Sindikasi Republika

Perincian Biaya Operasi Sinusitis 2022

Jumat , 12 Aug 2022, 19:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto:

Ketika indra penciuman sedang mengalami masalah, pasti akan membuat harimu tidak menyenangkan. Pilek ataupun flu yang makin parah dapat saja menjadi awal adanya gejala sinusitis. 

Mengonsumsi obat adalah jalan untuk mengatasi sinusitis. Namun, saat ini operasi seringkali menjadi pilihan lain untuk mengobati sinusitis. Berbagai rumah sakit di Indonesia saat ini pun banyak menyediakan fasilitas untuk melakukan operasi sinusitis.

Adanya operasi sinusitis ini, tentu akan merogoh banyak kocek. Besaran biaya operasi sinusitis perlu untuk diperhitungkan sebagai langkah persiapan dana. Namun, jangan khawatir, saat ini operasi sinusitis dapat dilakukan untuk pengguna BPJS. 

Sebelum mengetahui biaya operasi sinusitis pasien umum dan biaya operasi sinusitis BPJS, kamu harus mengetahui lebih lanjut mengenai sinusitis dan prosedur operasi sinusitis. Berikut informasi detailnya untukmu.

 

Apa Itu Sinusitis?

apa itu sinustis

Sinusitis merupakan gejala peradangan dinding sinus yang terletak pada struktur tulang wajah. Virus adalah salah satu penyebab utama adanya sinusitis. Nantinya, sinus akan mengalami peradangan akibat virus yang masuk dari saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung. Virus ini akan menjadi faktor sinus menghasilkan banyak lendir yang akhirnya membuat penyumbatan pada hidung. 

Seperti yang diketahui bersama, sinusitis akan mengganggu aktivitas keseharian. Apalagi jika gejala sinusitis sudah berada pada tingkat akut. Untuk mengetahui gejala akut dari sinusitis. Berikut terdapat beberapa gejalanya. 

  • Hidung tersumbat
  • Hidung beringus berwarna hijau atau kuning kental
  • Batuk 
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Muncul lendir dari belakang tenggorokan.
  • Nyeri belakang mata, hidung, pipi, tenggorokan, telinga dan dahi

Apabila sudah merasakan gejala-gejala tersebut, segera ambil keputusan. Berkonsultasi ke dokter ataupun langkah lainnya supaya tidak larut merasakan nyeri yang muncul akibat sinusitis ini. 

Mungkin sebelum berkonsultasi ke dokter, kamu dapat meminum obat terlebih dahulu untuk sejenak meredakan nyeri yang muncul. Ketika tidak ada reaksi yang positif, segera pergi ke dokter. Apabila dokter menyarankan untuk cepat melakukan operasi, lakukan saran tersebut agar kamu dapat terbebas dari nyeri sinusitis yang mengganggu aktivitasmu. 

Rincian Biaya Operasi Sinusitis

Mengenai biaya operasi sinusitis, sebenarnya biaya operasi ini berbeda-beda pada setiap rumah sakitnya, juga tergantung pada pilihan media pembayaran. Apakah akan membayar secara pribadi atau menggunakan asuransi seperti BPJS. 

Lebih lengkapnya, berikut rincian biaya operasi sinusitis pasien umum dan biaya operasi sinusitis BPJS.

Rincian Biaya Operasi Sinusitis Untuk Pasien Umum

Untuk pasien umum biasanya akan merogoh kocek dengan biaya yang cukup tinggi dalam melakukan operasi sinusitis ini. Sebab, tidak adanya bantuan subsidi dari asuransi pemerintah ataupun asuransi swasta. Beberapa rumah sakit di Indonesia memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan biaya operasi sinusitis ini. Rentang biayanya kisaran Rp6.000.000 hingga Rp27.000.000. 

No.

Rumah Sakit

Kisaran Biaya Operasi Sinusitis

1.

RS EMC Sentul Bogor

Mulai dari Rp21.000.000

2.

RS Budi Asih Cikarang

Mulai dari Rp9.049.000

3.

Siloam Hospital TB Simatupang Jakarta

Mulai dari Rp27.000.000

4.

RS Medirossa Cikarang

Mulai dari Rp6.000.000

5.

RSU Sylvani Binjai

Mulai dari Rp11.300.000

Rincian biaya di atas hanya sekadar estimasi, bukan biaya pasti dalam melakukan operasi sinusitis ini. Dapat saja biayanya melebihi estimasi tersebut, ataupun kurang. Tergantung kebijakan rumah sakit masing-masing. 

Biaya operasi sinusitis di setiap daerah berbeda, misalnya saja biaya operasi sinusitis di Bogor tentu akan berbeda dengan biaya di Binjai. Besaran biaya tersebut bergantung pada rumah sakit yang dipilih dan tentunya setiap rumah sakit memiliki standar dalam menentukan biaya operasi sinusitis ini. 

Untuk itu, kamu dapat langsung mencari tahu biaya operasi sinusitis ini di rumah sakit terdekat atau juga dapat melakukan konsultasi dokter untuk mengetahui kisaran biaya yang pasti. Namun, sebaiknya kamu siapkan anggaran dana lebih untuk berjaga-jaga apabila biaya operasi melebihi estimasi yang diperkirakan. 

Baca Juga:  Biaya Operasi Usus Buntu, Metode dan Persiapan Operasi

Biaya Operasi Sinusitis Untuk Pasien BPJS

Berbeda dengan biaya operasi sinusitis pasien umum yang terbilang mahal, biaya operasi sinusitis BPJS tidak dikenakan biaya alias gratis. Sebab pemerintah sudah bekerja sama dengan berbagai rumah sakit yang melayani pasien BPJS. 

Pastinya setiap pasien pengguna BPJS, apabila ingin melakukan operasi sinusitis, harus mengikuti syarat dan ketentuan penggunaan BPJS, yaitu tidak adanya tunggakan iuran bulanan. Selain itu, juga harus mengikuti beberapa prosedur, seperti mendapatkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan pertama (Faskes tingkat 1). Setelah itu, melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT).

Keputusan dilakukan operasi atau tidak tergantung pada hasil diagnosis dokter. Apabila diperlukan operasi, maka kamu dapat menggunakan layanan BPJS. 

Untuk melakukan konsultasi pun biasanya ada biaya yang perlu dibayar, di luar biaya operasi. Tentunya, kamu dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis THT.  Berikut kisaran biaya konsultasi dokter THT di beberapa rumah sakit Indonesia. 

No.

Rumah Sakit

Estimasi Biaya Konsultasi

 1. 

Siloam Hospitals TB Simatupang

Rp300.000

2.  

RS Lira Medika Karawang

Rp190.000

3.  

RS Medirossa Cikarang

Rp75.000

4.  

RS Budi Asih Cikarang

Rp180.000

Prosedur Operasi Sinusitis

operasi sinustis

Selain melakukan perawatan dengan meminum obat untuk mengurangi peradangan pada dinding hidung akibat adanya sinusitis. Kamu dapat melakukan operasi sebagai opsi terakhir dalam upaya penyembuhan sinusitis.  Akan tetapi, opsi ini dilakukan apabila kamu sudah mendapat saran atau arahan dari dokter, untuk dilakukannya tindakan operasi. 

Dalam melakukan operasi sinusitis, terdapat standar prosedur operasi sinusitis yang harus diperhatikan oleh pasien. Operasi sinusitis sendiri dilakukan dengan maksud untuk mengangkat tumpukan lendir yang menghalangi saluran sinus.

Terdapat beberapa standar prosedur dalam melakukan operasi sinusitis, terkhusus di Indonesia, seperti FESS, Image-Guided Surgery, dan Caldwell-Luc. Berikut informasi detailnya.

1. FESS

Functional Endoscopic Sinus Surgery (FESS) merupakan operasi sinusitis yang dilakukan menggunakan endoskopi. Tujuannya untuk melakukan eradikasi penyakit dan mengurangi aliran udara dan drainase sinus. FESS dilakukan sebagai upaya untuk seminimal mungkin merusak jaringan sehat dan tetap mempertahankan fungsi dari organ yang sakit.

Berbicara mengenai endoskopi, bahwa langkah ini dilakukan untuk mendapatkan lapang pandang akurat terhadap sinus paranasal sehingga tim dokter spesialis THT-KL dapat mengeluarkan kelainan pada sinus dengan tetap mempertahankan fungsi sinus itu sendiri. 

Operasi sinusitis berupa FESS ini dilakukan dengan cara memasukkan endoskopi melalui lubang hidung dan menelusuri setiap bagian hidung sampai menuju bagian sinus paranasal. 

Setelah operasi selesai, biasanya hidung pasien akan menggunakan tampon yang berfungsi sebagai upaya untuk menahan darah yang keluar dari bagian yang telah dioperasi. Ketika kedua bagian hidung menggunakan tampon, maka pasien sementara harus bernafas menggunakan mulut. Butuh sekitar tiga hari untuk dapat melepas tampon. Ketika perawatan pasca operasi sudah selesai, maka biasanya tampol akan dilepas sebelum pasien pulang. 

2. Image-Guided Surgery

Operasi sinusitis jenis ini menjadi prosedur baru yang sangat direkomendasikan untuk peradangan pada sinus yang sudah sangat parah. Operasi ini juga menjadi pilihan ketika sinusitis tetap kambuh, walaupun sebelumnya pernah melakukan operasi. 

Dalam operasi jenis ini digunakan sistem pemetaan tiga dimensi menggunakan CT-scan dan sinyal inframerah sehingga dokter dapat melihat kondisi sinus dengan jelas dan dapat melaksanakan operasi sinusitis dengan baik.

3. Caldwell-Luc 

Tindakan operasi jenis ini juga dikenal dengan operasi antrum radikal, yaitu operasi bedah untuk mengobati sinus maksilaris. Sinus jenis ini merupakan sinus yang terletak di kedua sisi hidung, tepatnya di bawah pipi.  Penyebab utama dari sinus jenis ini biasanya, yaitu polip hidung dan alergi. Namun, saat ini operasi sinus FESS lebih diminati dibandingkan dengan operasi Caldwell-Luc.

Baca Juga: Biaya Operasi Lasik Mata Tahun 2022 Terbaru 

Biaya Operasi Sinusitis Terbilang Mahal, Kesehatan Hidung Harus Diperhatikan

Terdapat berbagai macam cara agar dapat mencegah munculnya sinusitis. Cara termudah, yaitu dengan menjaga sirkulasi udara. Sebab, sirkulasi udara yang panas dapat menghilangkan kelembaban hidung dan lendir menjadi tersumbat. Dapat juga dengan mengonsumsi air putih dapat, sebab membuat lendir tidak tersumbat. 

Selain beberapa hal tersebut, membatasi kontak dengan orang yang sakit, selalu menjaga kebersihan tubuh dengan sering mencuci tangan dapat mencegah datangnya penyakit sinusitis. Ada juga cara lain, yaitu dengan tetap menjaga kelembaban hidung menggunakan air garam. Sebab, air garam dapat menjaga kelembaban hidung. 

Dari beberapa cara tersebut, dapat mencegah datangnya penyakit sinusitis ini ke tubuhmu. Pencegahan adalah jalan utama, agar nantinya tidak menyebabkan kamu harus melakukan operasi sinusitis yang biayanya terbilang mahal. Bahkan, sampai ada yang menyentuh angka ratusan juta rupiah. Dengan menyayangi tubuhmu, kamu akan terbebas dari mahalnya biaya operasi sinusitis. 

Baca Juga:  Operasi LASIK: Persiapan, Prosedur, hingga Efek Sampingnya

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark