Sindikasi Republika

Ragam Jenis dan Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburanmu yang Lebih Menyenangkan

Rabu , 07 Dec 2022, 20:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Melakukan perjalanan yang aman dan menyenangkan adalah impian banyak orang. Apalagi jika perjalanan itu telah direncanakan cukup lama. Pasti segala persiapan akan dilakukan agar semuanya berjalan sesuai rencana. 

Nah, salah satu persiapan yang tak boleh disepelekan adalah mendaftar asuransi perjalanan. Dengan asuransi ini, kamu bisa mendapatkan jaminan perlindungan atas risiko yang mungkin saja terjadi selama perjalanan.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa menghubungi pihak penyedia tiket atau travel agent. Bisa juga membelinya secara mandiri melalui Cermati.com atau perusahaan asuransi penyedia layanan ini. Biaya yang dikeluarkan juga relatif terjangkau, tergantung destinasi dan lamanya perjalanan yang dilakukan. 

Agar lebih yakin, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis dan manfaat asuransi perjalanan.

Baca Juga: 7 Manfaat Asuransi Perjalanan Syariah Ini Bikin Ibadahmu Semakin Tenang dan Aman

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Setiap perjalanan yang dilakukan pasti memiliki tujuan (baik untuk pekerjaan, pengobatan, atau sekadar liburan) dan risiko. Untuk itu, asuransi perjalanan hadir sebagai upaya untuk mengurangi risiko khususnya kerugian finansial yang mungkin terjadi.

Nah, ada beberapa jenis asuransi yang bisa dijadikan pilihan, antara lain:

Jenis

Penjelasan

Individual Travel Insurance

Asuransi ini hanya menjamin satu orang dalam satu perjalanan. Jadi, masa berlaku juga akan berakhir jika perjalanan yang didaftarkan telah berakhir.

Karena menjamin hanya satu orang individu, nilai yang dibayarkan juga relatif murah, tergantung pada perlindungan apa yang diinginkan pun ke mana tujuan perjalanan. Semakin jauh tujuan maka nominal premi yang harus dibayar juga semakin mahal. Ini karena risiko yang mengintai juga jauh lebih besar. 

Group Travel Insurance

Nah, jika hendak melakukan perjalanan secara group atau bersama-sama dengan keluarga maupun teman, maka group travel insurance adalah pilihan yang paling tepat. Semua orang dalam grup akan mendapatkan jaminan perlindungan yang sama tanpa terkecuali. Dengan asuransi ini, biaya yang dikeluarkan pun tentu lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli asuransi secara perorangan. 

Single Trip Insurance

Bagi yang tidak terlalu sering bepergian, asuransi single trip ini menjadi opsi yang patut dipilih. Pasalnya, asuransi ini adalah asuransi jangka pendek yang hanya memberikan jaminan perlindungan untuk satu kali perjalanan dalam kurun waktu tertentu.

Annual Trip Insurance

Nah, jika kamu termasuk rutin melakukan perjalanan, baik untuk liburan, bisnis, pendidikan, maupun kesehatan, maka annual trip insurance adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, asuransi ini meng-cover perjalanan yang dilakukan secara rutin dalam satu tahun. 

Jadi, ketika memiliki agenda perjalanan yang harus dilakukan satu bulan sekali selama satu tahun, kamu bisa menggunakan asuransi ini. Semua perjalanan yang dilakukan dalam kurun waktu tersebut akan di-cover secara menyeluruh.

Asuransi Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Satu lagi jenis asuransi perjalanan yang bisa dijadikan pilihan adalah asuransi berdasarkan tujuan perjalanan. Dengan asuransi ini, kamu bisa menentukan jenis perlindungan sesuai dengan tujuan. 

Misalnya untuk tujuan liburan, maka bisa menggunakan asuransi perjalanan wisata. Dengan begitu, segala hal yang mungkin timbul selama perjalanan wisata bisa ditanggung pihak asuransi.

Contoh lain adalah ketika melakukan perjalanan bisnis, maka bisa menggunakan asuransi perjalanan bisnis. Dengan begitu, fokus perlindungannya akan lebih efisien sehingga manfaat yang dirasakan pun bisa lebih maksimal.

*Pastikan untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, ya!

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Harian atau Tahunan, Lebih Untung Mana?

 

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi perjalanan, kini saatnya kamu mengetahui manfaat apa saja yang didapat bila memiliki asuransi perjalanan, di antaranya:

  1. Perlindungan Medis

    Saat sedang melakukan wisata atau perjalanan bisnis, seseorang tentu berpeluang jatuh sakit. Nah, salah satu manfaat asuransi perjalanan adalah menjamin biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan selama berada di kota atau negara tujuan. Dengan asuransi ini, kamu tak perlu takut harus menjalani pengobatan dan merogoh kocek yang dalam.

  2. Perlindungan atas Kecelakaan

    Salah satu risiko perjalanan yang paling banyak mengintai adalah kecelakaan, baik karena faktor human error atau cuaca. Ya, kecelakaan memang tak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pelaku perjalanan. 

    Dengan asuransi perjalanan, kamu akan mendapatkan jaminan perlindungan kecelakaan baik berupa santunan untuk pengobatan maupun cacat permanen. Hal ini juga berlaku jika tertanggung tak bisa diselamatkan, maka segala hal yang berhubungan dengan pengurusan jenazah termasuk pemulangan jenazah juga menjadi tanggung jawab pihak perusahaan asuransi. 

  3. Kompensasi atas Ketidaknyamanan Perjalanan

    Asuransi perjalanan juga memberikan jaminan perlindungan terhadap segala hal yang menyangkut ketidaknyamanan perjalanan. Di antara hal tersebut seperti kehilangan bagasi, pemberian kompensasi terhadap keterlambatan pesawat, atau bahkan penggantian tiket atas pembatalan perjalanan. 

  4. Menanggung Kerugian Akibat Terorisme dan Bencana Alam

    Aksi terorisme dan bencana alam bisa terjadi kapan saja. Hal ini akan membawa kerugian, baik dalam bentuk kerugian fisik, mental, dan finansial. Jika memiliki asuransi perjalanan, maka segala kerugian tersebut akan ditanggungkan kepada pihak asuransi, sehingga kamu bisa merasa lebih aman pada saat bepergian.

  5. Santunan Kematian

    Tidak ada orang yang tahu kapan dirinya akan meninggal dunia. Ada baiknya kamu mempersiapkan segalanya. Jadi, ketika kamu meninggal dunia karena risiko perjalanan, kehidupan keluarga tetap terjamin. Terutama bagi yang berperan sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga.

    Cara untuk mempersiapkannya adalah dengan memiliki asuransi perjalanan. Ada sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan pihak asuransi kepada keluarga ketika kamu meninggal pada saat bepergian. Apabila ini terjadi, setidaknya kamu tidak perlu lagi terlalu mengkhawatirkan kelangsungan hidup keluarga.

Miliki Perjalanan yang Aman dan Nyaman dengan Jaminan Asuransi Perjalanan

Seperti fungsi asuransi pada umumnya yaitu untuk mengurangi risiko kerugian, hal ini juga berlaku pada asuransi perjalanan. Pasalnya, risiko yang terjadi pada perjalanan pun tak main-main. Beberapa kasus bahkan memerlukan biaya yang besar untuk mengatasinya. 

Namun, dengan bantuan asuransi perjalanan yang tepat dan terpercaya, risiko dan kerugian tersebut lebih bisa diantisipasi. Sehingga, pelaku perjalanan akan merasa lebih aman dan bebas dari rasa khawatir. Dengan begitu, perjalanan pun bisa berjalan lebih nyaman sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga: Ingin Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini, Ya!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark