Jumat 04 Aug 2023 00:00 WIB

Cara Memulai Bisnis Martabak dan Perhitungan Modalnya

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk memulai bisnis martabak dengan sukses:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Martabak merupakan salah satu kudapan yang paling banyak disukai. Makanan yang satu ini memang lezat dan mengenyangkan, sehingga wajar saja jika banyak orang yang menjadikan martabak manis dan juga martabak telur sebagai camilan favorit mereka. 

Cara membuat martabak juga terbilang simpel dan mudah untuk dipelajari, bahkan oleh pebisnis pemula.  Satu resep martabak manis bahkan bisa diolah menjadi berbagai rasa yang berbeda, sehingga bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih banyak. 

Selain resep martabak manis dan martabak telur, orang juga banyak mencari tahu resep martabak mini yang juga memiliki banyak peminat. Resep martabak mini tentu akan lebih mudah disiapkan, sebab camilan yang satu ini bisa saja dibuat dengan bahan dan peralatan yang lebih simpel. 

Cara Memulai Bisnis Martabak dengan Sukses 

martabak telor

Sebagaimana bisnis lainnya, bisnis martabak manis dan martabak telur juga harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Hal ini penting, untuk memastikan bisnis martabak manis tersebut bisa berjalan dengan baik dan mendatangkan banyak keuntungan. 

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk memulai bisnis martabak dengan sukses: 

1. Persiapkan Modal dengan Baik 

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis martabak martabak manis dan martabak telur adalah mempersiapkan modal bisnis itu sendiri. Penting untuk memiliki modal bisnis dalam jumlah yang tepat, agar kelak usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan. 

Hal ini bisa dilakukan dengan menghitung kisaran modal yang dibutuhkan terlebih dahulu, lalu mulai mempersiapkan dana tersebut. Jika memiliki dana yang memadai, maka langkah pertama ini tentu tidak akan jadi masalah. Namun jika ternyata modal yang dimiliki terbatas, maka upayakan untuk memilih sumber modal lainnya yang paling tepat, misalnya mengajukan pinjaman atau yang lainnya. 

2. Siapkan Resep Martabak dan Ciri Khas Sendiri 

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka mulailah mempelajari cara membuat martabak yang lezat. Martabak yang memiliki rasa lezat seperti ini tentu harus diawali dengan sebuah resep martabak mini atau resep martabak manis yang tepat sejak awal. 

Pahami cara membuat martabak yang paling efisien, sehingga proses produksi bisnis ini bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, pastikan martabak yang dijual tersebut memiliki ciri khas tersendiri, sehingga orang akan mudah untuk mengenalinya dan menyukai rasanya yang enak. 

Ciri khas dalam martabak ini bisa saja dibuat dengan berbagai cara, misalnya: kemasannya yang unik dan ramah lingkungan, rasanya yang enak dengan tekstur yang super lembut, aneka topping sedap, ukurannya yang jumbo, bentuknya yang unik, dan hal lainnya yang bisa membuat makanan tersebut unik dan menarik. 

3. Pilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Bukan hanya cara membuat martabak saja yang perlu dilakukan dengan baik ketika akan memulai bisnis makanan ini, namun pemilihan lokasi untuk bisnis martabak tersebut juga. Lokasi bisnis yang strategis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang besar, termasuk keuntungan. 

Pilihlah lokasi yang ramai atau bahkan berada di sekitar pusat perbelanjaan, sehingga orang mudah untuk menemukan bisnis tersebut. Semakin mudah orang menemukan lokasi bisnis kita, maka akan semakin besar juga potensi untuk mendapatkan angka penjualan yang besar. 

Lakukan survey ke beberapa lokasi terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu lokasi terbaik dan sekiranya bisa membantu bisnis ini berkembang pesat. Hal ini untuk menghindari risiko kesalahan pemilihan lokasi yang bisa saja membuat bisnis tidak berkembang dengan baik kedepannya. 

4. Memaksimalkan Pemasaran

Jangan lupa untuk memaksimalkan pemasaran bisnis martabak manis dan martabak telur tersebut dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan cara memanfaatkan layanan pengantaran makanan online yang belakangan ini banyak diminati oleh masyarakat luas.

Pengantaran makanan online memungkinkan jangkauan bisnis menjadi jauh lebih luas, sehingga potensi penjualan yang maksimal juga bisa didapatkan. Pemasaran yang luas seperti ini tentu harus diimbangi dengan cara membuat martabak yang tepat, sehingga setiap pesanan bisa disiapkan dengan baik. 

Pilih mitra pengantaran makanan online yang paling tepat, agar bisnis martabak ini bisa berkembang dengan cepat. Namun pastikan untuk memahami semua persyaratan yang ditentukan oleh mereka dengan baik sejak awal, sehingga berbagai masalah dan risiko di masa mendatang bisa dihindari. 

5. Lakukan Promosi yang Tepat 

Bukan hanya resep martabak mini dan resep martabak manis saja yang akan menentukan kesuksesan bisnis ini, namun juga aktivitas promosinya. Penting untuk melakukan kegiatan promosi yang tepat, sehingga lebih banyak orang yang mengetahui dan membeli produk yang dipasarkan. 

Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari penerapan diskon di layanan pengantaran makanan, hingga promosi melalui media sosial dan yang lainnya. Namun jangan lupa untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu, agar kegiatan promosi ini tidak membuat keuangan bisnis menjadi tekor. 

Baca Juga: Bisnis Makanan Tradisional: Peluang, Kisaran Modal dan Tipsnya

 

Estimasi Modal Bisnis Martabak

Selain membuka sendiri, bisnis martabak juga sering dilakukan dengan sistem waralaba. Pemilik bisnis waralaba akan memberikan resep martabak mini, resep martabak manis dan peralatan yang lainnya, sehingga pebisnis hanya tinggal menjalankan bisnis martabak itu saja. 

Namun bisnis martabak dengan sistem waralaba ini biasanya akan membutuhkan modal yang lebih besar. Setidaknya pebisnis waralaba harus menyediakan modal mulai dari Rp 35 jutaan, tergantung pada waralaba martabak mana yang akan dipilihnya. 

Namun jika hanya memiliki modal terbatas, maka membuka bisnis ini secara mandiri tanpa waralaba juga tak ada salahnya. Untuk memulai bisnis martabak ini secara mandiri, setidaknya akan dibutuhkan modal sekitar Rp 15 – 25 jutaan, tergantung pada lokasi dan skala bisnis martabak yang akan dibuka nantinya. 

Jika ingin memulai bisnis martabak ini sendiri, maka berikut ini adalah estimasi modal yang harus dipersiapkan: 

Pengeluaran untuk Aset Jangka Panjang Pengeluaran untuk Biaya Operasional per Bulan Biaya Bahan Baku per Bulan
  • Gerobak martabak: Rp 2.800.000,- 
  • Kompor, selang dan tabung gas: Rp 400.000,-
  • Wajan dan sendoknya: Rp 250.000,- 
  • Alat penyaring: Rp 40.000,-
  • Loyang martabak: Rp 200.000,-
  • Pisau: Rp 30.000,-
  • Toples/ wadah plastik: Rp 120.000,-
  • Parutan keju: Rp 30.000,-
  • Perlengkapan lainnya: Rp 130.000,-

Total pengeluaran untuk aset jangka panjang = Rp 4.000.000,-

  • Biaya kebersihan: Rp 80.000,- 
  • Biaya gaji karyawan: Rp 1.000.000,-
  • Biaya listrik dan air: Rp 100.000,-
  • Biaya sewa tempat: Rp750.000,-
  • Biaya retribusi: Rp 70.000,- 

Total biaya operasional per bulannya: Rp 2.000.000,- 

Bahan baku martabak manis: 

  • Bahan baku kulit martabak: Rp 2.000.000,-
  • Bahan baku isi martabak: Rp 3.500.000,- 

Bahan baku martabak telur: 

  • Bahan baku kulit: Rp 1.000.000,-
  • Bahan baku isian: Rp 6.000.000,-
  • Bahan baku saus: Rp 2.000.000,
  • Bahan baku acar: Rp    600.000,-

Bahan Lainnya: 

  • Minyak goreng: Rp   600.000,-
  • Mentega: Rp    200.000,-
  • Gas: Rp 1.000.000,-
  • Kantong plastik: Rp    100.000,-
  • Kertas dan box kemasan: Rp    500.000,- 

Total biaya bahan baku dan lainnya per bulan: Rp 17.500.000,-

Jumlah modal yang akan dikeluarkan untuk memulai bisnis martabak tentu akan sangat relatif, tergantung pada lokasi bisnis dan yang lainnya. Jika membuka bisnis ini di lokasi yang biaya sewanya lebih mahal, maka jumlah biaya di atas tentu bisa saja menjadi lebih besar. 

Sedangkan jika mengerjakan segala sesuatunya sendiri, maka biaya gaji karyawan di atas juga tentu tidak perlu dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu, berbagai peralatan yang dibeli untuk jangka panjang di atas juga hanya akan dibeli satu kali, namun bisa digunakan untuk beberapa bulan atau tahun ke depan.

Baca Juga: Mau Bisnis Makanan Korea Street Food? Begini Cara Mulainya

Rencanakan dan Memulai Bisnis Martabak dengan Benar

Martabak adalah salah satu makanan yang paling populer dan sangat banyak disukai. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bisnis martabak ini memiliki peluang yang sangat cerah. Jika ingin terjun ke bisnis martabak, pastikan untuk merencanakan dan memulai bisnis ini dengan cara yang benar, agar bisa berkembang dengan maksimal. 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Rumah Makan, Dijamin Sukses!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement