Jumat 17 May 2024 15:00 WIB

Olahraga Kardiovaskular yang Bagus untuk Meningkatkan Kinerja Jantung

Berikut tujuh olahraga kardio yang bagus untuk kesehatan jantung. Beberapa di antaranya ada yang masuk dalam kategori kardio rendah dan tinggi. Simak ulasannya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting karena dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan berolahraga secara teratur. Jenis olahraga ringan seperti jogging, yoga, atau senam selama 30 menit hingga satu jam setiap hari bisa menjadi pilihan.

Bagi yang memiliki kondisi fisik yang kuat, olahraga kardiovaskular bisa menjadi opsi. Olahraga ini meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Manfaatnya sangat baik untuk jantung karena melatih otot jantung dan memperbaiki aliran darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa olahraga kardio memerlukan persiapan. Mulailah dengan latihan ringan dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Jika ada ketidaknyamanan atau gejala abnormal seperti irama jantung yang tidak biasa atau nyeri, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai olahraga.

 

7 Olahraga Kardio untuk Kesehatan Jantung

olahraga yang baik untuk jantung

Olahraga kardio memang efektif dalam memperkuat kinerja jantung. Jika bekerja dengan baik, masalah kesehatan jantung, seperti tekanan darah tinggi dan stroke, bisa diminimalisir.

Berikut tujuh olahraga kardio yang bagus untuk kesehatan jantung. Beberapa di antaranya ada yang masuk dalam kategori kardio rendah dan tinggi. Simak ulasannya. 

1. Aerobik

Aerobik merupakan salah satu olahraga kardio yang bagus untuk kesehatan jantung. Gerakan aerobik memang dirancang agar dapat meningkatkan detak jantung. Akibatnya, otot jantung akan lebih kuat dan bekerja lebih baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Ketika jantung berfungsi secara optimal, seluruh tubuh akan mendapatkan oksigen dan nutrisi harian untuk beraktivitas. Tubuh akan terasa lebih prima dan tidak mudah lelah.

Selain itu, aerobik juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol “baik” high density lipoprotein (HDL) yang bertugas membersihkan kolesterol low density lipoprotein (LDL) dari arteri jantung agar tidak terjadi penyumbatan. Dengan demikian, risiko penyakit jantung koroner dan stroke lebih kecil bisa terjadi. 

2. Berenang

Olahraga kardio yang bagus untuk jantung selanjutnya adalah berenang. Sama halnya dengan aerobik, rutin berenang dapat melatih otot jantung agar lebih kuat dan bekerja lebih baik.

Berenang juga dapat menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan. Gerakan renang mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke jantung.

Selain itu, berenang secara rutin juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit jantung lainnya. Dianjurkan untuk rutin berenang setidaknya 2 hingga 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung. 

3. Bersepeda

Bersepeda juga dapat menjadi pilihan olahraga kardio untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan rutin berolahraga, kamu dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Saat mengayuh sepeda, seluruh otot tubuh bekerja, termasuk jantung. Darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh juga semakin lancar.

Namun, sebelum bersepeda, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dulu, terutama pada pergelangan kaki. Mulailah bersepeda dengan intensitas rendah setidaknya 30 menit setiap hari.

Perlu diketahui, bersepeda termasuk pada olahraga kardio dengan intensitas tinggi. Jadi, penting untuk perhatikan reaksi tubuh dan berkonsultasi dengan dokter jika memiliki masalah kesehatan, khususnya masalah  jantung

4. Push Up dan Sit Up

Gerakan push up mengandalkan otot dada, bahu, dan trisep. Otot-otot ini dapat membantu jantung dalam proses pompa darah ke seluruh tubuh. Secara tidak langsung, otot jantung juga ikut terlatih sehingga dapat bekerja lebih efisien.

Sama seperti push up, sit up juga memberikan efek yang sama bagi kesehatan jantung. Push up dan sit up juga efektif dalam menurunkan tekanan darah yang menjadi salah satu faktor utama penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa setiap 40 kali push up dan sit up selama berturut-turut dapat menurunkan risiko penyakit jantung selama 96 persen. Namun, pastikan melakukan push up dan sit up dengan benar agar sendi-sendi tidak malah menjadi sakit. 

5. Lompat Tali

Lompat tali termasuk dalam kategori olahraga kardio sedang. Lompat tali dapat membantu meningkatkan detak jantung yang berdampak pada peningkatan kekuatan otot jantung.

Jika rutin melakukan lompat tali, risiko penyakit jantung dan stroke akan menurun. Selain itu, lompat tali juga bagus untuk membakar kalori, yaitu antara 200 hingga 300 kalori.

Lakukan lompat tali dengan perlahan, seperti lakukan beberapa menit dalam sehari. Jika kepala terasa pusing, hentikan dulu lompat tali, istirahat sebentar, dan mulai lagi ketika tubuh sudah kembali siap.

6. Mountain Climbers

Salah satu olahraga kardio yang sedang digeluti banyak orang. Mountain climbers merupakan salah satu gerakan yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Olahraga kardio ini dapat meningkatkan detak jantung dan memperkuat otot jantung. Pada waktu yang bersamaan, aliran darah juga menjadi lebih lancar sehingga organ-organ dapat bekerja lebih baik, termasuk jantung.

Perlu diketahui bahwa mountain climbers termasuk dalam kardio berat. Untuk itu, lakukan pemanasan dengan baik serta minum air sebelum, sesaat, dan sesudah melakukan mountain climbers. Lakukan setidaknya 30 detik untuk satu menit per set sebanyak 2 hingga 3 per minggu. 

7. Yoga

Meskipun terlihat “santai” dan mengutamakan ketenangan, ternyata ada beberapa gerakan yoga memiliki elemen kardio di dalam nya. Gerakan yoga disebut dapat memperbaiki fungsi pernapasan dan denyut jantung sehingga dapat bekerja dengan lebih baik.

Misalnya, gerakan tadasana (mountain pose) atau vrksasana (tree pose) yang fokus pada otot-otot tubuh, termasuk jantung, dan pernapasan. Bisa juga dengan melakukan pose janu sirsasana yang juga memperkuat jantung lewat pengaturan pernapasan.

Yoga juga praktis dan bisa dilakukan di rumah setidaknya 2 kali dalam seminggu. Kamu dapat melakukannya selang-seling dengan olahraga kardio yang berat, seperti lompat tali atau mountain climbers.

Itulah 7 olahraga kardio yang bagus untuk kesehatan jantung. Lakukan secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan jantung. Jika memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk terhindari dari risiko yang tidak diinginkan. 

Olahraga Kardio untuk Kesehatan Jantung, Lakukan dengan Cara yang Tepat 

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berolahraga kardio. Banyak jenis olahraga yang dapat dipilih, mulai dari aerobik hingga yoga yang menguatkan otot jantung.

Kamu dapat meningkatkan intensitas olahraga kardio secara bertahap dan semakin sering. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter terkait olahraga kardio yang ingin dilakukan, terlebih jika kamu memiliki masalah kesehatan jantung.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement