Sindikasi Republika

5 Jenis Kartu Kredit Eksklusif, Cuma 'Sultan' yang Bisa Punya!

Rabu , 25 Jan 2023, 10:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Tahukah kamu? Ada jenis kartu kredit tertentu yang hanya bisa dimiliki secara eksklusif oleh mereka yang mempunyai kekayaan diatas rata-rata, lho. Kartu kredit ini disebut-sebut memiliki banyak fasilitas mewah dan keistimewaan tersendiri yang tak akan bisa didapatkan dari kartu kredit pada umumnya.

Keistimewaan dari jenis kartu kredit untuk para "Sultan" ini terlihat dari desainnya yang elegan, reward-nya hingga limit pemakaiannya yang bikin geleng-geleng. Jangan heran, jika untuk mendapatkannya saja harus melalui jalur undangan eksklusif dari perusahaan penerbit kartu.

Meski siapapun bisa mengajukan diri, tapi tetap harus sesuai standar yang ditentukan, seperti memiliki bisnis yang kredibel dan berpenghasilan tinggi. Artinya, tetap saja tak semua orang kaya bisa memilikinya.

Tak jauh berbeda dengan kartu kredit biasa pada umumnya, kartu kredit eksklusif juga punya banyak sekali jenisnya. Setiap kartu memberikan benefit dan keistimewaan tersendiri bagi para pemegangnya.

Penasaran dengan macam-macam kartu kredit eksklusif tersebut dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak dulu ulasan menarik berikut ini.

Baca juga: Black Card: Definisi, Syarat, Fungsi yang Perlu Diketahui

 

Macam-Macam Kartu Kredit Eksklusif

kartu kredit eksklusif

Kartu Kredit Eksklusif

Dilansir dari laman Investopedia, ada beberapa macam kartu kredit eksklusif yang ada saat ini. Berikut ini beberapa diantaranya.

  1. American Express (Amex) Centurion Card

    Urutan pertama dalam daftar ini adalah kartu kredit yang disebut "Amex Black Card". Kartu kredit keluaran American Express ini disebut sebagai kartu paling eksklusif yang ada di dunia saat ini.

    Saking sangat eksklusifnya, pihak American Express hampir tidak pernah merilis detail kartu secara detail dan lengkap. Bahkan, mereka tidak juga menyebutkan bagaimana cara untuk bisa menjadi salah satu pemegang kartu tersebut.

    Awalnya untuk bisa mendapatkan kartu, calon pemegang kartu tersebut harus memperoleh undangan resmi dari American Express. Akan tetapi, belakangan ini, calon pemegang kartu diberikan izin untuk membuat permohonan pengajuan untuk menjadi salah satu pemegang kartu kredit American Express.

    Ketika permohonan disetujui, selanjutnya akan diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya, seperti biaya awal sekitar USD 10.000 dan biaya tahunan sekitar USD 5.000.

    Dikutip dari Credit Karma, pemegang kartu harus menggelontorkan sejumlah dana setidaknya ratusan ribu dolar per tahun untuk American Express. Ditambah lagi, mereka harus tercatat memiliki penghasilan per tahunnya minimal USD 1 juta.

    Adapun, laporan dari Condé Nast Traveler menyebutkan bahwa pemegang kartu juga harus punya kebiasaan tertentu dalam berbelanja. Amex cenderung memprioritaskan penggunanya yang cenderung suka berbelanja barang-barang mewah, acara, makan, hingga perjalanan.

  2. Dubai First Royale MasterCard

    Lanjut ke kartu kredit eksklusif yang hanya bisa dimiliki para "Sultan" berikutnya adalah Dubai First Royale MasterCard. Kartu kredit ini memiliki desain yang sangat mewah dengan detail hiasan berlian 0,325 karat pada bagian tengahnya dan lapisan emas murni di pinggiran kartunya.

    Diklaim sangat eksklusif di dunia, pemegang kartu kredit ini disebut hanya sekitar 200 orang saja di seluruh dunia. Termasuk diantaranya keluarga kerajaan Dubai, Arab Saudi dan orang-orang super kaya dunia.

    Untuk menjadi pemegang dari kartu kredit "Sultan" ini, seseorang harus mendapatkan undangan dari penerbit kartu yakni Dubai First. Pemegang kartu ekslusif ini juga akan mendapatkan layanan akses 24 jam seminggu untuk memenuhi semua permintaan mereka.

    Tak sampai disitu saja, kartu kredit Royal MasterCard dari Dubai First ini tidak memiliki limit kredit dan tidak ada batasan apapun. Benefit ini memungkinkan pemegang kartu untuk berbelanja barang maupun jasa apapun yang diinginkannya tanpa batasan nominal.

  3. Stratus Rewards Visa White Card

    Jika kebanyakan kartu kredit "Sultan" yang lainnya memiliki warna gelap atau emas, seperti namanya Stratus Rewards Visa White Card justru memiliki warna putih terang.

    Agar bisa menjadi pemegang kartu ini, maka harus termasuk dalam golongan HNWI (high-net-worth-individual) alias individu yang memiliki kekayaan bersih sangat tinggi.

    Sama halnya dengan kartu kredit "Sultan" lainnya, hanya seseorang yang mendapatkan undangan saja yang bisa menjadi pemegang kartu eksklusif ini. Pemegang kartu akan mendapatkan sejumlah akses VIP ke sejumlah fasilitas mewah yang hanya bisa diperoleh dengan kartu kredit ini seperti layanan hiburan misalnya.

    Tak main-main, reward yang diberikan pada para pemegang kartu juga sangat eksklusif, dari mulai penerbangan dengan jet pribadi hingga banyak reward eksklusif lainnya. Termasuk diantaranya, diskon penerbangan charter, layanan concierge privat, layanan mobil mewah, upgrade akomodasi hotel mewah, hingga konsultasi dengan para ahli gaya hidup. Untuk biaya tahunannya sendiri, sekitar USD 1.500 per tahun.

  4. JP Morgan Reserve Card

    Selanjutnya yang tak kalah eksklusif adalah kartu kredit Visa yang diterbitkan oleh J.P. Morgan Chase, yakni JP Morgan Reserve Card yang sebelumnya dinamakan Palladium Card. Kartu ini dibuat dari bahan palladium dan juga emas yang setiap huruf dan angkanya diukir menggunakan laser.

    Disebutkan bahwa untuk bisa mendapatkan kartu kredit ini hanya melalui jalur undangan saja, tanpa ada jalan yang lain. Menurut laporan dari Credit Card Insider, agar bisa mendapatkan undangannya, maka seseorang tersebut harus memiliki aset minimal senilai USD 10 juta yang nantinya diinvestasikan pada manajemen aset milik JP Morgan.

    Dibandingkan dengan Amex Centurion Card, pemegang kartu Reserve ini dibebankan biaya tahunan yang jauh lebih murah, hanya sekitar USD 595. Ditambah lagi, kartu ini pun juga memiliki banyak reward untuk pemegang kartunya. Terutama jika digunakan untuk berbelanja, baik makanan hingga perjalanan.

    Setiap uang yang dikeluarkan untuk belanja, akan mendapatkan tiga poin reward yang bisa ditukar nantinya. Selain itu, pemegang kartu juga bisa memenuhi syarat kredit perjalanan per tahun sekitar USD 300.

  5. Silk Charge Card dari Coutts Private Bank

    Last but not least, ada Silk Charge Card dari Coutts Private Bank yang juga termasuk dalam jajaran kartu kredit "Sultan". Kartu kredit dengan tampilan berwarna hitam satu ini cukup populer di Inggris sebagai salah satu kartu kredit yang paling eksklusif.

    FYI, kartu kredit "Sultan" ini juga digunakan oleh Ratu Elizabeth II, lho. Setidaknya ada 100 pemegang kartu eksklusif ini dengan saldo tak kurang dari USD 1 juta, bahkan lebih di akun rekening Coutts.

    Silk Charge Card dilengkapi juga dengan layanan eksklusif lounge bandara melalui Loungekey™, pramutamu Coutts 24/7, belanja secara pribadi di sejumlah toko desainer kenamaan dan banyak privilege lainnya. Untuk memiliki kartu kredit "Sultan" ini bisa langsung mengunjungi website resmi mereka.

Baca juga: 8 Kartu Kredit Terbaik dengan Limit Besar hingga Rp 1 Miliar, Cek Daftarnya

Kartu Kredit Eksklusif dengan Privilege untuk Para "Sultan"

Sebagai kartu kredit eksklusif, sudah pasti bukan orang sembarangan yang bisa memilikinya. Kriterianya pun, bukan cuma dilihat dari kekayaannya saja tapi juga koneksi yang dimiliki oleh calon pemegang kartu.

Tentunya dengan eksklusivitasnya yang tinggi dan bisa dikatakan 'terbatas', kartu kredit jenis ini akan menghadirkan sejumlah privilege menarik bagi pemiliknya. Menarik sekali, bukan?

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark