Jumat 19 May 2023 12:00 WIB

Tips Praktis Siapkan Bekal Sehat untuk Anak Buat Ibu Bekerja

Tetap bisa menyiapkan menu sarapan praktis yang tetap sehat untuk buah hati untuk ibu bekerja. Simak beberapa menu praktis dan sehat buat sarapan berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Agar aktivitas harian akan tambah bersemangat ketika kita mengawalinya dengan sarapan sehat. Ini merupakan asupan penting agar tetap kuat dan tidak gampang lesu saat menjalankan aktivitas. Sayangnya, anak-anak justru kerap melewatkan waktu sarapannya. 

Waktu yang tidak banyak dan tidak terbiasa makan pagi sering jadi alasan utamanya, terlebih jika ibu sudah sibuk bekerja sejak pagi. Pastinya, sarapan pagi untuk anak-anak kadang sering terlewat. Meski waktu yang dimiliki tak banyak, ibu bekerja pun pastinya ingin juga bisa menyiapkan bekal praktis nan sehat untuk sang buah hati. 

Hal tersebut sebenarnya dapat diakali, salah satunya dengan mempersiapkan bekal praktis yang tetap sehat untuk buah hati. 

 

Mengapa Sarapan Pagi Penting?

sarapan pagi

Sarapan di pagi hari bisa dibilang sangat penting. Karena waktu sarapan menjadi masa terpanjang dimana tubuh tidak memperoleh asupan makanan. Jika tubuh tidak segera mendapatkan asupan yang cukup, ini bisa mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan energi yang  dibutuhkan dalam beraktivitas.

Ketika sarapan sering dilewatkan, tubuh akan mengambil energi cadangan dari protein dan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Kondisi ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Terutama, pada anak-anak yang bertubuh kurus, karena cadangan protein dan lemak di tubuhnya akan semakin berkurang.

Hal ini bisa membahayakan tubuh, karena protein memiliki peran yang vital dalam proses pembentukan sistem imunitas tubuh. Sehingga, jika cadangan protein berkurang, tubuh akan lebih berisiko mengalami infeksi. Tentunya sebagai orang tua, kita tak melihat anak-anak menjadi gampang sakit, bukan?

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

Menu Sehat yang Direkomendasikan untuk Sarapan Pagi Anak

Menurut survei yang dilakukan dengan melibatkan anak-anak di usia sekolah di Eropa yang berusia antara 11 hingga 15 tahun, memperlihatkan jika dari 3 anak ada 1 yang tidak mendapatkan sarapan setiap paginya.

Padahal, dalam jurnal yang sama menyebut jika rutin sarapan pagi juga berkaitan dengan meningkatnya asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga sarapan pagi memiliki peran yang demikian penting.

Bukan hanya itu, rugi sarapan pagi juga berkaitan dengan pencegahan risiko penyakit sistem kardiovaskular (pembuluh darah dan jantung). Anak-anak yang memulai pagi harinya dengan menu sarapan sehat sesuai rekomendasi, tingkat kadar gula dalam darahnya jadi lebih stabil dan membuat risiko resistensi terhadap insulin menurun.

Perlu diketahui jika resistensi insulin bisa mengakibatkan seseorang lebih berisiko terkena diabetes mellitus. Karena itu, penting untuk memastikan apa yang anak makan saat sarapan. Supaya mencegah berbagai risiko buruk terjadi pada buah hati. 

Sarapan pagi yang direkomendasikan untuk anak-anak setidaknya harus mencukupi 20% dari kebutuhan nutrisi hariannya. Menurut daftar AKG atau Angka Kebutuhan Gizi yang rilis tahun 2013, angka kebutuhan kalori untuk anak-anak berusia 7 sampai 8 tahun sekitar 1850 kkal hingga 2500 kkal.

Jika demikian, maka kebutuhan kalori untuk 1 kali sarapan paginya sekitar 400 sampai 500 kkal. Untuk ibu bekerja yang tidak memiliki waktu luang yang banyak di pagi hari untuk menyiapkan menu sarapan sehat yang beragam, pasti agak sedikit kebingungan.

Tapi tak perlu khawatir, karena ibu tetap bisa menyiapkan menu sarapan praktis yang tetap sehat untuk buah hati. Simak beberapa menu praktis dan sehat buat sarapan berikut ini.

Baca Juga: 5 Alasan Sarapan Oats Setiap Hari Bikin Tubuh Lebih Sehat

Pancake Oat Sederhana

pancake oat

Pancake atau biasa disebut panekuk ternyata juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan sehat yang praktis untuk buah hati. Agar kebutuhan serat terpenuhi, ibu bisa menggunakan oatmeal sebagai bahan bakunya. Berikut resep dan cara membuatnya yang sederhana.

  • Siapkan oatmeal sebanyak 5 sendok makan, lalu tuangkan air panas sebanyak 150 ml diikuti dengan susu sebanyak 250 ml.
  • Kemudian aduk oatmeal tadi hingga tercampur merata, 
  • Lalu panaskan juga sedikit margarin di atas wajan.
  • Selanjutnya, masukkan adonan susu dan oatmeal tadi ke wajan sedikit-sedikit dan atur ketebalannya 1 cm saja.
  • Buatlah sekitar 2 atau 3 lapis pancake dari adonan oatmeal yang dibuat.
  • Terakhir, tuangkan madu diatas pancake dan beberapa potongan buah yang disukai anak-anak.

Bubur Oatmeal Sehat

bubur oat

Untuk sarapan pagi, oatmeal sangatlah cocok untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi. Karena oatmeal kaya akan karbohidrat kompleks yang mampu menekan rasa lapar, sehingga gula darah jadi lebih stabil. Cara membuat sarapan dari oatmeal cukup mudah, berikut diantaranya.

  • Siapkan mangkuk dan ambillah 5 sendok oatmeal, lalu tuangkan air panas sebanyak 150 ml dan aduk merata sambil dituangkan susu cair sebanyak 250 ml sedikit demi sedikit.
  • Selanjutnya rebus oatmeal tadi sebentar. Jika di rumah ada microwave, oatneal tadi bisa langsung dipanggang dalam microwave kurang lebih selama 2 menit.
  • Setelah matang, bisa diberi potongan buah diatasnya seperti stroberi, pisang, dan apel. Bisa juga ditambahkan potongan kacang almond atau kacang mete agar anak bertambah nafsu makannya.
  • Ibu juga bisa menambahkan madu, jika anak-anak menyukainya.

Sandwich Gandum yang Sehat 

Sandwich Gandum

Anak-anak pasti suka dengan sandwich atau roti lapis sebagai bekal sarapannya. Selain itu, sandwich juga merupakan bekal praktis dan paling gampang dibuat ketika waktu tidak banyak. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga simpel dan bisa disiapkan saat malam, baru di pagi hari tinggal menatanya. 

Supaya lebih sehat, gunakanlah roti tawar yang terbuat dari gandum. Seperti kita ketahui, gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bagus. Berikut  resep praktis buat bekal sarapan anak-anak di pagi hari yang bisa dicoba di rumah.

  • Siapkan roti tawar gandum secukupnya.
  • 1 butir telur yang sudah direbus.
  • Selada dan tomat segar yang sudah dipotong secukupnya saja.
  • Siapkan 1 lembar keju lembaran.
  • Bahan yang sudah disiapkan lalu disusun rapi. Urutan, mulai dari roti lalu letakan potongan telur rebus  diikuti potongan selada, tomat dan keju lembaran kemudian tutup dengan roti lagi di atasnya.

Siapkan Bekal Sehat agar Anak Semangat Menghadapi Harinya 

Nah, ternyata membuat bekal sehat buat anak cukup gampang bukan? Ada banyak ide untuk bekal sarapan sehat yang praktis untuk dibuat meski tak punya waktu luang yang banyak untuk menyiapkannya. Jadi sebagai ibu yang bekerja, tak perlu khawatir lagi soal pemenuhan gizi untuk buah hati terkasih. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rice Bowl: Ide Menu, Langkah Bisnis dan Pehitungan Modalnya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement