Sindikasi Republika

Situs Survei Berbayar Online ini Bisa Kasih Banyak Uang!

Jumat , 23 Sep 2022, 11:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto:

Seiring berkembangnya teknologi dan penggunaan internet di seluruh dunia, terdapat berbagai macam cara untuk kalian mendapatkan penghasilan tanpa melakukan pekerjaan konvensional. Sekarang, hanya dengan duduk di depan laptop di dalam kamar, kamu sudah dapat menghasilkan uang.

Salah satu yang menjadi alternatif adalah mengisi berbagai survei yang ada di Internet. Pada masa ini, sudah banyak situs survei berbayar onlineyang menyediakan bayaran bagi para pengisi survei (responden) untuk keperluan tertentu dan bayaran yang didapat biasanya berupa dollar yang disalurkan melalui PayPal.

Di Indonesia sendiri belum ada situs survei berbayar online yang memberikan bayaran tinggi karena kebanyakan dari situs survei berbayar dengan harga tinggi mengincar penduduk negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat. Walaupun begitu, situs survei ini menghasilkan uang yang lumayan.

Baca juga: Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini

Situs Survei Berbayar Online yang Bisa Dicoba

  1. ClixSense

    situs

    ClixSense

    Situs yang satu ini adalah portal survei online yang berbasis di Amerika Serikat sejak 2007. Pada awalnya, situs ini adalah sebuah situs yang memberikan kesempatan bagi para pengunjungnya untuk mendapatkan uang dengan cara melakukan klik pada iklan yang mereka sediakan (paid-to-click website).

    Pada 2012 situs ini berubah menjadi sebuah portal penyedia layanan market research terpercaya yang memberikan bayaran kepada peserta survei-nya. Sejauh ini, ClixSense sudah memberikan lebih dari 33 juta Dollar Amerika Serikat kepada para peserta survei mereka. Ini terus bertambah demi tujuan menjadi peneliti pasar yang terdepan.

  2. LifePoints

    Sebelumnya bernama LifePoints, situs survei online ini bernama Global Test Markets. Cara untuk mengerjakan berbagai survei di situs ini cukup unik. Sebab, setiap kali mengerjakan survei kamu akan mendapatkan poin terlebih dahulu. Satu surveinya senilai 10 poin. Jika sudah terkumpul hinggal 10.000 poin, kamu kemudian dapat menukarnya dengan uang senilai 40 USD melalui Paypal. Maka, kumpulkanlah poin sebanyak-banyaknya agar uang yang kamu dapatkan meningkat.

  3. iPanel

    situs 2

    iPanel

    iPanel merupakan salah satu website yang melakukan sampling online profesional. Situs ini juga memiliki versi Bahasa Indonesia. Kebanyakan dari target survei situs ini adalah negara – negara di Asia. iPanel tercatat dalam salah satu dari 10 web online survei terbaik di seluruh dunia.

    Bukan hanya itu saja, situs ini juga selalu melakukan pembayaran bagi para peserta survei online dengan cepat, hanya dalam hitungan jam atau paling lama satu minggu. iPanel juga memberikan undian–undian khusus pada anggotanya, salah satunya adalah dengan melakukan lucky draw.

    Para responden dari iPanel akan menerima poin sebesar 1.000–5.000 untuk setiap survei yang sudah diselesaikan. Poin ini dapat ditukarkan dengan berbagai voucher atau kupon belanja dan juga dapat ditukarkan dengan uang yang disalurkan melalui PayPal.

  4. Mobrog

    Mobrog adalah layanan market research online yang disediakan oleh sebuah perusahaan bernama Splendid Research. Perusahaan yang berbasis di Jerman ini melakukan berbagai macam survei berbayar online untuk keperluan penelitian pemasaran melalui Internet melalui komputer ataupun aplikasi di smartphone.

    Mobrog sudah memiliki jaringan hingga mencapai 51 negara di seluruh dunia dan satu diantaranya adalah Indonesia. Dengan mendaftarkan diri menjadi anggota responden Mobrog, kamu akan menerima berbagai email yang berisikan undangan untuk menjawab berbagai survei.

    Untuk setiap survei, Mobrog rata – rata membayar antara Rp7.000-Rp45.000 per satu kali survei. Namun, survei yang diadakan Mobrog ini biasanya tidak begitu sering, hanya satu dua kali dalam satu bulan. Pembayaran yang diterima akan masuk melalui akun PayPal kamu.

  5. Opinion World

    situs 2

    Opinion World

    Opinion World adalah situs yang juga merupakan portal market research online. Melalui situs ini, opini atau pendapat kamu akan sampai kepada para pemimpin di berbagai ranah industri. Opini tersebut juga akan turut mengambil andil dalam penentuan harga, desain, dan kemasan suatu produk. Selain itu, tentunya melalui situs ini juga akan memperoleh imbalan sebagai seorang responden berupa uang.

    Sama halnya dengan situs lainnya, untuk mengambil bagian dalam survei Opinion World, kamu perlu mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu. Opinion World juga memiliki situsnya sendiri yang menggunakan Bahasa Indonesia sehingga memudahkan koresponden dalam memahami situs tersebut. Untuk 1000 poin dalam situs Opinion World, kamu bisa menukarkannya dengan 10 dollar Amerika Serikat atau setara dengan kurang lebih Rp140.000.

  6. PanelPlace

    Sama halnya dengan situs–situs sebelumnya, untuk mendapatkan keuntungan dari situs PanelPlace, kamu juga harus mendaftar menjadi member terlebih dahulu. Dengan begitu, PanelPlace akan mengirimkan info – info terbaru mengenai survei yang menjanjikan imbalan.

    PanelPlace sudah memiliki lebih dari satu juta anggota di seluruh dunia. Selain menawarkan survei, PanelPlace juga menawarkan berbagai kelas online yang dapat kamu hadiri. Kebanyakan dari hadiah survei yang diadakan PanelPlace berbentuk voucher atau pulsa.

    Namun jika menginginkan uang, kamu harus menyimpan poin hingga mencapai 30.000 poin yang dapat ditukarkan dengan uang sebesar kurang lebih Rp443.000. Uang tersebut nantinya, seperti situs lainnya, akan masuk kedalam akun PayPal.

  7. SurveyOn

    situs 3

    SurveyOn

    SurveyOn merupakan salah satu situs survei berbayar online yang paling diminati oleh sebagian orang. Selain karena mudah digunakan dan melakukan pembayaran dengan cepat, poin dari SurveyOn dapat dicairkan menjadi uang dengan batas minimal yang rendah. kamu hanya perlu mengumpulkan 20.000 poin untuk mencairkan poin menjadi uang sebesar 2 dollar Amerika Serikat.

    Setiap survei memberikan poin sebesar 4.000 sampai dengan 6.000. Artinya, hanya perlu mengerjakan empat atau lima survei dan sudah dapat dicairkan. Selain mengisi survei, SurveyOn juga menawarkan cara lain untuk mendapatkan poin.

    Cara tersebut adalah dengan melakukan polling singkat (quickpool). Jumlah member dari SurveyOn juga sudah terhitung banyak. Di Asia sendiri, member dari SurveyOn sudah mencapai dua juta anggota.

  8. Toluna

    Toluna atau Toluna Influencers adalah sebuah situs survei berbayar online yang beranggapan bahwa setiap orang yang menjadi anggotanya akan dapat berperan untuk merubah atau mempengaruhi dunia. Seperti halnya situs yang lain, ketika melakukan pendaftaran anggota,

    Toluna akan meminta beberapa data pribadi koresponden. Data tersebut kemudian akan dijadikan acuan untuk menentukan survei mana yang cocok untuk kamu ikuti dan sebagai apresiasi Toluna juga akan memberikan imbalan bagi yang sudah menyelesaikan survei tersebut.

    Toluna juga merupakan salah satu situs yang populer di Indonesia karena Toluna memiliki portal berbahasa Indonesia yang lebih mudah dimengerti instruksinya. Selain itu, untuk mendaftar menjadi anggota toluna juga tidak sulit.

    Bahkan dapat mendaftar dengan menggunakan sosial media (Facebook ataupun Twitter). Batas penukaran poin minimum di situs ini adalah 10.000 poin. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai jenis voucher ataupun uang yang masuk melalui PayPal.

  9. ViewFruit

    situs 3

    ViewFruit

    ViewFruit juga merupakan salah satu situs survei berbayar yang sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Situs ini merupakan anggota dari grup Paneland yang berbasis di China. Situs ini sudah memiliki jaringan di 32 negara dan menjadi panutan utama bagi beberapa perusahaan untuk mengumpulkan opini pasar.

    ViewFruit juga memiliki portal yang menggunakan Bahasa Indonesia sehingga penggunaannya akan semakin mudah untuk para penduduk Indonesia. Survei yang diadakan oleh ViewFruit terbilang cukup sering. Dalam satu hari, situs ini dapat memberikan hingga tiga survei apabila kamu sudah menjadi member dari ViewFruit itu sendiri.

    Minimum pencairan poin yang dibutuhkan dalam situs ini juga terbilang rendah, yakni hanya memerlukan minimal 1500 poin yang setara dengan 3 dolar Amerika Serikat. Kemudian, poin tersebut dapat ditukarkan menjadi uang yang masuk ke dalam rekening PayPal kamu. Tiap survei dalam situs ini akan mendapatkan poin sekitar 200 sampai dengan 500 poin.

  10. YouGov Indonesia

    YouGov merupakan situs survei berbayar online untuk melihat opini masyarakat tidak hanya seputar dunia pasar, namun juga dapat digunakan untuk dunia politik. Anggota dari YouGov sendiri sudah mencapai lebih dari enam juta orang di seluruh dunia. YouGov menyatakan bahwa banyak perusahaan besar dan instansi pemerintah yang sudah menggunakan data mereka untuk memahami masyarakat dengan lebih baik.

    Bila kamu sudah menjadi member dari YouGov, setiap bulannya akan mendapatkan sekitar dua atau tiga buah survei yang dapat diikuti. Untuk setiap survei, akan menerima poin antara 50-400 poin. Bila ingin dicairkan poin tersebut kedalam bentuk uang yang akan masuk melalui akun PayPal, harus memiliki minimal 5000 poin yang senilai dengan 25 dollar Singapura.

  11. Opinion Bureau

    Jika kamu menjadi member dari situs Opinion Bureau, kamu akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Keuntungan yang pertama tentunya dari pengisian survei yang diberikan Opinion Bureau. Setiap mengisi survei, kamu akan mendapatkan Rp100.000 yang dapat ditukarkan minimal Rp50.000. Selain itu, kamu juga mendapatkan keuntungan ketika join sebesar Rp2.000. Kamu pun juga dapat merujuk Opinion Bureau pada teman kamu dan mendapatkan Rp1.000 untuk setiap rujukan.

  12. ySense

    Portal survei online yang satu ini berdiri sejak tahun 2007 dan berbasis di Amerika Serikat. Pada mulanya, ySense merupakan situs yang menggunakan sistem paid-to-click. Artinya, pengguna akan mendapatkan dana dengan memencet iklan yang telah disediakan. Namun, sejak tahun 2012 ySense berubah menjadi layanan market research. Dana yang didapat dari situs survei online ini dapat diambil setidaknya 10 USD atau setara dengan kurang lebih Rp140.000.

  13. i-Say

    Situs survei i-Say ini memiliki member lebih dari 3 juta orang di dunia dan sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan ternama yang melayani 5.000 klien dari berbagai negara.

    Sistemnya, cukup mudah. Kamu mendaftar menjadi member dan kemudian mengisi surveinya. Setiap kali mengisi survei, kamu akan mendapatkan poin dan jika sudah terkumpul kamu dapat menukarnya menjadi uang. Jumlah minimum yang dapat ditukarkan menjadi uang ialah sebesar 500 poin.

    Poin pada i-Say ini juga dapat ditukarkan menjadi e-gift card. Namun, jika kamu memilih untuk menukarkannya dengan uang tunai, uang tersebut akan masuk ke rekening Paypal kamu.

Baca juga: Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini

Ciri-Ciri Situs Survei Online Berbayar

  1. Tidak Mengeluarkan Biaya

    Sebagai pengisi survei, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Dengan kata lain, pengisian survei gratis. Hal yang perlu kamu persiapkan adalah hanya kuota internet dan gadget yang dapat terhubung dengan interne.

  2. Nyaman Digunakan

    Tidak hanya memberikan kenyamanan pada kantong, situs-situs survei online juga memberikan kenyamaman bagi penggunanya. Artinya, segala metode pengisian survei juga dibuat nyaman untuk kamu sehingga kamu hanya perlu mengisi jawaban pertanyaan yang disediakan. Bekerja tanpa modal dapat memberikan keuntungan. Menarik sekali, bukan?

  3. Pelaksaan Fleksibel

    Kenyamanan dalam bentuk lain adalah tidak adanya batas waktu pengerjaan. Kamu dapat mengerjakan survei online ini di mana pun dan kapan pun. Dengan begitu, aktivitas kamu tidak mengganggu waktumu, tetapi kamu tetap mendapatkan keuntungan.

  4. Selalu Ada Pekerjaan

    Jika kamu menjadi salah satu member situs survei online, kamu tidak akan merasa ngerasa kekurangan kerjaan. Sebab, terdapat berbagai jenis survei yang dapat dilakukan. Dengan begitu, kamu mendapatkan kesempatan lebih besar untuk menadapatkan uang tambahan.

Baca juga: Pelamar Kerja, Ini 3 Penyebab Lamaran Kerja Selalu Berakhir Tanpa Panggilan

Survei Online Bisa untuk Penghasilan Tambahan

Itulah dia berbagai situs survei online berbayar yang dapat memberikan  kamu uang dalam jumlah yang lumayan besar. Situs ini juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cukup mudah. Apabila kamu tidak malas untuk melakukan penjelajahan ke dunia internet yang luas, pastinya akan ada berbagai alternatif lain yang dapat dicoba untuk menghasilkan banyak uang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark