Kamis 25 May 2023 12:18 WIB

Mengenali Masalah Pada Kopling di Mobil SUV

Walaupun termasuk mobil yang gagah, mobil SUV juga dapat memiliki masalah pada koplingnya. Berikut ini 3 masalah kopling pada mobil SUV.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Memiliki mobil SUV rasanya memberi kesan mewah dan gahar bagi setiap orang. Dengan ketangguhan mesin dan desain yang menarik, tentu setiap orang ingin memiliki mobil ini. Ditambah lagi dengan spesifikasi dan harga yang kadang tinggi membuat orang yang memilikinya bisa dibilang sebagai orang – orang berduit.

Meski tergolong mobil yang keren, namun SUV juga bukan harganya saja yang mahal, melainkan ada beberapa perawatan yang membutuhkan keahlian khusus. Dalam mobil SUV ada beberapa komponen yang cukup penting dan vital bagi performa mobil  tersebut. Meski begitu seperti mobil lainnya, SUV juga memiliki komponen standar layaknya mobil pada umumnya contohnya adalah kopling.

Seperti yang sudah banyak orang tahu kopling adalah salah satu komponen yang ada dan penting dalam sebuah kendaraan. Dalam kendaraan kopling memiliki peran penting pada proses pemindahan gigi sehingga bisa berjalan dengan semestinya. Jika kopling tidak ada atau bermasalah otomatis mobil juga tidak bisa berjalan dengan baik. 

Namun meski merupakan barang penting, masih sedikit orang yang belum memahami masalah yang bisa menimpa kopling pada mobil, termasuk pada mobil SUV. Jika masalah-masalah ini timbul tentu mobil tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja itu karena kesalahan kamu. Oleh karena itu melalui tulisan ini kami akan menjelaskan apa saja masalah yang bisa terjadi pada kopling, terutama mobil SUV.

Baca Juga: Alasan Mesin Mobil Butuh Sistem Pendingin dan Cara Mendeteksi Kebocorannya

 

Peran Kopling Dalam Mobil 

Mobil SUV

Kopling pada dasarnya merupakan komponen mobil yang memiliki tugas untuk menyambung dan memutus putaran dari mesin kepada transmisi. Sebagai penghubung tentu antara transmisi dan mesin bisa bekerja sama dengan baik. Tanpa adanya kopling mobil yang tidak mungkin bisa bekerja dan bertransmisi dengan baik.

Selain itu Kopling juga berperan dalam menjaga dan mengurangi putaran mesin. Jadi bila kamu sedang melakukan perpindahan gigi transmisi, melalui  kopling proses tersebut bisa dengan mudah dilakukan. Baik pada kendaraan biasa maupun SUV, sering terjadi masalah pada kopling karena beberapa faktor yang hal ini tentu sangat mengganggu kegiatan transmisi mobil. Selebihnya akan dijelaskan pada poin berikut. 

Beberapa Contoh Masalah Pada Sebuah Kopling, Baik Biasa atau SUV

Berikut kami akan jelaskan beberapa kerusakan yang umum terjadi pada sebuah kopling mobil. Jika kamu merupakan pemilik mobil termasuk SUV jika sudah mengetahui masalah ini maka bisa cepat – cepat pergi ke bengkel untuk melakukan servis mobil.  

  1. Selip Kopling

    Kerusakan jenis ini merupakan jenis kerusakan yang paling umum pada kopling. Biasanya gejala dari kerusakan ini terjadi saat kamu menginjak pedal kopling, tiba – tiba pedal meninggi dari biasanya. Maksud tinggi di sini adalah mobil baru bertransmisi ketika kopling sudah dalam posisi diangkat terlalu tinggi bahkan mendekati posisi awal sebelum diinjak.

    Selip kopling bisa terjadi karena pada plat kopling terjadi aus atau terkena minyak atau cairan sehingga kekuatan cengkraman plat kopling mengalami penurunan. Karena hal ini membuat kerja kopling tidak sempurna dalam rangka memindahkan tenaga dari mesin kepada transmisi. 

    Hal di atas dapat berakibat berupa mobil hilang tenaga, tidak dapat melaju kencang, dan menghabiskan bahan bakar. Akibat dari selip kopling akan terasa saat perpindahan gigi yang mengakibatkan beberapa masalah seperti hilang tenaga atau tidak bisa berakselerasi.

  2. Terjadi Hentakan Kasar Saat Pindah Gigi

    Perpindahan gigi yang kasar dan terjadi hentakan pada kopling bisa terjadi karena plat kopling juga mengalami keausan. Selain itu hal ini bisa terjadi karena antar komponen tidak berhubungan secara halus, atau plat kopling yang menempel pada roda (flywheel) yang tidak rata.

    Akibat dari hentakan ini jelas proses transmisi akan menjadi sulit dilakukan oleh pengemudi. Hal ini bila dipaksakan akan menjadi hentakan transmisi sulit melakukan perpindahan gigi, sekalipun bisa berpindah gigi, akan muncul hentakan kasar dan menimbulkan bunyi yang keras pada mobil. Akibat jangka panjang dari hal ini adalah rusaknya komponen dari internal transmisi jadi sangat mengganggu ketenangan berkendara.

  3. Kopling Bergetar

    Kopling dapat bergetar merupakan masalah yang terjadi pada kopling lainnya. Biasanya saat mengangkat pedal mobil terjadi getaran yang tidak wajar dan tiba – tiba, bahkan hingga bunyi gemeretak maka dapat dipastikan kopling bermasalah. 

    Penyebab dari masalah kopling ini adalah terjadi kerusakan pada cover clutch atau flywheel pada kopling. Dua komponen tersebut memang berperan aktif dalam proses transmisi yang baik dan tidak memunculkan getaran. Biasanya jika permukaan kedua komponen tersebut tidak rata karena suatu hal, biasanya kopling akan bergetar dan proses transmisi menjadi terganggu.

    Baca Juga: Tahukah Kamu? Warna Mobil Bisa Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Kenali Masalah Kopling SUV untuk Merawat Mobil Kesayangan Kamu

Bila merasa ada beberapa gejala seperti di atas terjadi pada mobil SUV kamu, segera periksa keadaan mobil kamu ke bengkel atau tempat servis terdekat. Hal ini karena masalah kopling jika tidak ditangani ahlinya akan menjadi masalah besar, bisa saja selain diperbaiki juga harus diganti salah satu komponennya. Oleh sebab itu penting mencegah kerusakan semakin besar dengan memahami beberapa gejala di atas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kualitas Servis dan Layanan Terjamin, Ini Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat di Jakarta

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement