Jumat 02 Feb 2024 18:00 WIB

Menelaah Estimasi Biaya Operasi Lutut di Jakarta

Beberapa cedera pada lutut memerlukan penanganan operasi dengan biaya yang bervariasi. Lebih lanjut, simak uraiannya pada tabel sebagai berikut.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Operasi lutut cukup menelan banyak biaya dengan besaran yang bervariasi. Besaran tersebut tergantung dari jenis cedera, tingkat keparahan, hingga fasilitas kesehatan yang perlu digunakan.

Pada umumnya, pasien perlu mempersiapkan budget untuk biaya operasi lutut di kisaran Rp15 juta sampai Rp50 juta. Semuanya tergantung dari tingkat keparahan cedera yang dialami sang pasien.

Cedera Lutut yang Memerlukan Operasi

Beberapa cedera pada lutut memerlukan penanganan operasi dengan biaya yang bervariasi. Lebih lanjut, simak uraiannya pada tabel sebagai berikut.

Tabel Perkiraan Biaya Operasi Lutut di Jakarta

 

Bentuk Cedera

Penjelasan

Perkiraan Biaya

1.       

Ligamen robek.

Paling sering terjadi, ligamen merupakan jaringan yang menghubungkan tulang di area lutut. Ligamen yang robek kerap diakibatkan oleh trauma, kecelakaan, hingga cedera saat berolahraga dan lainnya.

Rp15 juta - Rp30 juta.

2.       

Arthroscopy.

Merupakan prosedur bedah minimal invasif untuk mengobati dan mendiagnosis masalah-masalah sendi. Arthroscopy dilakukan ketika meniskus robek, adanya penyakit tendon, osteoarthritis dan lainnya.

Rp15 – Rp25 juta. Kisaran biaya ini belum termasuk biaya obat-obatan, rawat inap, hingga rehabilitasi pasca operasi.

3.       

Patah tulang.

Patah tulang di area lutut dapat terjadi karena trauma, mengalami kecelakaan, sehingga cedera saat berolahraga.

Rp20 juta – Rp50 juta.

Sekilas Mengenai Prosedur Medis Total Knee Replacement

Operasi Lutut

Selain beberapa jenis cedera lutut di atas, terdapat juga prosedur medis total knee replacement. Prosedur medis ini dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut pasien yang sudah rusak secara total dengan sendi lutut prostetik atau buatan.

Biasanya, pasien akan direkomendasikan menjalani total knee replacement jika mengalami radang sendi lutut yang tak kunjung sembuh dan berkepanjangan—bahan setelah menjalani pengobatan non bedah sekalipun.

Arthritis di lutut dapat ditandai dari sulitnya beraktivitas fisik yang mengandalkan lutut. Selain itu, nyeri ketika naik tangga, duduk, berjalan dan berbaring juga bisa menjadi pertanda signifikan.

Meski begitu, tak semua pasien penderita cedera lutut diperbolehkan menjalani bedah total knee replacement. Operasi penggantian lutut tak dapat dilakukan jika pasien menderita penyakit pembuluh darah parah dan septic arthritis.

Di samping itu, pasien yang sedang terkena infeksi tertentu walaupun areanya bukan di lutut, hingga mempunyai kelainan fungsi otot tungkai tak disarankan untuk melakukan operasi penggantian lutut secara keseluruhan.

Perkiraan Biaya Operasi Lutut Total Knee Replacement

Adapun untuk estimasi biaya operasi lutut total knee replacement ini memang bervariasi. Namun pada umumnya mulai dari Rp18 juta – Rp85 juta. Pasien dianjurkan untuk menyiapkan budget lebih sebanyak 30% dari perkiraan biaya untuk dana yang tak terduga.

Selanjutnya, apakah menjalani bedah total knee replacement berisiko? Operasi ini sangat aman dan jarang terjadi komplikasi atau efek samping. Namun sebagai informasi, sejumlah risiko yang jarang terjadi itu berupa infeksi, stroke, hingga kerusakan saraf di area yang dibedah.

Khususnya apabila terjadi infeksi, pasien dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter jika muncul demam, keringat dingin, terjadi pembengkakan, kemerahan, nyeri dan keluar cairan di area yang dioperasi.

Tips Hemat Biaya Operasi Lutut

Biaya operasi lutut berada di kisaran puluhan juta. Bisakah dihemat? Simak tipsnya sebagai berikut:

1. Lakukan Perbandingan Harga

Agar lebih hemat biaya, pasien dan keluarga yang bersangkutan bisa membandingkan harga terlebih dahulu ke beberapa fasilitas kesehatan. Cari tahu berapa besaran biaya operasi lutut di beberapa rumah sakit. Dengan begitu, pasien dapat mengambil alternatif harga terbaik yang sesuai.

2. Cari Tahu Penawaran Diskon atau Subsidi

Kemungkinannya, ada sejumlah fasilitas kesehatan yang menawarkan subsidi atau diskon untuk pasien yang kondisinya kurang mampu.

 

3. Optimalkan Penggunaan Asuransi atau Jaminan Kesehatan

Bagi pasien yang memiliki asuransi kesehatan atau jaminan kesehatan lainnya, ada kemungkinan asuransi atau jaminan tersebut bisa menutupi sebagian, bahkan seluruh pembiayaan operasi.

Tentunya, operasi lutut menggunakan asuransi kesehatan akan meringankan pasien dan keluarga lantaran jadi tak begitu mahal. Demikian juga dengan operasi lutut menggunakan BPJS Kesehatan.

Para peserta program kesehatan JKN-KIS dapat menjalani operasi penggantian sendi lutut dengan gratis alias ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2021 mengenai Jaminan Kesehatan.

Di dalam peraturan terkait, operasi penggantian sendi lutut termasuk ke dalam kategori tindakan operatif serta rehabilitasi medik.

Agar bisa mendapatkan jaminan operasi sendi lutut dari BPJS Kesehatan, peserta atau pasien wajib memenuhi sejumlah syarat sebagai berikut:

  • Mempunyai kartu BPJS Kesehatan aktif,
  • Ada surat rujukan dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama),
  • Mempunyai diagnosis medis penyakit sendi lutut dengan bukti hasil pemeriksaan penunjang, misalnya rontgen, CT Scan atau MRI,
  • Adanya persetujuan dari wali/ keluarga bagi pasien atau peserta yang masih di bawah umur.

BPJS Kesehatan Menanggung Biaya Operasi Lutut

Kabar baiknya, BPJS Kesehatan menanggung biaya operasi penggantian sendi lutut, termasuk biaya operasi, anestesi, biaya kamar rawat inap, biaya pemeriksaan penunjang, serta biaya obat-obatannya. Dengan kata lain, peserta/ pasien tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Demikian informasi seputar berbagai cedera lutut serta biaya operasi lutut. Apabila mengalami cedera lutut, sebaiknya segerakan konsultasi ke dokter guna mendapat diagnosis tepat serta perawatan terbaik yang diperlukan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement