Jumat 31 Mar 2023 09:00 WIB

Asuransi Panin, Ketahui Jenis-Jenis Produknya Hingga Cara Klaimnya

Jika kamu penasaran dengan apa saja produk dari asuransi Panin Dai-ichi Life, simak ulasannya berikut.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Asuransi kesehatan telah menjadi salah satu kebutuhan yang sulit dipisahkan di era modern seperti sekarang ini. Tidak peduli dari kalangan rakyat biasa maupun pejabat, semua berbondong-bondong untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dengan asuransi. Apalagi di tengah ancaman resesi global seperti saat ini.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan beragam produk asuransi. Meski begitu, banyaknya produk asuransi yang ditawarkan terkadang membuat orang jadi bingung untuk memilih. Apalagi, terkadang produk yang ditawarkan memiliki banyak kemiripan.

Misalnya saja layanan asuransi yang dihadirkan oleh asuransi Panin Life. Produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi ini cukup beragam sehingga calon nasabahnya bisa lebih leluasa dalam menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Jika kamu penasaran dengan apa saja produk dari asuransi Panin Dai-ichi Life, simak ulasannya berikut.

Mengenal Lebih Dekat Asuransi Panin Dai-ichi Life

mengenal asuransi panin

Meskipun mungkin asuransi Panin Life tidak sepopuler beberapa pesaingnya, tetapi perusahaan ini sebenarnya sudah hadir di Indonesia selama lebih dari 4 dekade. Memiliki pengalaman yang sudah cukup lama dan pelayanan yang baik membuat asuransi ini dipercaya oleh banyak masyarakat.

Di tahun 2013, Panin Life bekerja sama dengan Dai-ichi Life berubah menjadi Panin Dai-ichi Life dengan membentuk joint-venture. Dai-ichi Life sendiri merupakan sebuah perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang dan telah berpengalaman 120 tahun di industri ini. Perusahaan ini juga telah memiliki jaringan bisnis internasional di banyak negara di dunia.

Panin Dai-ichi Life juga telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membuat pengguna tidak perlu merasa khawatir. Selain itu, perusahaan asuransi ini juga menyediakan banyak pilihan perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan korporat atau individu.

 

Kelebihan Produk Asuransi Panin Life

kelebihan produk asuransi panin life

1. Jaminan Premi Pertanggungan Dikembalikan 100 Persen Saat Meninggal Dunia

Produk asuransi Panin Life juga menawarkan pengembalian premi 100 persen pertanggungan seandainya tertanggung meninggal dunia. Manfaat ini bisa didapatkan jika kamu memilih produk Panin Life Care.

2. Limit Asuransi Tinggi

Perusahaan yang menawarkan asuransi di Indonesia banyak, tetapi yang memiliki limit pertanggungan tinggi hanya sedikit. Asuransi Panin Life menjadi salah satu yang menghadirkan dana pertanggungan tinggi sampai di atas Rp1 miliar.

3. Memiliki Mitra Rumah Sakit Luas

Salah satu kelebihan dari asuransi Panin Dai-ichi Life adalah mempunyai mitra rumah sakit yang luas. Tidak hanya di dalam negeri, rekanan rumah sakit yang dimiliki oleh perusahaan asuransi ini juga sampai ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Jika di total, ada lebih dari 500 rumah sakit yang menjadi mitra.

Baca Juga: Asuransi FWD, Ragam Produk, Premi, dan Cara KlaimnyaAsuransi FWD, Ragam Produk, Premi, dan Cara Klaimnya

Jenis-Jenis Produk Asuransi Panin Life

jenis-jenis produk asuransi panin life

Ada banyak produk yang ditawarkan oleh Panin Dai-ichi Life kepada calon nasabahnya. Setidaknya ada 13 produk utama yang dihadirkan serta masih ada berbagai produk pertanggungan tambahan yang bisa dipilih. Berikut penjelasan singkat dari produk tersebut.

1. Panin Medical Care Protection

Melalui produk ini, Panin Life menawarkan penggantian biaya yang diakibatkan perawatan dan pelayanan. Selain itu, ada juga fleksibilitas untuk meningkatkan manfaat tambahan dalam memperluas limit tahunan dan area pertanggungan.

2. Panin Global Health Plan

Produk ini menawarkan perlindungan kesehatan di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat. Panin Global Health Plan memberi kemudahan kepada penggunanya dengan menawarkan fleksibilitas pada limit pertanggungan dan pembayaran sesuai dengan kebutuhan. Produk ini bisa digunakan untuk rawat inap maupun rawat jalan terkait rawat inap.

3. Panin Smart Secure Wealth

Produk ini menawarkan asuransi yang memiliki manfaat pasti. Asuransi ini lebih fleksibel soal masa pertanggungan dan masa pembayaran premi. Panin Smart Secure Wealth menawarkan manfaat asuransi untuk meninggal dunia, dana tahapan, dan manfaat akhir pertanggungan.

5. Panin Proteksi Pasti

Produk asuransi ini menawarkan perlindungan dengan manfaat proteksi jiwa dengan masa pertanggungan 10 tahun. Usia masuk pemegang polis dan tertanggung mulai dari 18 sampai 60 tahun. Selain manfaat meninggal dunia, asuransi ini juga memberikan manfaat akhir masa pertanggungan, dimana bila tertanggung hidup sampai masa pertanggungan selesai, akan mendapatkan pengembalian premi 110 persen.

6. Panin Proteksi Dwiguna

Asuransi ini menawarkan manfaat meninggal dunia, manfaat hidup, serta manfaat akhir pertanggungan. Usia masuk pemegang polis 18 sampai 75 tahun sementara usia masuk tertanggung mulai dari 1 sampai 60 tahun, tergantung lama masa pertanggungan,

7. Smart Term Protection

Produk asuransi ini menawarkan keleluasaannya kepada calon nasabah untuk memilih lama masa pertanggungan, yakni selama 5, 10, 15, atau 20 tahun. Dengan memilih produk asuransi ini, kamu bisa memperoleh manfaat perlindungan jiwa, fasilitas perpanjangan pertanggungan, hingga proteksi sampai usia tertanggung 80 tahun. Usia masuk pemegang polis antara 18-75 tahun sementara usia tertanggung 1 sampai 65 tahun.

8. Panin Premier Protection

Produk ini menawarkan manfaat 5 in 1. Calon nasabah dapat mengatur program proteksi jiwa untuk 5 anggota keluarga dalam 1 polis dengan perlindungan berlaku sampai tertanggung utama berumur 99 tahun. Seandainya pemegang polis meninggal dunia, pasangan dari tertanggung utama dapat menjadi pemegang polis baru dan mendapatkan pembebasan pembayaran premi berkat fitur Payor Benefit Premier.

9. Premier Multi Linked Assurance

Produk ini tidak hanya menawarkan proteksi keluarga sampai 5 anggota dalam satu polis, tetapi juga terdapat manfaat investasi. Kelebihan dari produk ini adalah meskipun pemegang polis yang merupakan tertanggung utama meninggal dunia, pasangannya akan jadi pemegang polis baru dan memperoleh pembebasan pembayaran premi.

10. Premier Heritage Plan

Produk ini merupakan asuransi tradisional yang menawarkan perlindungan hingga usa tertanggung 99 tahun. Manfaat yang didapat dari asuransi Premier Heritage Plan berupa manfaat meninggal, manfaat akhir masa pertanggungan, serta manfaat tahapan. Umur pemegang polis untuk produk ini adalah 17 sampai 75 tahun, dimana yang berusia kurang dari 21 tahun harus dengan surat persetujuan orang tua/wali.

11. Kids Edu Plan

Sesuai namanya, produk ini tidak hanya memberikan manfaat proteksi jiwa tetapi juga perencanaan pendidikan untuk anak. Masa pertanggungan untuk produk ini sampai umur tertanggung 22 tahun. Pemegang polis merupakan orang tua yang berumur 18 sampai 50 tahun.

12. SIGAP

Produk ini memiliki premi terjangkau dan memberikan manfaat perlindungan jiwa terhadap kecelakaan.

13. Panin Lifevestlinked

Selain memberikan proteksi jiwa, produk ini juga menawarkan beberapa jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

14. Panin Life Care

Produk ini menawarkan perlindungan jiwa dengan beragam pilihan masa pertanggungan. Calon nasabah bisa memilih masa pertanggungan 5, 10, 15, atau 20 tahun sampai maksimum usia 80 tahun.

Baca Juga: Asuransi AXA Mandiri - Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Syarat Pengajuan Asuransi Panin Life

Syarat menjadi calon nasabah Panin Life tidak terlalu sulit. Selain usia yang memenuhi kriteria, kamu hanya perlu mengisi lengkap dan menandatangani Surat Permintaan Asuransi Jiwa yang disediakan oleh perusahaan.

Kemudian siapkan juga berbagai dokumen persyaratan administratif seperti fotokopi KTP/Paspor, surat kuasa pendebetan rekening, fotokopi bukti pembayaran premi pertama, serta proposal ilustrasi yang telah ditandatangani oleh calon pemegang polis.

Selanjutnya, polis elektronik dikirimkan ke alamat email Panin Dai-ichi Life. Kamu juga bisa menghubungi pihak agen terdekat yang bertanggung jawab dan terpercaya.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Panin Life

klaim asuransi panin life

Ada beberapa cara untuk bisa mengklaim asuransi Panin Life. Cara tersebut meliputi klaim asuransi jiwa bila tertanggung meninggal dunia atau klaim manfaat dana dan manfaat akhir masa pertanggungan..

1. Klaim Meninggal Dunia

Agar bisa mengklaim asuransi Panin untuk manfaat meninggal dunia, kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen berikut.

  • Polis asuransi yang dimiliki
  • Fotokopi akta nikah/kartu keluarga
  • Surat keterangan dokter asli untuk klaim meninggal dunia
  • Formulir pengajuan klaim asli
  • Fotokopi visum dan surat keterangan polisi yang sudah dilegalisir (apabila disebabkan hal tidak wajar atau terjadi kecelakaan)
  • Fotokopi identitas ahli waris/tertanggung/pemegang polis (Akta kelahiran/Paspor/SIM/KTP) yang masih berlaku
  • Surat kuasa
  • Surat keterangan kematian dari Kedutaan Besar RI, (bila tertanggung meninggal dunia di luar negeri)
  • Fotokopi legalisir akta kematian dari kantor catatan sipil  atau surat keterangan kematian yang diterbitkan oleh kelurahan tempat domisili
  • Fotokopi hasil pemeriksaan penunjang diagnosa yang diberikan pihak rumah sakit
  • Fotokopi tanda bukti pembayaran premi terakhir
  • Dokumen lain yang dianggap perlu sesuai ketentuan penanggung

2. Klaim Manfaat Dana Tahapan dan Manfaat Akhir Masa pertanggungan ketika tertanggung hidup

  • Formulir yang disediakan oleh Penanggung
  • Fotokopi identitas ahli waris/tertanggung/pemegang polis (Akta kelahiran/Paspor/SIM/KTP) yang masih berlaku

Pastikan Memilih Produk Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Banyaknya produk asuransi yang ditawarkan dengan manfaat yang hampir serupa di pasaran seringkali membuat calon nasabah jadi bingung untuk memilih. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kamu harus lebih dulu tahu apa kebutuhanmu. Jika sudah, pelajari satu persatu produk yang ditawarkan dan pilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Baca Juga: Sesuaikan dengan Kebutuhan, Ini Review 10 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik Beserta Tips Memilihnya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement