Kamis 21 Mar 2024 15:47 WIB

Tips dan Trik Merawat Mobil Diesel agar Tetap Prima dan Awet

Walaupun terkenal awet, mobil diesel juga tetap haru dirawat agar performanya terjaga. Simak tips-tips merawat mobil diesel berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Bertenaga besar dan digadang-gadang mudah dirawat, mobil diesel juga menjadi pilihan orang untuk menjadi mobil idamannya. Ditambah teknologi mesin diesel yang makin canggih juga membuat mobil jenis ini makin laku di pasar.

Walaupun sudah terbilang awet, mobil diesel juga butuh perawatan untuk memastikan umurnya panjang. Layaknya jenis mobil lainnya, perawatan atau servis juga dilakukan untuk memastikan performa yang prima. Berikut ini adalah tips merawat mobil diesel yang perlu kamu ketahui.

 

Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet

tips merawat mobil diesel

Berikut tips dan trik merawat mobil diesel, yaitu:

  1. Pilih Bahan Bakar yang Berkualitas

    Banyak dari kita salah memilih bahan bakar untuk mobil yang digunakan karena tidak mengerti kualitas bahan bakar dengan mesin butuhkan. Padahal penting sekali untuk kita pahami bahwa bahan bakar salah satu hal yang paling mempengaruhi umur mesin mobil diesel. Pastikan pilih bahan bakar yang berkualitas dengan tidak memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Karena bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur yang tinggi akan merusak beberapa komponen seperti injektor.

  2. Harus Rutin Mengganti Filter Bahan Bakar / Solar

    Selain memilih bahan bakar yang berkualitas, tentu filter dari bahan bakar / solar harus rajin diganti dan dibersihkan agar tetap bisa menyaring kotoran serta kandungan air yang ada pada bahan bakar. Bila jarang diganti, maka kotoran akan menumpuk dan menyebabkan mobil bisa mogok akibat pembakaran yang tidak sempurna.

  3. Pilihlah Oli dengan Benar dan Sesuai

    Berikutnya, pastikan kamu memilih oli yang benar dan sesuai untuk mesin diesel. Mesin diesel butuh oli yang lebih kental karena memiliki temperatur yang lebih tinggi dari mobil bensin. Tanyakan pada mekanik atau saat membeli mobil mengenai jenis oli yang cocok untuk mesin mobil diesel agar tidak salah.

  4. Harus Rutin Mengganti Filter Udara

    Selain mengganti filter bahan bakar, tentu filter udara juga harus diganti agar dapat menyaring debu serta kotoran dengan sempurna. Menunda mengganti filter bisa berakibat buruk pada mesin. Filter udara kotor akan mengurangi asupan udara ke mesin yang mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Tidak jarang juga filter udara yang kotor dapat membuat mobil diesel mogok.

  5. Rutin Membersihkan Injektor Mesin

    Injektor mesin juga perlu dibersihkan loh! Karena injektor mesin yang bersih bisa membuat performa mesin tetap baik, hemat bahan bakar, dan cara bersihkannya juga cukup mudah. Hanya perlu membawanya ke bengkel dan teknisi akan menyemprotkan cairan ke dalam saluran bahan bakar mesin.

    Bila perlu, lakukan juga servis injektor di bengkel spesialis terdekat di rumah atau bengkel resmi. Pembersihan injektor ini akan dilakukan mekanik dengan cairan yang dicampur dalam bahan bakar. Ada juga bengkel yang melepas komponen injektor dan membersihkannya secara manual.

  6. Lakukan Servis Secara Berkala

    Selain rutin membersihkan dan mengganti filter, kamu juga tetap harus melakukan servis secara berkala untuk menjaga kualitas mesin mobil diesel. Jadi jika bisa dirawat secara rutin agar tidak mengalami kerusakan.

  7. Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

    Layaknya mobil bensin yang perlu dipanaskan terlebih dahulu, pastikan kamu selalu memanaskan mesin mobil selama 5-10 menit sebelum digunakan. Hal ini dilakukan agar oli yang ada di mesin bisa bersirkulasi untuk bisa melumasi setiap komponen yang ada pada mesin. Bila langunsung digunakan tanpa dipanaskan, mesin mobil bisa rusak karena gesekan yang terjadi akibat oli yang belum bersirkulasi.

  8. Jangan Pernah Langsung Mematikan Mesin Mobil

    Terakhir, jangan pernah langsung matikan mesin mobil karena bisa menyebabkan mobil kaget serta komponen mesin mobil jadi rusak. Jadi berikan waktu pendinginan dulu pada komponen mesin. 

    Tetap nyalakan mobil tanpa digerakkan selama beberapa menit sebelum mematikan mesin, khususnya pada mesin diesel dengan turbo. Hal ini dikarenakan mesin diesel memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dibanding mesin bensin sehingga butuh proses “pendinginan” sebelum mematikan mesin.

Rawat Mobil Diesel dengan Baik

Diesel

Itulah cara-cara merawat mobil diesel agar tidak cepat rusak. Mesin diesel memiliki performa yang kuat dan awet asalkan dirawat dengan benar. Lakukan servis di bengkel yang resmi dan terpercaya dan berikan juga perlindungan terbaik untuk mobil dieselmu. Semoga informasi ini membantu!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement