Jumat 02 Feb 2024 12:00 WIB

Diet Tak Perlu Mahal! Mulai Diet Low Budget dengan Tips Berikut

Diet bukan merupakan aktivitas mahal. Yuk simak penjelasan berikut agar mendapat insight tentang diet low budget!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Diet merupakan aktivitas seseorang dalam mengontrol pola makan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan yang paling umum ditemukan adalah untuk menurunkan berat badan. Meskipun begitu, diet juga bisa dilakukan untuk mencapai kondisi kesehatan tertentu atau menjaga asupan nutrisi untuk tujuan tertentu. 

Apa pun tujuannya, diet yang sehat merupakan hal yang baik. Oleh karena itu, tak jarang ditemukan bahwa keinginan diet bisa timbul di benak siapa saja. Akan tetapi, seseorang sering menemukan hambatan saat memulai diet, seperti kurangnya niat atau bahkan pengetahuan tentang diet itu sendiri. 

Salah satu contoh kurangnya pengetahuan tentang diet adalah berpikir bahwa menu diet memakan bujet yang lebih besar ketimbang menu biasa. Apabila kamu juga berpikir demikian, yuk simak penjelasan berikut agar mendapat insight tentang diet low budget!

 

Tips Memulai Diet

tips diet low budget

Sebelum memulai diet low budget, pastikan kamu sudah mantap memiliki niat untuk diet. Sebab, kunci diet terletak pada kemauan dan konsistensi. Apabila masih ragu-ragu, simak tips memulai diet berikut. 

1. Buat Tujuan Diet yang Realistis

Saat ingin mengejar sesuatu, tentukanlah tujuannya. Sama dengan diet, kamu harus mengetahui apa yang ingin kamu raih dalam diet. Untuk mengetahuinya, kenalilah tubuhmu sendiri. Caranya, dengan mengetahui body mass index (BMI) atau langsung berkonsultasi kepada ahlinya. 

2. Tetapkan Program Diet

Setelah mengetahui permasalahan dalam tubuh dan menetapkan tujuan diet, tentukanlah program yang ingin dijalankan. Sebagai contoh, apabila kamu ingin mengurangi kadar lemak dengan defisit kalori, hitunglah kebutuhan kalori harian dan atur agar asupan kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dari kebutuhan kalori. 

Apabila memiliki tujuan lain, kamu bisa konsultasikan dietmu kepada ahli. Para ahli akan menetapkan program yang bisa kamu ikuti dan asupan apa saja yang harus dikonsumsi. 

3. Pastikan Asupan Air Cukup

Mengonsumsi air mineral adalah hal yang harus dilakukan, baik saat diet maupun tidak. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menghidrasi tubuh dengan minum air sebanyak dua liter per hari. Saat diet, mengonsumsi air secara cukup bisa membantumu mengurangi rasa lapar, lho. 

4. Barengi dengan Olahraga

Saat memutuskan untuk hidup lebih sehat dengan diet, maksimalkanlah keinginan tersebut dengan menambah kebugaran melalui olahraga. Sebab, berolahraga membantu meningkatkan metabolisme. Pilihlah olahraga yang cocok dengan aktivitas dan keadaan tubuhmu. 

5. Catat Kemajuan Diet

Tidak ada usaha yang tidak berhasil. Oleh karena itu, catatlah setiap kemajuan yang kamu alami setiap hari berkat diet, sekecil apa pun itu. Dengan begitu, di saat jenuh dengan diet yang dijalani, kamu bisa selalu mengingat perjuangan apa yang telah kamu lakukan hingga sampai ke titik tersebut. 

Bahan Makanan yang Irit untuk Diet Low Budget

Diet bukan merupakan aktivitas mahal. Oleh karena itu, kamu tak perlu memusingkan soal harga. Tak dimungkiri, banyak bahan makanan penunjang diet yang mahal. Akan tetapi, banyak pula bahan makanan diet low budget yang bisa dipilih. Berikut adalah penjelasannya. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan buah-buahan yang cukup terjangkau. Di pasaran, harganya berkisar dari Rp5.000 hingga Rp20.000 per kilogram atau pak. Baik dalam satuan kilogram atau pak, jumlah sayur yang bisa kamu dapatkan dengan harga tersebut bisa sampai tiga porsi makan. 

Beras Coklat

Saat mengurangi kalori dan gula, beras coklat kerap jadi pilihan. Sebagai pengganti nasi putih, beras ini cukup efektif untuk menjaga asupan kalori. Di pasaran, beras coklat dibanderol mulai dari Rp31.000 saja, lho. 

Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan diet low budget  yang sangat irit. Harga telur di pasaran dibanderol mulai dari Rp20.000 per kilogram. Perlu diingat, telur bisa menjadi makanan rendah kalori yang mengenyangkan apabila diolah tanpa digoreng, ya. 

Yogurt dan Susu Tanpa Lemak

Saat diet, camilan juga perlu dikonsumsi. Yogurt dan susu bisa menjadi alternatifnya, namun pastikan kamu mengonsumsi produk yang tanpa lemak. Produk ini dipatok mulai dari Rp10.000 per botol. 

Buah-buahan Musiman

Camilan lain yang juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan saat diet adalah buah musiman di daerahmu. Buah yang memiliki banyak serat bisa membantumu merasa kenyang lebih lama. Biasanya, buah-buahan ini dijual per gram mulai dari Rp10.000

Tahu dan Tempe

Selama diet, sumber protein juga harus dipenuhi. Tahu dan tempe yang kaya akan protein nabati adalah salah satunya. Keduanya dibanderol mulai dari Rp5.000 sebungkus. Dengan harga tersebut, kamu bisa buat berbagai menu diet low budget untuk berhari-hari. 
Ikan Kaleng Selain protein nabati, protein hewani juga harus dipenuhi selama diet. Walaupun harga ayam dan daging cukup terjangkau, terdapat makanan lain yang lebih murah: ikan kaleng. Ikan kaleng, seperti sarden, dibanderol mulai dari Rp8.000 saja di pasaran. 

Menu Diet Low Budget

menu diet low budget

Tujuh bahan makanan diet low budget tersebut bisa disulap menjadi menu yang mengenyangkan dan tidak membosankan, lho. Berikut adalah penjelasannya. 

1. Gado-Gado Sayuran Hijau

Apabila diet identik dengan salad, gado-gado adalah menu andalannya. Mengusung konsep yang sama seperti salad, kamu bisa mencampur aneka sayuran hijau kesukaan. Alih-alih mayones yang cukup tinggi kalori, kamu bisa menambah seasoning berupa saus kacang. 

Untuk menambah selera dan nutrisi, kamu bisa menambahkan dua butir telur rebus untuk dimakan bersama gado-gado. Selain menambah kegurihan citarasa, telur juga mengenyangkan. Menu ini cocok dijadikan sarapan. 

2. Ayam Panggang dan Sayur Lalapan dengan Beras Coklat

Menu diet low budget lain yang bisa kamu konsumsi adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Sumber karbohidrat bisa kamu dapatkan dari beras coklat atau beras merah pilihan. Sementara itu, sumber protein bisa didapatkan dari ayam. 

Mendampingi beras coklat yang rendah kalori, kalori protein yang dikonsumsi juga harus rendah. Hal tersebut bergantung pada cara mengolah sumber protein. Untuk ayam, kamu bisa panggang dengan bumbu marinasi dari kecap mais, kecap asin, bawang putih, ketumbar, merica, garam, dan air jeruk nipis. 

Untuk sayur lalapan, kamu bisa memanfaatkan sejumlah sayuran hijau, seperti timun dan selada. Menambah warna, masukkan juga tomat yang bisa menjadi sensasi asam. Menu ini cocok untuk makan siang. 

3. Pepes Tahu, Ikan Kaleng, dan Sayur Bening

Masih ingat tahu sebagai sumber protein yang murah? Nah, olahlah bahan tersebut menjadi makanan yang lezat dan rendah kalori: pepes tahu. Caranya, haluskan tahu, bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan cabai merah. Lalu, bungkus ke dalam daun pisang dan kukus selama 30 menit. 

Untuk sayurnya, kamu bisa membuat olahan sayur bening, seperti bayam rebus atau labu siam. Kamu juga bisa membuat tumis tauge atau tumis kangkung. Pastikan menggunakan minyak seminimal mungkin, ya. Menu ini sedap disantap sebagai makan malam. 

4. Camilan Salad Buah

Di sela-sela waktu makan, tubuh yang sedang diet kerap merasa lapar. Nah, menu camilan diet low budget yang bisa kamu santap adalah salad buah. Perlu diingat, konsumsilah salad buah dengan bahan-bahan yang rendah kalori. 

Sebagai contoh, kamu bisa membuat salad buah dengan mencampur semua bahan buah musiman yang dirasa cocok. Lalu, tambahkanlah yogurt tanpa lemak untuk memberi aksen asam. 

5. Smoothies Buah Tanpa Lemak

Masih ingat dengan susu tanpa lemak? Jika dikonsumsi secara plain, banyak orang yang tidak berselera. Oleh karena itu, kamu bisa memasukkan buah-buahan pada susu tanpa lemak hingga menjadi smoothies

Caranya cukup mudah. Langkah pertama adalah masukkan buah-buahan yang diinginkan ke dalam blender. Lalu, masukkan susu tanpa lemak. Blenderlah seluruh bahan selama beberapa detik hingga tekstur mengental. Smoothies rendah kalori pun siap disantap. 

Diet Low Budget Gampang, Kan? 

Itulah penjelasan mengenai diet low budget yang bisa kamu terapkan. Saat kamu ingin memulai diet, pastikan kamu sudah memiliki kemauan yang tinggi dan mengetahui diet seperti apa yang kamu jalankan. 

Warnai hari-hari dietmu dengan mengonsumsi menu diet low budget. Seluruh bahan-bahannya bisa kamu temukan di minimarket atau supermarket terdekat dengan harga yang terjangkau. Berkreasilah dengan menumu, namun pastikan masakannya rendah kalori, ya. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement