Jumat 31 Mar 2023 15:49 WIB

8 Tips Agar Tampil Cantik dengan Hijab yang Wajib Dicoba

Kamu tidak pede ketika menggunakan hijab? Tenang, kamu bisa tetap tampil cantik ketika menggunakan hijab dengan mengikut berbagai tips berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Berhijab memang salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para perempuan muslim. Akan tetapi, jika mengingat kembali masa-masa sekitar dua dekade lalu, para perempuan tersebut harus berusaha ekstra untuk tampil mengenakan hijab.

Pasalnya, kala itu penggunaan hijab masih belum umum di masyarakat. Ditambah lagi, hijab yang ada di pasaran juga tidak cukup beragam, dan bahannya pun juga cenderung kurang nyaman.

Kini, sebab budaya berhijab sudah marak karena makin banyak wanita muslim yang sadar akan kewajiban untuk mengenakannya, desain maupun bahan dari hijab pun makin beragam. Dengan demikian, muslimah pun memiliki lebih banyak pilihan.

Nah, selain digunakan untuk menutup aurat, ternyata hijab juga bisa membuat penampilan menjadi lebih cantik, loh. Untuk mendapatkan penampilan yang menawan saat berhijab, yuk simak tips-tips berikut ini.

Baca juga: Cara Mulai Usaha Hijab dari Nol

 

Tips Tampil Cantik Menggunakan Hijab

tampil cantik dengan hijab

Tampil Cantik dengan Hijab

  1. Sesuaikan Hijab dengan Kebutuhan

    Meski hijab menjadikan muslimah menjadi lebih cantik, pemakaiannya jangan sampai tidak sesuai dengan kebutuhan, ya. Pastikan bahwa kamu telah memilih hijab yang tepat, agar tak sampai menjadi pusat perhatian karena salah pilih.

    Jika kamu sampai salah pilih, memang sih kecantikan tidak akan berkurang. Akan tetapi, karena terkesan tidak tepat, hal ini bisa berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri kamu. Dampaknya, kamu pun bisa merasa tidak begitu cantik dengan hijab yang dikenakan.

  2. Model yang Sederhana Tak Akan Jadi Masalah

    Untuk mendapatkan penampilan cantik dengan berhijab, kamu tidak harus selalu menerapkan style yang cukup ribet seperti yang kerap digunakan ketika berpesta. Gaya berhijab yang sederhana justru lebih praktis dan bisa dipadu padankan dengan berbagai busana, baik untuk pemakaian harian maupun momen-momen khusus.

    Pemakaian hijab persegi dengan hanya menyematkan peniti atau bros di bagian dagu serta penambahan di bahu atau dada sudah cukup untuk memberikan kesan yang manis. Jika ingin menggunakan pashmina, kamu pun juga bisa mengenakannya dengan melilitkan kain pada leher, seperti menggunakan scarf.

  3. Utamakan Pilih Hijab dengan Bahan yang Nyaman

    Salah satu poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli hijab yaitu bahannya. Secantik apapun motif maupun modelnya, jika bahannya tidak menyerap keringat, kenyamanan saat mengenakannya pun jelas diragukan.

    Selain dianjurkan untuk memilih hijab yang bahannya bisa menyerap keringat, pilih pula yang tidak mudah kusut. Alasannya, tentu agar hijab tetap terlihat rapi ketika dikenakan.

  4. Pemakaian Aksesoris

    Diciptakannya aksesoris memang bertujuan untuk mempercantik penampilan. Begitu pula dengan berhijab. Untuk memberikan kesan yang lebih menarik, penggunaan aksesoris pun kadang diperlukan.

    Tak perlu memilih aksesoris dengan ukuran yang besar karena hanya akan membuat penampilan kamu menjadi terkesan ‘over’. Cukup pilih yang memiliki desain manis dengan ukuran kecil atau sedang, serta memiliki aksen yang tak terlalu ramai.

  5. Sesuaikan Hijab dengan Warna Kulit dan Pakaian

    Agar penampillan berhijab kamu terlihat pantas, pastikan kamu telah memilih hijab dengan warna yang sesuai dengan kulit dan juga pakaian. Selain agar tidak membuat wajah terkesan kusam, memilih hijab dengan warna yang match dengan pakaian juga menghindarkan kamu dari penampilan yang aneh.

  6. Jaga Kebersihan Rambut

    Perempuan yang berhijab kerap menghadapi masalah pada rambut, seperti lepek dan berketombe. Karena membutuhkan perawatan ekstra, kamu bisa memanfaatkan perawatan rambut yang diformulasikan untuk hijabers.

    Jadi, meski tertutup hijab, kebersihan rambut tetap menjadi hal yang patut diperhatikan, untuk mencegah bau dan permasalahan rambut lainnya.

  7. Sesuaikan Riasan

    Walaupun hijab dapat membuat semua wanita muslim terlihat lebih cantik, menambahkan riasan tentu tidak ada salahnya. Untuk sehar-hari, lebih baik kamu mengaplikasikan sedikit makeup bernuansa natural agar tak terkesan berlebihan.

    Setelah memakai skincare, aplikasikan sedikit foundation, dan pulaskan bedak, blush on, serta lipstick. Jika ingin lebih lengkap, bingkai alis kamu dan aplikasikan highlighter. Satu hal yang penting, pastikan kamu memilih produk makeup yang sesuai dengan warna kulit, ya.

  8. Kerapian Berhijab

    Berhijab memang bisa membuat semua muslimah menjadi lebih cantik. Namun, jika pemakaiannya asal-asalan, apalagi dikenakan dalam keadaan kusut, nilai estetikanya pun tentu menjadi berkurang.

    Agar penampilan berhijab bisa tetap rapi, kamu bisa menggunakan inner seperti ciput atau ninja. Selain untuk menahan hijab tetap ditempat, penggunaan inner juga sekaligus dapat mencegah rambut ‘mengintip’ dari celah hijab.

Baca juga: 10 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Hijab Online

Kecantikan dari dalam Diri Tetap Nomor Satu

Nah, mudah bukan untuk mendapatkan penampilan berhijab yang menarik? Namun, selain menarapkan tips-tips diatas, satu hal yang tak kalah penting yaitu kecantikan dari dalam diri, yang tercermin dalam perilaku.

Jadi, selain memperhatikan kesesuaian berbusana ketika berhijab, jangan lupa untuk selalu menjaga tutur kata dan perilaku, untuk mendapatkan kecantikan dari luar dan juga dari dalam, ya. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Fashion Item yang Harus Dibawa saat Liburan Agar Tidak Mengganggu Ibadah

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement