Ahad 03 Dec 2023 21:31 WIB

Mengenal Asuransi Kesehatan Rawat Inap, Keuntungan, dan Perbedaanya

Buang rasa khawatir untuk perawatan medis dengan asuransi kesehatan rawat inap. Kenali apa itu asuransi rawat inap, keuntungan, serta perbedaannya dengan jenis asuransi kesehatan lain

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Asuransi kesehatan rawat inap adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang memberikan manfaat dan perlindungan khusus terhadap biaya perawatan saat kamu dirawat di rumah sakit. Jenis asuransi kesehatan ini cukup umum digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan perlindungan para tertanggung yang ingin mencari manfaat pertanggungan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Nah, untuk kamu yang belum kenal, dalam artikel kali ini Cermati.com akan memperkenalkan ke kamu serba-serbi asuransi kesehatan rawat inap supaya makin paham dengan asuransi kesehatan yang satu ini ya.

Apakah Itu Asuransi Kesehatan Rawat Inap?

Asuransi kesehatan rawat inap (inpatient insurance) adalah asuransi kesehatan yang cakupan polisnya berfokus pada penyediaan manfaat dan perlindungan terhadap biaya perawatan kesehatan/medis saat tertanggung berada di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Cakupan Perlindungan Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Cakupan perlindungan pada asuransi kesehatan rawat inap

Asuransi rawat inap di Indonesia umumnya memiliki cakupan perlindungan pada sejumlah layanan dan manfaat kesehatan yang dapat bervariasi untuk tertanggung. Secara umum, seperti:

1. Manfaat Biaya Kamar Inap 

Asuransi rawat inap akan menanggung biaya kamar inap di rumah sakit. Beberapa jenis polis biasanya memiliki batasan jumlah pembayaran atau tingkat kelas kamar tertentu yang akan ditanggung sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Manfaat Biaya Perawatan Medis dan Konsultasi Dokter

Polis asuransi mencakup manfaat dan tanggungan biaya perawatan medis selama masa inap di rumah sakit, seperti biaya konsultasi dokter, perawat, dan berbagai prosedur medis yang diperlukan.

3. Manfaat Biaya Pembedahan

Jika perawatan saat masa inap melibatkan prosedur pembedahan, polis asuransi dapat menanggung biaya pembedahan dan perlengkapan medis terkait selama perawatan berlangsung.

4. Manfaat Pemeriksaan Diagnostik

Asuransi rawat inap dapat mencakup manfaat pertanggungan biaya pemeriksaan diagnostik seperti tes darah, tes pencitraan (misalnya, sinar-X atau MRI), dan tes laboratorium lainnya apabila dibutuhkan.

5. Manfaat Obat-obatan dan Alat Kesehatan

Manfaat pertanggungan untuk biaya obat-obatan yang diberikan selama masa inap dan penggunaan alat kesehatan tertentu saat tertanggung dirawat di rumah sakit.

6. Manfaat Evakuasi Medis 

Beberapa polis asuransi kesehatan rawat inap juga mencakup biaya evakuasi medis jika diperlukan untuk pemindahan tertanggung ke fasilitas kesehatan yang lebih baik atau lebih sesuai kebutuhan.

7. Manfaat Perawatan Tambahan Lainnya

Adanya manfaat pertanggungan yang mencakup perawatan tambahan, seperti fisioterapi atau terapi rehabilitasi, selama berada di rumah sakit. Beberapa asuransi rawat inap juga memberikan manfaat biaya perawatan di ruang gawat darurat, bahkan jika tidak diikuti oleh masa inap.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Rawat Inap

No Keuntungan yang Ditawarkan Keterangan
1 Memberikan Perlindungan Finansial

Asuransi kesehatan rawat inap membantu melindungi keuangan kamu dari beban biaya perawatan di rumah sakit yang mahal.

Biaya premi yang dibayarkan bisa menjadi investasi untuk menanggung biaya perawatan yang mungkin terjadi.

2 Fleksibilitas dalam Pemilihan Rumah Sakit

Tertanggung memiliki opsi untuk memilih rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan tertentu yang bekerja sama dengan perusahaan atau pihak asuransi sesuai ketentuan polis.

Hal Ini memberikan fleksibilitas dan kontrol lebih terhadap perawatan kesehatan yang diterima sesuai kebutuhan.

3 Jangkauan Pelayanan Kesehatan yang Luas

TPolis rawat inap umumnya mencakup berbagai jenis pelayanan kesehatan yang lengkap, termasuk perawatan intensif, pembedahan, dan perawatan medis lainnya yang mungkin diperlukan selama masa rawat inap.

4 Kehadiran Manfaat Tambahan

Beberapa polis asuransi kesehatan rawat inap juga menyediakan manfaat tambahan, seperti perawatan rawat jalan setelah masa rawat inap, pemeriksaan kesehatan berkala, dan konsultasi dokter apabila dibutuhkan.

 

Apa Saja Perbedaan Asuransi Kesehatan Rawat Jalan dan Rawat Inap?

No Indikator Asuransi Kesehatan Rawat Inap Asuransi Kesehatan Rawat Jalan
1 Cakupan Pelayanan Asuransi kesehatan rawat inap memberikan manfaat perlindungan untuk biaya perawatan di dalam rumah sakit, termasuk biaya kamar, tindakan medis, dan perawatan selama masa rawat inap. Asuransi kesehatan rawat jalan memberikan manfaat perlindungan terhadap biaya perawat kesehatan di luar rumah sakit, seperti kunjungan dokter, pemeriksaan laboratorium, dan pembelian obat-obatan.
2 Besaran Biaya Premi Biaya premi rawat inap cenderung lebih tinggi karena melibatkan risiko dan biaya yang lebih besar terkait dengan perawatan di dalam rumah sakit. Biaya premi rawat jalan cenderung lebih rendah karena cakupannya terfokus pada pelayanan kesehatan di luar rumah sakit.
3 Tingkatan Fleksibilitas Asuransi kesehatan rawat inap mungkin memiliki batasan lebih ketat terkait dengan pemilihan rumah sakit atau jenis perawatan tertentu. Asuransi kesehatan rawat jalan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pemilihan dokter, layanan kesehatan, dan tidak terlalu membatasi pemegang polis.
4 Ketentuan Prabayar atau Deductible Asuransi kesehatan rawat inap dapat memiliki prabayar atau deductible yang lebih tinggi karena biaya rawat inap yang lebih besar. Asuransi kesehatan rawat jalan mungkin memiliki batasan prabayar atau deductible yang lebih rendah, atau bahkan tidak ada, karena biaya pelayanan rawat jalan biasanya lebih terjangkau.

*Perbedaan ini hanya mencerminkan fokus dan ruang lingkup perlindungan yang berbeda antara asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap di Indonesia. Informasi dan indikator perbedaan akan selalu tergantung pada ketentuan polis dari masing-masing perusahaan asuransi. 

Pahami dengan Baik Manfaat dan Keunggulan Asuransi Kesehatan Rawat Inap agar Tidak Salah Pilih

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan rawat inap, penting bagi calon peserta asuransi untuk melakukan penelitian mendalam, memahami syarat dan ketentuan polis, serta mempertimbangkan faktor-faktor seperti, limit klaim asuransi per tahun, jaringan fasilitas kesehatan, manfaat kunjungan dokter, dan layanan pelanggan lainnya. 

Dengan adanya berbagai opsi cakupan tambahan dan program-program pencegahan, asuransi kesehatan rawat inap tidak hanya memberikan perlindungan finansial saat sakit, tetapi juga mendorong gaya hidup sehat. Jika memilih dengan bijak dan menggunakan asuransi kesehatan secara efektif, kamu dapat memiliki akses terhadap perawatan yang diperlukan tanpa harus khawatir terhadap dampak keuangan yang berat, terutama untuk individu dan keluarga.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement