga (KK).
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada.
    • Fotokopi KK, KTP, dan NPWP sebanyak dua rangkap.
    • Biaya kartu debit BRI dari Rp 10.000-25.000.
    • Setoran awal tergantung jenis tabungan BRI.
  2. Datang ke Kantor BRI terdekat.
  3. Ambil nomor antrean CS ke Satpam BRI.
  4. Tunggu panggilan nomor antrian ke CS.
  5. Minta ke CS untuk buka rekening baru.
  6. Isi formulir buka rekening BRI dari CS.
  7. Bayar pembuatan kartu Debit.
  8. Pilih opsi buka layanan BRI Mobile atau Internet Banking.
  9. Setor uang buka rekening BRI ke Teller. Tahapan Buka Tabungan BRI telah selesai.

Cara Buka Rekening BRI Online

buka rekening bank bri online

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini berimplikasi pada perubahan yang terjadi pada berbagai sektor. Untuk menyesuaikan perkembangan yang pesat, beragam inovasi dibentuk. Salah satunya terlihat dari BRI yang memanfaatkan hal tersebut untuk mempermudah nasabah sekaligus mengurangi mobilitas di kantor. Inovasi terobosan BRI ini mempermudah calon nasabah untuk membuka rekening BRI tanpa mengharuskan nasabah datang ke kantor cabang.

Buka rekening BRI online ini dapat dilakukan melalui laman bri.co.id. Website resmi BRI tersebut memberikan layanan bagi nasabah untuk membuka jenis-jenis tabungan yang disediakan BRI. Nasabah akan diarahkan untuk membuka rekening hanya dengan menggunakan perangkat masing-masing.

Proses pembukaan rekening BRI online dimulai dengan menentukan jenis tabungan yang akan dipilih dalam menu ‘Buka Rekening’ sebelum menyiapkan dokumen dengan langkah sebagai berikut.

1. Pilih Kantor Cabang BRI

Kantor cabang BRI menjadi tahap awal dalam tata cara buka rekening BRI di website. Hal ini ditujukan untuk tempat melakukan proses pengelolaan rekening. Kamu hanya memilih kantor BRI terdekat, selanjutnya dapat langsung melanjutkan tahap berikutnya dalam buka rekening BRI.

2. Siapkan Dokumen dan Data Diri

Tahap ini kamu akan diminta untuk memasukkan data diri, seperti KTP atau SIM. Kartu identitas tersebut diunggah dalam bentuk foto yang harus diambil secara langsung. Foto KTP harus menggunakan KTP asli (bukan fotokopi). Gambar yang diunggah harus menampilkan dengan jelas informasi yang terdapat di dalam kartu identitas berikut foto yang tertera di dalamnya.

3. Verifikasi Diri

Setelah mengunggah foto kartu identitas, proses verifikasi selanjutnya adalah rekaman video untuk memvalidasi identitas dan data diri. Dengan proses verifikasi melalui rekaman video, nasabah tidak perlu khawatir akan terjadi penyalahgunaan identitas.

4. Setoran Awal

Tahap selanjutnya adalah melakukan setoran awal di rekening yang sudah dipilih. Rekening baru akan segera aktif setelah nasabah melakukan setoran awal sejumlah yang ditentukan.

Tiap jenis tabungan memiliki ketentuan berbeda untuk jumlah setoran awal. Besaran setoran awal tiap jenis rekening yang berbeda-beda tergantung pada syarat yang ditentukan di tiap rekening yang sudah dicantumkan informasinya sebelum ini.

5. Buat Akun BRImo

Proses selanjutnya adalah proses pembuatan akun BRImo. BRImo adalah fitur yang mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi digital. Seluruh fasilitas perbankan BRI dapat diakses melalui aplikasi ini, termasuk di dalamnya proses bertransaksi.

Baca Juga: 7 Jenis Kartu ATM BRI Beserta Biaya Administrasinya yang Perlu Kamu Tahu!

Keunggulan Buka Rekening BRI Online

keunggulan buka rekening bri online

Buka rekening BRI yang dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor cabang menjadi keunggulan layanan BRI satu ini. Hanya menggunakan akses internet, nasabah dapat dengan mudah melakukan pembukaan rekening BRI.

1. Mudah

Kemudahan yang ditawarkan ini tentu berkaitan dengan efektivitas pembukaan rekening yang memangkas waktu karena tidak perlu datang ke kantor cabang atau mengunduh aplikasi. Pembukaan rekening dapat diakses lewat alamat website BRI.

2. Cepat

Efisiensi yang dapat diperoleh dari buka rekening BRI online juga berlaku karena nasabah tidak perlu mengantri. BRI mengklaim bahwa pembuatan rekening secara online ini dapat selesai dalam waktu lima menit.

3. Aman

Proses verifikasi yang akurat memberikan nasabah rasa aman. Buka rekening BRI dengan layanan ini bebas dari pemalsuan data dan dipastikan data pribadi nasabah terjaga karena terkoneksi langsung dengan Disdukcapil dan PERURI.

Digital Saving jadi Cara Unggul Buka Rekening BRI

Sektor perbankan yang turut serta melakukan inovasi di dunia digital menjadi salah satu cara meningkatkan kemudahan menabung. Keberadaan layanan pembukaan rekening yang dapat diakses secara mobile ini menjadi primadona bagi masyarakat yang menggilai kemudahan.

Hanya dengan jaringan internet yang hampir dimiliki mayoritas masyarakat Indonesia, BRI dapat memberikan pelayanan baru untuk mengakses layanan perbankan BRI.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan dari pembukaan rekening BRI online ini, tentu dapat menjadi pertimbangan bagi calon nasabah dalam menentukan bank yang akan digunakan untuk menabung.

Baca Juga: Daftar Bank Digital di Indonesia, Yuk Kenalan!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement