Sindikasi Republika

15 Daftar Game Online Gratis dan Ringan di PC

Rabu , 30 Nov 2022, 15:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Adanya game online memberikan kemudahan sendiri bagi para gamers, karena akses untuk bermain sangat mudah. Game online dapat diakses di smartphone dan PC. Namun, tampilan grafis sebagian besar game lebih bagus bila dimainkan lewat PC karena game-nya berat.

Maka dari itu, diperlukan PC yang mumpuni untuk mengakses game online tersebut agar mainnya juga lebih asyik. Untungnya, beberapa game online saat ini dapat dimainkan di PC yang speknya rendah sekalipun. Berikut ini daftar game online PC gratis.

 

15 Daftar Game Online Gratis dan Ringan di PC

game online gratis

1. Dota 2

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) merupakan game yang sangat populer di kalangan milenial. Dota 2 menjadi salah satu yang tergolong ringan di kalangan games MOBA. Dota 2 menawarkan permainan penguasaan hero untuk memenangkan pertarungan, maka dibutuhkan kerjasama tim yang baik.

Permainan ini tidak dapat dikuasai dalam semalam. Diperlukan ketekunan bermain agar dapat mempelajari strateginya dengan baik. Jika sudah “suhu”, kamu boleh mengikuti turnamen Dota 2 dan mendapatkan hadiah jika menang.

2. League of Legends

Games online gratis yang menjadi pesaing Dota 2 adalah League of Legends. Ketangkasan dan kecerdasan bermain dituntut disini agar kamu bisa menguasai champion demi champion. Dengan demikian, pertarungan pun dapat dimenangkan oleh mu.

Satu hal yang tak kalah menarik game LoL, yaitu lore-nya. Aspek yang satu ini sebenarnya tidak berpengaruh pada gameplay, tapi ini menjadi modal untuk mengadaptasikan game LoL ke media lain. Jika kamu belum pernah coba game yang satu ini, coba tonton serial animasinya terlebih dahulu yaitu Arcane.

3. Rainbow Six Siege

Mau games online gratis yang bisa dimainkan secara offline juga? Cobain Rainbow Six Siege ini saja! Akan ada 10 pemain yang bergabung dalam permainan, yang akan dibagi menjadi 5 vs 5.

Masing-masing akan berperan sebagai polisi dan teroris. Permainan ini cukup menarik, makanya menarik banyak perhatian. Jika kamu dapat menguasai permainan dengan baik, jangan ragu untuk mengikuti turnamennya.

4. Valorant

Main game online gratis bisa banget cobain Valorant, salah satu game dengan first person shooter. Terdapat penguasa yang akan mengontrol jalannya permainan. Setiap penguasan memiliki jobdesk masing-masing.

Beberapa peran yang ada di dalam permainan ini, seperti support, game leader, flanker, entry fragger, dan ada pula yang menjadi sniper. Permainan besutan Riot Games ini memiliki modifikasi yang cukup ekstensif. Tak heran jika permainannya dapat diakses di PC spek terendah sekalipun.

Baca Juga: Kekinian dan Menjanjikan, Ini 10 Tips Jadi Atlet E-Sport Profesional

5. Rising Force Online Remastered

Jika kamu mau mainkan game online gratis versi lawas yang sudah dirilis kembali, bisa cobain Rising Force. Kembalinya permainan yang satu ini tak lepas karena maraknya game online PC gratis yang mengusung 3D Fantasy MMORPG. Game online jenis ini berbasis player vs player (PvP) berskala besar. 

Permainan ini banyak diminati, baik oleh masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia. Tak heran jika permainannya dirilis kembali. Menariknya lagi, game ini masih saja bertahan sekalipun telah dirilis lebih dari satu dekade.

6. Fortnite Battle Royale

Penyuka game online pasti sudah tidak asing lagi dengan Fortnite Battle Royale. Game ini diminati oleh gamers dalam dan luar negeri. Secara keseluruhan, game ini akan memaksamu untuk bertahan hidup melawan semua musuh hingga akhirnya muncul satu nama sebagai pemenang tunggal.

Game ini tidak hanya sebatas pertempuran semata, tapi juga gabungan dari elemen. Sebut saja mencari barang, menjelajah, dan akhirnya mencari cara untuk survive atau bertahan hidup. Kamu dapat bertahan jika menerapkan strategi permainan jitu dan pintar memanfaatkan kesempatan untuk menyerang musuh.

7. Team Fortress 2

Menjadi salah satu game First Person Shooter (FPS) yang menjadi cikal bakal kemunculan game FPS lainnya. Team Fortress sebenarnya masuk dalam kategori permainan lawas, tapi sensasi permainan yang seru berhasil membuatnya tetap populer hingga saat ini. Game ini diciptakan dan dikembangkan oleh Valve dengan sekuel tim mod.

Akses permainan ini disarankan untuk PC yang memiliki spek Windows 7, RAM 512 MB, dan processor 1,7 GHz. Spek PC yang sangat rendah, bukan? Jika spek PC lebih tinggi, maka tampilan grafisnya akan lebih bagus lagi.

8. Paladins

Merupakan jenis permainan SPS yang dikembangkan oleh Hi-Rez Studio. Paladins dibuat dengan gabungan antara tema fiksi ilmiah dan fantasi champion yang ciamik dan penuh warna. Setiap champion memiliki cara dan teknik menembak masing-masing, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan. 

Champion atau hero yang ada di dalam permainan ini cukup banyak. Menariknya lagi, kamu tidak perlu membeli game ini karena dapat diakses secara gratis. Spesifikasi PC yang diperlukan untuk mengakses permainan pun tergolong rendah, yaitu Windows 7, RAM 4GB, dengan processor Intel Core 2.

9. Hearthstone

Hearthstone merupakan jenis Collectible Card Game (CCG) yang cukup populer saat ini. Blizzard sebagai pengembang game ini mengadopsi lore dari game Warcraft. Gameplay sangat mudah dikuasai, jadi kamu tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempelajari sistematika permainan secara keseluruhan.

Game ini banyak diminati di kalangan pemula maupun expert. Tempo permainan santai, tapi tetap kompetitif. Hearthstone layak dicoba kalau kamu tertarik untuk mencoba game tipe CCG.

Baca Juga: Mengenal Unipin Voucher Game Online, Cara Daftar dan Cara Isi Ulang yang Benar

10. Apex Legends

Diminati atau tidaknya games online gratis tak lepas karena pengaruh jumlah karakter yang dapat dipilih di sepanjang permainan. Apex Legends merupakan game yang menawarkan banyak karakter, berbeda dengan game PUBG dan lainnya.

Terdapat 8 karakter yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Tampilan grafis dari game ini menghadirkan pengalaman bermain yang menarik. Tak heran bila peminatnya mencapai jutaan orang, ya!

11. GunBound

Bagi gamers yang lahir pada tahun 2000-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama game yang satu ini. Adalah GunBound yang menjadi game multiplayer gratis yang dapat diakses dengan gadget spesifikasi rendah. Tidak hanya di PC saja, tapi GunBound pun dapat diakses di HP.

Sangat menarik, bukan? GunBound tetap menjadi salah satu game yang layak dicoba, meskipun saat ini sudah banyak games online gratis terbaru yang bermunculan. Spek terendah PC untuk dapat mengakses game ini adalah Microsoft Windows 2000.

12. Adventure Quest World

Game yang masuk dalam golongan MMORPG ini juga layak dicoba. Tempo permainan tergolong santai, tapi penuh tantangan karena kamu harus bertempur melawan monster di sepanjang permainan. Kamu akan memperoleh poin jika berhasil mengalahkan para monster.

Monster dapat dikalahkan dengan dua cara, yaitu melalui serangan mantra dan jarak dekat. Untuk memulai permainan, pastikan PC kamu memiliki spesifikasi Windows 7 dan processor 1,7 GHz. Menjelajah dunia fantasi 2D akan terasa menyenangkan dengan adanya aksi multiplayer. 

13. Counter Strike

Mainkan game online gratis dari PC milikmu dengan mencoba Counter Strike. Permainan tembak menembak orang pertama ini menyuguhkan keseruan yang akan membuatmu lupa waktu saat memulainya. Dibutuhkan keyboard untuk menjalankan perintah.

Awal-awal permainan, kamu perlu mempelajari bagaimana cara bergerak, menembak, dan lain sebagainya menggunakan keyboard. Jika sudah berhasil menguasai semuanya, silakan pindah ke mode bermain kasual. Jika sudah mencapai level 3 di dalam permainan, maka kamu bisa berganti ke mode kompetitif.

14. Rocket League

Ketika game vehicular combat bertemu dengan sepak bola, maka lahirlah permainan Rocket League ini. Game ini cukup populer, jadi akhirnya diakuisisi oleh Epic Games. Per September 2020 silam, game ini telah berganti menjadi game F2P atau gratis.

Permainan secara keseluruhan seru, tapi membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Setelah berhasil menguasainya, kamu akan lupa betapa nikmatnya bermain bola menggunakan kaki. Yakin tak mau mencoba games online gratis yang satu ini?

15. Dota Underloads

Game online PC gratis terakhir adalah Dota Underloads. Permainan genre auto battler ini dikembangkan oleh Valve menggunakan mode gim yang amat populer, yaitu Dota Auto Chess. Perilisannya dilakukan pada tahun 2019 silam.

Kamu bisa mengaksesnya secara online jika sudah tahu cara bermain. Bagi pemula atau yang masih belajar, kamu bisa mainkan dengan mode offline. Kamu akan dilatih oleh AI di sepanjang permainan. 

Atur Strategi Bermain untuk Memenangkan Battle

Itu dia daftar games online gratis yang bisa kamu mainkan di PC dengan spesifikasi rendah. Sebelum mulai bermain, sebaiknya atur strategi sebaik mungkin agar kamu bisa memenangkan setiap pertempuran. Sebab, setiap kemenangan yang diraih akan mengangkat rank atau peringkat kamu di dalam permainan.

Baca Juga: Mendadak Kaya dari Game Online, Ini Tipsnya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark