Sindikasi Republika

12 Trik Jitu Merencanakan Budget Honeymoon agar Kondisi Keuangan Tetap Terjaga

Jumat , 09 Dec 2022, 17:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Bulan madu atau honeymoon seringkali dijadikan sebagai pelengkap dari rangkaian acara menjalin janji suci bersama pasangan. Selesai menghelat prosesi lamaran dan pesta pernikahan yang begitu melelahkan dan menyita banyak waktu juga tenaga, tidak jarang pengantin baru yang akan menikmati momen honeymoon. 

Yang terpenting, saat merencanakan bulan madu bersama pasangan, usahakan untuk tidak kalap dan sesuaikan dengan kondisi keuangan. Atur rencana berbulan madu ini dengan tetap memperhatikan budget yang tersedia agar tak sampai berisiko melibas habis isi tabungan, apalagi hingga rela berhutang.

Tips Mempersiapkan Budget Honeymoon Tanpa Ganggu Keuangan Rumah Tangga

cara mempersiapkan uang untuk honeymoon

Lalu, bagaimana sebenarnya cara merencanakan budget honeymoon agar tak sampai berisiko mengganggu kondisi keuangan? Nah, bagi kamu yang ingin tahu caranya, simak 12 trik jitu yang telah Cermati rangkum berikut ini.

1. Segera Menabung Anggarannya Lebih Awal

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika ingin mewujudkan impian berbulan madu adalah menabung anggarannya sedini mungkin. Siapkan budget honeymoon sesuai dengan kemauan dan kemampuan finansialmu bersama pasangan. Dengan menabung anggarannya lebih awal, rencana bulan madu bisa dibuat dengan lebih terarah dan detail, termasuk terkait rincian biaya yang perlu dikumpulkan.

Alternatifnya, siapkan anggaran dengan cara berinvestasi dari jauh-jauh hari. Melalui instrumen investasi dan pengelolaan dana yang tepat, kamu bisa mendapatkan nilai keuntungan yang nantinya bisa membantu menambah pundi-pundi anggaran bulan madu. Karena termasuk kebutuhan jangka pendek atau menengah, pilihan jenis investasi yang menawarkan keuntungan yang kompetitif dan aman. 

Misalnya, investasi reksadana atau memanfaatkan tabungan berjangka dengan waktu kurang dari 5 tahun. Selain menawarkan keuntungan yang kompetitif, kedua instrumen investasi tersebut juga tergolong aman dan bisa dimulai dengan modal kecil. Terutama, investasi reksadana pendapatan tetap atau reksadana campuran yang cukup banyak dipilih banyak investor pemula.

  Selain itu, diskusikan bersama pasangan terkait destinasi wisata yang ingin dituju dan perkiraan pengeluarannya. Dengan begitu, jumlah budget honeymoon yang perlu disiapkan beserta jangka waktu pengumpulannya bisa diketahui. 

2. Mengadakan Honeyfund dengan Orang Terdekat

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian berbulan madu adalah dengan mengadakan honeyfund. Honeyfund sendiri merupakan hadiah pernikahan yang berbentuk paket perjalanan atau hadiah lain yang berkaitan dengan aktivitas bulan madu. Hadiah tersebut biasanya diberikan oleh orang terdekat dalam bentuk kupon tiket, diskon destinasi wisata, atau voucher penginapan yang mampu meringankan pengeluaran honeymoon bersama pasangan. 

Baca Juga: Tips Menyusun Budget Liburan Akhir Tahun agar Keuangan Tetap Aman

3. Sesuaikan Budget Honeymoon dengan Keuangan

Salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengantin baru yang ingin melakukan honeymoon adalah memaksakan budget hingga melebihi kemampuan bayar. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela berhutang hanya demi mewujudkan impian berbulan madu yang terlampau mewah. 

Hal ini tentu bisa menjadi red flag bagi kondisi keuanganmu dan dapat berbuntut pada masalah finansial yang runyam di masa mendatang. Oleh karena itu, tetap sesuaikan budget honeymoon ini dengan kondisi keuangan dan jangan pernah memaksakan diri untuk menyusun rencana bulan madu melebihi anggaran, apalagi sampai melakukan pinjaman.

4. Siapkan Keperluan Bulan Madu Jauh-Jauh Hari

Tips lain yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah siapkan segala keperluan bulan madu dari jauh-jauh hari. Tujuannya agar bisa menghemat pengeluaran dan lebih matang menyiapkan keuangan. 

Di sisi lain, menyiapkan segala keperluan honeymoon sejak awal berpotensi membuat biaya akomodasi, seperti pembelian tiket pesawat, booking penginapan, ataupun mengajukan paket perjalanan menjadi lebih terjangkau. Karenanya, akan menjadi langkah yang lebih bijak jika kamu mampu melakukan pemesanan perjalanan honeymoon ini 6 sampai 9 bulan sebelum keberangkatan.

Selain itu, dengan menyiapkan kebutuhan ini sejak awal, kamu akan menjadi lebih tenang dalam menyambut pesta pernikahan maupun acara lainnya sembari tetap bisa menikmati rencana bulan madu nantinya. 

5. Survei Harga dan Paket Perjalanan yang Tersedia

Guna menghemat budget honeymoon, lakukan survei terlebih dulu terhadap harga dan pilihan paket perjalanan yang tersedia. Pasalnya, di tengah ketatnya persaingan traveling agent saat ini, tidak jarang konsumen akan dimanjakan dengan berbagai pilihan paket perjalanan yang menguntungkan. 

Misalnya, tidak jarang penyedia layanan agen perjalanan menawarkan paket tiket pesawat dan hotel sekaligus yang membuat biayanya menjadi lebih hemat. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan fasilitas penjemputan gratis menuju bandara atau tempat wisata sehingga mampu menekan pengeluaran untuk transportasi. Tentunya, kamu perlu menyurvei banyak paket perjalanan yang ditawarkan pihak agen agar bisa mendapatkan layanan yang paling menguntungkan. 

6. Manfaatkan Peluang Reward dan Promo Diskon

Selain pilihan paket perjalanan yang saling bersaing, tidak jarang pula pihak traveling agent yang menawarkan promo diskon demi bisa menggaet minat calon konsumennya. Keuntungan berupa promo diskon ini juga bisa didapatkan dengan berlangganan di sebuah vendor maskapai penerbangan, hotel atau penginapan, maupun jenis transportasi lainnya. 

Di samping itu, bagi pelanggan yang ingin melakukan honeymoon, bukan tidak mungkin pihak vendor akan memberikan diskon khusus. Bahkan, jika memiliki kenalan yang bekerja pada industri perhotelan, maskapai penerbangan, maupun agen perjalanan, kamu bisa mencari informasi tentang potensi promo diskon atau cashback agar menghemat budget.

Hal serupa juga berlaku jika menggunakan kartu kredit. Pasalnya, ada banyak promo menarik dan peluang reward dari menggunakan alat pembayaran tersebut untuk membuat pengeluaran honeymoon lebih terjangkau. 

7. Rencanakan Honeymoon dengan Jasa Wedding Planner

Tahukah kamu jika beberapa layanan wedding planner bisa juga membantumu dalam merencanakan budget honeymoon? Cara ini cukup ampuh dalam menghemat anggaran liburan tersebut. Beritahukan pada pihak wedding planner jika anggaran pernikahan ini sebagian akan digunakan pula untuk berbulan madu. 

Biasanya, pihak wedding planner bakal langsung membuat rencana tentang acara pernikahan dengan menyesuaikan keinginan, tapi juga memberi perhitungan tentang rencana honeymoon sesuai dengan anggaran. Selain itu, kamu juga mungkin akan direkomendasikan dengan agen atau vendor perjalanan yang mampu memberikan paket wisata dengan harga miring.  

8. Tentukan Waktu Bulan Madu yang Tepat

Tips lainnya, tentukan kapan waktu berbulan madu yang tepat agar rencana anggarannya bisa dihemat. Sebagai contoh, usahakan untuk tidak melakukan perjalanan di periode waktu high season atau musim liburan karena biasanya tiket perjalanan menjadi sangat mahal di waktu tersebut. 

Selain itu, hal ini juga berisiko membuat aktivitas berlibur kurang menyenangkan karena keramaian pada tempat wisata ataupun kemacetan. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui kapan waktu terbaik melakukan honeymoon. 

Baca Juga: Jangan Tunda Meminang Pasangan, Yuk Cari Tahu Cara Menabung untuk Menikah sesuai Finansial

9. Rancang Meal Planning

Ketika berencana untuk honeymoon tapi budget terbatas, pertimbangkan untuk memilih penginapan dengan fasilitas dapur lengkap. Dengan begitu, anggaran untuk konsumsi bisa dihemat dengan cara menyiapkan meal planning dan memasak sendiri di penginapan. Jangan salah, cara ini juga bisa membuat aktivitas honeymoon lebih romantis karena bisa menyiapkan makan malam bersama sebagai pasangan yang baru menikah.  

10. Incar Destinasi Wisata yang Gratis

Sebelum memutuskan untuk berbulan madu, cari tahu dulu destinasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi bersama pasangan. Tidak harus selalu yang jauh dan memiliki tiket masuk mahal, ada banyak destinasi wisata gratis yang mampu memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengasyikkan. 

Sebagai contoh, jika budget honeymoon hanya cukup untuk membayar tiket pesawat dan penginapan, tidak ada salahnya untuk menjadikan pulau Lombok sebagai tujuan wisata. Sebab, di tempat tersebut terdapat banyak pilihan aktivitas gratis yang layak untuk dilakukan, seperti berjemur dan berenang di pantai. Jadi, anggaran honeymoon bisa dialihkan untuk melakukan kegiatan lain lebih banyak lagi, seperti, kencan romantis di sebuah restoran atau semacamnya. 

11. Berkunjung ke Travel Fair

Jika masih bingung menentukan pilihan untuk berbulan madu, mungkin kamu perlu berkunjung ke salah satu travel fair yang diadakan di kotamu. Travel fair sendiri merupakan kesempatan untuk bisa mengetahui paket wisata menarik yang ditawarkan oleh vendor wisata dan agen perjalanan. Tentunya, jangan ragu untuk mengunjungi setiap booth agen perjalanan di travel fair ini agar bisa mendapatkan tawaran wisata paling menarik dan sesuai dengan keinginanmu bersama pasangan. 

12. Cek Nilai Tukar Uang saat Berlibur ke Luar Negeri

Tips yang terakhir ini berlaku jika kamu berencana untuk melakukan honeymoon ke luar negeri. Mengecek nilai tukar uang bisa membantumu dalam menekan pengeluaran liburan di negara lain. 

Bila memungkinkan, pilih destinasi liburan luar negeri dengan mata uang yang memiliki nilai tukar lebih rendah ketimbang Rupiah. Jadi, kamu tetap bisa merasakan pengalaman liburan mewah ke luar negeri dengan budget lebih terjangkau.

Tak Harus Mahal, Sesuaikan Rencana Honeymoon dengan Budget agar Keuangan Tetap Aman

Sebenarnya, rencana berbulan madu tidaklah harus selalu mahal hingga menguras habis isi tabungan. Asal direncanakan dengan matang, budget honeymoon akan tetap terjaga dan tetap mendapatkan pengalaman berbulan madu yang tak terlupakan. Nah, untuk membantumu dalam merencanakan liburan pasca menikah tersebut, pastikan untuk mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan di atas, ya!

Baca Juga: 9 Tips Menabung Beli Apartemen agar Tujuan Keuangan Ini Lekas Terwujud

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark