Senin 12 Feb 2024 18:00 WIB

Student Loan: Cara Baru Dapatkan Kemudahan untuk Belajar di Perguruan Tinggi

Jika kamu tertarik dan ingin mencoba program student loan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak baik-baik, ya!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bukan menjadi rahasia lagi jika pendidikan menjadi salah satu kebutuhan primer yang penting untuk dipenuhi. Sebagai orang tua, sebisa mungkin akan mengusahakan pendidikan terbaik, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kesemuanya itu tentu memerlukan biaya yang tak sedikit, sehingga harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Jika dibandingkan dengan banyak negara maju, biaya pendidikan di Indonesia termasuk rendah. Namun, banyak warga Indonesia yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi. Selain mahal, menempuh pendidikan di perguruan tinggi juga dianggap memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga banyak yang lebih memilih untuk bekerja saja.

Padahal, ada banyak jalan untuk bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Jika biaya menjadi kendala utama, pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar telah memiliki program beasiswa yang bisa meringankan biaya kuliah. Tak hanya itu, saat ini pun sedang hits program student loan yang mana bisa sangat membantu dalam hal pembiayaan pendidikan tinggi. 

Jika kamu tertarik dan ingin mencoba program student loan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak baik-baik, ya!

 

Apa itu Student Loan?

student loan

Student loan atau dalam bahasa Indonesia disebut pinjaman pelajar adalah bentuk dukungan keuangan yang ditawarkan oleh pemerintah atau lembaga keuangan khusus. Tujuannya adalah untuk membantu menutupi biaya pendidikan, seperti biaya kuliah, buku, perumahan, makanan, dan biaya lainnya yang terkait dengan hidup di kampus. 

Prosesnya dimulai dengan meneliti dan memahami jenis pinjaman pelajar yang tersedia. Ada pinjaman pelajar yang bersifat pemerintah dan memiliki tingkat bunga yang lebih rendah, serta opsi pinjaman dari lembaga swasta yang mungkin menawarkan tingkat bunga yang berbeda. Kamu perlu memahami syarat dan ketentuan pinjaman, seperti jangka waktu pengembalian, persyaratan pembayaran, dan dampak bunga atas jumlah yang dipinjam. 

Setelah memahami jenis pinjaman yang ingin diambil, langkah selanjutnya harus mengajukan permohonan. Proses pengajuan melibatkan pengisian formulir, memberikan informasi pribadi dan finansial, serta mungkin memerlukan persyaratan seperti bukti penerimaan di perguruan tinggi. Kamu juga perlu memahami bahwa pinjaman ini akan perlu dibayar kembali di masa depan, sehingga penting untuk merencanakan bagaimana akan mengelola pengembalian pinjaman setelah lulus.

Sejarah Student Loan di Indonesia 

Seiring perkembangan zaman dan globalisasi, banyak negara mulai menerapkan sistem pinjaman pelajar sebagai solusi untuk memfasilitasi akses pendidikan tinggi bagi  yang kurang mampu secara finansial. Indonesia pun perlahan mulai menyadari pentingnya dukungan finansial bagi mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan lebih tinggi.

Pada tahun-tahun terakhir ini, pemerintah Indonesia mulai memperkenalkan skema pinjaman pelajar sebagai salah satu upaya untuk memungkinkan akses lebih besar ke pendidikan tinggi. Skema ini dirancang untuk membantu mahasiswa yang kesulitan secara finansial dalam membayar biaya pendidikan. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, langkah-langkah ini menunjukkan perhatian pemerintah terhadap masalah akses pendidikan tinggi.

Sebagai mahasiswa di era ini, kamu mungkin menemukan beberapa opsi pinjaman pelajar yang ditawarkan oleh pemerintah atau lembaga keuangan. Kamu akan merasakan dampak positif dari adanya pinjaman ini, karena dapat membantu meringankan beban finansial pribadi dan keluarga dalam membiayai biaya pendidikan. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih opsi pinjaman yang sesuai, memahami syarat dan ketentuan dengan cermat, serta merencanakan pengembalian pinjaman setelah lulus.

Perbedaan Student Loan di Indonesia dan Amerika Serikat

student loan

Di Indonesia, saat memikirkan pinjaman pelajar, kamu akan melihat bahwa sistem ini masih dalam tahap pengembangan. Pinjaman pelajar di sini mungkin lebih terbatas dalam jumlah yang dapat dipinjam dan suku bunga cenderung lebih rendah. 

Namun, kamu mungkin perlu memenuhi beberapa persyaratan ketat untuk memenuhi syarat dan mendapatkan pinjaman. Selain itu, pengembalian pinjaman di Indonesia mungkin memiliki jangka waktu yang lebih singkat dan metode pembayaran yang berbeda, seperti potongan gaji atau cicilan tetap setelah lulus.

Sementara itu, di Amerika Serikat,  kamu akan menemukan sistem yang lebih matang dan kompleks. Banyak lembaga keuangan dan pemerintah federal menawarkan berbagai jenis pinjaman pelajar dengan jumlah yang lebih besar. 

Namun, suku bunga di sini bisa jauh lebih tinggi, tergantung pada jenis pinjaman dan kondisi pasar. Pilihan pengembalian yang lebih fleksibel juga tersedia, seperti pengunduran pembayaran hingga setelah lulus atau opsi berbasis penghasilan.

Manfaat Student Loan

Pinjaman pelajar sejatinya sangat bermanfaat dalam membantu mewujudkan impian pendidikan lebih tinggi tanpa harus sepenuhnya mengandalkan dukungan finansial keluarga. Pinjaman pelajar dapat membantu menutupi biaya kuliah, buku, perumahan, dan biaya hidup lainnya yang terkait dengan kehidupan di kampus. Sehingga, penerima pinjaman pelajar ini bisa lebih fokus untuk belajar tanpa terlalu khawatir tentang aspek finansial sepanjang perjalanan pendidikan. 

Selain itu, dengan mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, kamu meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan potensi penghasilan yang lebih tinggi di masa depan, sehingga memungkinkan untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Pinjaman pelajar dapat membantu meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lebih banyak warga negara. Dengan memberikan pinjaman kepada mahasiswa yang kurang mampu secara finansial, pemerintah dapat membantu mengurangi kesenjangan akses pendidikan dan memberikan kesempatan kepada individu yang sebelumnya mungkin tidak mampu mendapatkan pendidikan tinggi.

Terlebih lagi pinjaman pelajar dapat memiliki dampak positif dalam jangka panjang. Dengan memberikan kesempatan lebih banyak individu untuk mendapatkan pendidikan tinggi, negara dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih terampil dan terdidik. Ini akan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing negara dalam skala global. 

Pinjaman pelajar juga dapat mendorong pertumbuhan sektor pendidikan dan inovasi, karena lebih banyak orang akan memiliki akses untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru.

Jenis-Jenis Student Loan

  1. Private Student Loans

    Jenis pinjaman yang satu ini disediakan oleh lembaga keuangan swasta, seperti bank atau lembaga pemberi pinjaman lainnya, untuk membantu membiayai pendidikan di perguruan tinggi. Tingkat bunga pada Private Student Loans bisa bervariasi tergantung pada lembaga pemberi pinjaman, kualitas kredit, dan pasar saat itu. Beberapa pinjaman mungkin memiliki tingkat bunga tetap, sementara yang lain mungkin memiliki tingkat bunga yang dapat berubah selama masa pinjaman.

  2. Federal Stafford Loans

    Federal Stafford Loans adalah jenis pinjaman yang disediakan oleh pemerintah federal untuk membantu membiayai pendidikan tinggi. Ini adalah pilihan yang umum digunakan oleh mahasiswa yang melanjutkan studi di Amerika Serikat. Federal Stafford Loans memiliki beberapa keuntungan, seperti tingkat bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman swasta dan opsi pembayaran yang lebih fleksibel.

    Namun, sangat penting untuk memahami bahwa pinjaman ini adalah utang yang harus dibayar kembali. Sebelum mengambilnya, pertimbangkan dengan cermat berapa banyak yang dibutuhkan dan bagaimana mengelola pembayaran setelah lulus.

  3. Parent PLUS Loans

    Parent PLUS Loans adalah jenis pinjaman yang disediakan oleh pemerintah untuk membantu orang tua atau wali dari mahasiswa membayar biaya pendidikan tinggi anak mereka selama kuliah di luar negeri. Jenis pinjaman satu ini bisa diambil jika orang tua mahasiswa berada di negara yang sama.

  4. Intra Family Loans

    Intra-Family Loans adalah jenis pinjaman yang terjadi antara anggota keluarga, seperti orang tua dan anak, saudara kandung, atau kerabat lainnya. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk mentransfer uang antar anggota keluarga untuk berbagai tujuan, seperti pendidikan, pembelian rumah, atau keperluan lainnya.

    Intra-Family Loans melibatkan kesepakatan antara pemberi pinjaman (misalnya orang tua) dan penerima pinjaman (misalnya anak). Kesepakatan ini mencakup jumlah pinjaman, tingkat bunga (jika ada), jadwal pembayaran, dan persyaratan lainnya. Ini bisa sangat fleksibel, tergantung pada kesepakatan keluarga.

    Tingkat bunga pada Intra-Family Loans dapat ditentukan oleh anggota keluarga. Beberapa keluarga mungkin memutuskan untuk tidak memberlakukan bunga sama sekali, sementara yang lain mungkin menetapkan tingkat bunga yang lebih rendah daripada lembaga keuangan komersial.

  5. Perkins Loans

    Perkins Loans adalah salah satu jenis pinjaman pendidikan yang ditawarkan kepada mahasiswa oleh beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat. Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikanmu di perguruan tinggi, mungkin bisa mempertimbangkan Perkins Loans sebagai salah satu pilihan finansial. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perguruan tinggi menawarkan jenis pinjaman ini, jadi pastikan untuk mengecek dengan lembaga pendidikanmu apakah Perkins Loans tersedia atau tidak.

    Perkins Loans cenderung memiliki tingkat bunga yang lebih rendah daripada beberapa jenis pinjaman lainnya. Selain itu, beberapa perguruan tinggi mungkin juga tidak mengenakan biaya asal atau biaya pengolahan pada pinjaman ini.

    Pembayaran pinjaman Perkins dimulai setelah penerimanya lulus, berhenti kuliah, atau menjadi mahasiswa paruh waktu. Selama masa studi, biasanya tidak ada pembayaran yang diperlukan. Hal ini cukup menguntungkan karena penerimanya bisa lebih fokus pada pendidikan sebelum harus mulai membayar pinjaman.

    Jumlah yang bisa didapatkan melalui Perkins Loans ini bervariasi, tergantung pada kebijakan perguruan tinggi serta kebutuhan finansial masing-masing penerimanya. Biasanya, jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman federal lainnya.

  6. Student Loan Overseas Zone

    Student Loan Overseas Zone adalah konsep yang berkaitan dengan bagaimana pinjaman mahasiswa beroperasi ketika memutuskan untuk belajar di luar negeri. Aturan dan persyaratan pembayaran ini mungkin berbeda tergantung pada tempat kamu belajar dan jenis pinjaman yang diambil.

    Student Loan Overseas Zone mencakup perbedaan antara wilayah tempat berkuliah dan wilayah di mana pinjaman mahasiswa diberikan. Ini bisa mengakibatkan aturan pembayaran dan pengaturan lainnya yang berbeda-beda tergantung pada negara atau wilayah yang bersangkutan.

Bijak Gunakan Pinjaman Pelajar agar Manfaat yang Didapat Lebih Maksimal

Kehadiran student loan ini seharusnya menjadi angin segar yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang ditawarkan. Untuk itu, pilihlah platform terbaik yang bisa membantumu mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan, ya. 

Maksimalkan fungsi dan tujuan dan pinjaman pelajar ini dengan penggunaan dana pinjaman secara tepat dan efisien. Hal ini penting agar manfaat yang didapatkan bisa dirasa lebih maksimal. Jadi, jangan ragu untuk mencoba program yang satu ini, ya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement