Sindikasi Republika

10 Ide Jualan Online dengan Modal Kecil dan Tips Suksesnya

Ahad , 14 Aug 2022, 00:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto:

Berniat terjun ke dunia bisnis online, kamu tentu sudah mulai memikirkan ide jualan online yang sekiranya bisa diandalkan. Meski bisnis online memiliki peluang yang masih sangat menjanjikan, namun ketatnya persaingan tentu harus menjadi perhatian khusus. Hal ini penting, terutama untuk para calon pebisnis pemula dan belum berpengalaman. 

 Selain memikirkan cara berbisnis online, memilih ide jualan online shop yang tepat juga tak kalah pentingnya. Pada dasarnya, bisnis online tidak harus selalu membutuhkan modal yang besar. Ada banyak ide jualan online modal kecil yang bisa dijadikan sebagai pilihan, beberapa bahkan bisa dijalankan tanpa modal. 

Jenis-Jenis Ide Jualan Online dan Kisaran Modalnya 

Memilih ide jualan online terlaris tentu akan menjadi keputusan yang paling tepat. Hal ini akan sangat membantu untuk mempermudah pengelolaan bisnis tersebut secara keseluruhan. 

Simak beberapa ide jualan online modal kecil berikut ini sebagai pertimbangan: 

1. Produk Fashion

Bidang yang yang satu ini menjadi salah satu yang paling populer dan menjanjikan di dalam bisnis online. Dunia fashion yang selalu berubah dan membawa tren baru merupakan salah satu alasan mengapa permintaan akan produk fashion tidak pernah sepi pembeli. 

Saat ini fashion bukan hanya kebutuhan Kaum Hawa saja, namun juga para pria. Tampil maksimal di semua kesempatan merupakan kebutuhan banyak orang, baik itu pria maupun wanita. Hal ini sekaligus membuka peluang besar bisnis ini secara online. 

Pilih kategori fashion apa yang akan dijadikan sebagai ide jualan online shop, misalnya: pakaian pria, dress, kemeja, atau bahkan yang lainnya. Cara ini akan sekaligus mempermudah untuk memulai bisnis ini dengan modal yang lebih terjangkau. Tidak selalu besar, bisnis fashion ini bahkan bisa saja dimulai dengan kisaran modal sekitar Rp 2 jutaan saja. 

2. Pakaian Anak

Pakaian anak bisa jadi ide jualan online terlaris berikutnya yang dijadikan pertimbangan. Permintaan akan pakaian anak semakin meningkat, terutama selama masa pandemi yang membuat kebanyakan orang enggan bepergian. Peluang bisnis online yang satu ini akan semakin cerah, jika produk dibarengi dengan kualitas yang cukup baik. 

Ada banyak cara untuk memulai bisnis ini dengan modal yang kecil, salah satunya dengan membeli paket usaha. Saat ini, ada banyak paket usaha pakaian anak yang bisa dibeli dengan harga grosiran. Cukup hanya dengan modal bisnis sekitar Rp 1-2 jutaan saja, bisnis yang satu ini sudah bisa dijalankan. 

3. Skin Care dan Produk Kecantikan

Skin care dan juga produk kecantikan juga sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk banyak orang. Permintaan akan kedua produk ini tidak pernah sepi, hal ini bisa dilihat dari banyaknya jenis produk yang beredar di pasaran.

Tidak perlu menyediakan seluruh rangkaian sekaligus, bisnis ini bisa dijalankan dengan memilih kategori produk tertentu saja, misalnya: make up, rangkaian skin care, dan yang lainnya. 

Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal awal mulai dari Rp 1 jutaan, tergantung pada kategori dan juga merek produk yang akan disediakan. Namun jika ingin lebih lengkap, selain menyediakan produk langsung (stok), menjadi reseller atau dropship untuk produk skin care tertentu juga bisa jadi pertimbangan. 

4. Makanan dan Camilan 

Ide jualan online lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah makanan dan camilan. Permintaan akan produk ini memang selalu banyak, apalagi sejak pandemi. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal mulai dari Rp 300 ribuan, tergantung jenis makanan yang akan dibuat dan dipasarkan. 

Lakukan cara berbisnis online yang cerdas untuk meraih kesuksesan dari bidang ini. Juallah produk makanan kemasan yang tahan lama dan bisa dipasarkan secara luas melalui e-commerce. Sedangkan produk makanan segar atau siap santap bisa dipasarkan melalui aplikasi layanan antar makanan, seperti Gojek dan Grab. 

5. Perlengkapan Rumah Tangga

Ide jualan online modal kecil lainnya adalah berbagai perlengkapan rumah tangga. Pilih kategori tertentu untuk membuatnya lebih spesifik, misalnya: perlengkapan kamar tidur, perlengkapan dapur, kebutuhan kamar mandi, pernak-pernik dan hiasan rumah, taman dan tanaman, dan yang lainnya. 

Untuk menarik pembeli, gunakan gambar berkualitas baik dan keterangan yang lengkap untuk setiap produk. Berbagai perlengkapan rumah tangga ini selalu banyak dicari dan tidak pernah sepi pembeli. Cukup dengan modal mulai dari Rp 1 jutaan saja, bisnis online ini sudah bisa dijalankan. 

6. Alat Tulis dan Kantor (ATK)

Jika ingin ide jualan online shop yang unik dan minim modal, maka bisnis ATK ini bisa jadi pertimbangan. Sebagian besar orang memilih untuk membeli ATK secara online, sebab harganya memang lebih murah. Selain itu, ketersediaan produk online juga biasanya lebih beragam dan baru. 

Ada banyak produk ATK menarik yang bisa disediakan dalam toko online, seperti: aneka pulpen dan pensil, buku tulis, sticky notes, spidol, dan yang lainnya. Dengan modal awal Rp 1 jutaan saja, bisnis ATK ini sudah bisa dijalankan dengan persediaan produk yang cukup memadai. 

7. Aneka Perlengkapan Petshop

Berbisnis online berbagai perlengkapan petshop merupakan ide berikutnya yang patut dijadikan pertimbangan. Kamu bisa menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan dalam merawat hewan peliharaan, seperti: litter box, makanan hewan, kandang, produk perawatan, vitamin, dan bahkan berbagai aksesoris yang lucu.

Berbagai perlengkapan petshop ini termasuk ide jualan online terlaris dan selalu ramai pembeli, sebab petshop masih terbilang sulit ditemukan di beberapa daerah. Cukup dengan modal sekitar Rp 1-2 jutaan saja, bisnis online yang satu ini sudah bisa dijalankan dengan baik tentunya. 

8. Tanaman Hias 

Cara berbisnis online yang menyenangkan adalah dengan menekuni apa yang kita minati. Jika kamu termasuk peminat tanaman, maka Ide jualan online yang satu ini akan jadi pilihan yang tepat. Sejak pandemi, bisnis tanaman hias sangat menjanjikan, sebab permintaannya meningkat dengan tajam.

Tanaman unik seperti Aglonema dan juga Monstera banyak diburu. Cukup dengan modal Rp 1 jutaan saja, bisnis ini sudah bisa dimulai, apalagi jika selama ini sudah memiliki beberapa koleksi yang bisa dijadikan anakan. Selain menjual tanaman, sediakan juga berbagai perlengkapan dan pupuk yang dibutuhkan. 

9. Pernak-Pernik Kado 

Berbisnis online perlengkapan kado menjadi ide jualan online modal kecil yang terbilang menjanjikan. Ada banyak produk yang bisa disediakan dalam bisnis online ini, seperti: berbagai pernak-pernik atau makanan unik yang bisa dijadikan kado, kotak kado, kartu ucapan, dan yang lainnya. 

Ini akan menjadi ide jualan online shop yang tepat untuk orang-orang yang kreatif dan memiliki kemampuan baik dalam membungkus kado. Selain mudah dijalankan, bisnis ini juga hanya membutuhkan modal yang minim. Cukup dengan modal awal Rp 500 ribuan saja, bisnis online ini sudah bisa dijalankan dengan baik. 

10. Hampers dan Seserahan

Ide jualan online modal kecil yang terakhir ini juga bisa menjadi pertimbangan, termasuk untuk yang pertamakalinya berbisnis online. Permintaan hampers seperti ini sudah terbilang cukup banyak sepanjang tahun dan bukan sekedar musiman saja. Menjual hampers unik dalam bentuk paket akan jadi peluang bagus bisnis online yang satu ini. 

Hal yang sama juga terjadi pada seserahan yang biasanya tak pernah sepi peminat sepanjang tahun. Kreasikan berbagai hampers dan seserahan dengan unik, sehingga bisnis ini tidak pernah sepi pembeli. Siapkan modal sekitar Rp 1 jutaan untuk menjalankan ide jualan online terlaris ini dengan baik. 

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online 

Selain memilih ide jualan online terlaris, merencanakan dan menjalankan bisnis online dengan baik merupakan hal yang sangat penting. Bagaimanapun juga, cara berbisnis online akan sangat menentukan kesuksesan yang bisa didapatkan dari bisnis online itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online: 

  • Pahami dan Atasi Masalah Pelanggan

Penting untuk selalu memahami masalah yang dihadapi oleh pelanggan, termasuk calon pelanggan. Hal ini akan mempermudah untuk mendapatkan solusi yang tepat bagi mereka, yakni dengan menyediakan/ menciptakan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan. 

  • Jaga Kualitas Produk dan Layanan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk dan juga layanan yang diberikan kepada pelanggan. Ingat, pelanggan hanya akan setia dan melakukan pembelian kembali jika mereka merasa puas atas apa yang mereka bayarkan. 

  • Pahami dan Ikuti Tren Bisnis

Mengikuti tren merupakan salah satu cara berbisnis online yang cerdas. Hal ini akan memungkinkan pebisnis menyediakan produk yang tepat dan bisa mendatangkan angka penjualan, sehingga keuntungan bisa didapatkan dari bisnis online. 

  • Lakukan Pemasaran dan Promosi dengan Maksimal

Apapun produk yang dijual, pastikan untuk selalu melakukan kegiatan pemasaran dan promosi dengan cara yang paling tepat. Kedua aktivitas ini harus dijalankan dengan maksimal, agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. 

  • Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan 

Jangan lupa untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, sehingga hubungan jangka panjang bisa didapatkan. Hal ini akan membuat pelanggan loyal dan setia pada bisnis yang dijalankan. 

  • Jeli dalam Melihat dan Memanfaatkan Peluang 

Penting untuk selalu cermat dalam melihat peluang di dalam bisnis, termasuk untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Hal ini akan membantu untuk mengembangkan bisnis dengan maksimal sepanjang waktu. 

  • Terus Belajar dan Berinovasi

Belajar dan berinovasi merupakan kebutuhan tersendiri bagi para pebisnis online. Kedua hal ini akan membantu pebisnis tetap kreatif dan mampu menghadapi tantangan bisnis itu sendiri. 

Pilih Ide Jualan Online yang Tepat dan Menguntungkan

Bisnis online masih menjadi bidang yang layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Rencanakan dan pilih ide jualan online shop yang paling tepat, agar bisnis online bisa berjalan dengan lancar. Selain mendatangkan keuntungan, hal ini juga akan membuat bisnis tersebut bisa berumur panjang. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark