Sindikasi Republika

5 Benda yang Melindungimu saat Bepergian di Era Pandemi

Rabu , 30 Nov 2022, 16:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Pandemi covid-19 memang membawa dampak yang cukup signifikan. Merebaknya pandemi ini telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat, khususnya dalam beraktivitas di luar rumah. Banyak orang yang masih khawatir berkegiatan di luar rumah, apalagi jika harus berkerumun dan melibatkan banyak orang. 

Padahal, beberapa orang tak punya pilihan tetap pergi keluar rumah untuk bekerja atau melakukan aktivitas tertentu. Apalagi pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan new normal, di mana kegiatan di luar rumah tetap bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Jika kamu termasuk golongan yang melakukan perjalanan di era pandemi, maka perlu melakukan pencegahan agar tak mudah tertular virus. Salah satu caranya adalah dengan membawa barang-barang yang bersifat antiseptik dan bisa menghambat penyebaran virus. Dengan begitu, keluar rumah akan terasa lebih nyaman dan tenang. 

Lalu, apa sajakah barang-barang tersebut? Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Selama Perjalanan di Masa Pandemi

packing liburan

Di masa pandemi ini, melakukan perjalanan dan aktivitas di luar rumah merupakan hal yang sangat berisiko. Itulah mengapa banyak orang yang menunda keinginan untuk bepergian, terutama jika tujuannya hanya untuk liburan. Agar bisa tetap nyaman dalam bepergian, pastikan kamu membawa barang-barang di bawah ini di dalam tas, ya.

1. Kartu Vaksin Covid-19

Pemerintah telah menerapkan aturan wajib mempunyai kartu vaksin Covid-19 bagi mereka yang akan melakukan perjalanan. Kartu vaksin akan didapatkan jika sudah melakukan vaksin dosis pertama dan kedua, serta vaksin booster ketiga. 

Semua moda transportasi sudah mewajibkan calon penumpangnya untuk menunjukkan kartu vaksin sebelum bepergian. Kartu vaksin tersebut dapat diunduh pada aplikasi maupun website yang sudah terintegrasi dengan dinas terkait milik pemerintah. Jika persyaratan ini tidak dapat dipenuhi, maka perjalanan pun terancam tidak bisa dilakukan. 

2. Masker

Selama masa pandemi covid-19 ini, masker merupakan benda yang wajib dibawa saat melakukan aktivitas di luar ruangan maupun saat melakukan perjalanan. Pilihlah masker yang sesuai dengan bentuk wajah, sehingga masker dapat menutupi bagian hidung dan mulut dengan sempurna. Dengan begitu masker dapat berfungsi maksimal. 

Selain itu, perhatikan pula bahan dan lapisan dari masker tersebut. Gunakanlah masker yang sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan dapat melindungi dari paparan virus covid-19.

3. Wadah masker dan masker cadangan

Berdasarkan anjuran dari dokter, ada baiknya melakukan penggantian masker setiap empat jam sekali. Jika melewati periode waktu tersebut, masker sudah dianggap tidak dapat bekerja optimal. Maka dari itu, kamu harus membawa masker cadangan serta jangan lupa meletakkan masker cadangan pada wadah masker yang bersih.

Baca Juga:  9 Tips Cerdas Menikmati Liburan dengan Budget Minim

4. Hand Sanitizer

Untuk mencegah penyebaran virus covid-19, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tangan. Namun, minimnya ketersediaan tempat cuci tangan pada tempat yang dikunjungi membuat enggan untuk mencuci tangan. Maka dari itu membawa hand sanitizer bisa menjadi solusi agar rajin mencuci tangan.

Hand sanitizer dapat menggantikan peran dari sabun cuci tangan. Ukuran hand sanitizer yang tergolong kecil juga memudahkan untuk dibawa kemana saja. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah hand sanitizer yang baik adalah yang mengandung kadar alkohol sebanyak 60%.

Kamu bisa menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Bisa juga digunakan sebelum makan agar tangan senantiasa bersih dari kuman. Jadi, pastikan untuk selalu membawa hand sanitizer di tas kamu, ya.

5. Tisu Pembersih

Dengan diberlakukannya new normal, masyarakat sudah berangsur-angsur beraktivitas seperti biasa. Transportasi umum, pusat perbelanjaan, restoran dan masih banyak tempat lain yang mulai padat kembali. Hal ini tentunya dapat meningkatkan penyebaran virus covid-19 melalui benda-benda yang ada pada tempat umum tersebut. 

Untuk itu, ada baiknya membersihkan benda-benda yang ada di tempat umum sebelum menyentuhnya. Tidak selalu menggunakan cairan pembersih, penggunaan tisu pembersih yang mengandung desinfektan juga bisa membantu membunuh virus yang menempel pada permukaan benda. Jangan lupa untuk memastikan tisu bekas dibuang di tempat sampah tertutup agar kuman dan bakteri tak semakin menyebar. 

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Asuransi Perjalanan Covid-19

asuransi perjalanan

Nah, jika ingin tetap merasa aman bepergian di era pandemi, kamu bisa menjadikan asuransi perjalanan covid-19 sebagai opsi yang tepat. Saat ini, telah banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini. Dengan asuransi ini, perusahaan akan menanggung biaya perawatan terhadap risiko covid-19 yang muncul ketika melakukan perjalanan atau liburan. 

Apalagi saat ini beberapa negara telah mewajibkan pengunjung negaranya untuk memiliki asuransi covid.  Meskipun tidak semua negara, tapi asuransi covid biasanya menjadi sarat saat  pengajuan visa. Jadi, cari tahu lebih dahulu persyaratan dari negara tujuan kamu, ya. 

Salah satu penawaran yang patut dicoba adalah asuransi perjalanan covid-19 di cermati.com. Kamu bisa mendapatkan perlindungan menyeluruh terhadap risiko covid-19, baik untuk perjalanan domestik maupun luar negeri. Besarnya biaya pertanggungan yang di-cover pun nilainya cukup tinggi, yaitu mencapai  Rp 1,5 Milyar. Menarik, kan?

 

Lakukan Pencegahan Terbaik agar Tidak Terpapar Virus Covid-19

Menjamin untuk tak terpapar virus covid-19 memang hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, tingkat penularannya yang cepat serta media penularan yang beragam membuat virus ini begitu cepat merebak. Kadang, saat diri sudah berhati-hati, tapi lingkungan sekitar masih acuh dan tak peduli, bukan tidak mungkin akan tertular juga. 

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi terbaik, pastikan untuk membawa barang-barang yang bersifat antiseptik di dalam tas. Mengurangi kontak dengan sekitar dan senantiasa menggunakan masker adalah cara terbaik untuk menjaga diri. Dengan begitu, peluang penularan virus pun bisa sedikit ditekan.

Baca Juga: 4 Tips Tukar Uang Saat Liburan di Luar Negeri

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark