Sindikasi Republika

Anti Ribet, 10 Aplikasi Rental Mobil Ini Bisa Jadi Solusi Buat Kamu yang akan Mudik

Sabtu , 01 Apr 2023, 09:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Sebelum memasuki musim mudik, tentunya kamu dan keluarga harus menyiapkan berbagai hal, termasuk di antaranya merupakan transportasi. Apakah kamu akan pergi mengendarai kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Baik kendararaan pribadi atau transportasi umum, keduanya harus direncakan secara matang, mulai dari plus minus hingga kenyamanan bepergian.

Tetapi, tentu saja, ada kekurangan lain yang harus dihadapi saat membawa kendaraan pribadi. Salah satunya adalah faktor kelelahan yang mungkin dirasakan, terutama oleh orang yang bertugas menjadi supir. Belum lagi jika orang tersebut merupakan satu-satunya yang bisa menyetir di dalam mobil.

Selain itu, risiko mobil rusak di tengah perjalanan juga malah bisa memperbanyak biaya yang harus dikeluarkan. Nah, jika kamu tipe orang yang lebih suka bepergian jauh bersama keluarga dengan transportasi umum, tetapi tetap ingin bisa berpindah tempat dengan mudah di lokasi tujuan, menyewa mobil bisa menjadi pilihan.

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi sewa mobil yang bisa digunakan untuk membantu memudahkanmu dalam hal transportasi, terutama ketika mudik. Jadi, bahkan sebelum berangkat, kamu sudah bisa memesan kendaraan untuk digunakan menuju atau di tempat tujuan.

Nah, agar lebih paham bagaimana cara rental mobil dan aplikasi apa saja yang bisa digunakan, simak ulasannya berikut.

Baca juga: Bisnis Rental Mobil: Peluang, Proyeksi Keuntungan, hingga Cara Memulainya

 

Sekilas Tentang Rental Mobil

aplikasi rental mobil

Rental Mobil

Di era modern saat ini, rental mobil makin menjamur di berbagai tempat. Jika dulu jasa sewa kendaraan ini hanya bisa ditemui di kota-kota besar, saat ini di daerah-daerah pun sudah bisa dengan mudah ditemukan. Rental mobil ini akan makin menjamur jika di wilayah tersebut banyak tempat wisata.

Tidak hanya untuk wisata, rental mobil ini juga sering digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan kendaraan roda empat tapi tidak memilikinya. Apalagi, jenis kendaraan yang bisa disewa saat ini makin beragam. Mulai dari mobil jenis MPV, city car, hingga mobil sport juga disewakan.

Namun, tentu saja, masing-masing dari jenis mobil tersebut disewakan dengan harga yang berbeda-beda. Pilihlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja sesuai isi dompet. Selain itu, kamu juga harus memilih tempat rental yang aman dan terpercaya.

Baca juga: Alasan Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Rental

Jenis-Jenis Rental Mobil

Saat akan menyewa mobil, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Salah satunya adalah jenis layanan yang biasa ditawarkan oleh perusahaan tempatmu menyewa kendaraan. Secara umum, beberapa jenis layanan berikut biasanya ditawarkan kepada calon pelanggannya.

  1. Sewa Jangka Panjang atau Tahunan

    Jenis layanan ini menawarkan penyewaan kendaraan dalam jangka waktu yang panjang, mulai dari 6 bulan sampai 3 tahun. Masa sewa jangka panjang ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memerlukan mobil khusus untuk menunjang operasional.

    Selama masa penyewaan, pihak perusahaan akan rutin melakukan perawatan terhadap komponen mobil. Sementara untuk penggunaannya, penyewa bisa memakai jasa sopir atau lepas kunci.

  2. Sewa Bulanan

    Berbeda dengan jangka panjang atau tahunan, sewa mobil bulanan memiliki waktu peminjaman yang lebih singkat. Penyewa bisa menyewa mobil untuk waktu paling singkat satu bulan. Selama masa sewa, pihak rental akan rutin untuk melakukan perawatan secara berkala.

  3. Sewa Mobil Antar Jemput

    Untuk yang membutuhkan kendaraan untuk antar jemput secara rutin, sewa mobil antar jemput bisa menjadi pilihan. Dikenal juga sebagai shuttle, layanan ini menyediakan kendaraan untuk mengantar dan menjemput orang-orang dari satu tempat ke tempat yang lain.

    Rental mobil jenis ini bisa mengantarkan kamu berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain baik di dalam kota atau luar kota. Jasa sewa ini bisa digunakan untuk orang pribadi atau mengantar tamu perhotelan dan perusahaan.

  4. Sewa Harian

    Jenis sewa ini sangat cocok untuk yang hobi traveling. Pasalnya, kamu bisa menyewa mobil untuk pemakaian harian. Jenis rental mobil ini biasanya sangat mudah ditemukan di kota besar atau daerah dengan banyak tempat wisata seperti Bali, Jogja, Bandung, Surabaya, dan sebagainya.

    Untuk jenis jasa sewa mobil ini, kamu bisa memilih untuk memakai jasa sopir atau lepas kunci. Namun, yang perlu diperhatikan, saat memakai jasa lepas kunci kamu harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kendaraan yang disewa.

Rekomendasi Aplikasi Rental Mobil

Tidak seperti zaman dulu, saat ini sewa mobil jauh lebih mudah. Kamu bisa menyewa, memilih harga yang paling pas hanya dari rumah, bahkan jauh sebelum datang ke lokasi tujuan. Hal ini berkat keberadaan berbagai aplikasi rental mobil yang bisa digunakan.

Berikut 10 rekomendasi aplikasi rental mobil yang bisa diandalkan untuk menyewa kendaraan saat melakukan mudik.

  1. Movic

    Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menyewa mobil adalah Movic. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan penyewaan mobil, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai paket asuransi yang akan menjamin keamanan perjalananmu.

    Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Astra Digital International. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, smartphone kamu harus memiliki sistem operasi Android minimal 4.4.

  2. Rentalcars.com

    Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menyewa mobil berikutnya adalah rentalcars.com. Aplikasi rental mobil ini dilengkapi dengan sistem GPS, jadi kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi parkir seandainya lupa saat parkir.

    Selain itu, segala sesuatu yang dibutuhkan sudah tersedia di aplikasi, termasuk struk untuk menyewa kendaraan. Rentalcars.com bisa digunakan pada smartphone dengan sistem Android minimal 5.0.

  3. Share Car

    Aplikasi berikutnya yang akan membantumu dalam menyewa mobil adalah Share Car. Aplikasi ini membutuhkan Android dengan sistem operasi minimal 5. Aplikasi ini menghadirkan pelayanan 24 jam sehingga bisa dipesan meskipun di luar jam kerja.

    Pilihan kendaraan di aplikasi ini juga cukup beragam. Sementara untuk proses pendaftarannya, dibutuhkan waktu sehari sebelum bisa memanfaatkan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini baru bisa digunakan di beberapa kota besar saja.

  4. Nemob

    Ingin menyewa mobil tanpa supir? Aplikasi Nemob bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Aplikasi ini menyediakan kendaraan dengan berbagai jenis dan kapasitas sehingga calon penyewa bisa lebih bebas memilih.

    Aplikasi ini juga menawarkan jasa sewa dengan supir atau yang tanpa supir. Selain itu, ada juga ada beberapa pilihan paket sewa yang bisa diambil yang bisa disesuaikan dengan isi kantong.

  5. Maxim

    Aplikasi yang identik dengan warna kuning ini juga bisa menjadi andalan saat kamu memerlukan mobil untuk disewa. Fitur yang diberi nama Hourly Car ini menyediakan mobil untuk disewa dengan biaya mulai dari Rp50 ribu tiap jam. Setelah itu, tarif akan dihitung per menit dengan harga Rp833.33.

    Pilihan mobil yang ditawarkan juga cukup banyak. Mulai dari yang ukurannya besar untuk penumpang 6 orang atau pun mobil kecil yang diisi lebih sedikit. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan isi kantong.

  6. Klook

    Aplikasi ini mungkin akan cocok untuk yang membutuhkan kendaraan tapi tidak memiliki mobil pribadi untuk bepergian jauh. Pasalnya, Klook menawarkan jarak tempuh maksimal hingga 600 km tiap kali menyewa.

    Keuntungan lainnya adalah, kamu bisa mengambil pilihan tidak memberikan deposit di aplikasi ini. Selain itu, kendaraan yang disediakan juga memiliki kapasitas penumpang sampai 12 orang.

  7. Tiket.com

    Selain sebagai aplikasi traveling, Tiket.com juga menyediakan jasa sewa mobil. Karena aplikasi ini utamanya untuk membantu akomodasi para pelancong, jadi rental mobil yang disediakan juga sampai ke berbagai daerah seperti Solo, Lombok, Malang, dan lain sebagainya.

  8. Traveloka

    Traveloka juga memiliki fitur untuk menyewa mobil di dalam aplikasinya. Jadi, ketika datang ke lokasi tujuan dengan transportasi umum, kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan memilih kendaraan mana di lokasi keberadaanmu yang paling pas untuk digunakan jalan-jalan.

  9. Grab

    Aplikasi ini tidak hanya menyediakan jasa ojek online atau antar makanan, tetapi juga bisa digunakan untuk menyewa mobil. Fitur sewa mobil ini akan kamu temukan saat akan memesan GrabCar. Di dalamnya, ada pilihan sewa mobil sekaligus supir selama beberapa jam ke depan.

Baca juga: Jadikan Mobilitas Makin Praktis, Ini Cara Menabung untuk Beli Mobil Kurang dari 1 Tahun

Pastikan Memahami Syarat dan Ketentuan Penyedia Jasa Rental Mobil

Selain memilih tempat rental mobil yang aman dan terpercaya, hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memahami semua syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh penyedia jasa rental mobil yang gunakan. Dokumen apa saja yang dibutuhkan hingga ada tidaknya deposit yang harus diberikan harus benar-benar kamu pahami sebelum menyewa mobil

Pastikan juga untuk selalu mengembalikan kendaraan tepat waktu. Hal ini agar tidak terkena denda yang biasanya diberikan penyedia jasa rental ketika kendaraan yang disewakan telat dikembalikan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark