Ahad 12 May 2024 00:00 WIB

Berlaku Satu Dekade, Kenali 10 Years Treasury Notes yang Ramai Dilirik Investor

Berikut penjelasan mengenai instrumen investasi 10 Years Treasury Notes, termasuk cara kerja dan potensi keuntungannya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Berbicara soal instrumen investasi dengan imbal hasil menggiurkan tapi minim risiko, kamu pasti akan terpikir dengan surat utang negara. Sebagai surat berharga berbentuk pengakuan utang dari negara, surat utang negara menjadi salah satu produk investasi favorit banyak investor. Hal ini dikarenakan pembayaran bunga serta pokok dari produk investasi tersebut dijamin negara

Tak terkecuali Amerika Serikat, instrumen investasi ini banyak dilirik investor karena keunggulannya tersebut. Jenisnya pun beragam, seperti suatu produk surat utang negara yang secara khusus berlaku selama 10 tahun, yaitu 10 years treasury notes. Dengan jaminan ekonomi negaranya yang begitu kuat, tentu tidak sedikit investor yang meyakini keamanan obligasi negara dengan durasi panjang tersebut. 

Yang menjadi pertanyaan, seperti apa sih instrumen investasi 10 years treasury notes ini? Juga, bagaimana cara kerja dan juga potensi keuntungan investasi di produk tersebut? Nah, jika ingin tahu jawaban lengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

 

Tentang 10 Years Treasury Notes

10 Years Treasury Notes

Jadi, apa itu 10 years treasury notes? Secara sederhana, produk ini bisa dipahami sebagai surat utang negara yang diterbitkan oleh pemerintah federal Amerika Serikat dengan masa jatuh tempo selama 10 tahun. Produk tersebut diterbitkan sebagai pinjaman dari investor yang diberikan pada pemerintah. 

Surat utang tersebut merupakan kewajiban utang dengan masa berlaku 10 tahun pasca penerbitan awal. Dengan membeli produk ini, investor berhak mendapatkan pembayaran kupon sesuai dengan nilai bunga tetap yang telah ditentukan dan diberikan tiap 6 bulan sekali. Juga, pembayaran nominal pokok utang dilakukan langsung pada pemilik surat utang negara ketika jatuh tempo. 

Perbandingan 10 Years Treasury Notes, Treasury Bills, dan Treasury Bond

Di antara produk sekuritas utang yang ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat pada investor, bisa dibilang treasury notes menjadi salah satu yang cukup populer. Bagi yang belum tahu, di Amerika Serikat terdapat 3 jenis produk surat utang yang sering kali ditawarkan oleh pemerintah di sana, yaitu treasury bills, treasury bond, dan treasury notes. 

T-bills atau treasury bills adalah sekuritas utang negara yang memiliki masa berlaku paling pendek, yakni maksimal 1 tahun. Bahkan, produk ini kerap ditawarkan dalam jangka waktu hanya 4 minggu, 8 minggu, dan maksimal 52 minggu. Dengan jangka waktu yang pendek tersebut, produk ini tergolong sebagai surat utang yang tak memiliki kupon. 

Sedangkan untuk treasury notes atau kerap disebut T-notes memiliki masa berlaku lebih panjang, yakni mencapai 10 tahun. Karenanya, 10 years treasury notes adalah produk T-notes dengan jangka waktu terlama dari jenis produk sekuritas negara ini. Sebab, produk lainnya biasanya hanya berdurasi 2, 5, atau 7 tahun. 

Terkait 10 years T-notes, produk tersebut memberikan kupon setiap 6 bulan sekali. Menariknya, produk tersebut merupakan instrumen utang negara yang sering kali dilacak pada bidang finansial serta hasilnya kerap digunakan sebagai tolok ukur suku bunga lain, misalnya hipotek dan sebagainya. 

Lalu, untuk jenis yang terakhir, treasury bond atau T-bond merupakan obligasi negara yang juga membayarkan kupon ke para investornya setiap 6 bulan sekali selayaknya T-notes. Yang membedakan, jangka waktu treasury bond jauh lebih panjang lagi, yakni 30 tahun. 

Cara Kerja Produk 10 Years Treasury Notes

Secara umum, treasury adalah instrumen investasi yang dijual pada lelang. Pada proses tersebut, Departemen Keuangan akan menentukan nilai nominal utang serta tingkat suku bunga tetapnya. 

Produk tersebut juga ditawarkan pada investor yang berani menawarkan harga tertinggi pada pasar sekunder. Dari situlah kemudian hasilnya bisa ditentukan, termasuk tingkat pengembalian investasinya. 

Saat terdapat banyak permintaan, pihak investor akan menawar sesuai nilai nominal atau di atasnya. Terkait hal tersebut, imbal hasil atau keuntungannya terbilang kecil sebab investor akan memperoleh pengembalian investasi lebih rendah. 

Tapi, hal tersebut sepadan bagi investor karena mereka memahami aktivitas investasinya aman dan dijamin pembayaran kupon serta pengembalian pokok nominalnya. Karenanya, investor bersedia memperoleh imbal hasil yang rendah karena tingkat risiko yang dihadapinya juga sangat kecil. 

Saat terjadi kondisi pasar bullish maupun kondisi ekonomi berada di fase ekspansi, pihak investor biasanya akan mencari imbal hasil investasi yang lebih besar dibanding yang ditawarkan 10 years T-notes. Imbasnya, permintaan akan meningkat dan treasury kemudian dijual di harga lebih rendah atau harga diskon. Alhasil, terdapat pengembalian investasi lebih tinggi karena hal tersebut. 

Dengan peningkatan keuntungan 10 years treasury notes, tingkat suku bunga pinjaman 10 sampai 15 tahun semisal hipotik dengan bunga tetap juga akan ditingkatkan. Investor biasanya membeli obligasi yang memiliki tingkat bunga paling optimal serta pengembalian paling rendah. 

Terkait penerbitan dari produk ini sendiri, pemerintah Amerika Serikat umumnya menerbitkan T-notes 10 tahun tersebut di awal bulan Februari, Mei, Agustus, ataupun November. Penerbitannya pun dilakukan secara elektronik sehingga mampu membuat proses penawarannya lebih praktis dijangkau oleh para investor. 

Keuntungan Investasi di 10 Years Treasury Notes 

keuntungan 10 Years Treasury Notes

Pada dasarnya, keuntungan investasi pada produk 10 years treasury notes utamanya adalah pembayaran bunganya dibebaskan dari beban pajak pendapatan negara bagian serta lokal di Amerika Serikat. Walaupun begitu, investor produk ini tetap dikenakan dengan pajak pada tingkat federal. 

Umumnya, untuk menyiasati hal tersebut, investor bisa memilih untuk menahan treasury notes tersebut sampai jatuh tempo, maupun menjualnya lebih cepat pada pasar sekunder. Hal ini tentu dilakukan oleh investor menyesuaikan kebutuhan dan rencana investasinya agar mampu memberi potensi keuntungan yang maksimal. 

Terkait Imbal Hasil 10 Years Treasury Notes

Jika melihat data dari tahun 2020 sampai 2023 lalu, tingkat suku bunga yang ditawarkan produk ini mengalami fluktuasi yang cukup signifikan. Pada pertengahan tahun 2020, bunga produk ini berada di angka 0,6 sampai 0,8 persen. 

Namun, di tahun-tahun berikutnya, bunga 10 years treasury notes terus meningkat dengan cukup menjanjikan. Hingga pada Agustus 2023, bunga yang berlaku pada produk ini berada di kisaran 3,5 persen sampai 4 persen. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan tingkat bunga pada produk tersebut. Tapi, secara umum, fluktuasi bunga tersebut dipengaruhi oleh sentimen terhadap pertumbuhan ekonomi, dan tanggapan investor atas kebijakan moneter yang berlaku di Amerika Serikat. 

Biasanya, investor bisa menganalisis tren perubahan bunga tersebut berdasarkan data historis perubahan tingkat bunga. Mengenai informasi tersebut, investor bisa dengan mudah memantau dan menganalisis perubahan bunga 10 years treasury notes melalui situs resmi U.S. Treasury

Minim Risiko, 10 Years Treasury Notes Cocok untuk Diversifikasi Investasi

Pembayaran kupon dan pokok nominalnya yang dijamin pemerintah membuat 10 years treasury notes memiliki tingkat risiko yang sangat kecil. Hal tersebut menjadikan produk ini aman dijadikan sarana diversifikasi investasi, bahkan untuk jangka panjang sekalipun. Jadi, memahami instrumen investasi ini cukup penting agar bisa menambah pilihan produk untuk mengisi portofolio mu.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement