Selasa 30 Apr 2024 12:00 WIB

Sekilas Info Seputar Manfaat Madu untuk Wajah, Resep Masker Madu dan Rekomendasi Produknya

Madu memiliki sifat emolien dan humektan yang membuatnya menjadi pelembab alami yang menyegarkan untuk kulit wajah, tubuh, dan rambut. Berikut manfaatnya untuk wajah.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Madu mempunyai banyak manfaat dan khasiat, baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit dan wajah. Madu memang kaya nutrisi yang dapat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas, menambah energi hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Diungkap dalam laporan Medical News Today, madu berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah, mengontrol kadar kolesterol dalam darah serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, manfaat madu untuk wajah dan kecantikan pun tak bisa dipungkiri adanya. Mengutip School of Bees, konon Ratu Cleopatra dari Mesir yang tersohor kecantikannya kerap secara rutin mengoleskan madu ke rambutnya.

Hal tersebut dilakukannya untuk mencegah munculnya uban prematur dan menyehatkan kulit kepala. Alhasil, rambut sang ratu pun tetap indah, sehat, berkilau dan tidak bercabang.

 

Apa Saja Kandungan Madu?

Madu

Sebelum membahas mengenai manfaat madu untuk wajah, mari ketahui terlebih dahulu fakta seputar kandungan madu. Selain kaya akan vitamin E, madu juga mengandung flavonoid, kalori dan karbohidrat di dalamnya.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram madu mengandung air 20 gram, protein 0,3 gram, vitamin C 4 milligram, Vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin) 0,1 milligram. Kandungan yang unik di dalam madu juga terdiri dari fruktosa, glukosa, sukrosa dan maltosa.

Tentunya, ini membuat madu tak hanya berfungsi sebagai bahan pemanis, tapi juga untuk menambah stamina dan vitalitas. Di samping itu, madu pun mengandung sejumlah zat dan senyawa antimikroba, antibakteri, antioksidan dan anti jamur.

Hebatnya lagi, madu juga bersifat menyembuhkan luka. Itulah sebabnya madu cocok untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, termasuk infeksi. Beragam kandungan lain yang terdapat di dalamnya membuat madu kerap dijadikan alternatif dan obat herbal untuk mengatasi psoriasis, eksim hingga jerawat.

Manfaat Madu untuk Wajah

Madu diketahui bersifat emolien dan humektan sehingga sanggup menjadi pelembab alami yang menyegarkan, baik bagi kulit wajah dan tubuh, hingga rambut. Berikut adalah uraian mengenai manfaat madu untuk wajah yang bisa didapatkan:

1. Mencerahkan dan Melembabkan Kulit Wajah

Rutin menggunakan masker madu bisa membuat kulit wajah makin cerah bersinar, segar, kenyal dan lembab. Kandungan vitamin E pada madu mempermudah sel kulit untuk melakukan regenerasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kusam karena masker madu adalah bahan alami yang mengeksfoliasi atau mengelupaskan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. Masker madu juga berkhasiat untuk menghidrasi kulit sehingga wajah pun jadi lebih lembab, lembut dan bercahaya.

2. Mencegah Penuaan Dini dan Tetap Awet Muda

Penggunaan masker madu tak hanya dapat menyehatkan kulit wajah. Masker madu pun dapat mencegah penuaan dini lantaran kesanggupannya dalam menangkal radikal bebas.

Masker madu merangsang pembentukan sel kulit baru serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. Diantaranya seperti keriput dan kerutan ataupun garis halus yang muncul. Sebagai saran, pilihlah madu yang warnanya gelap karena mengandung lebih banyak antioksidan dan mineral.

3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Berdasarkan Jurnal Microbiology, Immunology and Infection 2016, para peneliti menemukan madu kaya akan kandungan antimikroba yang efektif mengobati bruntusan serta jerawat.

Selain itu, kandungan enzim glucose oxidase yang antibakteri dan asam fenolat serta flavonoid yang antiinflamasi di dalam madu membuatnya makin ampuh dapat mengatasi jerawat.

Jika digunakan secara rutin, masker madu bisa mengatasi produksi sebum atau minyak berlebih yang dapat memicu munculnya jerawat hingga pori-pori tersumbat.

4. Menghilangkan Bekas Luka dan Membantu Kulit Lebih Cepat Sembuh

Masker madu efektif menghilangkan bekas luka pada kulit. Selain itu, masker madu pun dapat membantu proses penyembuhan luka bakar akibat terpapar sinar matahari yang berlebih (sunburn).

Antibakterinya yang tinggi dapat membantu tubuh melawan infeksi serta mempercepat penyembuhan luka. Masker wajah juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka, bintik hitam hingga jerawat.

5. Mencegah Kerusakan Kulit dan Meminimalisir Risiko Kanker Kulit

Manfaat madu untuk wajah berikutnya adalah mencegah kulit rusak dan menurunkan risiko terkena kanker kulit. Karena bersifat antioksidan tinggi, masker madu pun bisa mencegah kerusakan kulit hingga meminimalisir risiko terkena kanker yang berbahaya.

Senyawa antioksidan diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker akibat paparan dari radikal bebas dari asap kendaraan bermotor hingga sinar UV. Efek antiinflamasi madu juga ampuh mengatasi radang dalam tubuh yang ikut berpengaruh dalam perkembangan sel kanker.

6. Membantu Atasi Penyakit Eksim

Masker madu juga berkhasiat untuk mengatasi peradangan kulit yang diakibatkan oleh eksim. Semua ini berkat kandungan senyawa antiinflamasi yang terdapat pada madu.

Namun, untuk mengatasi masalah yang satu ini, pastikan kamu memilih madu murni tanpa proses pasteurisasi, seperti madu manuka. Dengan begitu, kandungan nutrisi di dalamnya masih tetap utuh dan tak hilang akibat melalui proses pengolahan.

Sejumlah Cara Mudah Pengaplikasian Masker Madu untuk Wajah

Cara Mudah Pengaplikasian Masker Madu untuk Wajah

Berikut beberapa cara mudah untuk menggunakan masker madu yang bisa dilakukan di rumah:

1. Masker Madu

Yang pertama, bilas wajah dengan menggunakan air hangat suam kuku agar pori-pori kulit terbuka. Kemudian oleskan madu secukupnya ke seluruh wajah. Lalu diamkan sekitar 20-30 menit.

Setelah itu, bilas kembali dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya, basuh dengan air dingin agar pori-pori kulit jadi tertutup. Lakukan tetap tentu untuk kulit wajah lebih halus, kenyal dan awet muda.

2.  Masker Madu + Lidah Buaya

Agar wajah lebih lembab dan kulit tidak kering kerontang, kamu juga bisa mencampurkan masker madu dengan lidah buaya atau aloe vera. Caranya, campurkan madu dan lidah buaya lalu aplikasikan ke wajah yang sudah bersih. Biarkan hingga meresap selama 30 menit, lalu basuh dengan air dingin.

3. Masker Madu + Minyak Esensial Lemon

Resep ketiga adalah mencampurkan madu dengan minyak esensial lemon untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Minyak atsiri yang ada di dalam lemon mengandung banyak vitamin C sehingga bisa diandalkan untuk wajah yang lebih glowing.

Caranya serupa dengan yang di atas, campurkan madu dan setetes minyak esensial lemon. Oleskan pada wajah yang sudah bersih dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas wajah hingga bersih.

4. Masker Madu + Perasan Jeruk Nipis

Frustasi dengan kulit bernoda hitam dan bekas jerawatan yang bandel? Kamu bisa mencoba resep masker yang satu ini karena madu bisa digunakan untuk obat totol yang ampuh mengusir jerawat. Caranya, campur madu dengan perasan jeruk nipis secukupnya.

Lalu oleskan ke bagian noda hitam dan bekas jerawat. Biarkan balsam spot-treatment ini hingga meresap selama 30 menit. Kemudian bilas wajah hingga bersih.

5. Masker Madu + Soda Kue

Untuk eksfoliasi kulit, gunakan masker madu dan campuran soda kue. Oleskan campuran ini pada wajah secara lembut dengan gerakan memutar. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air dingin.

Campuran balsem yang satu ini tak hanya bermanfaat untuk melembabkan kulit, tapi juga menutrisi dan mengangkat sel kulit mati.

Masker Madu untuk Rambut dan Bibir

Selain membahas manfaat madu untuk wajah, tak lengkap jika tidak menyertakan manfaat madu untuk bibir dan rambut. Untuk menghaluskan rambut, kamu bisa mengoleskan madu setelah keramas. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.

Kamu juga bisa memanfaatkan madu untuk eksfoliasi bibir agar lebih lembab, lembut dan tidak gelap. Sudah bukan rahasia lagi, ada banyak produk kecantikan yang menyertakan madu ke dalam komposisinya. Tapi, kamu bisa mengoleskan madu asli di bibir secara merata sebanyak 2-3 kali sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Waspadai Efek Samping Masker Madu

Madu memang berkhasiat dahsyat dan sangat bermanfaat. Sayangnya, beberapa orang diketahui alergi terhadap madu tertentu. Sebagai akibatnya, madu dan masker madu pun jadi menimbulkan sejumlah efek samping.

Untuk itu, berhati-hatilah sebelum menggunakan masker madu. Sebagai anjuran, oleskan terlebih dahulu sedikit madu ke belakang kulit telinga dan diamkan. Perhatikan apakah muncul reaksi alergi tertentu atau tidak.

Jika tak ada reaksi alergi yang muncul, maka masker madu akan aman untuk dioleskan ke wajah. Adapun beberapa reaksi alergi yang berkemungkinan muncul diantaranya seperti sensasi panas di kulit hingga munculnya ruam merah dan gatal-gatal.

Reaksi alergi lainnya juga termasuk bengkak-bengkak di bagian tubuh seperti bibir, lidah, wajah, bahkan di dalam tenggorokan. Penting untuk diketahui, alergi akibat madu dan masker madu dapat menyebabkan batuk, bersin, sesak nafas, hingga mual yang disertai muntah.

Jika terjadi sejumlah gejala di atas, hentikanlah penggunaan masker madu dengan segera. Kemudian segerakan berkonsultasi ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan lebih lanjut yang diperlukan.

Rekomendasi Produk Madu untuk Wajah

Agar masker madu terasa maksimal manfaatnya, pastikan kamu memilih madu asli atau murni tanpa campuran pengawet ataupun bahan kimia sintetis lainnya. Misalnya, madu hitam, madu mentah, madu manuka, hingga madu putih.

Adapun rekomendasi produk madu lainnya yang juga aman untuk wajah maupun untuk diminum adalah madu randu, madu Kelengkeng, madu hutan Flores, madu lebah Baduy, madu Tawon Gung, madu Hutan Timor, madu Hutan Sumatera, madu TJ Kurma, madu Alshifa Acacia, dan masih banyak lagi. 

Semuanya rata-rata bisa didapatkan dengan mudah di apotek ataupun melalui toko online, dengan rentang harga mulai dari Rp76 ribuan.

Masker Madu untuk Wajah yang Bersinar

Demikianlah ulasan mengenai manfaat madu untuk wajah, kandungan madu, resep dan cara penggunaan maskernya, hingga peringatan terhadap efek samping, serta rekomendasi produk yang dianjurkan. Selamat mencoba!

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement