Selasa 31 Oct 2023 12:00 WIB

Jadi Peluang Menjanjikan, Berapa Sih Modal Bisnis Hewan Ternak yang Harus Disiapkan?

Berikut adalah estimasi modal bisnis hewan ternak, baik itu sapi dan kambing, serta perkiraan pendapatan yang mungkin didapatkan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Dari dulu, bisnis jual beli hewan ternak selalu memiliki peluangnya tersendiri di pasar Indonesia. Apalagi menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia, bisnis hewan ternak mampu memberikan potensi cuan yang menjanjikan. Karenanya, tidak sedikit orang yang tertarik untuk mencoba terjun ke bisnis ini dan mengharapkan keuntungan. 

Akan tetapi, banyak orang yang mungkin masih belum mengetahui tentang berapa besar modal yang dibutuhkan agar bisa memulai bisnis tersebut. Pasalnya, hewan ternak sendiri memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal dan tentunya membutuhkan modal cukup besar agar bisa memulai bisnis tersebut. Tapi, apakah benar demikian?

Nah, jika kamu penasaran tentang berapa sih modal bisnis hewan ternak yang harus kamu siapkan agar bisa memulainya? Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah estimasi modal bisnis hewan ternak, baik itu sapi dan kambing, serta perkiraan pendapatan yang mungkin didapatkan.

 

Estimasi Modal Bisnis Hewan Ternak Sapi

hewan ternak sapi

Salah satu hewan ternak yang seringkali dijadikan sebagai ladang bisnis di Indonesia adalah sapi. Hewan ternak ini juga kerap dijadikan sebagai hewan kurban di perayaan Hari Idul Adha di Indonesia dan permintaan akan hewan ini mendekati hari tersebut pasti meningkat drastis. 

Jika sekilas dilihat, bisnis ternak hewan sapi memang membutuhkan nominal modal yang cukup besar. Pasalnya, untuk bisa membeli seekor sapi saja membutuhkan uang hingga belasan juta rupiah. Walaupun begitu, ketika modal yang telah dikeluarkan dapat diputar kembali dengan lancar, potensi keuntungan dari bisnis ini bisa sangat menjanjikan. 

Untuk perkiraan modal investasi awal serta modal bisnis ternak sapi adalah sebagai berikut. 

  • Beli sapi 5 ekor = 10 juta * 5 = 50 juta
  • Sewa lahan untuk ternak = 4 juta per tahun
  • Biaya membuat kandang sapi = 7 juta 
  • Perlengkapan kandang dan perawatan sapi = 1,5 juta

Dari perincian biaya tersebut, modal awal agar bisa memulai bisnis ternak sapi paling tidak adalah sekitar 62,5 juta. Perkiraan biaya ini tentu bisa saja lebih besar atau lebih kecil tergantung dari jumlah sapi yang kamu beli di awal. 

Selain itu, tergantung dari biaya sewa lahan untuk kandang, ongkos membuat kandang, serta berbagai perlengkapannya seperti tempat makan, pembersih, timba air, selang, dan sebagainya, modal investasi awal bisnis ini juga bisa bervariasi. Tentunya, kamu perlu menyesuaikan modal awal tersebut dengan kondisi keuangan dan sesuaikan dengan ketersediaan dana saat ini.

Di samping itu, selain modal awal tersebut, ada pula biaya operasional untuk menjalankan bisnis ternak sapi. Biaya ini termasuk biaya penggemukan sapi dan juga perawatannya. Berikut adalah perincian biaya operasional bisnis sapi tiap bulannya. 

  • Makanan tambahan sejumlah 15 ribu per hari atau 450 ribu per bulan
  • Konsentrat sejumlah 100 ribu per hari atau 3 juta per bulan
  • Vaksinasi sejumlah 15 ribu per hari atau 450 ribu per bulan
  • Vitamin sejumlah 20 ribu per hari atau 600 ribu per bulan
  • Biaya obat sejumlah 20 ribu per hari atau 600 ribu per bulan
  • Biaya bensin, listrik, air, dan tagihan bulanan lain sejumlah 1 juta
  • Biaya kawin sapi sekitar 150 ribu.
  • Biaya lain sejumlah 300 ribu

Untuk biaya operasional, setiap bulan kamu setidaknya perlu menyiapkan dana sebesar 6,5 juta. Ditambah dengan biaya awal sebelumnya, maka perkiraan keseluruhan modal untuk memulai bisnis ternak hewan sapi adalah sekitar 68.75 juta. Nominal tersebut bisa lebih rendah atau lebih kecil tergantung dari skala bisnis dan jumlah sapi yang kamu beli sebagai bibitnya. 

Baca Juga: Intip Strategi Tepat untuk Bisnis Jualan Hewan Kurban

Perkiraan Peluang Pendapatan dari Bisnis Hewan Ternak Sapi

Lalu, berapa perkiraan keuntungan atau pendapatan dari bisnis ternak sapi ini? Secara umum, bisnis sapi bisa dipanen selama kurun waktu 6 hingga 12 bulan. Jika mengambil bibit sapi yang masih kecil, masa panen ternak sapi ini bisa mencapai 3 tahun. 

Sebagai contoh, berikut adalah perkiraan peluang pendapatan dari bisnis sapi siap jual pasca 6 bulan dirawat berdasarkan perhitungan modal di atas.

  • Harga jual seekor sapi 25 juta, dikali 5 ekor = 125 juta
  • Kotoran sapi per bulan sebanyak 600 kg, dikali 5 ekor = 3 ribu kg
  • Dengan perkiraan harga kotoran sapi per kg sejumlah 1.500, kamu bisa mendapatkan pemasukan sebesar 1.500 * 3.000 = 4,5 juta
  • Total pendapatan adalah 129,5 juta

Dari modal awal sebesar 68,75 juta, maka total keuntungan yang mungkin kamu dapatkan dari bisnis ternak sapi selama 6 bulan adalah:

129.5 juta – 68.75 juta = 60.75 juta 

Jika dibagi selama per bulan, maka pendapatan dari bisnis ini adalah sekitar 10 juta rupiah.

Estimasi Modal Bisnis Hewan Ternak Kambing

Selain sapi, kambing juga menjadi hewan ternak yang kerap dijadikan sebagai objek bisnis. Berbeda dengan sapi, modal untuk memulai bisnis ternak hewan kambing jauh lebih terjangkau. Bahkan, bisnis ternak kambing dapat dimulai dengan modal hanya 10 jutaan saja. 

Meski begitu, peluang keuntungan dari bisnis ini juga tak kalah menggiurkan. Berikut adalah perkiraan modal bisnis ternak kambing yang perlu kamu ketahui. 

  • Kandang kambing siap pakai sekitar 3 juta
  • Harga bibit kambing umur 5 bulan sekitar 500 ribu, membeli 10 ekor campuran jantan dan betina sejumlah 5 juta.

Jadi, total investasi awal dari bisnis ternak kambing adalah sekitar 8 juta.

Untuk biaya operasional, seperti pakan rumput, obat, dan vitamin, per bulannya bisa membutuhkan sekitar 1 juta. Sehingga, jumlah keseluruhan modal untuk memulai bisnis ternak kambing ini adalah 9 juta. Perkiraan nominal tersebut bisa berbeda dari yang sebenarnya tergantung dari biaya gaji, sewa lahan, dan beragam kebutuhan lain.

Selain itu, bisnis ternak kambing idealnya dilakukan di kawasan pedesaan karena lahannya lebih luas dan biaya sewanya terjangkau. Juga, ketersediaan pakan rumput juga lebih mudah dan bisa didapatkan gratis di area pedesaan. Sehingga, potensi keuntungan dari menjalankan bisnis ini bisa menjadi lebih tinggi. 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Ternak Ayam Kampung yang Ternyata Cuannya Lebih Menggiurkan!

Perkiraan Peluang Pendapatan dari Bisnis Hewan Ternak Kambing

hewan ternak kambing

Lalu, bagaimana tentang perkiraan peluang pendapatan dari bisnis ternak hewan kambing ini? Untuk harga jual per ekor kambing biasanya dibanderol di angka 2,5 juta. Masa panen dari hewan kambing ini biasanya adalah 10 bulan pasca dirawat atau di kisaran usia 15 bulanan. 

Sehingga, untuk 10 ekor kambing yang telah kamu beli semenjak bibit sebelumnya, pendapatan yang mungkin kamu peroleh adalah sekitar 25 juta. Sementara itu, untuk biaya operasional bulanan yang harus kamu bayarkan adalah 1 juta per bulan. Jadi, selama 10 bulan, biaya operasional dari bisnis ternak hewan kambing ini adalah sekitar 10 juta. 

Dari nominal tersebut, bisa dihitung pendapatan bersih dari bisnis ternak hewan kambing ini sebagai berikut. 

25 juta – 10 juta = 15 juta

Perlu diingat jika pendapatan sebesar 15 juta tersebut adalah untuk masa perawatan 10 bulan. Sehingga, untuk pendapatan bersih bisnis ternak kambing ini selama 1 bulan adalah sekitar 1,5 juta. 

Sebagai catatan, bukan tidak mungkin dalam kurun waktu perawatan 10 bulan ini kambing mengalami kehamilan dan melahirkan bibit baru untuk dirawat dan dijual di kemudian hari. Jadi, potensi keuntungan dari bisnis ini bisa menjadi jauh lebih tinggi jika kamu berhasil mengembangbiakkan kambing yang telah dirawat menjadi bibit kambing yang baru lagi. 

Jadi, Apakah Kamu Tertarik untuk Memulai Bisnis Hewan Ternak Ini?

Dari penjelasan di atas bisa dipahami jika modal bisnis hewan ternak terbilang cukup besar untuk hewan sapi, tapi relatif terjangkau untuk hewan kambing. Meski begitu, kedua jenis hewan ternak tersebut menawarkan potensi keuntungan yang tak kalah menjanjikan dan memiliki peluang imbal hasil besar ketika mendekati perayaan Hari Idul Adha. Nah, setelah mengetahui perkiraan perhitungan modal bisnis hewan ternak di atas, apakah kamu tertarik untuk memulai dan menuai cuan darinya?

Baca Juga: 5 Tahap Ternak Kroto untuk Pemula, Apa Saja?

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement