Sindikasi Republika

Penasaran Berapa Biaya Foto Prewedding? Nih, Rincian dan Sederet Tips Menghematnya

Jumat , 25 Nov 2022, 12:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Sebelum melangsungkan acara atau pesta pernikahan, tidak sedikit pasangan yang akan menikah melakukan foto prewedding. Seakan dianggap sebagai pelengkap prosesi pernikahan nantinya, foto prewedding ini sering kali dilakukan untuk mengabadikan momen kebahagiaan menjelang menjalin janji suci. Melalui foto prewedding ini pula, banyak kenangan dan memori yang bisa diingat ketika usia pernikahan sudah berjalan cukup panjang nanti.

Akan tetapi, di balik banyaknya momen indah dan membahagiakan yang terekam saat prewedding, ada beban biaya yang harus siap ditanggung oleh setiap pasangan. Nominalnya pun beragam, tergantung dari konsep foto yang diambil, lokasi, kebutuhan properti, sampai jasa fotografer.

Utamanya, biaya foto prewedding juga tidak boleh dikesampingkan dalam anggaran agar rencana membuat pesta pernikahan pasca melakukan janji suci tidak berantakan. Lalu, berapa sih anggaran biaya foto prewedding yang perlu disiapkan tergantung dari konsep dan jenis lokasi foto yang diambil? Nah, bagi calon pengantin baru yang penasaran, simak rincian tentang biaya foto prewedding berikut ini sekaligus beragam tips menghemat pengeluarannya.

Baca juga: Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

 

Perbandingan Biaya Foto Prewedding Outdoor dan Indoor

foto prewedding

Foto Prewedding

Sebelum menentukan konsep atau tema foto prewedding yang ingin dipilih bersama pasangan, alangkah baiknya jika kamu mencari tahu dulu berapa perkiraan biayanya. Barulah dengan begitu, rencana foto prewedding bisa berlangsung dengan lancar tanpa risiko terkendala masalah biaya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perincian perkiraan biaya foto prewedding dengan berbagai konsep dan tema secara indoor ataupun outdoor.

  • Perkiraan Biaya Foto Prewedding Indoor

    Konsep Foto PreweddingPerkiraan Biaya yang Harus Dikeluarkan
    Living RoomMulai dari Rp4 juta
    Casual StudioMulai dari Rp3 juta
    Kitchen TimeMulai dari Rp2 juta
    Tema Adat JawaMulai dari Rp3,5 juta
    Vintage CafeMulai dari Rp6 juta
    Soft DarkMulai dari Rp2 juta
    Pastel EleganMulai dari Rp4 juta
    Konsep WorkplaceMulai dari Rp3 juta
    Casual CoupleMulai dari Rp1,6 juta
    Plain CasualMulai dari Rp7 juta
    Tema KoreaMulai dari Rp4 juta

  • Perkiraan Biaya Foto Prewedding Outdoor

    Konsep Foto PreweddingPerkiraan Biaya yang Harus Dikeluarkan
    Tema GardenMulai dari Rp2 juta
    Foto di Gunung BromoMulai dari Rp8 juta
    Foto di Puncak GunungMulai dari Rp4 juta
    Rumah AdatMulai dari Rp3,8 juta
    Konsep RawaMulai dari Rp6 juta
    Tepi PantaiMulai dari Rp7 juta sampai Rp10 juta
    Konsep di BaliMulai dari Rp12 juta
    Konsep di Kota TuaMulai dari Rp4 juta
    Konsep di SumbawaMulai dari Rp8 juta
    Konsep di Pelataran HotelMulai dari Rp6 juta
    Monochrome BuildingMulai dari Rp1,2 juta

Perkiraan biaya tersebut tentu bisa berbeda-beda tergantung dari lokasi, properti, dan jasa fotografer serta make up artist. Karena itu, dibutuhkan kecermatan dan ketelitian agar biaya foto untuk prewedding bisa dihemat dan tak sampai membengkakkan pengeluaran.

Baca juga: Cara Booking Tanggal Nikah Secara Online Lewat Simkah Kemenag

Sederet Tips Menghemat Pengeluaran Foto Prewedding

biaya foto prewedding

Biaya Foto Prewedding

Setelah mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk foto prewedding outdoor dan indoor dengan berbagai konsep, ternyata pengeluaran yang harus ditanggung terbilang cukup besar. Tanpa menabung cukup lama, kebutuhan tersebut tentu berisiko tak mampu terpenuhi sesuai keinginan dan konsep yang telah ditentukan.

Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana cara menghemat pengeluaran biaya foto prewedding agar lebih aman bagi kantong, simak beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Pilih Konsep Foto Prewedding yang Sesuai Budget

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jumlah pengeluaran atau biaya dari foto prewedding secara garis besar ditentukan dari konsep yang dipilih. Apalagi jika ada beberapa konsep foto yang dipilih sekaligus, biaya yang harus disiapkan tentu menjadi jauh lebih besar lagi, bukan? Karena itu, agar pengeluaran tetap terjaga, pilih konsep foto prewedding yang sesuai dengan budget.

    Kamu dapat mencari beragam foto di internet atau melalui majalah sebagai referensi dan sumber ide. Konsep pemotretan juga bisa dibagi ke dalam dua kategori berdasarkan dari lokasi, yaitu outdoor dan indoor. Untuk lokasi indoor, terdapat sejumlah ide konsep foto yang menarik dan hemat biaya, seperti berkegiatan di dapur maupun living room.

    Sementara untuk ide konsep di lokasi outdoor, tidak ada salahnya memanfaatkan taman, alun-alun kota, ataupun lapangan terbuka yang bisa dengan gratis diakses. Hal ini tentu bisa memangkas pengeluaran untuk foto prewedding dengan cukup signifikan. Pastikan untuk membumbui konsep foto tersebut dengan suasana yang romantis, manis, dan menyesuaikan ciri khas atau keinginanmu bersama pasangan.

  2. Gunakan Outfit dan Make Up dari Properti Pribadi

    Setelah menentukan tema atau konsep apa yang ingin digunakan untuk foto prewedding, kamu tentu perlu menyiapkan outfit, seperti baju, celana, hingga gaun yang sesuai. Sebelum terburu-buru membeli baru atau menyewa, tidak ada salahnya untuk mengecek dulu isi lemari dan melihat adakah outfit milik sendiri yang bisa dipakai. Langkah ini tentu bisa membantumu dalam menghemat pengeluaran untuk foto prewedding, bukan?

    Sebagai contoh, untuk foto prewedding dengan konsep santai dan casual, seperti, kegiatan di living room atau memasak di dapur tentu tak membutuhkan outfit yang ribet dan mahal. Pakaian sehari-hari di dalam lemari sudah pasti bisa kamu kenakan untuk melakukan foto prewedding dengan konsep tersebut.

    Dengan konsep minimalis seperti ini, kebutuhan budget yang harus disiapkan juga akan menjadi minimalis juga. Alasannya, karena outfit yang dikenakan merupakan pakaian yang umum digunakan sehari-hari. Kalaupun tidak memiliki, usahakan untuk meminjamnya ke anggota keluarga atau teman dekat terlebih dahulu.

    Hal ini juga berlaku pada properti yang mungkin dibutuhkan untuk membuat suasana dalam foto prewedding menjadi lebih hidup dan berwarna. Alih-alih membeli barang yang baru, tidak ada salahnya untuk menggunakan peralatan yang ada di rumahmu sendiri. Jadi, biaya foto prewedding yang harus disiapkan akan menjadi lebih terjangkau dan aman bagi isi dompet.

  3. Tentukan Lokasi atau Spot Foto Terdekat dan Gratis

    Tidak kalah pentingnya, demi menghemat pengeluaran foto prewedding, jangan ragu untuk memilih tempat atau spot terdekat dan utamanya gratis. Jangan terpengaruh arus teman sejawat dan ingin melakukan foto di spot kekinian yang mahal dan memakan biaya. Padahal, ada banyak lokasi publik yang bisa diakses secara gratis dan mempunyai landscape foto yang menarik dan sesuai dengan konsep yang telah dipilih bersama pasangan.

    Tidak harus jauh, lokasi publik, seperti alun-alun dan hutan kota, bisa menjadi spot foto yang unik serta mampu menghasilkan foto yang estetik. Selain itu, kafe atau tempat makan dengan konsep dan desain interior menarik juga bisa dijadikan sebagai tempat berfoto yang murah asal diberi izin dengan pihak yang bersangkutan. Dengan pilihan tempat tersebut, dijamin biaya foto prewedding yang bakal kamu tanggung akan menjadi jauh lebih murah, tapi tidak berkesan murahan.

  4. Manfaatkan Promo untuk Hemat Pengeluaran Foto Prewedding Luar Daerah

    Tips yang terakhir, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai kesempatan promo ketika berencana untuk melakukan foto prewedding di luar kota atau tempat wisata. Khususnya untuk kebutuhan akomodasi, tidak jarang situs traveling menawarkan promo menarik yang bisa membuat pengeluaranmu lebih terjangkau.

    Di samping itu, karena juga harus menyiapkan akomodasi untuk kru fotografer, bukan tidak mungkin pengeluaran yang perlu disiapkan menjadi berkali-kali lipat. Karena itu, jika mampu memanfaatkan promo, penghematan yang bisa didapatkan menjadi cukup signifikan pula.

    Jangan memaksakan diri untuk melakukan foto prewedding yang terlalu jauh atau melebihi kemampuan keuangan. Dengan begitu, tabungan akan tetap aman dan bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan di acara atau pesta resepsi pernikahan maupun kehidupan pasca pernikahan nanti.

  5. Lakukan Riset dan Menabunglah

    Dari berbagai penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa biaya foto prewedding sangatlah beragam, mulai dari konsep, pakaian, hingga tempat pengambilan fotonya. Maka, kamu dan pasangan perlu melakukan riset dan banding harga terlebih dahulu agar foto prewedding tidak terlalu menguras kantong.

    Setelah melakukan riset, ada baiknya kamu dan pasangan juga mulai menabung sehingga pada saat melakukan foto prewedding dananya sudah tersedia. Gunakan wadah yang tepat untuk menabung, seperti Reksadana, sehingga tabunganmu aman dan bahkan dapat bertambah dengan keuntungan yang didapat dari hasil investasi.

Jadikan Momen Prewedding Tak Terlupakan Tanpa Membuat Keuangan Berantakan

Itulah perincian terkait biaya foto prewedding yang perlu disiapkan sesuai dengan lokasi dan konsep yang dipilih. Dengan perencanaan dan tips yang tepat, biaya tersebut tentu bisa dihemat agar pengeluarannya tetap kondusif. Dengan begitu, momen foto prewedding yang terjadi sekali seumur hidup dapat memberi memori tak terlupakan tanpa berisiko membuat kondisi keuangan berantakan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark