Sindikasi Republika

Asuransi Perjalanan Covid Islandia, Syarat Masuk Islandia 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Selasa , 16 Aug 2022, 00:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Seperti negara-negara di Eropa lainnya, Islandia sudah kembali membuka negaranya untuk tujuan wisata bahkan sejak tahun 2021 lalu. Islandia merupakan satu-satunya negara Eropa selain Inggris yang merupakan termasuk negara kepulauan.

Islandia atau Republik Islandia terkenal dengan julukan sebagai negaranya para Viking. Terletak di paling barat Eropa dan berdekatan dengan samudra Atlantik. Membuat Islandia memiliki banyak tempat wisata menarik berlatar belakang pemandangan laut yang indah.

Tertarik liburan ke Islandia? Sebelum liburan ke Islandia, pahami dulu syarat masuk Islandia 2022 yang wajib diketahui oleh siapa saja yang ingin berkunjung ke Islandia di musim pandemi saat ini.

 

Syarat Umum Masuk Negara Islandia

Bendera Negara Islandia

Islandia sudah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki negara Islandia. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara Islandia.

Berikut persyaratan lengkap masuk negara Islandia 2022:

  • Memiliki Visa Schengen
  • Wajib memiliki Asuransi Perjalanan Covid dengan nilai pertanggungan tidak kurang dari US$20.00 yang mencakup penanganan COVID-19.
  • Vaksinasi dosis lengkap minimum 14 hari sebelum keberangkatan.
  • Dalam hal tes PCR atau tes antigen, hasil tes negatif ti​dak boleh lebih dari 48 jam.​
  • Pengunjung tidak wajib menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes negatif COVID-19 saat tiba di Islandia.
  • Harus menjalani tes RT-PCR pada saat kedatangan. Jika didapat hasil positif, harus mengikuti petunjuk petugas kesehatan.
  • Tidak diharuskan untuk menjalani proses karantina.
  • Pengunjung yang tidak divaksinasi atau dosis vaksinasi masih sebagian wajib ikarantina selama 5 hari di fasilitas yang disetujui pemerintah. Tes RT-PCR akan dilakukan pada hari ke-4 dan mereka yang hasil tesnya negatif tidak akan diperpanjang masa karantinanya dan akan diminta untuk memantau sendiri selama 14 hari.

Baca Juga:  Asuransi Perjalanan Covid Turki, Syarat Masuk Turki 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Fakta Menarik Seputar Islandia dan Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Islandia

Fakta Unik Islandia

Sebagai salah satu negara di Eropa yang memiliki sejarah panjang, Islandia juga memiliki berbagai fakta menarik yang bisa kamu pelajari untuk memahami lebih dalam mengenai Islandia. Agar liburan atau perjalanan kamu ke Islandia nanti semakin menarik. Berikut beberapa fakta menarik seputar Islandia:

  1. Merupakan salah satu dari 5 negara yang paling Bahagia di dunia bersama dengan Finlandia, Denmark dan Norwegia.
  2. Termasuk negara paling aman di dunia. Islandia sudah menyabet gelar ini sebanyak 12 kali.
  3. Islandia tidak memiliki armada militer, hanya beberapa tantara untuk berpatroli untuk Kawasan laut dan udara.
  4. Pemerintah Islandia menganut equality dengan sangat kuat dan tidak pernah membeda-bedakan antara wanita dan pria untuk urusan pekerjaan, pendidikan hinga tingkatan sosial.
  5. Angka harapan hidup warga Islandia rata-rata adalah 80 tahun keatas. Membuat Islandia menjadi salah satu negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia.
  6. Biaya hidup di Islandia termasuk salah satu yang paling mahal di Eropa.
  7. Ketika menikah, pihak wanita tidak harus mengambil nama belakang suami.
  8. Masih memilki banyak gunung berapi aktif.
  9. Islandia merupakan salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia dalam hal sumber energi mereka.
  10. Islandia juga merupakan negara yang memiliki jumlah spesies serangga paling rendah di dunia. Dipastikan tidak ada nyamuk di Islandia.

Setelah mengetahui beberapa fakta unik dari negara Islandia. Berikutnya adalah mengetahui hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di negara Islandia. Berikut selengkapnya:

Do’s

Dont’s

Memperhatikan ramalan cuaca dengan baik. Karena ramalan cuaca di Islandia cukup akurat.

Jangan mengambil foto sembarangan, terutama jika itu properti pribadi seperti rumah warga lokal tanpa izin.

Berpakaian dengan sopan dan sesuai norma masyarakat sana.

Jangan menyentuh angsa. Angsa di Islandia terkenal sangat agresif dan bisa melukai fisik orang dewasa cukup parah.

Tidak memakai sepatu kedalam ruangan. Cukup gunakan sendal saja.

Tidak mandi terlebih dahulu sebelum memasuki kolam renang atau sauna publik.

Minum air keran di Islandia cukup aman karena air keran di Islandia sangat bersih dan kebanyakan memang diperuntukan untuk diminum.

Jangan mengeluh tentang makanan lokal secara gamblang. Ini karena warga Islandia sangat mencintai makanan tradisional mereka. Jika tidak tertarik, bisa menolak dengan sopan.

Mandi dengan sabun sebelum memasuki kolam renang dan sauna public di Islandia

Jangan berkendara di luar jalan raya atau jalan yang disediakan khusus untuk kendaraan roda empat atau dua. Ini karena warga Islandia sangat menjaga keindahan lingkungan sekitarnya dan sangat menaati peraturan.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Maldives, Syarat Masuk Maldives 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Islandia

Jika sudah memahami seluruh persyaratan dan aturan baru memasuki Islandia, berikutnya kamu tinggal merencanakan liburan atau perjalanan mu di Islandia.

Sebagai salah satu negara yang cukup popular sebagai tujuan wisata. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu juga ikut mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Islandia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan termasuk wisatawan Indonesia.

Nah, ini dia 10 tempat wisata favorit dan paling direkomendasikan di Islandia:

1. Gulfoss Fall

Gulfoss Fall

Gulfoss Fall merupakan air terjun dengan ketinggian 32 meter yang menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah. Selain itu keindahan alam ini bisa dinikmati secara gratis untuk semua orang.

2. Geysir

Geysir

Terletak di Haukadalur, Geysir adalah daerah mata air panas yang cukup terkenal lho! Meskipun sudah jarang aktif namun di lembah Haukadalur sendiri terdapat beberapa sumber mata air panas lainnya seperti Smiour, Strokkur hingga Litli-Strokkur yang tidak kalah indah dari Geysir.

3. Reynisdrangar

Reynisdrangar

Merupakan salah satu kawasan pantai terindah di Islandia. Reynisdragar terdiri dari batuan basal dan tebing laut yang megah. Disini kamu bisa menikmati keindahan alam laut yang menakjubkan dengan kombinasi batuan dan pantai pasir yang berwarna hitam.

4. Hallgrimskirkja

Hallgrimskirkja

Beralih dari wisata alam, Islandia juga memiliki berbagai bangunan bersejarah dengan desain yang keren. Hallgrimskirkja adalah gereja paroki Lutheran yang terletak di Reykjavik dengan ketinggian hingga 74,5 m.

5. Raufarholshellir

Raufarholshellir

Ini merupakan tempat wisata yang merupakan gua lava yang menyajikan pemandangan yang luar biasa indah. Gua lava ini memilki bebatuan gua yang indah serta bewarna-warni. Selain itu di beberapa bagian gua ini juga terdapat lapisan es tipis yang menutupi sebagian lahar didalam gua yang membuat lapisan tersebut terlihat indah berkilau.

6. Museum Viking

Museum Viking

Museum viking di Islandia terletak di kota Reykjanasbaer. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai pameran kapal dari suku bangsa viking yang legendaris. Di museum ini selain pameran kapal terdapat juga ada pameran lainnya yang berkaitan dengan sejarah bangsa viking yang bisa menambah wawasan mu.

7. Skogafoss

Skogafoss

Skogafoss merupakan salah satu air terjun indah lainnya yang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Dengan ketinggian 60 m dan lebar 25 m air terjun ini merupakan tujuan wisata yang cukup popular di Islandia.

8. Danau Es Jokulsarlon

Danau Es Jokulsarlon

Danau glasial yang terbesar di Islandia ini memang salah satu danau es yang akan menghipnotis kamu. Saksikanlah keindahan dari pegunungan es yang ada ditengah perairan

9. Blue Lagoon

Blue Lagoon

Islandia memang populer sebagai negara di dekat kutub yang senantiasan bersuhu ekstrem. Namun disini kamu bisa menghangatkan diri dengan berendam di kolam air panas alami. Blue Lagoon terletak di kawasan bebatuan eksotis, kamu bisa melakukan relaksasi sekaligus menikmati pemandangan alam terindah di dunia.

10. Aurora

Aurora

Membicarakan tempat wisata di Islandia tidak akan lengkap tanpa ada aurora. Kamu bisa berburu aurora terindah di muka bumi, aurora borealis. Pilih lokasi dan waktu yang tepat sebab penampakan aurora terindah tidak bisa diprediksi

Dengan Asuransi Perjalanan Covid, Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan covid bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan covid sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan dan Covid-19 bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada disetiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Australia, Syarat Masuk Australia 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark