Kamis 02 Feb 2023 19:00 WIB

Reksa Dana Eastspring: Profil Perusahaan, Struktur Manajemen, Hingga Ragam Produknya

Ketahui apa itu reksa dana Eastspring dan bagaimana sejarahnya. Cari tahu juga berbagai produk reksa dana Eastsprings yang memberikan keuntungan melimpah.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Jika ingin berinvestasi, khususnya pada instrumen reksa dana, investor perlu lebih dulu mengenal perusahaan manajer investasi yang ada di Indonesia. Alasannya karena melalui layanan dari perusahaan manajer investasi tersebut investasi reksa dana bisa dilakukan. Di Indonesia sendiri, perusahaan yang menawarkan layanan reksa dana sudah cukup banyak dengan kelebihan dan daya tariknya masing-masing.

Salah satu contohnya adalah Reksa Dana Eastspring yang pasti telah cukup banyak dikenal oleh investor dalam negeri. Secara umum, perusahaan reksa dana Eastspring, atau bisa juga disebut sebagai Eastspring Investments merupakan perusahaan manajer investasi yang menjadi bagian dari perusahaan Prudential plc.

Memiliki pusat layanan di wilayah Asia, perusahaan ini menawarkan solusi terhadap aktivitas investasi para pemilik modal secara inovatif dan menyesuaikan kebutuhan finansial nasabahnya. Lalu, seperti apa sih profil dari perusahaan manajer investasi Eastspring Investments ini? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Reksa Dana Eastspring, struktur manajemen, penghargaan, hingga ragam produk yang ditawarkannya, simak penjelasan lengkap berikut ini.

Baca juga: Investasi Reksadana: Jenis, Keuntungan dan Risikonya

 

Sekilas tentang Reksa Dana Eastspring

reksa dana eastpsring

Reksa Dana Eastpring

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Eastspring Investments merupakan bagian dari perusahaan Prudential plc. Reksa Dana Eastspring Investments adalah suatu perusahaan manajer aset atau investasi global dan berpusat di kawasan Asia. Perusahaan ini menawarkan solusi investasi yang inovatif guna memenuhi kebutuhan keuangan para nasabahnya.

Keutamaan yang dimiliki oleh Eastspring Investments ialah adanya sebuah koneksi kuat terhadap tujuan yang dipunyai bersama, yakni, ahli di wilayah Asia. Pedoman dari setiap aktivitas investasi yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah “Investasi untuk Masa Depan Anda”.

Di sisi lain, memiliki pengalaman selama lebih dari 25 tahun, perusahaan ini juga mempunyai pemahaman mendalam seputar investasi serta berisikan tim yang mengenal kondisi pasar Asia, dan dikombinasikan dengan keahlian berskala global. Hal tersebut menjadi kunci pembeda utama dari perusahaan ini dibanding para kompetitornya.

Prinsip utama yang dijunjung oleh perusahaan ini adalah berinvestasi demi masa depan dari klien, kolega, mitra, pemilik saham, dan juga komunitas yang menjadi tempatnya untuk tinggal serta beroperasi. Selain itu, keragaman tim perusahaan ini juga menumbuhkan budaya berkomunikasi yang terbuka guna meningkatkan munculnya ide terbaik melalui pandangan keyakinan tinggi.

Eastspring Investments juga berusaha untuk menyelaraskan bisnisnya dengan inisiasi keberlanjutan serta menjadi penandatanganan prinsip investasi yang bertanggung jawab serta didukung PBB. Tim pengelola investasi dari perusahaan ini juga telah diberdayakan guna mengintegrasi pertimbangan environment atau lingkungan, sosial, dan tata kelola yang konsisten bersama filosofi serta proses investasinya sendiri.

Struktur Manajemen Eastspring Investments

Struktur manajemen dari Eastspring Investments sudah pasti diisi oleh individu berkualitas dengan pengalaman yang tak perlu diragukan lagi dalam dunia keuangan, khususnya terkait investasi dan pasar modal. Berikut adalah jajaran struktur manajemen dari perusahaan ini.

Nama

Jabatan

Profil Singkat

Wendy Lim

Komisaris Utama

Wendy Lim bergabung bersama Eastspring Investments sejak tahun 2021 dan menjabat sebagai Regional CEO SEA Global Head Retail & Marketing. Sebelum mendapatkan jabatannya tersebut, Wendy telah memiliki segudang pengalaman pada profesi di bidang investasi sejumlah perusahaan multinasional.

Benjamin James Bulmer

Komisaris

Benjamin mempunyai pengalaman 10 tahun lebih pada sejumlah perusahaan dari Prudential Group. Sebelum menjadi bagian dari Eastspring Investments, beliau menjabat sebagai Chief of Finance dari Prudential Corporation Asia, serta menjadi Chief Financial Office dari Prudential Hong Kong.

Herry Kuswara 

Komisaris Independen

Di tahun 1988, karier Herry dimulai dalam sektor aktuaria dan terus berlanjut sampai saat ini. Herry memiliki banyak pengalaman profesi dengan jabatan penting di bidang aktuaria dan pernah menjadi Direktur Utama serta peran senior pada sejumlah perusahaan konsultan.

Alan J. Tangkas Darmawan

Presiden Direktur

Memiliki pengalaman selama 25 tahun lebih pada industri finansial, termasuk perbankan, aset manajemen, dan asuransi, membuat Alan dipercayai menjadi Presiden Direktur di Eastspring Investments. Sebelum menduduki jabatannya tersebut, Alan telah memegang sejumlah posisi senior pada area manajemen pasar, manajemen risiko, serta bancassurance di sejumlah perusahaan ternama. Beliau juga telah mempunyai lisensi WMI atau Wakil Manajer Investasi dan sejumlah sertifikat.

Rian Wisnu Murti

Direktur

Rian mempunyai pengalaman dan jejak karier pada dunia investasi selama 20 tahun lebih. Sebelum menjadi bagian dari Eastspring Investments, beliau sempat menempati sejumlah posisi penting, seperti senior manajer, dan bekerja pada sejumlah perusahaan sekuritas.

Sulystari

Direktur

Kerap disapa Tary, beliau mempunyai pengalaman 15 tahun lebih dalam industri pasar modal di Indonesia. Tary juga telah mengisi sejumlah posisi penting pada banyak perusahaan finansial terkemuka. Beliau juga telah mengantongi izin WMI yang diberikan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Penghargaan yang Pernah Diterima Eastspring Investments

Sebagai bukti kredibilitas dan kredensialnya, Eastspring Investments telah berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi. Hal tersebut tentu menjadi bukti nyata terkait pencapaian dan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan manajer investasi ini. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa penghargaan yang pernah diterima oleh Eastspring Investments.

  • "Silver Champion" Kategori Best Fixed Income, 3 Years Performance untuk produk Eastspring IDR Fixed Income Fund pada Bareksa Kontan OVO Fund Awards 2021 
  • "Top Investment House, Asian Local Currency Bond Benchmark Review 2021" oleh Assets Benchmark Research Awards 2020.
  • "Most Astute Investor" pada Assets Benchmark Research Awards 2020.
  • "Best Mutual Fund 2019" untuk kategori Best Equity Fund pada produk Eastspring Investments Value Discovery.
  • "Top Manajer Investasi 2017" – Reksa Dana Pendapatan Tetap

Ragam Produk dari Eastspring Investments

Eastspring Investments menawarkan beragam jenis produk reksa dana berbagai jenis, mulai dari saham, pendapatan tetap, indeks, pasar uang, dan layanan berbasis syariah. Berikut adalah ulasan dari beberapa produknya.

  1. Syariah Equity Islamic Asia Pasific USD Class A

    Sebagai reksa dana saham berbasis syariah, produk ini menjanjikan imbal hasil tinggi untuk investasi jangka panjang. Fokus investasinya pun pada efek ekuitas syariah yang terdaftar dan ditransaksikan di bursa efek wilayah Asia Pasifik serta instrumen pasar uang syariah.

  2. IDR Fixed Income Fund Class A

    Produk ini lebih berfokus pada pengembalian investasi optimal terhadap investasi berjangka panjang di efek utang terbitan pemerintah Republik Indonesia, maupun korporasi badan hukum Indonesia.

  3. IDX ESG Leaders Plus

    Merupakan reksa dana indeks, produk ini menggunakan indeks IDX ESG Leaders sebagai tolok ukur investasinya.

  4. Eastspring Investments Alpha Navigator Class A

    Produk reksa dana saham ini cocok dipilih oleh investor agresif dan mempunyai tujuan investasi jangka panjang. Dengan peluang imbal hasil menjanjikan, produk ini mengutamakan investasi di efek ekuitas dalam negeri.

  5. Cash Reserve Class A

    Produk ini adalah jenis reksa dana pasar uang yang memberi potensi keuntungan yang cenderung stabil dan memiliki sifat likuiditas tinggi. Investasi yang dilakukan pada produk ini berfokus terhadap instrumen pasar uang dalam negeri, juga cocok dipilih oleh investor konservatif dan memiliki tujuan investasi jangka pendek.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada masih banyak produk reksa dana lain yang disediakan oleh Eastspring Investments. Investor hanya perlu menyesuaikan produk yang akan dipilih dengan kebutuhan dan tujuan finansial sehingga mampu mendapatkan manfaat serta peluang keuntungan yang optimal dari aktivitas investasinya nanti.

Baca juga: Reksadana Pendapatan Tetap: Pengertian, Cara Hitung Untung, dan Produk yang Paling Cuan

Rekomendasi Reksa Dana Eastspring Terbaik

Ingin tahu apa saja produk reksa dana Eastspring terbaik? Berikut ini merupakan rekomendasi reksa dana Eastspring.

Informasi Penting Lain Seputar Eastspring Investments

Kantor Eastspring Investments Indonesia beralamatkan di Prudential Tower Lantai 23, Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 79, Jakarta. Reksa dana Eastspring bisa dihubungi via telepon di nomor 021 2924 5555, atau via Fax di nomor 021 2924 5566. Selain itu, untuk masukan serta pertanyaan seputar perusahaan ini juga bisa disampaikan via e-mail di alamat [email protected].

Baca juga: Reksadana Pasar Uang Syariah: Manfaat, Risiko Hingga Cara Mulai Investasi

Legalitas dan Kredibilitas Perusahaan Investasi Adalah Kunci Utama Kesuksesan Investor

Terlepas dari penjelasan tentang profil Eastspring Investments, dan beragam informasi penting seputarnya, investor perlu memastikan legalitas dan kredibilitas perusahaan investasi sebelum memilihnya. Alasannya karena hal tersebut merupakan kunci penting yang amat berpengaruh terhadap peluang kesuksesan investasinya. Nah, karena telah memahami lebih jauh seputar Reksa Dana Eastspring ini, kamu tentu tidak akan ragu untuk menjadikan perusahaan tersebut sebagai layanan pilihan menanam modal, bukan?

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement