Senin 11 Sep 2023 15:00 WIB

Deretan Quotes Islami Ini dapat Menenangkan Hatimu

Ketika hati sedang resah, bukalah beberapa quotes islami berikut ini. Baca dan maknai kata-kata tersebut secara khidmat sehingga hati terasa tenang.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kata-kata penenang atau penyemangat kerap kali dibutuhkan di masa-masa tertentu. Biasanya seseorang dapat tersentuh dengan sebaris kalimat. Jika dikaitkan dengan keyakinan seseorang, quotes bertema religius kerap kali menjadi pengingat sekaligus penenang perasaan. Tidak heran jika terdapat kalimat favorit yang berasal dari Tuhan, utusan-Nya, dan riwayat lain yang terus teringat.

Dalam Islam, kalimat tersebut dapat ditemukan dari berbagai sumber, seperti Al-Quran, hadis, dan tokoh agama lain. Dengan membaca rentetan kalimat yang sesuai, perasaan dan energi negatif dapat dibebaskan.

Kalimat yang tepat untuk memotivasi diri sendiri juga memberikan dampak yang tidak main-main. Terkadang, dijadikan motivasi dan motto dalam hidup. Untuk itu, rangkuman quotes Islami ini dapat menjadi kalimat favorit kalian.

Kumpulan Quotes Islami untuk Menenangkan Diri

quotes islami

Quotes Islami

  1. Takdir yang Sudah Ditetapkan Tidak akan Pernah Salah

    Apa pun yang menjadi takdirmu akan menemukan jalannya untuk menemukanmu” – Ali bin Abi Thalib RA.

    Tips: Rasa khawatir dan takut terhadap sesuatu yang belum terjadi sering dialami oleh manusia. Namun, kalimat yang diungkapkan sahabat nabi tersebut menjelaskan bahwa sesuatu yang sudah ditakdirkan tidak akan pernah salah jalan untuk menjadi milik kita. Selalu ada cara dan jalan bagi sesuatu yang memang sudah digariskan.

  2. Setiap Kesulitan yang Dialami Memiliki Kemudahan yang Akan Ditemukan

    Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan” – Q.S. Al-Insyirah  ayat 5–6

    Tips: Kesulitan akan selalu ditemui manusia dalam hidup, tetapi dalam tiap kesulitan yang dihadapi seseorang kemudahan untuk melaluinya akan selalu menyertai. Penetapan itu sudah dijanjikan Allah untuk memberikan manusia rasa percaya bahwa Allah tidak akan meninggalkan rasa sulit tanpa jalan keluar. Sehingga, permasalahan tersebut perlu dicari jalan keluarnya, bukan untuk berlarut-larut.

  3. Percaya pada Janji Allah dengan Cara Bersabar

    Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar” Q.S. Ghafir  ayat 55

    Tips: Setiap orang memiliki sebuah keinginan untuk mencapai sesuatu. Dalam mencapai hal tersebut, bersabar adalah hal yang dianjurkan agar manusia senantiasa menunggu akan ketetapan pasti yang dijanjikan untuk terjadi.

  4. Pilihan Terbaik Selalu dengan Campur Tangan Yang Maha Kuasa

    Jika Allah mengabulkan doaku maka aku bahagia, tetapi jika Allah tidak mengabulkan doaku maka aku lebih bahagia. Karena yang pertama adalah pilihanku, sedangkan yang kedua adalah pilihan Allah” – Ali bin Abi Thalib RA.

    Tips: Doa yang dipanjatkan pasti memiliki harapan untuk terkabul, tetapi kalimat yang diucapkan Ali bin Abi Thalib tersebut menyiratkan bahwa tiap takdir yang kita terima selalu yang terbaik. Apabila doa dikabulkan, artinya harapan yang kita miliki sudah sesuai dengan ketentuan Allah. Namun, apabila harapan tidak terwujud, hal baik pasti sudah disiapkan sebagai gantinya.

  5. Pertolongan Allah Selalu Ada bagi Manusia yang Membutuhkannya

    Dan Dia (Allah) mendapatimu yang tersesat dan memberimu petunjuk” – Q.S. Adh-Dhuhaa ayat 7

    Tips: Ketika sedang merasa kesulitan dan tersesat, kita tidak pernah sendiri. Rasa takut akibat kebingungan tidak perlu membuat seseorang merasa putus asa. Karena Allah akan selalu mengulurkan tangan-Nya untuk membantu hamba-Nya yang membutuhkan petunjuk dari-Nya.

  6. Usaha Selalu Dihargai Setimpal dengan Apa yang Dilakukannya

    “Inilah balasan untukmu, dan segala usahamu diterima dan diakui (Allah)” – Q.S. Al-Insan ayat 22

    Tips: Ketika seseorang berusaha, tidak ada usahanya yang berakhir sia-sia. Dengan membalas usahanya dengan balasan setimpal, Allah menghargai dan menerima usaha yang sudah dilakukan seseorang.

  7. Menjadi yang Lebih Baik adalah Perlawanan Terbaik

    Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik” – Ali bin Abi Thalib RA.

    Tips: Kecewa adalah hal yang mutlak dialami manusia ketika sesuatu tidak sesuai dengan harapannya. Namun, rasa kecewa tersebut dapat lebih bermakna dengan mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan melawan rasa sakit hati, cara paling ampuh dan elegan adalah meningkatkan kualitas diri.

  8. Ketakwaan Tidak Akan Menyesatkan

    Orang yang menangis dalam sujudnya tak perlu menangisi takdir atau nasibnya” – Ali bin Abi Thalib

    Tips: Siklus kehidupan yang tidak terduga menghantarkan ke kehidupan yang tidak selalu bahagia. Kesulitan yang dirasakan manusia adalah pertanda bahwa manusia adalah makhluk yang membutuhkan bantuan. Dengan rasa percaya pada rencana-Nya, ketakutan terhadap kesulitan tidak perlu mengganggu hidup karena dengan mengingat Tuhan semua hal yang sulit akan selalu ditunjukkan jalan keluarnya.

  9. Selalu Ada Ganti dari Tiap Kehilangan yang Dialami

    “Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud yang lain” – Jalaludin Rumi

    Tips: Kehilangan sesuatu bukanlah hal yang mudah dilalui, tetapi kehilangan tersebut tidak akan hilang begitu saja. Dengan berusaha mengikhlaskan sesuatu yang tidak lagi menjadi milik kita, pengganti untuk sesuatu yang hilang itu akan ada dengan wujud berbeda yang mungkin jauh lebih baik dari sesuatu yang sudah hilang.

  10. Berprasangka Baik pada Tuhan akan Membuka Jalan Untuk Hal Baik

    “Aku sesuai dengan prasangka hamba pada-Ku” – H.R. Bukhari Muslim

    Tips: Dengan berpikiran positif atas sesuatu yang Allah akan berikan, sesuatu yang baik akan tiba. Begitupun sebaliknya, jika pikiran negatif atas rencana Allah mendominasi, bukan tidak mungkin hal seperti apa yang kita pikirkan akan terjadi. Dengan demikian, yakinlah pada rencana Tuhan dengan selalu berprasangka baik pada rencana-Nya.

  11. Bermanfaat bagi Sesama Manusia Memiliki Kedudukan Tinggi

    “Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya” – H.R. Thabrani

    Tips: Hadis ini menggambarkan bagaimana kedudukan manusia yang memiliki manfaat bagi sesamanya. Bermanfaat bagi manusia lain membantu individu untuk memiliki kualitas dalam dirinya.

  12. Tidak Perlu Mengumumkan kepada Dunia saat Berbuat Baik

    Berbuat baiklah, tetapi jangan pernah membicarakan hal itu” – Imam Ali

    Tips: Kalimat tersebut menganjurkan manusia untuk berlaku baik. Berlaku baik adalah sebuah amal yang sangat besar, tetapi akan lebih baik lagi apabila perbuatan baik yang sudah dilakukan hanya diketahui oleh diri sendiri dan Tuhan.

  13. Kebaikan yang Diperbuat Selalu Diganjar dengan Kebaikan

    Bukankah tidak ada balasan bagi amal yang baik, melainkan balasan yang baik juga?” – Q.S. Ar-Rahman ayat 60

    Tips: Hukum karma dari perbuatan baik adalah perbuatan baik pula. Dengan banyak melakukan perbuatan baik, bukan tidak mungkin kita menerima hal baik lebih banyak dari yang kita berikan.

  14. Perlakuan Baik Tergantung pada Niat

    Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya” H.R. Bukhari Muslim

    Tips: Pada perlakuan tiap orang, selalu ada niat yang melatarbelakanginya. Perbedaan niat inilah yang memberikan nilai lain pada amal yang diterima. Dengan meluruskan niat pada hal-hal baik, pahala yang diterima tentu akan lebih baik.

  15. Menuntut Ilmu sebagai Jembatan Surga

    Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju surga” – H.R. Muslim

    Tips: Keutamaan bagi seseorang yang sedang menuntut ilmu adalah balasan surga. Karena dengan ilmu yang bermanfaat, seseorang melakukan hal baik untuk dirinya sendiri dan orang lain.

  16. Keutamaan Bersyukur

    “Jika kalian bersyukur, maka Aku sungguh menambah nikmat bagi kalian” Q.S. Ibrahim ayat 7.

    Tips: Kunci kebahagiaan adalah dengan bersyukur. Rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan kepada kita tidak membuat nikmat tersebut berkurang. Janji Allah atas pelipatgandaan nikmat yang akan Dia berikan kepada hamba-Nya yang bersyukur adalah janji pasti. Oleh karena itu, perbanyak bersyukur sebagai ucapan terima kasih kepada nikmat yang sudah diberikan.

  17. Doa Adalah Kunci Utama Berbagai Hal

    “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dibandingkan doa” – H.R. Tirmidzi

    Tips: Doa yang menjadi jembatan seseorang untuk mencapai sesuatu memiliki keutamaan di mata Allah. Dengan selalu mengandalkan doa dari tiap usaha, kemuliaan atas seorang individu bertambah di mata Allah.

Jadikan Quotes Islami Penenang dan Penyemangat Hati

Kutipan-kutipan yang bersumber dari berbagai sumber ajaran Islam atau tokoh terkait dengan Islam dapat menjadi kalimat yang dapat membantu seseorang untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Dari kutipan-kutipan tersebut, rasa tenang yang ditawarkan dapat menjadi penawar untuk tiap emosi yang sedang dirasakan oleh tiap orang. Bukan hanya untuk motivasi diri, kalimat tersebut juga dapat dijadikan sebagai penenang dari keresahan hati dan peningkatan keyakinan pada ketentuan Tuhan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement