Jumat 31 Mar 2023 09:00 WIB

Kenali Beragam Produk Asuransi Pacific Cross, Manfaat, Hingga Cara Klaimnya

Memiliki reputasi yang sudah dipercaya masyarakat selama 5 dekade. Buat kamu yang penasaran dengan asuransi Pacific Cross Indonesia, simak ulasannya berikut.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Di jaman yang serba tidak menentu seperti sekarang ini, asuransi telah menjadi salah satu jaminan yang dipilih sebagian orang sebagai jaminan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi, saat ini ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Tetapi untuk bisa mendapatkan produk yang paling pas untuk kebutuhan tidaklah mudah. Sebab, beragam produk yang dihasilkan mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Misalnya saja beragam produk yang ditawarkan asuransi Pacific Cross. Perusahaan asuransi yang telah berdiri selama lebih dari 50 tahun ini fokus pada produk asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan. Memiliki pengalaman selama 5 dekade membuat perusahaan ini memiliki reputasi yang sudah dipercaya masyarakat.

Buat kamu yang penasaran dengan asuransi Pacific Cross Indonesia, simak ulasannya berikut.

Mengenal Asuransi Pacific Cross

mengenal asuransi pacific cross

Bagi sebagian orang, asuransi Pacific Cross mungkin masih terdengar asing jika dibandingkan dengan beberapa nama perusahaan asuransi ternama lain. Meski begitu, perusahaan ini sebenarnya sudah ada cukup lama, yakni sejak 2010.

Dalam perjalanannya, perusahaan ini sempat menggunakan nama Indrapura Pacific Cross sebelum akhirnya berubah jadi PT International Service Pacific Cross. Perusahaan asuransi ini sendiri merupakan bagian dari Pacific Cross Insurance dan memiliki fokus dalam pengembangan bisnis asuransi perjalanan dan kesehatan di Indonesia.

 

Kelebihan Produk Asuransi Pacific Cross

berbagai produk asuransi pacific cross

1. Perlindungan Hingga ke Luar Negeri

Salah satu kelebihan dari asuransi Pacific Cross Indonesia adalah jangkauan perlindungannya yang luas, bahkan hingga ke luar negeri. Asuransi ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang sering bepergian ke luar negeri untuk pekerjaan atau yang lainnya. Karena wilayah pertanggungannya luas, asuransi dari perusahaan ini juga bisa digunakan untuk berobat ke luar negeri.

2. Limit Asuransi Tinggi

Kelebihan lain dari Asuransi Pacific Cross adalah memiliki limit yang tinggi. Limit yang dari asuransi ini mencapai Rp 29 miliar sehingga kamu bisa lebih tenang secara finansial seandainya tiba-tiba mengalami hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan dan memerlukan biaya banyak dalam waktu cepat.

3. Produk Beragam

Asuransi Pacific Cross menawarkan berbagai produk yang bisa memberikan perlindungan untuk kesehatan dan perjalanan. Fasilitas yang dihadirkan pun cukup lengkap, mulai dari rawat jalan, rawat inap, melahirkan, sampai ketidaknyamanan saat berlibur ke luar negeri.

Baca Juga: Kenali Asuransi BCA Life, Hadirkan Ragam Produk, Manfaat, dan Cara Klaim Asuransi

Berbagai Produk Asuransi Pacific Cross

kelebihan asuransi pacific cross

1. M-Secure

Produk asuransi dari Pacific Cross ini menawarkan perlindungan kesehatan yang mencakup biaya rawat jalan dan rawat inap. M-Scure juga menawarkan manfaat asuransi melahirkan dengan perpanjangan polis sampai usia tertanggung 90 tahun.

2. M-Protect

Jika kamu menginginkan asuransi dengan perlindungan kesehatan yang luas, produk M-Protect dari Pacific Cross Indonesia bisa menjadi pilihan yang pas. Produk ini menawarkan perlindungan kesehatan dengan berbagai risiko, mulai dari kecelakaan hingga sakit. Biaya yang ditanggung asuransi ini meliputi radioterapi, kemoterapi, pembedahan, perawatan HIV/AIDS dan lainnya, hingga santunan meninggal dunia. Perpanjangan polis bisa dilakukan sampai usia tertanggung 64 tahun.

3. M-Safe

Produk ini menawarkan asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya rawat jalan, pembedahan, ICU, hingga rawat inap.  Polis ini bisa diperpanjang sampai tertanggung berumur 75 tahun.

4. Group Insurance Plan

Produk ini ditujukan untuk perusahaan yang ingin memberikan perlindungan terhadap karyawannya. Group Insurance Plan menawarkan manfaat pertanggungan biaya atas risiko medis kepada karyawan. Perusahaan bisa menyesuaikan manfaat pertanggungan dengan kebutuhan.

5. Annual Travel Plan

Produk ini menawarkan perlindungan untuk orang yang harus sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Selain memberikan manfaat dana kesehatan dan bantuan darurat saat bepergian dengan nilai sampai USD 500 ribu, asuransi ini juga memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan dokumen perjalanan, termasuk ganti rugi jika bagasi rusak atau hilang.

6. Bon Voyage

Produk ini juga menyediakan perlindungan untuk perjalananmu. Manfaat yang ditawarkan mulai dari dana kesehatan serta bantuan darurat selama perjalanan sampai USD 100 ribu, perlindungan selama bepergian ke luar negeri, ganti rugi saat bawaan di bagasi rusak atau hilang, hingga perlindungan saat berolahraga berisiko tinggi seperti trekking atau scuba diving.

7. Global Travel Protection

Jika kamu sering pergi ke luar negeri dan ingin mendapatkan jaminan kenyamanan selama perjalanan, produk ini bisa menjadi pilihan. Selain ada manfaat dana darurat saat dalam perjalanan hingga USD 60 ribu, asuransi Global Travel Protection juga memberikan ganti rugi seandainya berbagai dokumen penting perjalanan seperti pasport hilang atau mengalami kehilangan atau kerusakan bagasi.

8. Standar Internasional Plan

Produk lain dari asuransi Pacific Cross yang dapat memberikanmu perlindungan kesehatan adalah Standar Internasional Plan. Produk ini menawarkan manfaat perlindungan mulai dari melahirkan, rawat jalan, ICU, rawat inap, dengan jangkauan di seluruh dunia dengan limit tahunan sebesar USD 1 juta. Asuransi ini juga berpotensi diperpanjang polisnya sampai tertanggung berumur 90 tahun.

9. Comprehensive International Plan

Produk ini menawarkan perlindungan kesehatan yang lebih luas jangkauannya. Asuransi kesehatan yang ditawarkan meliputi potensi memperoleh asuransi melahirkan, asuransi gigi akibat kecelakaan, biaya rawat jalan, ICU, hingga rawat inap dengan limit tahunan mencapai USD 2 juta.

Baca Juga: Cari Tahu Asuransi BNI Life, Serta Premi dan Cara Klaim Asuransinya

Syarat Pengajuan Asuransi Pacific Cross

Jika kamu berminat untuk menjadi nasabah di asuransi Pacific Cross, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang perlu kamu persiapkan. Selain dokumen identitas diri, kamu juga perlu mengisi sejumlah kuesioner. Berikut persyaratan yang perlu kamu persiapkan saat akan mendaftar menjadi nasabah perusahaan asuransi ini.

  1. Fotokopi identitas diri (KTP /SIM /PASSPORT /KITAS)
  2. Akte kelahiran (untuk Penanggung di bawah 17 tahun)
  3. Aplikasi dan Pertanyaan Medis yang terisi lengkap dan ditandatangani
  4. Kuesioner Medis untuk penyakit terkait (jika ada)

Cara Pengajuan Klaim Asuransi Pacific Cross

cara klaim asuransi pacific cross

Sebelum mengajukan klaim, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan. Asuransi Pacific Cross sendiri memiliki 4 jenis klaim, yakni klaim hospital cash plan (HCP), klaim coordination on benefit (COB) BPJS, klaim metode cashless, serta klaim metode reimbursement.  Masing-masing dari jenis klaim ini memiliki prosedur yang berbeda-beda.

1. Cashless

Pemegang kartu datang ke rumah sakit rekanan penyedia asuransi sambil membawa kartu kesehatan AdMedika lalu ke bagian pendaftaran rawat jalan.

  • Petugas akan melakukan validasi dengan cara menggesek kartu AdMedika ke mesin EDC.
  • Data peserta akan dikirim secara online atau melalui telepon dari AdMedika.
  • Mesin EDC akan mencetak struk pengesahan pendaftaran.
  • Pemegang kartu atau pasien langsung menjalani pemeriksaan
  • Setelah selesai, pergi ke kasir dan tunjukkan kartu AdMedika.
  • Petugas akan menggesek kartu peserta ke mesin EDC yang tersedia dilanjutkan dengan memasukkan kode diagnosis, rincian biaya, dan jumlah izin hari sakit.
  • Struk dengan jumlah tagihan yang disetujui dan harus dibayar (jika ada biaya melebihi tanggungan) kemudian dicetak.

2. Metode Reimburse

  • Siapkan persyaratan dokumen lengkap (pernyataan dokter, kwitansi rumah sakit asli, tagihan hasil pemeriksaan, fotokopi kartu identitas atau KTP, dan dokumen pendukung lainnya) serta formulir klaim.
  • Kirimkan dokumen berbentuk softcopy lewat email atau hardcopy ke alamat kantor pusat Pacific Cross.
  • Tunggu sampai pihak penyedia asuransi selesai memeriksa dokumen persyaratan klaim dan mendapatkan pemberitahuan perihal penerimaan atau penolakan klaim yang diajukan.
  • Nasabah akan mendapatkan slip pembayaran apabila klaim disetujui dan sudah dibayarkan.

3. Klaim COB BPJS

  • Terjadi ekses klaim yang disebabkan obat tidak ditanggung BPJS atau Peserta naik kelas kamar.
  • Peserta membayar ekses klaim di RS.
  • Pengajuan klaim ekses BPJS diajukan sebagai COB kepada Pacific Cross.
  • Ekses klaim yang disetujui akan dibayarkan oleh Pacific Cross sesuai polis/benefit Peserta.
  • Dokumen klaim ekses BPJS akan diproses dan dianalisis untuk mendapatkan penggantian.

4. HCP

  • Perawatan Peserta dijamin seluruhnya oleh BPJS Kesehatan.
  • Seluruh salinan tagihan yang dijaminkan BPJS kemudian diajukan kepada Pacific Cross.
  • Pacific Cross akan membayar dengan ketentuan lama rawat dikalikan limi kelas kamar sesuai benefit.

Asuransi Pacific Cross Tawarkan Perlindungan Kesehatan dan Perjalanan

Asuransi Pacific Cross Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan perlindungan bukan hanya untuk masalah kesehatan, tetapi juga urusan perjalanan. Ada beragam produk yang ditawarkan dengan limit per tahun mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp 29,8 miliar. Jika ingin tahu lebih jauh soal apa saja produk dari asuransi Pacific Cross, kamu bisa menanyakannya kepada agen resmi dari perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Asuransi AXA: Ragam Produk dan Prosedur Klaimnya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement