Jumat 10 Feb 2023 07:00 WIB

MBTI: 16 Tipe Kepribadian, Klasifikasi dan Pilihan Karirnya

MBTI merupakan tes kepribadian yang ramai diperbincangkan. Ketahui apa itu MBTI beserta berbagai jenis kepribradiannya berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

MBTI merupakan tipe kepribadian yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Sebagian orang bahkan kerap mengaitkan MBTI ini dengan dua tipe kepribadian yang sebelumnya sudah dikenal luas, yakni introvert serta ekstrovert.

Pada dasarnya, kepribadian MBTI ini justru lebih luas dari kedua tipe kepribadian tersebut. Meski introvert serta ekstrovert merupakan bagian dari MBTI itu sendiri, di dalam MBTI juga terdapat sejumlah tipe kepribadian lainnya yang selama ini mungkin saja belum begitu populer dan dikenal luas.

Baca juga: Memahami Teori Kepribadian DISC dan Rekomendasi Karirnya

Pengertian MBTI dan 4 Domain di Dalamnya

mbti

MBTI

MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, ini adalah sebuah tes kepribadian yang menggunakan serangkaian pertanyaan terkait preferensi seseorang terhadap 4 domain yang berbeda. Penggunaan 4 domain ini membuat personality test ini berbeda dengan tes kepribadian lainnya.

Tipe kepribadian ini merupakan gagasan dari ibu dan anak, Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers. Keduanya mengembangkan MBTI test berdasarkan tipologi kepribadian Carl Jung, orang yang mengenalkan kepribadian introvert dan juga ekstrovert.

Di dalam prakteknya, Briggs dan juga Myers mengembangkan 4 domain untuk personality test ini, yakni:

  • Introvert (I) – Ekstrovert (E)
  • Sensing (S) – Intuition (N)
  • Thinking (T) – Feeling (F)
  • Judging (J) – Perceiving (P)

Keempat domain inilah yang pada akhirnya dikembangkan menjadi 16 personalities dalam MBTI test itu sendiri. Personality test ini pada akhirnya bisa dikenal secara luas dan menjadi populer dalam beberapa waktu belakangan.

Tes kepribadian sendiri merupakan rangkaian tes yang dilakukan untuk mendefinisikan kepribadian seseorang dalam berbagai hal, antara lain: sifat dan juga tingkah laku/ perilaku yang cukup khas pada orang tersebut.

Di dalam MBTI test itu sendiri terdapat empat klasifikasi yang berbeda dan digunakan untuk membuat 16 personalities, antara lain:

  1. Introvert (I) – Ekstrovert (E)

    Introvert merupakan kepribadian yang terbilang aktif pada pemikiran, yaitu terdapat perasaan lebih berenergi ketika menghabiskan waktu secara pribadi, lebih menyukai interaksi intim bersama lebih sedikit orang.

    Sedangkan ekstrovert merupakan kepribadian yang memiliki orientasi terhadap kuantitas interaksi sosialnya, memiliki semangat untuk menghabiskan banyak waktu bersama orang lain, dan memiliki orientasi pada tindakan (bukan pemikiran).

  2. Sensing (S) – Intuition (N)

    Sensing merupakan kepribadian yang bisa mempelajari lingkungan sekitarnya secara mandiri. Hal ini menyebabkan tipe ini termasuk orang yang senang mempelajari dan terlibat secara langsung dengan hal-hal yang baru.

    Sedangkan Intuition merupakan kepribadian yang cenderung memiliki pemikiran yang abstrak, imajinatif, dan selalu mengandalkan intuisinya.

  3. Thinking (T) – Feeling (F)

    Thinking adalah tipe kepribadian yang mengambil keputusan dengan cara impersonal, di mana hal ini dilakukan dengan mengacu pada data empiris serta fakta-fakta yang ada.

    Sedangkan Feeling merupakan tipe kepribadian yang terbiasa mengambil keputusan dengan melibatkan emosi dan juga kata hati, termasuk dengan menggunakan pertimbangan yang berasal dari orang lain.

  4. Judging (J) – Perceiving (P)

    Judging merupakan tipe kepribadian yang seringkali bersikap tegas serta memiliki pendirian yang teguh. Hal ini membuat tipe ini tidak terbiasa melakukan kompromi terhadap berbagai hal.

    Sedangkan Perceiving merupakan kepribadian yang memiliki sifat fleksibel dan adaptif, bahkan untuk berbagai hal yang sebelumnya tak pernah dipikirkannya sekalipun.

Baca juga: Yuk Kenali Apa Itu Kepribadian Ambivert dan Tips Mengembangkannya

16 Personalities dalam MBTI dan Pilihan Karirnya

Pada dasarnya, setiap orang bisa saja memiliki lebih dari satu tipe kepribadian di dalam dirinya, hal ini tentunya bisa diketahui melalui personality test. MBTI test sendiri mengelompokkan hal tersebut menjadi 16 personalities yang berbeda, di mana masing-masing kepribadian ini merupakan kombinasi dari empat klasifikasi yang berbeda sekaligus.

Berikut ini adalah 16 personalities dan pilihan karirnya yang dikenal dalam personality test MBTI:

  1. INFP

    INFP adalah pribadi idealis, berprinsip teguh dan memiliki sifat setia kepada orang-orang yang dianggapnya penting untuknya. Tipe yang satu ini punya rasa ingin tahu yang besar, dan terbuka terhadap beragam kemungkinan. INFP merupakan sosok fleksibel serta adaptif, kecuali terhadap prinsipnya sendiri.

    Karir: Copywriter, Photographer, dan juga Seniman

  2. INTJ

    INTJ merupakan kepribadian yang bisa mengerti pola kejadian pada sebuah peristiwa yang sedang terjadi, mampu menata perspektif untuk jangka waktu yang panjang. Tipe ini juga mandiri dan juga terorganisir, bahkan punya standar kompetensi serta kinerja tinggi terhadap dirinya sendiri dan juga orang-orang.

    Karir: pemusik, konsultan keuangan, dan marketing manager.

  3. INFJ

    INFJ merupakan sosok yang senang memahami pemikiran orang-orang, hubungan antar gagasan, termasuk hubungan sosial. Jenis kepribadian ini memiliki komitmen yang tinggi untuk bekerja, bahkan senang melayani orang lain yang ada di lingkungannya dengan baik.

    Karir: ilmuwan, psikolog, dan juga konselor.

  4. INTP

    Tipe yang satu ini memiliki ketertarikan terhadap ide, daripada interaksi sosial. INTP termasuk orang yang teoritis, abstrak dan memiliki penampilan yang cerdas serta tenang. Saat memiliki minat pada satu hal, tipe ini MBTI ini bisa fokus untuk mendalami hal tersebut, termasuk memahami masalah dan mencari solusinya.

    Karir: komposer, konsultan pemasaran, dan web developer.

  5. ENTJ

    ENTJ adalah sosok yang memiliki pengetahuan luas dan sekaligus mampu membaca keadaan dengan baik. Tipe ini peka untuk memilih sistem maupun kebijakan yang tidak efisien, termasuk untuk memperbaiki hal tersebut. Namun tipe yang satu ini juga tidak sungkan untuk memaksakan ide yang dimilikinya.

    Karir: astronom, manajer konstruksi, dan juga administrator.

  6. ENTP

    Tipe MBTI ini memiliki sisi ekstrovert yang membuatnya menjadi pribadi yang to the point. Mereka berani menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan langkah-langkah menantang dan strategis. Namun tipe ini juga mudah jenuh pada rutinitasnya dan lebih menyukai berbagai hal yang menarik.

    Karir: ilmuwan, pengacara, dan juga system analyst.

  7. ENFJ

    Tipe yang satu ini merupakan pribadi yang hangat, memiliki empati yang tinggi, dan bisa menjadi pendengar yang baik. ENFJ juga senang bergaul dan mempermudah berbagai urusannya, serta mendukung orang-orang dalam mencapai potensi terbaik mereka.

    Karir: art director, public relations, dan juga sales.

  8. ENFP

    Ini adalah tipe MBTI yang memiliki karakter hangat. Memiliki imajinasi yang tinggi dan rasa antusias yang tinggi. ENFP juga bisa memahami pola serta hubungan sebuah informasi dengan baik, bahkan memiliki rasa percaya diri dalam bertindak. Selain itu, tipe ini juga memiliki kemampuan yang baik dalam berbicara, fleksibel, spontan, dan juga suportif.

    Karir: editor, reporter, dan juga pemusik.

  9. ISFJ

    ISFJ merupakan sosok yang cermat, bertanggung jawab, loyal, perhatian, berkomitmen, dan juga baik hati. Tipe ini akan mengingat hal-hal yang penting secra spesifik. Selain itu, di dalam tes kepribadian, tipe ini dikenal suka dengan kondisi yang tertib dan teratur di lingkungan kantor serta tempat tinggalnya.

    Karir: manajer administrasi, research analyst, staff keuangan.

  10. ISFP

    ISFP merupakan sosok yang baik hati, tenang dan sekaligus sensitif. Tipe MBTI ini memerlukan ruang untuk menyendiri, senang bekerja sesuai jadwanya sendiri, dan senang menikmati hari/ waktu saat ini. Selain itu, ISFP juga orang yang berprinsip dan berkomitmen.

    Karir: desainer, manajer media sosial dan juga arkeolog.

  11. ISTJ

    Tipe ini memiliki karakter yang tenang, handal, logis, realistis, serius, praktis, tekun, dan juga teliti. ISTJ berorientasi terhadap tanggung jawab serta fakta, bahkan mengedepankan logikanya ketika memutuskan sesuatu. Mereka suka pekerjaan serta kehidupan yang teratur.

    Karir: programmer, business analyst dan juga akuntan.

  12. ISTP

    ISTP merupakan tipe kepribadian yang memiliki karakter toleran serta fleksibel. Sikap yang tenang dan analitis membuat tipe ini mampu mengambil tindakan cepat untuk mencari solusi. Selain itu, tipe MBTI yang satu ini juga bisa mengolah fakta dengan efisien serta logis.

    Karir: ahli forensik, teknisi, dan juga insinyur.

  13. ESFJ

    Tipe yang satu ini senang bekerjasama pada lingkungan yang harmonis. ESFJ bisa memahami kebutuhan orang-orang dan akan berupaya untuk memenuhinya. Mereka juga ingin dihargai atas hal-hal yang sudah mereka kerjakan tersebut.

    Karir: pekerja sosial, kurator museum, dan medical researcher.

  14. ESFP

    ESFP merupakan tipe yang ramah, adaptif, bersahabat, spontan, serta mencintai diri sendiri dan juga orang lain. Tipe MBTI ini senang belajar serta bekerjasama dengan orang-orang melalui cara logis dan juga realistis.

    Karir: sales representative, event planner dan juga tour guide.

  15. ESTJ

    Ini adalah tipe MBTI yang tegas, praktis, realistis, dan juga bisa berorientasi terhadap fakta.

    Tipe ini paham bagaimana cara mengelola pekerjaan dengan efisien, sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik. ESTJ memiliki standar logika yang baik, sehingga mampu mengambil keputusan dalam waktu cepat, sehingga kerap memaksakan rencana-rencana yang dibuatnya.

    Karir: chef, petugas keuangan dan juga hakim.

  16. ESTP

    ESTP merupakan pribadi yang fleksibel serta toleran, mereka juga senang menjalin komunikasi yang aktif. Tipe MBTI yang satu ini beranggapan jika teori adalah hal yang membosankan, sehingga mereka senang belajar secara langsung.

    Karir: pengusaha, sutradara, dan juga project coordinator.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan Pribadi

MBTI Memiliki Lebih Banyak Tipe Kepribadian

MBTI test merupakan tes kepribadian yang bisa digunakan untuk melihat kepribadian seseorang. Tes yang satu ini terdiri dari banyak kepribadian sekaligus sehingga bisa menunjukkan kepribadian seseorang secara lebih detail. Selain itu, masing-masing kepribadian ini juga tentu akan memiliki pilihan karir yang berbeda di dalam kesehariannya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement