Jumat 26 Jan 2024 09:00 WIB

6+ Life Hack Jika Ingin Makan Enak dan Gratis, Menarik Dicoba!

Makan mewah dan enak bisa murah, bahkan gratis? Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana caranya!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Gaji yang pas-pasan terkadang memaksa seseorang harus serba hemat dan meminimalisir segala pengeluaran, terutama yang tidak diperlukan. Bahkan, seringkali seseorang harus memangkas biaya makan sehari-hari agar gaji bertahan sampai akhir bulan.

Namun, sekali-kali pastinya terbersit keinginan makan enak di resto mewah dan nyaman tanpa harus memikirkan bill-nya yang pastinya cukup fantastis. Nah, ternyata hal tersebut bukan hal yang mustahil untuk dilakukan, lho.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak life hack makan enak dan gratis di restoran mewah yang mungkin bisa dijadikan referensi pas tanggal tua.

 

Life Hack Makan Enak dan Gratis yang Worth It untuk Dicoba

Makanan Enak

Makan Enak Murah

  1. Pakai Kartu Kredit Dining

    Life hack yang pertama bisa dicoba adalah memanfaatkan kartu kredit restoran atau yang lebih populer dengan credit card dining. Kartu sakti ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan berbagai reward dan potongan harga saat makan di restoran.

    Kartu kredit jenis ini diperuntukkan untuk nasabah yang gemar berkunjung dan melakukan wisata kuliner di tempat-tempat tertentu. Makin sering kunjungan yang dilakukan maka promo dan reward yang didapatkan juga makin besar.

    Dibanding bayar secara tunai, kartu ini tentunya memberikan lebih banyak keuntungan untuk para penggunanya. Terutama yang ingin dapat potongan harga atau reward makan gratis di cafe maupun restoran tertentu.

    Untuk limitnya sendiri terbilang cukup tinggi tergantung jenis kartu. Pengguna juga bisa mendapatkan informasi promo-promo menarik dari restoran atau cafe terbaru setiap hari. Alhasil, penggunanya bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk jenis makanan yang sama.

  2. Datang Saja Launching Restoran Baru

    Nah, ini nih cara yang paling populer untuk bisa makan gratis di suatu tempat. Caranya gampang banget, lho. Satu hal yang terpenting, pastikan untuk selalu update informasi-informasi resto atau cafe terbaru yang akan segera di launching.

    Biasanya, pemilik cafe atau restoran sengaja menarik konsumen untuk datang dan mencicipi hidangan kuliner di tempatnya. Caranya dengan memberikan promo berupa makan gratis atau diskon harga hingga 50%.

    Dengan begitu, kamu dapat menikmati berbagai hidangan yang disajikan dengan lebih murah. Bahkan terkadang tidak perlu membayar sama sekali alias benar-benar free.

    Untuk suatu daerah, mungkin tidak ada terlalu banyak cafe atau resto baru. Jadi kesempatan ini sebenarnya bisa dibilang cukup langka. Jangan sampai melewatkan kesempatan dapat diskon besar satu ini ya.

  3. Jangan Malu Tanya Promo

    Life hack selanjutnya agar bisa makan enak dan gratis adalah jangan pernah malu untuk bertanya soal promo. Tidak semua tempat kuliner akan memajang promo yang mereka sedang adakan, lho.

    Jadi, sifat promo ini sebenarnya cukup tersembunyi dan eksklusif untuk beberapa orang tertentu yang mengetahuinya. Siapa tahu restoran yang sedang dikunjungi ternyata sedang mengadakan promo khusus yang tidak tertera di menu utamanya.

    Dengan menanyakannya, kesempatan untuk mengetahui ada tidaknya promo yang sedang berlangsung bisa lebih jelas. Alhasil ada peluang dapat makan gratis, deh.

    Contoh promo yang cukup populer adalah buy one get one. Dengan beli satu hidangan pembeli akan mendapatkan dua buah hidangan yang di mana satunya lagi sifatnya gratis. Kalau tidak bisa menghabiskannya sendirian, coba ajak salah satu teman dan tawarkan opsi untuk bayar patungan alias 50:50.

    Jadi, kalau harganya Rp100.000, bisa dibagi berdua dan hanya perlu membayar Rp50.000 saja untuk setiap orang. Menarik, bukan?

  4. Gunakan Aplikasi Pemesanan Makanan secara Online

    Aplikasi online, seperti Shopee Food, GoFood by Gojek, dan GrabFood by Grab, biasanya menawarkan promo yang cukup spektakuler untuk beberapa merchant. Potongan harganya bisa sampai 50% lebih, ada juga promo cashback, buy one get one free dan lain sebagainya yang bisa ditemukan di sini.

    Untuk periode program promonya sendiri biasanya terbatas, jadi pastikan untuk selalu update informasi promo terkini melalui aplikasi tersebut. Sayangnya, karena menggunakan aplikasi maka harus dibawa pulang.

  5. Bayar Pakai e-Wallet

    Alih-alih membayar pesanan makanan secara tunai, bisa gunakan opsi bayar dengan dompet digital yang dimiliki. Misalnya saja, dengan GoPay, OVO, DANA, maupun opsi dompet digital lainnya.

    Beberapa aplikasi dompet digital biasanya akan memberikan promo-promo khusus atau cashback yang bisa dimanfaatkan. Nah, cashback ini nantinya akan dikreditkan ke saldo atau koin yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk membayar transaksi berikutnya.

  6. Gunakan Kartu Kredit

    Life hack agar bisa makan enak modal minim selanjutnya adalah dengan memanfaatkan diskon dari kartu kredit. Untuk diskonnya sendiri biasanya tergantung dari penawaran yang diberikan cafe atau restoran tersebut. Mereka akan memberikan diskon beberapa persen jika konsumen menggunakan pembayaran dengan kartu kredit tertentu.

    Ada juga diskon yang bisa diperoleh dengan poin reward tertentu. Selain itu, dengan menggunakan kartu kredit, tagihannya bisa bayarnya di akhir bulan atau di waktu tertentu. Tapi ingat ya, pastikan untuk menggunakan kartu kredit secara bijak dan bayar cicilan tepat waktu.

  7. Pakai Voucher Makan

    Dapat voucher makan dari teman? Ya, jangan dianggurin dong. Segera gunakan voucher tersebut sebelum masa berlakunya habis atau expired. Dengan voucher makan, kamu bisa dapat potongan harga atau bahkan makan menu tertentu secara gratis.

    Pihak cafe atau resto biasanya membagikan voucher ini di waktu-waktu tertentu. Bisa saja sewaktu launching cabang terbaru untuk memperkenalkan hidangan terbaru mereka, atau ketika ada event-event tertentu.

Cerdas Cari Peluang, Bikin Hidup Lebih Mudah

Jika mau berusaha, sebetulnya ada banyak lifehack yang bisa dicoba agar bisa makan enak dan gratis. Dari menggunakan kartu kredit, voucher makan, datang di saat acara launching, pesan secara online, dan lain sebagainya.

Dengan lifehack, bisa lebih membantu untuk hemat pengeluaran. Mau makan enak tanpa banyak biaya alias gratis? Bisa dong, asal bisa menemukan peluang serta tidak malu bertanya. Semoga bermanfaat!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement