Senin 29 Apr 2024 00:00 WIB

Tips Menjaga Barang Bawaan Saat Naik Kereta, Pasti Aman

Bagaimana kalau barang bawaannya banyak? Berikut ini tips menjaga barang bawaan saat naik kereta yang bisa diterapkan sewaktu bepergian.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Tidak hanya pesawat, moda transportasi seperti kereta api pun tak kalah menyenangkan. Selain murah, perjalanan juga terhindar dari macet karena bebas rambu-rambu jalan. 

Saat bepergian, baik jarak jauh maupun dekat, pasti ada saja barang yang dibawa. Agar tetap aman, kamu wajib menjaga barang bawaan sebaik mungkin.

Bagaimana kalau barang bawaannya banyak? Berikut ini tips menjaga barang bawaan saat naik kereta yang bisa diterapkan sewaktu bepergian.

 

Tips Menjaga Barang Bawaan Saat Naik Kereta

Tips Menjaga Barang Bawaan Saat Naik Kereta

1. Pastikan Resleting Berfungsi dengan Baik

Tas yang dilengkapi resleting tentunya lebih aman daripada tas tanpa resleting atau hanya klip magnet saja. Pastikan resleting tas berfungsi dengan baik agar kamu bisa menutup tas dengan benar, jadi isi di dalam tas tidak terekspos orang banyak.

Sebaiknya tata barang-barang di dalam tas dengan rapi agar tasnya muat, mengingat space di dalamnya terbatas. Kalau sudah tidak muat, sebaiknya jangan dipaksa agar kamu tidak kesulitan untuk resleting tas. 

Ambil tas lain yang bisa menampung sisa barang bawaan, jadi tidak ada barang bawaan yang ditenteng satu per satu. 

2. Tandai Barang Bawaan

Kehilangan barang saat bepergian menggunakan kereta api bukan hal yang baru. Hal ini disebabkan karena warna tas yang sama, modelnya mirip, dan banyaknya jumlah penumpang yang berdesak-desakan, sehingga pemilik tas tidak sadar kalau mereka membawa tas yang salah. 

Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya tandai tas barang bawaan. Bisa dengan gantungan kunci, pita, atau gembok berbentuk unik. 

Ketika penumpang lain salah membawa tas, kamu bisa notice kalau itu tas milikmu jadi bisa dikembalikan ke tempat semula.

3. Pasang Gembok

Memasang gembok pada tas selain koper mungkin sedikit janggal di hati, apalagi untuk perjalanan menggunakan kereta api yang jaraknya belum tentu jauh. Tapi, ini merupakan salah satu antisipasi menjaga barang bawaan di kereta untuk menghindari kasus kehilangan.

Terlebih lagi untuk kamu yang suka tidur di perjalanan, memasang gembok itu wajib. Kamu tidak tahu barang kali ada orang jahat di dalam kereta yang mungkin akan membuka tasmu saat tertidur lelap.

Masukkan semua barang berharga, seperti handphone ke dalam tas, lalu gembok tas agar lebih aman. Untuk tas ransel, kamu bisa peluk saat tidur agar tidak dicuri orang lain.

4. Taruh di Bagasi Sejajar dengan Posisi Duduk

Bukan hanya di pesawat, bagasi barang pun bisa ditemukan di kereta api tepatnya di atas tempat duduk. Agar tidak terlalu rempong saat duduk, sebaiknya taruhlah barang bawaan di bagasi. Dengan catatan, posisikan sejajar dengan kursi tempatmu duduk agar mudah diawasi.

Jika ada orang yang mau mengambilnya, kamu bisa cepat kejar dan tas pun selamat. Selain itu, menempatkan barang bawaan sejajar juga memudahkanmu saat tiba di stasiun tujuan.

Kamu tidak perlu ke bagasi di tempat duduk orang lain untuk mengambil barang karena hal ini mengganggu kenyamanan orang di sekitar yang masih melanjutkan perjalanan. 

5. Hindari Membawa Barang Berharga

Membawa barang berharga, seperti handphone, kamera, drone, atau Gopro sewaktu perjalanan cukup berisiko. Jika penumpang lain melihat, maka kamu akan menjadi sasaran empuk para pencopet. Bahkan yang tidak berniat mencopet pun jadi ingin mencopet mengingat harga barang bawaan yang lumayan mahal.

Jika tidak terlalu perlu atau sering dipakai sewaktu perjalanan, sebaiknya tinggalkan peralatan tersebut di rumah. Cukup bawa handphone selama perjalanan. Itu juga harus dijaga baik-baik agar tidak jatuh atau dicopet. 

6. Menenteng sebagian Barang Bawaan

Meskipun di dalam kereta sudah disediakan tempat barang bawaan, yaitu di bagian atas kursi penumpang, tidak ada salahnya untuk tetap menenteng barang. Setidaknya yang bisa ditenteng, seperti ransel atau tas bahu karena salah satu dari kedua tas ini sering kamu gunakan untuk menyimpan barang berharga.

Posisikan tas di depan atau di pangkuan, jadi kamu bisa memegangnya erat-erat demi meminimalisir pencurian di dalam kereta.

7. Ingat Jumlah Barang Bawaan

Membawa banyak barang adalah hal yang wajar, khususnya untuk perjalanan berhari-hari dan berjarak jauh. Tetapi jangan karena banyaknya barang, kamu lupa untuk membawanya turun sesampainya di stasiun kereta api tujuan.

Ingatlah berapa banyak barang yang dibawa sebelum bepergian. Pastikan kamu mengecek kelengkapan barang satu stasiun sebelum stasiun kedatangan agar tidak ada barang yang tertinggal di dalam kereta.

Amankan Barang Bawaan Selama di Perjalanan

Akan ada saja penumpang nakal di dalam kereta, tapi kamu bisa antisipasi kasus pencurian dengan menerapkan tips menjaga barang bawaan saat naik kereta di atas. Mudah-mudahan tips tersebut membantu, sehingga perjalananmu dari awal sampai akhir selalu lancar, aman, dan menyenangkan ya!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement