Jumat 26 May 2023 09:00 WIB

4 Tips Membayar Cicilan Pinjaman dengan Agunan Tepat Waktu

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar cicilan tanpa agunan dengan tepat waktu:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Mengajukan pinjaman dengan agunan merupakan langkah yang kerap dilakukan oleh sebagian orang. Selain untuk mempermudah disetujuinya pengajuan pinjaman, agunan juga akan membantumu mendapatkan nilai pinjaman yang besar. Hal ini tentu diimbangi dengan besaran cicilan yang juga besar setiap bulannya. Berapapun jumlah cicilan, penting untuk memastikan kamu selalu membayar cicilan pinjaman ini dengan tepat waktu. 

Jangan terlambat membayar cicilan pinjaman, sebab hal ini akan membuatmu dikenai sejumlah denda. Jumlah denda ini bisa saja cukup besar, tergantung pada kebijakan bank tempatmu mengajukan pinjaman. Jika harus sering membayar denda keterlambatan ini, bukan tidak mungkin jumlah hutangmu akan semakin besar di akhir masa cicilan nanti.

 

Tips Membayar Cicilan Pinjaman dengan Agunan dengan Tepat Waktu

membayar cicilan hutang dengan agunan

Keterlambatan pembayaran cicilan akan membuat skor kredit memburuk. Riwayat kredit akan jelek di mata bank, sehingga kelak kamu akan sulit untuk mengakses layanan perbankan lainnya. Hal ini tentu sangat merugikan dan kelak bisa membuatmu mengalami kesulitan. Hindari berbagai masalah dan pastikan selalu membayar cicilan dengan tepat waktu.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar cicilan tanpa agunan dengan tepat waktu: 

1. Segera Bayar setelah Tagihan Datang 

Pada umumnya bank akan selalu mengirimkan tagihan cicilan pada setiap kredit yang mereka kucurkan kepada nasabah. Kamu akan menerima tagihan ini sekitar seminggu atau beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba, tergantung pada kebijakan bank yang digunakan. Hal ini biasanya bertujuan untuk mengingatkan dan memberimu waktu untuk membayar tagihan tersebut dengan tepat waktu. 

Jangan menunda-nunda pembayaran cicilan pinjaman tanpa agunan tersebut. Biasakan untuk segera membayar cicilan pinjaman sesaat setelah mendapatkan tagihan dari pihak bank. Sikap disiplin seperti ini akan jauh lebih baik, daripada selalu menunda dan mengambil resiko untuk melakukan keterlambatan pembayaran. Cara pembayaran yang seperti ini akan membuatmu tenang dan tidak perlu dirisaukan oleh masalah denda yang membebani keuangan.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayar Cicilan Tepat Waktu dan Tips Melakukannya

2. Manfaatkan Aplikasi Pengingat pada Smartphone 

Lupa tentu menjadi hal yang lumrah dan bisa saja dialami oleh semua orang. Namun jika lupa membayar cicilan pinjaman, hal ini akan menimbulkan masalah dan denda yang cukup besar. Di masa yang sudah serba modern ini, kamu pasti sudah punya smartphone dan familiar menggunakannya. Kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk mengurangi resiko lupa bayar cicilan.

Temukan fitur pengingat pada smartphone dan aktifkan untuk mengingatkan kamu membayar cicilan pinjaman. Bukan pada tanggal jatuh tempo, namun aktifkan pengingat ini 2 atau 3 hari sebelumnya. Hal ini akan memberikanmu kesempatan untuk selalu membayar cicilan lebih awal. Jika pengingat ini sudah berbunyi, maka segera bayarkan cicilan, agar tidak telat dan terkena denda keterlambatan. 

3. Berkomitmen dan Masukkan dalam Anggaran Prioritas 

Cicilan utang merupakan bagian dari pengeluaran rutin yang harus dianggarkan di dalam keuangan. Penting untuk menjadikan ini sebagai salah satu pengeluaran prioritas di dalam keuangan selama beberapa waktu, hingga akhirnya bisa melunasinya.

Artinya, kamu harus menyusun anggaran yang keuangan yang baru dan menempatkan cicilan ini di sana setelah mendapatkan pinjaman tanpa agunan tersebut.

Selain itu, kamu juga membutuhkan komitmen yang tinggi untuk selalu rutin melakukan pembayaran. Jika sejak awal sudah mengelola keuangan dengan cukup baik, maka komitmen untuk selalu melakukan pembayaran tepat waktu ini tentu bisa direalisasikan dengan baik. Kamu akan selalu memiliki dana yang memadai untuk membayar tagihan secara penuh dan tepat waktu. 

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Pelunasan Cicilan Mobil Lebih Awal

4. Manfaatkan Layanan Auto Debet

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling praktis dan akan membuatmu begitu nyaman. Saat memiliki cicilan bulanan untuk pinjaman tanpa agunan, maka kamu bisa memanfaatkan layanan auto debet dari bank yang digunakan. Kamu hanya perlu mengaktifkan layanan ini di rekening pribadi, sehingga cicilan bisa langsung terpotong dan terbayarkan dari sana. 

Untuk mencegah terjadinya keterlambatan, atur layanan auto debet 1 atau 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Gunakan layanan bank yang sama dengan bank tempat mengajukan pinjaman tanpa agunan, agar bebas biaya. Selain itu, pastikan kamu selalu memiliki saldo tabungan dengan jumlah yang memadai di rekening bank yang digunakan. 

Bayar Cicilan Pinjaman dengan Tepat Waktu

Bagi yang memiliki cicilan pinjaman dengan agunan, pastikan selalu membayar cicilan tepat waktu. Hindari keterlambatan pembayaran, sebab hal ini beresiko menimbulkan sejumlah denda. Atur pengeluaran cicilan ini di dalam anggaran keuangan sejak awal dan pastikan kamu selalu disiplin untuk melakukan pembayaran rutin dengan tepat waktu.

Baca Juga: Tak Bisa Bayar Cicilan KPR Bulan Ini, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement