Rabu 24 May 2023 00:00 WIB

Ketahui Apa Itu UnionPay, Jenis-Jenisnya, Hingga Bank Indonesia yang Bekerja Sama

Apa saja sih layanan yang disediakan oleh UnionPay dan apakah ada bank di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan UnionPay? Simak ulasannya berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

 Bagi orang-orang yang sering bepergian ke luar negeri, mungkin sudah tidak asing dengan UnionPay. Jaringan pembayaran yang telah berdiri sejak 2022 di China ini merupakan salah satu organisasi pembayaran kartu terbesar di dunia.

Tentu saja sebagai sebuah metode pembayaran yang bisa digunakan di berbagai negara, UnionPay menawarkan beragam keuntungan untuk para nasabahnya. Apalagi, perusahaan ini juga telah bekerja sama dengan berbagai bank di banyak negara di dunia sehingga transaksi keuangan jadi lebih mudah di mana pun kamu berada.

Lalu, apa saja sih layanan yang disediakan oleh UnionPay dan apakah ada bank di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan UnionPay? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu UnionPay

UnionPay

UnionPay merupakan sebuah jaringan pembayaran elektronik yang berbasis di China. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2002 ini dikelola oleh China UnionPay Co., Ltd, yang merupakan perusahaan milik negara yang diakui oleh Bank Sentral China.

UnionPay menghadirkan berbagai layanan pembayaran dengan menggunakan kartu debit dan kartu kredit yang dapat dipakai di berbagai negara di dunia. Berbagai kartu yang dikeluarkan oleh UnionPay ini  bisa digunakan untuk melakukan transaksi baik di dalam maupun luar negeri.

UnionPay sendiri awalnya hadir sebagai respon terkait adanya peningkatan kebutuhan terhadap sistem pembayaran nasional yang terintegrasi di China. Dalam perkembangannya, sistem pembayaran ini tidak hanya diterima oleh masyarakat di China saja, tetapi juga menyebar ke berbagai negara lainnya. 

Saat ini, UnionPay telah menjadi salah satu jaringan pembayaran terbesar di dunia dengan jutaan merchant dan ATM yang terhubung di berbagai negara. Anak perusahaan UnionPay, UnionPay International (UPI) bahkan telah bekerja sama dengan lebih dari 2.500 institusi di berbagai negara.

Kartu UnionPay International juga telah diterima di 181 negara dan wilayah dengan penerbitan di 79 negara dan wilayah. Layanan ini sangat diminati di berbagai negara karena menyediakan sistem pembayaran lintas batas yang aman, hemat dan berkualitas.

Jenis-Jenis UnionPay

jenis-jenis unionpay

Sama seperti sistem pembayaran lainnya, UnionPay juga menghadirkan berbagai jenis layanan yang akan memudahkan para penggunanya saat akan melakukan transaksi. Tentu saja sebagai salah satu sistem pembayaran terbesar di dunia, kartu-kartu ini bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi di berbagai negara di dunia.

Berikut beberapa jenis-jenis kartu UnionPay yang bisa kamu pilih.

1. Kartu Debit UnionPay

Untuk kamu yang suka bepergian ke luar negeri dan sering merasa repot untuk menukarkan uang, kartu debit UnionPay bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kartu ini akan membuatmu semakin mudah saat berbelanja di luar negeri atau bahkan berbelanja barang online di berbagai penjuru dunia.

Kartu ini juga membuatmu tidak perlu repot harus membawa banyak uang tunai ketika berada di luar negeri. Hal ini tentu juga membuat perjalananmu jadi terasa lebih aman dan nyaman karena tidak tampak mencolok dengan segepok uang tunai ketika berbelanja.

Kartu debit UnionPay memungkinkan pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembayaran di berbagai merchant dan ATM di seluruh dunia, dengan menggunakan dana yang tersimpan dalam rekening bank mereka.

Ada dua jenis kartu debit UnionPay yang ditawarkan, yakni yang berbasis tanda tangan dan juga PIN. Kartu debit berbasis tanda tangan mendukung berbagai transaksi seperti card not present atau CNP serta transaksi berulang. Sementara untuk yang berbasis PIN, bisa digunakan untuk sejumlah hal seperti pengembalian pajak, e-commerce, serta akses ATM.

 

2. Kartu Kredit UnionPay

Kartu kredit UnionPay menawarkan layanan pembayaran tanpa uang tunai di berbagai ATM dan merchant di seluruh dunia. Kartu ini bisa membuatmu membeli barang meskipun sedang tidak memiliki uang.

Dengan sistem kredit, kamu akan mendapatkan pinjaman dana terlebih dahulu dari penerbit kartu. Tetapi kamu harus segera membayarnya kembali sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah ditentukan. Dalam menerbitkan kartu kredit, UnionPay sering bekerja sama dengan bank-bank lokal, termasuk sejumlah bank Indonesia.

3. Kartu Prepaid UnionPay

Kartu Prepaid UnionPay memiliki kemiripan dengan kartu debit. Tetapi hal ini memiliki perbedaan dari dana yang digunakan. Pada kartu Prepaid UnionPay, dana perlu lebih dahulu diisi untuk digunakan.

Kartu ini cocok untuk orang yang ingin mengontrol pengeluaran mereka atau untuk wisatawan yang ingin menghindari biaya kredit atau debit yang tinggi di luar negeri. Kartu ini mencakup otentikasi tanda tangan dan PIN.

4. Kartu Virtual Prepaid UnionPay

Kartu ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online tanpa kartu debit atau kredit. Kartu prabayar ini perlu diisi ulang untuk melakukan pembayaran jasa dan barang secara online.

Kartu virtual ini juga menawarkan lapisan keamanan tambahan ketika melakukan pembelian online. Hal ini karena kartu ini tidak ditautkan ke rekening bank, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan risiko keamanan yang sering terjadi pada debit dan kredit.

Baca Juga: Kartu Kredit Virtual dan Kartu Kredit Konvensional, Begini Bedanya!

Cara Pembayaran UnionPay

cara bayar union pay

Ada beberapa jenis kartu yang dikeluarkan UnionPay untuk para penggunanya. Hal ini membuat cara pembayaran dengan UnionPay cukup beragam, tergantung pada layanan atau merchant serta jenis kartu yang digunakan. Namun secara umum, berikut langkah-langkah pembayaran menggunakan.

  1. Pastikan bahwa layanan, merchant atau ATM yang kamu gunakan menerima kartu UnionPay. Umumnya, kamu akan menemukan logo UnionPay di lokasi tersebut.
  2. Sesudah mendapatkan layanan atau produk yang akan dibeli, masukkan kartu UnionPay ke alat pembayaran atau mesin ATM yang disediakan oleh merchant.
  3. Selanjutnya kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang terlihat di alat pembayaran atau mesin ATM. Kamu juga perlu untuk menandatangani bukti pembayaran atau memasukkan PIN jika diminta.
  4. Jika kamu akan melakukan pembayaran secara online, cukup ketikkan rincian kartu seperti kode PIN dan nomor kartu di laman pembayaran. Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode lewat SMS untuk mengonfirmasi pembayaran. Sebelum memasukkan kode pembayaran, pastikan jika barang yang akan dibeli dan rincian pembayaran telah sesuai.
  5. Kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan memindai Kode QR UnionPay pada merchant tempat kamu berbelanja.

Bank-Bank di Indonesia yang Bekerja Sama dengan UnionPay

bank

Sejumlah bank di Indonesia juga telah bekerja sama dengan UnionPay untuk menerbitkan berbagai kartu pembayaran. Ada yang bekerja sama untuk menerbitkan kartu debit, kartu kredit, atau baru sekadar bisa digunakan untuk transaksi menggunakan kartu UnionPay International. Berikut beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan UnionPay.

1. BRI

Bank milik pemerintah Indonesia ini telah melakukan kerja sama dengan UnionPay sejak tahun 2016. Tetapi kerja sama tersebut masih terbatas pada para pemilik kartu UnionPay bisa melakukan transaksi di ATM BRI.

2. BCA

BCA pada tahun 2021 telah melakukan kerja sama dengan UnionPay untuk menerbitkan kartu kredit. Kartu kredit UnionPay ini hadir dengan fitur contactless dengan menggunakan teknologi NFC. Jadi kamu bisa melakukan pembayaran tanpa perlu bersentuhan.

3. Sinarmas

Bank swasta lain yang juga telah bekerja sama dengan UnionPay adalah Sinar Mas dalam bentuk kartu debit atau ATM. Kartu ATM ini bisa dipakai bertransaksi dan tarik tunai di mesin EDC dan ATM yang berlogo China Union Pay di berbagai negara di dunia. Kartu ini hadir dalam dua jenis, yakni kartu Debit CUP Diamond dan Kartu Debit CUP Gold.

4. Mandiri

Unionpay juga telah bekerja sama dengan Bank Mandiri dalam hal penarikan uang tunai. Para pemegang kartu UnionPay bisa menarik uang di berbagai ATM Mandiri yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 6 Jenis Kartu Debit Mandiri / Kartu ATM Mandiri, Ketahui Limit dan Biaya Administrasinya

5. ICBC Indonesia

ICBC juga menjadi salah satu bank di Indonesia yang bekerja sama dengan UnionPay. Bentuk kerja sama ini berupa penerbitan kartu kredit. 

Baru-baru ini ICBC Indonesia juga bekerja sama dengan UnionPay untuk menerbitkan kartu debit dengan 3 mata uang. Jadi di dalam satu kartu debit terdapat 3 mata uang sekaligus, yakni Renminbi (CNY), Dollar Amerika Serikat (USD), dan Rupiah (IDR).

UnionPay Hadirkan Sistem Pembayaran Lintas Batas

Menggunakan berbagai jenis kartu UnionPay bisa menjadi solusi praktis bagi orang-orang yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Hanya dengan membawa satu kartu saja, kamu sudah bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran di berbagai negara di dunia. Kamu tidak lagi perlu kebingungan harus menukar uang saat akan pergi atau baru datang ke negara tujuan.

Selain itu, berbagai jenis kartu UnionPay, termasuk yang bekerja sama dengan bank lokal, juga menawarkan keuntungan yang cukup menarik. UnionPay juga menawarkan berbagai jenis kartu sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Kelebihan Kartu Kredit Digital yang Wajib Diketahui

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement