Sindikasi Republika

Keren! Istri Mendiang Steve Jobs Tunaikan Janji Gelontorkan Rp52 T untuk Perubahan Iklim

Jumat , 19 Aug 2022, 13:41 WIB Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Laurene Powell Jobs. (Forbes)
Laurene Powell Jobs. (Forbes) | Foto: Warta ekonomi

Istri mendiang Steve Jobs, Laurene Powell Jobs, menunaikan janjinya untuk menggelontorkan USD3,5 miliar (Rp52 triliun) untuk mengatasi perubahan iklim. Powell telah memilih tsar lingkungan California untuk membantu menunaikan janjinya tersebut.

Jared Blumenfeld akan menjadi presiden Waverley Street Foundation Powell Jobs. Blumenfeld akan bertanggung jawab untuk memenuhi komitmen yang dibuat oleh Powell Jobs pada September 2021 untuk menyumbangkan USD3,5 miliar dalam tujuan lingkungan selama satu dekade.

“Planet kita, dan kita semua yang menghuninya, tidak menghadapi ancaman yang lebih besar daripada krisis iklim kita. Waverley Street Foundation dibentuk untuk mengatasi krisis ini dengan ide-ide inovatif dan berani yang sangat dibutuhkan,” kata Powell Jobs dalam sebuah pernyataan, mengutip Forbes di Jakarta, Jumat (19/8/22).

Baca Juga: Perusahaan Nuklir Bill Gates Dapat Uang Rp11 Triliun, Akan Digunakan untuk Apa?

Dalam sebuah pernyataan, yayasan tersebut mengatakan Blumenfeld akan mendukung pekerjaan inovatif yang dilakukan masyarakat di seluruh dunia untuk mengurangi polusi karbon.

“Solusi terbaik dan pahlawan iklim kami ada di komunitas lokal yang berjuang untuk bertahan hidup. Waverley Street akan menempatkan suara komunitas di pusat pekerjaan kami,” kata Blumenfeld.

Waverley Street Foundation didirikan oleh Powell Jobs pada 2016. Yayasan ini memiliki aset hampir USD3 miliar (Rp44 triliun), menurut pengajuan pajak untuk tahun 2020. Namun aktivitasnya diselimuti kerahasiaan.

Menurut formulir pajak IRS, Powell memberikan hampir semua hibah yayasan sekitar USD185 juta (Rp2,7 triliun) dari 2017 hingga 2019 kepada dana yang disarankan oleh donor di Silicon Valley Community Foundation.

Powell Jobs bukan satu-satunya miliarder yang menjanjikan sejumlah besar uang untuk membantu memperbaiki perubahan iklim melalui filantropi. Pendiri Amazon Jeff Bezos berkomitmen USD10 miliar (Rp148 triliun) selama sepuluh tahun untuk mengatasi masalah ini melalui Bezos Earth Fund.

Kekayaan Powell Jobs menurut perkiraan Forbes sebesar USD15,7 miliar (Rp233 triliun) berasal dari saham Apple dan Disney yang ia warisi dari mendiang suaminya Steve Jobs.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark