Jumat 08 Dec 2023 18:00 WIB

Manfaat Asuransi Mobil All Risk untuk Perlindungan dari Berbagai Risiko

Selain Totla Loss Only, ada jenis asurnasi yang menjamin berbagai macam risiko kerusakan mobil. Simak manfaat asuransi mobil all risk berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Berbagai macam risiko kerusakan saat berkendara merupakan hal yang dapat terjadi, baik itu karena cuaca, kondisi alam, atau bahkan pengemudi lain yang kurang bertanggung jawab. Tidak hanya risiko dari segi kerusakan mobil, kerugian finansial juga dapat membuat pemilik kendaraan garuk-garuk kepala.

Bayangkan saja, kerusakan mobil, seperti body penyok atau perbaikan spion elektrik, dapat menguras dompet dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, pemilik kendaraan yang baik perlu menyiapkan proteksi dari berbagai risiko ini dengan membeli asuransi mobil all risk.

 

Mengapa Asuransi Mobil All Risk?

asuransi all risk

Asuransi Mobil All Risk

Salah satu faktor yang membuat asuransi all risk atau yang sering disebut comprehensive diminati banyak orang adalah proteksi yang lengkap dan beragam. Beda dengan manfaat dari asuransi mobil TLO yang hanya menjamin kerusakan atau kehilangan dari 75% nilai kendaraan saja, asuransi mobil all risk memberikan proteksi yang lebih beragam bahkan jika nilai kerusakannya di bawah 75% nilai kendaraan.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan manfaat proteksi asuransi mobil yang lebih lengkap dan beragam, asuransi all risk merupakan pilihan yang tepat. Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini adalah manfaat memiliki asuransi mobil all risk untuk pemilik mobil.

  1. Proteksi yang Lengkap dan Bervariasi

    Seperti yang telah disinggung, kelebihan asuransi mobil all risk adalah proteksinya yang lebih lengkap dan variatif. Baik penyok, baret, pecah kaca, maupun kerusakan lainnya pada komponen kendaraan, akan sepenuhnya terjamin oleh asuransi jenis ini . 

  2. Dapat Menjamin Kerugian, Baik Kecil Maupun Besar

    Asuransi all risk menjamin berbagai kerusakan kecil hingga besar. Kerugian, seperti baret pada cat atau penyok yang kurang dari 75% nilai kendaraan, akan tetap di-cover oleh asuransi mobil all risk.

    Berbeda dengan asuransi mobil TLO (Total Loss Only) yang hanya memberi manfaat proteksi pada kerusakan yang mencapai 75% atau lebih dari nilai kendaraan dan risiko kehilangan. Kerusakan kecil tidak akan diganti (di-cover) oleh asuransi TLO.

  3. Memberi Rasa Tenang Saat Berkendara

    Dengan proteksi yang lebih lengkap dan bermacam-macam, baik kecil maupun besar, tentunya pengendara akan lebih tenang saat berkendara. Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir akan risiko-risiko kerusakan yang akan terjadi. Walaupun begitu, pengendara tetap harus berhati-hati saat berkendara untuk memastikan keselamatan diri dan orang lain.

  4. Proteksi untuk Kendaraan dan Finansial

    Dengan harga perbaikan mobil yang tidak murah, tentunya asuransi mobil memiliki manfaat proteksi finansial. Jika menggunakan  asuransi all risk, biaya perbaikan kerusakan mobil bisa terjamin oleh cakupan polis sehingga pemilik tidak perlu menguras uang pribadi.

    Untuk pengajuan klaim, pemilik hanya cukup membayar biaya sebesar Rp300 ribu saja. Biaya klaim tersebut jauh lebih murah dibandingkan membayar perbaikan pada kerusakan mobil yang bisa mencapai jutaan.

    Sebagai contoh spion elektrik mobil rusak karena ditabrak dan ingin mengajukan klaim asuransi mobil. Kamu cukup bayar biaya klaim sebesar Rp300 ribu saja. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan membayar sebesar Rp1,5 juta untuk perbaikan jika memperbaiki tanpa asuransi.

  5. Dapat Dilengkapi dengan Berbagai Perluasan

    Perluasan asuransi mobil merupakan proteksi tambahan yang dapat dimiliki pemilik kendaraan. Pada dasarnya, perluasan jaminan ini akan memberikan proteksi tambahan atas risiko-risiko yang belum di-cover oleh ketentuan polis asuransi mobil utama.

    Berikut 7 jenis perluasan jaminan asuransi mobil. 

    1. Banjir termasuk angin topan.
    2. Gempa bumi dan tsunami.
    3. Huru-hara dan kerusuhan (SRCC).
    4. Terorisme dan Sabotase.
    5. Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
    6. Kecelakaan diri untuk penumpang.
    7. Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Memiliki Asuransi Mobil All Risk Merupakan Langkah yang Bijak 

Asuransi all risk

Manfaat Asuransi Mobil

Asuransi mobil jenis all risk sudah tidak diragukan lagi keuntungannya. Fleksibilitas dan juga cakupan proteksi yang luas akan membuat pemilik mobil tenang akan segala risiko berkendara. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa asuransi all risk memiliki premi yang lebih mahal dibanding asuransi mobil TLO. Namun, dengan jenis proteksi yang ditawarkan, tentunya harga premi asuransi mobil all risk tergolong lebih tinggi dan cukup sepadan untuk dibayarkan.

Walaupun dengan berbagai manfaat proteksi dari asuransi mobil, pengendara yang bijak harus tetap berhati-hati saat berkendara. Jangan ugal-ugalan sampai mencelakai diri sendiri dan orang lain. Sekian penjelasan mengenai manfaat asuransi mobil all risk, semoga bermanfaat dan berhati-hatilah saat berkendara!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement