Sindikasi Republika

Sering Diabaikan, Ini 5 Alasan Tabungan Kesehatan Penting Dimiliki Demi Keuangan Sejahtera

Sabtu , 01 Oct 2022, 07:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Semua orang pasti telah memahami tentang pentingnya memiliki tabungan. Hanya saja, tetap saja ada banyak orang yang abai dan memandang sebelah mata manfaat dari pos keuangan tersebut. Khususnya tabungan kesehatan, kamu membutuhkannya untuk menjamin kehidupan yang lebih nyaman, aman, dan jauh dari rasa khawatir. 

Dengan memiliki tabungan kesehatan ini, ada banyak tujuan dan manfaat yang bisa kamu rasakan. Beberapa di antaranya adalah menjamin biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit, menjalani rawat inap atau rawat jalan, dan banyak lagi hal lainnya yang berkaitan dengan kondisi kesehatan.

Dengan biaya rumah sakit yang terus melonjak tiap tahunnya, wajar saja jika tabungan kesehatan sebaiknya dijadikan sebagai pos keuangan prioritas yang harus dikumpulkan sedini mungkin. 

Nominalnya pun perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan, kebutuhan, serta tanggungan yang dimiliki. Artinya, bagi orang yang masih berstatus lajang, pengantin baru, serta yang telah memiliki momongan perlu menentukan jumlah tabungan kesehatan dengan nominal yang berbeda. 

Nah, jika ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu tabungan kesehatan dan 5 alasan penting kenapa perlu disiapkan sesegera mungkin, simak penjelasan  berikut ini.

 

Apa Itu Tabungan Kesehatan?

tabungan kesehatan

Sesuai namanya, tabungan kesehatan adalah pos keuangan yang ditujukan untuk menanggulangi risiko pengeluaran mendadak dan mendesak yang berkaitan dengan kesehatan. Sebagai contoh, penggunaan tabungan ini bisa dilakukan untuk membiayai tagihan rumah sakit, pengobatan atau perawatan medis, rawat inap dan rawat jalan, serta segala pengeluaran lain yang berkaitan dengan kesehatan.  

Menurut para ahli keuangan dan financial planner, tabungan kesehatan wajib disiapkan ketika menyusun rencana keuangan. Dengan begitu, setiap orang mampu mendapatkan jaminan kehidupan yang lebih aman, nyaman, serta jauh dari rasa khawatir karena ancaman kesehatan dan biaya yang harus ditanggung akibatnya. 

Meski begitu, tidak sedikit orang yang cenderung menyepelekan pentingnya menyiapkan jenis tabungan ini pada perencanaan keuangan mereka. Padahal, risiko terserang penyakit ataupun masalah kesehatan lainnya bisa terjadi kapan saja, secara tiba-tiba, dan tanpa pertanda. 

Besarnya biaya medis yang harus ditanggung pun umumnya bisa sangat masif hingga amat berpotensi terlalu berat membebani keuangan. Oleh karena itulah mengapa tabungan kesehatan ini menjadi penting untuk disiapkan dan dimiliki setiap orang dengan menyesuaikan kebutuhan, jumlah tanggungan, dan kondisi keuangannya.

5 Alasan Tabungan Kesehatan Penting Dimiliki

pentingnya tabungan kesehatan

Setelah mengetahui tentang apa itu tabungan kesehatan, kamu tentu penasaran dengan apa saja manfaat dari memiliki pos keuangan tersebut dan memprioritaskan pengumpulannya sedini mungkin. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 alasan kenapa tabungan kesehatan penting dimiliki dengan segera.

1. Menjadi Tabungan di Masa Depan

Tidak hanya menjamin pengeluaran akibat masalah kesehatan terpenuhi, tabungan kesehatan juga bisa memberi manfaat perlindungan terhadap kondisi kehidupan di masa depan. Ketika menyimpan dana pada tabungan kesehatan di sebuah perusahaan finansial, dana akan dialokasikan pada sejumlah produk investasi sehingga nilainya bisa terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

Hal ini tentu saja mampu membuat manfaat dari mengumpulkan jenis tabungan ini lebih optimal dan maksimal didapatkan. Terlebih jika pengumpulan tabungan ini dilakukan sejak awal, artinya pertumbuhan dari dana yang tersimpan di dalamnya juga akan menjadi lebih masif lagi.

Walaupun begitu, hal ini tidak secara otomatis membuatmu yang terlambat menyiapkan pos keuangan ini tak mampu merasakan manfaatnya secara optimal. Sebagai contoh, kamu mulai menyiapkan tabungan ini pada usia 50 tahun ke atas. Meski bisa dibilang terlambat, berkat potensi pertumbuhan dana melalui aktivitas investasi seperti saham atau reksadana, target dana tabungan kesehatan yang telah ditentukan sebelumnya pasti memiliki peluang untuk terkumpul tepat waktu.

Yang terpenting, tetap disiplin dan konsisten mengalokasikan penghasilan untuk mengumpulkan pos keuangan tersebut seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, dijamin kondisi keuangan akan lebih aman dan terjaga dari beragam risiko masalah yang mungkin terjadi di waktu mendatang.

  Baca Juga: Antisipasi Biaya Rumah Sakit dan Biaya Medical Check Up, Ini Pentingnya Siapkan Dana Kesehatan

2. Meminimalkan Risiko Alami Masalah Finansial

Dengan berkontribusi pada aktivitas investasi keuangan, sebagai contoh produk reksa dana, kamu bisa mengatur pengelolaan dan alokasi finansial kapan saja sepanjang tahun sesuai kebutuhan. Hal ini berlaku pula pada tabungan kesehatan yang penempatannya dilakukan pada sejumlah instrumen investasi pilihan. 

Tidak hanya nilai aset yang berpeluang terus bertambah seiring berjalannya waktu, kamu juga bisa sewaktu-waktu mencairkan dana yang tersimpan pada tabungan kesehatan ataupun instrumen investasi lainnya saat dibutuhkan. Dengan begitu, risiko kondisi keuangan berantakan akibat munculnya kebutuhan atau pengeluaran dadakan bisa diminimalkan. 

Misalnya, bagi seorang karyawan atau pekerja kantoran yang terbiasa mendapatkan penghasilan dengan nominal tertentu setiap bulannya. Secara umum, kalangan tersebut lebih terbiasa dengan sistem akun pengeluaran yang fleksibel asalkan masih terjangkau penghasilan yang diterimanya. 

Namun, masalah akan muncul saat kalangan tersebut mendadak mengalami masalah pemotongan gaji atau pengurangan penghasilan. Nah, dengan tabungan kesehatan ini, kamu selaku karyawan pun tidak akan dibuat kewalahan saat mengalami masalah finansial tersebut karena bisa menggunakannya untuk memenuhi segala kebutuhan. Manfaat tersebut menghindarkan pula dari keharusan mengajukan pinjaman ataupun kredit untuk mengatasi pengeluaran mendesak yang tak diharapkan.  

3. Memberikan Pemahaman terkait Pentingnya Menjaga Kesehatan

Bagi yang telah berkeluarga dan mempunyai buah hati, memiliki tabungan kesehatan mampu memberikan manfaat khusus yang tidak boleh disepelekan. Alasannya karena kepemilikan pos keuangan tersebut mampu memberi pemahaman kepada anak terkait pentingnya menjaga kesehatan, termasuk dalam hal mengantisipasi tagihan rumah sakit. 

Selaku orang tua, menjamin perlindungan terhadap kondisi kesehatan anak tentu menjadi tanggung jawab yang tidak boleh dilewatkan. Dengan begitu, saat masalah kesehatan benar terjadi dan perlu menanggung besarnya biaya rumah sakit ataupun pengobatan, keuangan akan lebih siap dan tak rentan berantakan. 

Di samping itu, peran dari tabungan kesehatan juga mampu menghindarkan risiko anak harus menanggung biaya atau pengeluaran mendesak yang dialami oleh orang tuanya. Jadi, selain mampu memberi pemahaman tentang pentingnya mengatur keuangan dan mengantisipasi risiko ancaman masalah dengan tabungan kesehatan, kamu juga menjadi lebih bertanggung jawab dalam mengatasi pengeluaran atau masalah finansial sendiri. 

Baca Juga: Rentan Tak Terjangkau, Ini Alasan Biaya Kesehatan Terus Meningkat dan Tips Menyiasatinya

4. Mengantisipasi Besarnya Biaya Medis ataupun Non Medis

Selanjutnya, manfaat dari menyiapkan tabungan kesehatan adalah mengantisipasi besarnya biaya medis yang harus ditanggung saat mengalami masalah kesehatan. Tidak hanya itu, meski sejatinya ditujukan untuk menanggung kebutuhan tersebut, tapi tidak ada salahnya menggunakan pos keuangan ini untuk mengantisipasi biaya non medis sekalipun. 

Kamu boleh saja menggunakan jenis tabungan ini untuk menghadapi pengeluaran yang besar dan mendesak. Sebagai contoh, dana tabungan ini bisa digunakan untuk membayar biaya pendidikan, DP beli rumah via KPR, kebutuhan sehari-hari saat kehilangan penghasilan, maupun kebutuhan mendesak lainnya.

Yang terpenting, simpan bukti pengeluaran tersebut dan ingat nominalnya. Sebab, penggunaan dari tabungan kesehatan perlu diganti dan diisi kembali agar jumlah dana yang tersimpan sesuai dengan alokasi yang ideal dibutuhkan. 

Misalnya, jika dana tabungan kesehatan yang harus terkumpul adalah sebesar 10 juta. Namun, karena telah terpakai sebanyak 2 juta untuk suatu keperluan, kamu perlu menyisihkan kembali sebagian penghasilan agar nominal dana tabungan tersebut kembali menyentuh angka 10 juta. Dengan begitu, manfaat dari pos keuangan tersebut tetap optimal dan mampu mengantisipasi masalah keuangan lain yang mungkin muncul secara tiba-tiba. 

5. Menjamin Perlindungan Terhadap Risiko Keuangan dengan Lebih Maksimal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tabungan kesehatan tidak hanya bisa digunakan untuk mengantisipasi biaya medis, tapi juga non medis. Manfaat tersebut tentu dapat menjadi lebih maksimal didapatkan jika kamu telah menyiapkan pula perlindungan dari asuransi sesuai kebutuhan. Jadi, apabila manfaat perlindungan dari produk keuangan tersebut tak cukup untuk memenuhi pengeluaran yang harus ditanggung, kamu bisa mengalokasikan sebagian dana tabungan ini untuk menyiasatinya. 

Lindungi Keuangan dari Berbagai Macam Risiko Masalah dengan Tabungan Kesehatan

Itulah penjelasan mengenai apa itu tabungan finansial dan sederet alasan mengapa pos keuangan tersebut penting untuk dimiliki. Intinya, setiap orang tidak akan bisa terlepas dari risiko ancaman masalah finansial yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut, siapkan tabungan kesehatan ini agar keuangan lebih terlindungi dari berbagai macam risiko masalah di masa mendatang. 

Baca Juga: Ketahui 12 Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark