Jumat 24 Mar 2023 09:00 WIB

5 Langkah Mudah untuk Berbagi selama Bulan Ramadan

Persiapkan dan sambut Ramadan dengan hati yang tenang dan damai. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk berbagi selama bulan Ramadan dan:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kurang dari 1 bulan lagi kita akan segera memasuki bulan Ramadan. Selama satu bulan penuh seluruh umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah ibadah puasa di bulan suci tersebut. Pada dasarnya setiap orang memiliki kebiasaan tertentu dalam menjalani Ramadan. Selain menunaikan ibadah puasa, mengumpulkan pahala dari berbagai perbuatan baik merupakan hal lainnya yang kerap dilakukan selama bulan Ramadan.

Pahala kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadan akan dihitung dengan berlipat ganda. Selain melalui ibadah yang dijalankan, pahala juga bisa didapatkan dengan cara berbagi kepada sesama. Memberi sebagian rezeki kita kepada orang lain merupakan salah satu cara untuk bersyukur atas semua pemberianNya.

Hal ini juga sekaligus bisa menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan lebih banyak pahala kebaikan. Persiapkan dan sambut Ramadan dengan hati yang tenang dan damai.

 Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk berbagi selama bulan Ramadan dan:

 

1. Berbagi Hidangan Buka Puasa

berbagi hidangan buka puasa

Menyiapkan dan berbagi hidangan berbuka puasa merupakan  langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan  pahala di bulan Ramadan nanti. Ini merupakan salah satu aktivitas yang banyak dipilih dan dilakukan oleh sebagian umat muslim untuk berbagi dengan sesama.

Jika tidak terbiasa menyiapkan makanan sendiri di rumah, maka memesan makanan untuk hidangan berbuka ini juga tidak ada salahnya. Ada banyak orang yang menyediakan dan menjual makanan berbuka selama bulan puasa.

Bagikan makanan berbuka puasa ini pada orang yang tepat, agar benar-benar bisa memberikan manfaat maksimal  bagi yang menerimanya.

Misalnya:  di masjid maupun mushola terdekat,  di panti asuhan, di lokasi-lokasi tertentu seperti pasar yang banyak orang membutuhkannya (tukang becak, tukang panggul dan yang lainnya). Semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari makanan yang dibagikan tersebut, maka pahalanya tentu akan semakin besar.

Baca Juga:  6 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Suka Berbagi dengan Sesama

2. Berbagi Takjil

berbagi takjil

Hampir sama seperti poin di atas, berbagi takjil juga bisa menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan pahala saat Ramadan nanti. Hampir semua orang yang berpuasa ingin menikmati takjil seperti ini ketika berbuka. Pilihlah menu takjil yang familiar atau sekiranya disukai oleh banyak orang, sehingga makanan tersebut tidak akan mubazir karena tidak dikonsumsi. 

Ada beberapa takjil yang begitu populer dan bisa dijadikan pertimbangan, seperti: kolak pisang, es buah, gorengan, kue-kue basah, dan yang lainnya. Membagikan takjil ini di pinggir jalan merupakan salah satu langkah yang tepat, sebab biasanya ada banyak orang yang  masih berada di jalan dan belum punya makanan untuk buka puasa ketika waktu berbuka telah tiba.

3. Berbagi Ilmu atau Keterampilan

berbagi keahlian

Selain makanan, berbagi ilmu atau keterampilan juga bisa menjadi cara lainnya untuk menambah pahala di bulan Ramadan nanti. Meski terlihat sederhana, cara ini bisa saja memberi banyak manfaat untuk orang lain.

Lihatlah keterampilan apa yang kita miliki dan siapa kira-kira orang yang cocok untuk menerimanya. Misalnya: jika memiliki keahlian memasak, maka berbagi resep unik dan lezat melalui media sosial  bisa menjadi cara untuk berbagi.

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk berbagai keahlian lainnya, terutama yang berkaitan dengan kreativitas dan pengembangan diri. Tidak harus selalu berbagi secara langsung atau mendatangi forum tertentu. di masa pandemi seperti ini, berbagi ilmu bisa dilakukan dengan cara mudah melalui media sosial atau platform lainnya.

Selain lebih aman, cara ini juga akan memungkinkan ilmu tersebut diketahui oleh lebih banyak orang.

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

4. Berbagi Tenaga

volunteer

Jika memiliki cukup banyak waktu luang, maka cara yang satu ini bisa menjadi langkah mudah untuk mengumpulkan banyak pahala di bulan Ramadan. Manfaatkan waktu untuk membantu sesama melalui tenaga yang kita miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya melakukan aksi sosial pada saat akhir pekan atau hari libur. Meski sederhana, aktivitas  ini juga bisa mendatangkan pahala.

Selain cara di atas, membantu merawat anak-anak di panti asuhan saat ada waktu luang bisa menjadi pilihan lainnya. Kita bisa menemani mereka belajar, menceritakan kisah-kisah yang inspiratif, atau bahkan sekedar menemani mereka bermain. Cara ini bukan hanya mendatangkan pahala saja, namun juga akan memberi kebahagiaan tersendiri bagi yang melakukannya.

5. Berbagi Rejeki Melalui Aktivitas Belanja

sembako

Cara yang satu ini juga terbilang sederhana, namun bisa membantu berkembangnya berbagai produk lokal dan  UKM. Berbelanjalah dengan bijak dan pilih berbagai produk lokal yang memang dibuat dan dipasarkan oleh masyarakat lokal kita. Ada banyak jenis produk lokal dan UKM yang kini sudah lebih mudah ditemukan, mulai dari bahan makanan hingga beragam bahan sandang.

Meski beragam produk ini tidak berasal dari luar negeri, namun kualitasnya tidak kalah dengan berbagai produk import. Selain berkontribusi untuk memajukan produk UKM, di saat bersamaan kita juga bisa mengumpulkan pahala ketika berbagi rezeki seperti ini. Pahala  besar bisa didapatkan  dan produk UKM juga bisa semakin berkembang.

Lebih Banyaklah Berbagi dan Mendapatkan Pahala selama Ramadan

Semua pahala yang didapatkan selama bulan Ramadan akan dihitung dengan berlipat ganda. Bulan suci ini merupakan  waktu yang tepat untuk mengumpulkan lebih banyak pahala, termasuk dengan berbagi bersama bersama sesama. Jangan sungkan untuk berbagi, agar lebih banyak pahala yang bisa dikumpulkan selama bulan Ramadan nanti.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Menambah Pahala di Bulan Ramadhan, Segera Lakukan!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement