Sindikasi Republika

Apotek Online BPJS : Keunggulan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Rabu , 21 Sep 2022, 22:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Apotek online BPJS merupakan fasilitas baru yang diberikan oleh pemerintah bagi para peserta layanan BPJS Kesehatan. Apotek online BPJS Kesehatan ini akan membantu masyarakat untuk bisa lebih mudah mendapatkan obat-obatan yang mereka butuhkan. 

Layanan apotek BPJS Kesehatan online diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat para peserta BPJS Kesehatan untuk mengakses obat-obatan, terutama obat yang terbilang sulit untuk didapatkan. Minat masyarakat menggunakan layanan BPJS online apotek ini cukup tinggi, meskipun layanan aplikasi apotek BPJS online ini masih terbilang baru. 

 

Keunggulan Apotek Online BPJS 

apotek online

Jumlah pengguna layanan BPJS Kesehatan yang semakin banyak merupakan salah satu tantangan pemerintah dalam memaksimalkan layanan tersebut. Ada banyak cara yang coba dilakukan, salah satunya dengan menghadirkan layanan apotek online BPJS. 

Pada dasarnya, pengadaan layanan apotek BPJS Kesehatan online ini bertujuan untuk mempermudah semua pihak-pihak yang membutuhkan obat untuk mengakses obat-obatan. Adapun yang dimaksud dengan pihak-pihak tersebut antara lain: semua anggota BPJS Kesehatan, Faskes yang bekerjasama dengan BPJS, Apoteker yang bertugas. 

Penggunaan layanan aplikasi apotek BPJS online tentu akan berbeda dengan aplikasi apotek pada umumnya, sebab peserta BPJS Kesehatan tidak perlu mengeluarkan uang saat membeli obat melalui layanan ini. BPJS Kesehatan sudah meng-cover pembayaran obat yang dilakukan peserta melalui layanan apotek online BPJS Kesehatan ini. 

Hal ini akan sangat mempermudah peserta BPJS Kesehatan dalam mengakses obat-obatan yang mereka butuhkan. Selain itu, layanan ini juga terintegrasi dengan apotek rujukan BPJS dan memungkinkan pencarian obat menjadi jauh lebih mudah dan cepat. 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan apotek BPJS online:

  • Memiliki layanan dan juga distribusi obat-obatan yang transparan.
  • Apotek online BPJS Kesehatan memungkinkan pasien menerima obat yang mereka butuhkan dengan cepat. 
  • Informasi tentang ketersediaan obat-obatan dapat diakses dengan mudah melalui faskes terkait. 
  • Informasi terkait harga terkini obat-obatan selalu update dan akurat. 
  • Layanan apotek BPJS Kesehatan online memungkinkan berbagai keluhan pasien bisa ditangani dengan lebih cepat. 
  • Mencegah terjadinya tindak kecurangan dalam pembelian obat, seperti: suap, pemerasan, dan yang lainnya. 
  • BPJS online apotek memungkinkan pasien mengambil obat di mana saja, selama apotek yang dituju telah memiliki kerjasama dengan layanan BPJS Kesehatan itu sendiri. 

Baca Juga: Cara Registrasi Ulang BPJS Kesehatan Bagi Peserta yang Kartunya Dinonaktifkan

Manfaat Apotek Online BPJS 

Sebagai layanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah apotek BPJS Kesehatan online tentu diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas, khususnya para peserta BPJS Kesehatan itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari apotek online BPJS Kesehatan: 

1. Pelayanan serta Distribusi Obat-Obatan yang Transparan

Aplikasi apotek BPJS online memungkinkan peserta BPJS Kesehatan untuk melakukan penelusuran (Tracking), di mana hal ini mencakup semua riwayat pelayanan kesehatan yang pernah diterima oleh yang bersangkutan selaku peserta layanan BPJS Kesehatan. 

Berbagai fitur di dalam aplikasi apotek BPJS online akan mempermudah peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan berbagai informasi terkait penerimaan obat-obatan. Hal ini memungkinkan semua pihak bisa mendapatkan informasi obat-obatan yang lebih transparan. 

2. Meminimalisir Keluhan Terkait Stok Obat-Obatan

Layanan BPJS online apotek sudah terhubung dengan semua jaringan apotek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Hal ini akan memudahkan akses informasi terkait obat-obatan yang dibutuhkan oleh para peserta BPJS Kesehatan itu sendiri.

Ketersediaan obat akan lebih mudah untuk dipantau oleh semua pihak yang membutuhkan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Jika sewaktu-waktu ada stok obat yang menipis atau bahkan habis, maka peserta BPJS maupun pihak terkait lainnya bisa dengan mudah untuk membuat permintaan. 

Sistem online seperti ini akan mempermudah pengajuan keluhan, aduan dan bahkan permintaan akan obat ke pusat. Hal ini akan berdampak baik, sebab bisa meminimalisir timbulnya keluhan berulang dari pasien atau peserta BPJS yang tidak tersampaikan karena buruknya sistem. 

3. Sudah Terintegrasi Pada Sistem 

Apotek BPJS online menghubungkan semua apotek rujukan di dalam aplikasi yang mereka miliki. Hal ini akan mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi tentang obat-obatan yang mereka butuhkan, sebab semua informasi tersebut sudah dihimpun dalam server yang sama. 

Peserta BPJS atau pihak yang berkepentingan bisa mendapatkan informasi yang akurat, sehingga kesalahan informasi bisa dihindari. Di saat bersamaan, akses obat-obatan yang dibutuhkan peserta BPJS juga akan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. 

4. Layanan yang Praktis dan Lebih Memadai 

Sistem online yang diterapkan dalam apotek online BPJS Kesehatan memang jauh lebih praktis dan memadai, jika dibandingkan dengan sistem yang lama. Peserta BPJS Kesehatan bisa mengakses informasi dan obat-obatan dengan mudah, tanpa perlu mendatangi faskes secara langsung. 

Hal ini juga memungkinkan BPJS Kesehatan meningkatkan layanan kesehatan kepada pesertanya, terutama terkait akses obat-obatan yang pada dasarnya menjadi salah satu yang paling penting. 

5. Dilengkapi Berbagai Fitur yang Canggih dan Memudahkan 

Di dalam prakteknya, aplikasi apotek BPJS online ini bukan hanya bisa dipakai untuk membeli obat saja, sebab aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang terbilang canggih dan cukup memadai. Berbagai fitur yang dimiliki aplikasi ini akan sangat membantu dan penggunaan aplikasi ini bisa lebih maksimal. 

Fitur-fitur di dalam aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti: mengajukan klaim obat-obatan kemoterapi, obat-obatan untuk penyakit kronis, RPB, dan yang lainnya. Selain itu, peserta juga bisa mengajukan keluhan terkait stok obat-obatan, dan yang lainnya. 

Baca Juga: Ini Cara Pindah Faskes Online Melalui Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Cara Membeli Obat di Apotek Online BPJS 

Cara Membeli Obat di Apotek Online BPJS

Jika peserta ingin menggunakan layanan apotek online BPJS Kesehatan, maka yang bersangkutan harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bila pendaftaran ini sukses, maka peserta BPJS bisa menggunakan aplikasi tersebut, termasuk melakukan pembelian obat dan mencari informasi lainnya terkait obat-obatan yang dibutuhkan. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mendaftar di apotek BPJS Kesehatan online: 

1. Mendaftarkan Akun BPJS Online Apotek

Lakukan beberapa langkah berikut untuk mendaftarkan akun baru di aplikasi apotek BPJS online: 

  • Kunjungi petugas BPJS Centre yang ada di kantor BPJS Kesehatan. 
  • Jangan lupa membawa serta salinan resep dan juga surat keterangan dari faskes yang menyatakan bahwa obat yang sedang dibutuhkan peserta memang telah habis. 
  • Temui petugas dan sampaikan keinginan untuk mendaftar di apotek BPJS Kesehatan online. Serahkan salinan resep dan surat keterangan yang dibawa dari faskes, agar bisa menebus obat ke apotek rujukan BPJS. 
  • Lakukan pendataan resep obat pada menu “Faskes Asal Resep” yang terdapat pada aplikasi apotek BPJS online. Jika resep obat sudah masuk, maka apoteker akan memvalidasi obat tersebut sesuai dengan kode yang telah dimasukkan. Tunggu hingga proses validasi ini selesai. 
  • Jangan lupa untuk menulis resep obat dengan benar, sebab resep ini hanya bisa di-input

2. Membeli Obat di Apotek  Online BPJS

Jika sudah melakukan pendaftaran di apotek BPJS Kesehatan online dengan sukses, maka peserta BPJS sudah bisa melakukan pembelian obat. Lakukan pembelian obat di apotek BPJS Online dengan beberapa langkah mudah berikut ini: 

  • Masukkan resep obat pada aplikasi. Jika terdapat lebih dari satu resep obat yang akan dibeli, maka ketikkan satu per satu resep tersebut, sehingga bisa dibeli sekaligus. 
  • Setelah semua resep dimasukkan, maka aplikasi apotek BPJS Kesehatan online akan melakukan validasi sesuai dengan jenis obat tersebut. 
  • Tunggu hingga proses validasi ini selesai selama beberapa saat.
  • Jika validasi telah selesai, maka aplikasi akan menunjukkan akumulasi tagihan yang harus dibayarkan. 
  • Resep obat untuk penyakit kronis akan disesuaikan dengan kondisi pasien. 
  • Pengambilan obat di apotek rujukan tidak bisa lebih dari 30 hari setelah resep tersebut divalidasi. 

Manfaat Pelayanan Apotek Online BPJS 

Apotek BPJS Online merupakan layanan terbaru dari BPJS Kesehatan. Aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah para pihak dan juga peserta BPJS Kesehatan itu sendiri untuk mendapatkan obat-obatan yang mereka butuhkan. Segera daftarkan agar bisa menggunakan aplikasi yang simpel ini, agar akses informasi maupun pembelian obat-obatan bisa menjadi lebih mudah dan juga cepat.

Baca Juga:  Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak secara Online dan Offline

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark