Sindikasi Republika

Bantu Optimalkan Keuntungan dan Minimalkan Risiko, Kenali Expert Advisor dan Fungsinya

Sabtu , 01 Oct 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Dulu, aktivitas trading mungkin kerap dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat. Alasannya beragam, mulai dari tingkat risikonya yang terbilang tinggi, banyaknya kasus penipuan yang merugikan hingga nominal fantastis, dan lain sebagainya. Karenan itu, tidak sedikit orang yang enggan terjun ke dunia trading dan lebih memilih aktivitas investasi yang dirasa lebih aman. 

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, sebagian orang mulai tertarik untuk mencoba dunia trading karena banyaknya berita tentang trader yang berhasil meraih keuntungan menggiurkan dari aktivitas tersebut. Bahkan, guna mengantisipasi besarnya risiko dari aktivitas trading ini, kebanyakan trader, khususnya yang pemula memanfaatkan jasa dari Expert Advisor.

Bagi yang belum tahu, Expert Advisor ini adalah pihak yang dapat membantu para trader dalam mengambil keputusan pada aktivitas trading. Tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan keuntungan lebih maksimal, dan mampu meminimalkan tingkat risikonya.

Layanan dari Expert Advisor ini tentu layak untuk dipertimbangkan bagi yang masih awam dengan dunia trading dan masih perlu belajar banyak agar tak sampai menelan pil pahit karena mengalami kerugian. Nah, agar lebih memahami tentang apa itu Expert Advisor, fungsi, kelebihan, serta kekurangannya, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Robot Trading: Pengertian, dan Daftar Aplikasi Robot Trading Forex yang Cocok untuk Pemula

Pengertian Expert Advisor dalam Dunia Trading

expert advisor

Expert Advisor

Jika mengacu dari bahasanya, arti dari Expert Advisor adalah penasihat ahli. Akan tetapi, dalam konteks trading, maksud dari istilah tersebut adalah sebuah software khusus yang bisa digunakan untuk membantu kegiatan trading derivatif. Di samping itu, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk bertindak maupun melakukan kegiatan trading derivatif penggunanya.

Tentunya, agar bisa menjalankan tugasnya dengan tepat dan sesuai keinginan, aplikasi Expert Advisor dalam melakukan kegiatan trading derivatif sudah disesuaikan dengan suatu parameter khusus yang telah ditetapkan menggunakan garis perintah dalam bentuk kode sistematis. Kode sistematis inilah yang nantinya diterjemahkan menjadi bahasa komputer.

Tidak hanya itu, trader juga dapat merancang sendiri parameter atau indikator teknis yang diinginkan dan kemudian dimasukkan pada software atau aplikasi Expert Advisor. Dengan begitu, penggunaan dari perangkat tersebut akan menjadi lebih optimal dan mampu disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan penggunanya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Expert Advisor ini bekerja dengan cara komputasi agar bisa melakukan aktivitas trading online sesuai keinginan penggunanya. Kebanyakan software ini pun memakai yang namanya Metatrader dan bahasa pemrograman berupa MetaQuotes Programming Language Ver. 4 atau MQL4 serta C++. Seluruh perhitungannya pun sudah termasuk pada program dengan otomatis sehingga lebih praktis saat digunakan dalam aktivitas trading ataupun semacamnya.

Fungsi dari Expert Advisor bagi Trader

Software Expert Advisor pada dunia trading sering kali digunakan oleh pihak trader agar bisa memaksimalkan keuntungan yang berpotensi didapatkannya. Di samping itu, penggunaan layanan ini juga berguna untuk meminimalkan risiko yang terbilang tinggi pada aktivitas ini.

Secara umum, berikut adalah sederet fungsi dari software Expert Advisor bagi trader atau penggunanya.

  • Bisa melakukan kegiatan pembelian atau penjualan saat telah mendapatkan indikator atau sinyal trading.
  • Dapat memaksimalkan waktu transaksi atau perdagangan yang relatif panjang.
  • Menggunakan aplikasi ini, trader bisa mengatur kegiatan trading di hari berjalan serta “meninggalkannya” untuk melakukan aktivitas lain yang lebih penting karena Expert Advisor mampu bekerja secara otomatis tanpa pemantauan intensif asal telah memasukkan input atau perintah yang diinginkan.
  • Dapat mengoptimalkan hasil dari trading yang tengah dilakukan.
  • Dapat menggantikan aktivitas dari para trader karena Expert Advisor bisa berjalan tanpa henti sesuai perintah dan keinginan pengguna.
  • Mampu mengurangi tingkat stres atau beban pikiran dari trader. Hal ini dikarenakan software ini mampu menggantikan tugas dan beban mental dari trader terkait pengambilan keputusan atau pemantauan grafik trading.
  • Dapat mengimplementasikan fungsi atau peran analitik dan juga menghasilkan indikator atau sinyal trading.
  • Mampu membantu trader yang masih awam atau pemula ketika menjalankan aktivitas trading. Hal ini karena penggunaan aplikasi ini tak membutuhkan pengetahuan atau pemahaman mendalam terkait analisis fundamental ataupun teknikal dalam kegiatan trading. Dalam kata lain, aplikasi ini bisa secara otomatis membantu trader dalam melakukan analisis, mengambil keputusan open posisi, sampai closing posisi.
  • Membantu pihak trader dalam memahami risiko dan peluang pada setiap kegiatan trading. Dengan begitu, pada kegiatan trading, trader mampu mengambil keputusan secara tepat guna mengantisipasi risiko kerugian dan mengoptimalkan peluang keuntungan dengan maksimal.
  • Terakhir, fungsi Expert Advisor adalah agar pihak trader mampu menjalankan aktivitas cut loss ataupun take profit di batasan yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, trader tidak perlu harus senantiasa memantau grafik atau fluktuasinya agar bisa mendapatkan keuntungan atau memangkas kerugian sesuai keinginannya.

Keunggulan Expert Advisor

Alasan dari banyaknya investor atau trader yang menggunakan Expert Advisor ini tidak lepas dari sederet keunggulan dan kelebihan yang diberikannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sederet kelebihan dari aplikasi ini bagi trader atau penggunanya secara umum.

  • Aplikasi ini menawarkan perintah atau input berkala dan real time yang bisa diberikan oleh penggunanya. Di samping itu, pengguna juga dapat menindaklanjuti langsung input yang telah dimasukkan guna mengambil keputusan dengan lebih cepat.
  • Pengguna juga bisa mendeteksi pattern trading, serta menjalankan perintah sesuai yang diinstruksikan
  • Karena termasuk sebagai sebuah software, aktivitas trading yang dilakukan oleh Expert Advisor bisa berjalan dengan akurat, tanpa stres dan kecemasan selayaknya saat dilakukan oleh manusia.
  • Layanan ini mampu meningkatkan keakuratan dari backtesting.
  • Dapat melakukan analisis secara teknikal dengan dasar indikator yang telah ditentukan. Aplikasi ini juga dapat menghindari risiko terjadinya kesalahan teknis, seperti, harga belum diperbarui, trade context busy, requote dan lain sebagainya.
  • Menggunakan aplikasi ini, trader mampu mengoptimalkan profit dan meminimalkan risiko kerugian trading. Hal ini dikarenakan Expert Advisor mampu menjalankan tugas atau perintah yang telah diberikan oleh pengguna sesuai dengan perhitungan atau pertimbangan yang dilakukan sebelumnya
  • Penggunaan aplikasi ini juga mampu meminimalkan emosi trader ketika menjalani aktivitas trading online. Dengan begitu, potensi pengambilan keputusan yang tidak tepat akibat pertimbangan yang tergesa-gesa atau berlandaskan emosi tidak akan sampai terjadi.

Baca juga: Trading Saham Halal atau Haram? Begini Hukumnya Menurut Islam dan Tips Trading Syariah

Kelemahan Expert Advisor

Kendati memiliki sederet keunggulan dan kelebihan yang telah disebutkan di atas, penggunaan dari Expert Advisor juga dapat memberikan beberapa kekurangan yang penting untuk dipahami. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kekurangan dari penggunaan Expert Advisor saat melakukan aktivitas trading.

  • Karena hanya berupa software dengan cara kerja tertentu, pengguna atau trader harus bisa bersiap dengan segala kendala teknis atau masalah yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, beragam masalah yang mungkin terjadi ketika menggunakan aplikasi ini adalah gangguan jaringan internet, kendala daya yang dapat mempengaruhi kemampuan aplikasi, ataupun ketidakmampuan hardware komputer atau laptop dalam menjalankan aplikasi ini.
  • Dengan cara kerjanya yang didasarkan dari model statistik dan matematika, penggunaan aplikasi ini tak menggunakan pertimbangan yang bersifat fundamental, maupun peristiwa ekonomi makro di mana hal tersebut berpotensi memberi pengaruh pada kondisi trading.
  • Walaupun dapat menangani lebih banyak variabel, aplikasi ini tak bisa menjalankan kegiatan selain yang telah diperintahkan oleh penggunanya. Jadi, meski bisa mempermudah aktivitas trading yang dilakukan penggunanya, aplikasi ini memerlukan perintah dulu dan tidak bisa bertindak sendiri agar bisa memberikan hasil atau keuntungan yang lebih maksimal.
  • Penggunaan aplikasi atau software ini memerlukan PC dengan spesifikasi tertentu yang memadai. Hal tersebut mencakup dari segi hard disk, memori, power supply, processor, dan beragam perangkat keras lainnya dari komputer atau laptop.

Tetap Pahami Dasar Kegiatan Trading agar Mampu Memanfaatkan Expert Advisor Secara Optimal

Itulah penjelasan mengenai apa itu Expert Advisor, fungsi, keunggulan, hingga kelemahannya. Pada dasarnya, Expert Advisor termasuk sebagai alat yang baru di dunia trading dan mungkin masih belum terlalu banyak digunakan oleh trader. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan untuk tetap memahami dasar dari aktivitas trading agar mampu memanfaatkannya dengan optimal dan mampu mendapatkan keuntungan maksimal.

Baca juga: Cara Membuat Trading Plan Saham yang Mudah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark